header

Rekam Jejak Perjalanan Blog Mom QueenMQ's Tahun 2021

Konten [Tampil]

Sudah akhir tahun, saatnya membuat rekam jejak perjalanan blog Mom QueenMQ's tahun 2021 nih. Ada yang penasaran?? Hahaha alhamdulillah ga ada ya wkwk
  
Rekam Jejak Perjalanan Blog Mom QueenMQ's Tahun 2021
Terima kasih untuk moment yang indah 2021

Semoga jangan ada yang penasaran ya, karena ini sebenarnya adalah catatan pribadi, namun sengaja di publikasikan untuk bisa menjadi pembelajaran dan diambil manfaatnya ((kali aja ada manfaatnya hehe))

Yuk, here we goo..

Pengertian Kaleidoskop dan Pergeseran Maknanya


Dikutip dari KBBI Kaleidoskop adalah alat optik yang dapat memperlihatkan pelbagai gambaran yang indah dan simetris dari kepingan barang berwarna.

Kaleidoskop bisa juga berarti berbagai macam peristiwa yang terjadi dalam kurun waktu tertentu yang disajikan dalam rangkuman singkat.

Alat ini ditemukan oleh Sir David Brewste, seorang ilmuwan asal Skotlandia. Honestly, sebelum menulis ini, saya jarang menemukan kata 'kaleidoskop' digunakan dalam makna pertama.

Saya lebih sering mendengar kata ini digunakan sebagai rangkuman peristiwa yang terjadi sepanjang tahun. Makanya saya juga latah menggunakan istilah 'kaleidoskop' untuk merangkum perjalanan ngeblog saya di tahun pertama ini.

Mengapa Harus Buat 'Kaleidoskop' Tahunan?


Seperti yang saya katakan di atas, bahwa istilah kaleidoskop saya pilih untuk membagikan momen ngeblog saya selama satu tahun ini.

Ini adalah kali pertama saya membuat kaleidoskop, karena ini adalah tahun pertama saya ngeblog dengan domain berbayar alias Top Level Domain (TLD)

"Buat saya, manfaat kaleidoskop tahunan adalah sebagai rekam jejak perjalanan demi kemudahan dokumentasi ria, sebagai ajang apresiasi atas pencapaian pribadi dan bahan evaluasi diri" 


1. Rekam Jejak Perjalanan


Sebagai catatan perjalanan dan rekam jejak menjajaki dunia olah kata. Maka sudah selayaknya sebuah blog mempunyai kaleidoskop dalam bentuk tulisan yang merangkum semua peristiwa penting itu menjadi satu.

2. Kemudahan Dokumentasi


Agar suatu hari ketika hendak mencari data yang diperlukan dari tahun lalu, kita hanya butuh melihat kaleidoskop saja.

3. Ajang Apresiasi Pencapaian Pribadi


Meski tidak selamanya kaleidoskop berisi pencapaian yang berarti, setidaknya dari kaleidoskop tahunan kita bisa tahu apa yang sudah dicapai dan apa yang perlu disyukuri, inilah bentuk apresiasi yang harus terealisasi.

4. Bahan Evaluasi


Semua yang tertulis dari kaleidoskop ini adalah bahan evaluasi dan perbaikan diri kearah yang lebih baik lagi. Jika tidak memiliki catatan untuk evaluasi, darimana kita bisa memulai berbenah diri?

Kaleidoskop Blog Mom QueenMQ's 2021

   
Rekam Jejak Perjalanan Blog Mom QueenMQ's Tahun 2021

♻️ Belajar dan Upgrading Skill


  • 1 Januari 2021 mengikuti challenge menulis 30 Hari ODOP bersama komunitas Ibuku Content Creator (ICC). Namun, Saya hanya sanggup bertahan hingga hari ke 22.
  • Juni 2021 Mengikuti Kelas Adsense dari Kak Reskia, co assistant Kak Alex, tetapi hanya sanggup menyelesaikan 4/7 dari challenge yang ada.
  • 30 Juni Lahirnya my 'baby' blog Tulisan MQ
  • 1 Juli 2021 mendaftar dan diterima menