header maminca sharing

Mengulas Daftar Menu MPASI Bayi 6 bulan Serta Cara Membuatnya

Konten [Tampil]


Hi Moms, kalau kemarin kita cerita tentang  persiapan MPASI bayi 6 bulan Sekarang mom Queen mau berbagi pengalaman tentang Menu MPASI Bayi 6 bulan ya.

Menurut Moms, perlu ga sih membuat daftar menu MPASI bayi 6 bulan itu? Apakah perlu memberikan menu tunggal pada saat pertama kali MPASI? Berapa takaran MPASI bayi 6 bulan? Kita bahas tuntas tentang masalah ini ya.

Memulai MPASI Bayi 6 Bulan

Sudah siap dengan cerita baru memberi MPASI bayi 6 bulan? Semua ceklist persiapan, pikiran, dan peralatan sudah beres kan? Sekarang mari kita persiapkan makanan padat pertama pada bayi kita.
Hmm mau mulai dari mana ya? Kita bisa mulai dari takaran makan bayi 6 bulan ya.

Berapa Takaran Makan Bayi 6 Bulan

Meski di hari pertama MPASI, bayi belum begitu banyak memakan makanan padat. Namun persiapan yang matang perlu untuk dilakukan ya. Oh ya ada yang sudah tahu belum berapa takaran makan bayi 6 bulan?

Dihari pertama MPASI bayi 6 bulan hanya makan 2-3 sendok kecil saja moms! Baru kemudian naik bertahap 2/3 porsi untuk ukuran mangkuk 250 mL. Jadi pada hari pertama bayi mulai MPASI, jangan berekspektasi terlalu tinggi ya moms. Di hari pertama bayi mulai makan, dia tidak akan menghabiskan seluruh makananan yang moms siapkan. Apalagi jika berharap bayi 6 bukan akan makan seperti orang dewasa. Big No!

Jadi dalam mempersiapkan makanan pendamping bayi harus 'waras' juga ya moms :) khawatir membuat menu MPASI terlalu banyak, sehingga berakhir dengan dibuang, sayang kan.

Namanya juga baru pengenalan, ya hanya sedikit, icip-icip aja moms. Nanti bayinya lapar?? Kan dia masih mendapat nutrisi dari ASI. Itu sudah cukup kok, cuma ada beberapa unsur nutrisi yang tidak lagi di cover oleh ASI. Salah satunya zat Besi.

Menu MPASI Instan atau MPASI Homemade?

Daftar Menu MPASI Bayi 6 bulan

Moms, disini tim MPASI instan atau MPASI homemade ini? Semuanya baik ya moms. Mom Queen pernah mengikuti seminar tentang MPASI, dan salah satu peserta bertanya mengenai mana yang lebih baik antara MPASI instan atau MPASI home made? Seketika ruangan menjadi riuh, ada tim MPASI instan dan ada juga tim MPASI homemade.

Narasumber yang menjadi pembicara pada saat itu langsung menengahi. Pembicara yang berprofesi sebagai ahli gizi itu mengatakan bahwa jika menggunakan MPASI home made itu baik sekali, dengan catatan kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan bayi. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin serta kandungan nutrisi penting lainnya. Tapi jika tidak, maka pilihan menggunakan MPASI instan bisa jadi solusi. Karena pada MPASI instan kandungan gizi didalamnya sudah dikurasi oleh para ahli termasuk dokter dan ahli gizi.

Nah, jadi moms, yang menggunakan MPASI instan jangan merasa bersalah lagi. Ataupun yang menggunakan mpasi homemade jangan besar kepala juga, semuanya sama-sama baik insya Allah.

MPASI Bayi usia 6 - 8 bulan adalah makanan bertekstur lunak, seperti pisang, alpukat, bubur, kentang tumbuk, dan makanan lainnya. Berikan menu tunggal untuk mengetahui makanan jenis apa yg bisa menyebabkan bayi alergi.

Menu MPASI Bayi 6 Bulan

Makanan MPASI pertama bayi hendaklah bertekstur lembut dan halus. Karena pada saat usia 6 bulan itu adalah masa dimana bayi masih belajar tentang respon mengunyah dan menelan. Dari bentuk makanan cair (air susu) berubah ke makanan padat (bubur bayi).

No Madu!

Yang penting perlu diingat, bahwa bayi dibawah satu tahun jangan diberikan madu. Madu memang baik namun kondisi pencernaan bayi belum mampu untuk mencerna sumber protein yang terkandung didalam madu. Jika memaksa memberikan madu pada bayi dibawah 1 tahun, akan terjadi Botulisme. Botulisme adalah masalah kesehatan berupa keracunan yang cukup serius. Maka jangan sampai kita memberikan racun pada bayi kita ya moms.

No Gula Garam? 

Nah ini juga sempat menjadi debat sengit juga diantara ibu-ibu yang hadir dalam seminar menu MPASI bayi 6 bulan anak yang mom Queen ikuti. Ada tim gula haram ada juga tim no gula garam.

Menurut WHO (World Health Organization) bayi 6 bulan sudah bisa diberikan makanan yang mengandung gula garam, asal dengan porsi yang tepat. Hanya sedikit saja pemberian gula garam pada MPASI.

Sebenarnya dari tiap jenis makanan yang dimasak sudah cukup memberikan rasa yang 'khas' dari masing-masing. Sehingga jika pun tidak diberikan gula garam pun tidak masalah moms.

Sekarang kita mulai menyiapkan daftar menu MPASI bayi 6 bulan ya. Ini mom Queen mulai dari menu tunggal ya, untuk menu empat bintang nya akan dibahas selanjutnya.

Daftar Menu Tunggal MPASI 6 Bulan dan Cara Membuatnya

Mengapa harus menu tunggal moms? Karena kita ga tahu makanan jenis mana yang tidak disenangi oleh tubuh bayi alias menyebabkan alergi. Untuk menghindari reaksi alergi pada bayi, biasanya mom Queen menggunakan menu tunggal dulu untuk seminggu pertama.

 

Daftar Menu MPASI Bayi 6 bulan

Menu tunggal bisa dimulai dari pilihan karbohidrat yaitu nasi, kentang kukus, ubi dan tepung. Berikut menu tunggal MPASI bayi 6 bulan

☑️ Bubur Nasi

Bahan 2 sendok makan nasi yang baru dimasak.
Cara membuat haluskan nasi yang dicampur dengan 50 ml air, haluskan dengan menggunakan saringan halus. Lakukan hingga habis dan berikan pada bayi. Takaran ini untuk 2x makan. Atau tergantung kondisi bayi aja ya moms, kalau bayi sudah menolak sebaiknya sudahi sesi makan pada hari itu.

☑️ Popato Mash (Bisa ganti Ubi)

Bahan 1/2 kentang ukuran sedang
Cara membuatnya cuci bersih kentang, kemudian kukus. Setelah matang haluskan dengan menggunakan sendok. Tambahkan dengan ASI atau susu formula bayi saat akan menyajikan.
Kentang juga bisa diganti dengan ubi atau sumber karbohidrat yang lain.

☑️ Telur/udang/Lele

Telur rebus (jika menggunakan udang/lele boleh dikukus), kemudian haluskan dengan blender atau food processor. Pastikan tidak ada yang bergerindil, sajikan dengan tambahan sedikit ASI/sufor.

☑️ Sayuran ( labu/Brokoli/Wortel)

Sayuran bebas pilihan sesuai kebutuhan Moms, disini mom Queen menggunakan wortel ukuran kecil kemudian dikukus. Haluskan, tambahkan sedikit evo atau santan kemudian berikan pada bayi. Jika sayuran agak berserat, silahkan lihat reaksi bayi. Paling aman adalah memberikan labu kukus yang dihaluskan.

☑️ Tahu kukus

Tahu kukus silahkan dihaluskan tambahkan sedikit evo (extract virgin oil) saat penyajian.

☑️ Snack

Snack time bisa menggunakan buah segar semacam pisang, alpukat ataupun semangka.

Baik, itulah beberapa jenis daftar menu MPASI Bayi 6 bulan di minggu pertama. Menu tunggal MPASI bayi ini bisa diberikan pada bayi setelah segala persiapan MPASI Bayi 6 bulan beres.  Semoga bermanfaat ya moms.

Salam,
Mom Queen

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment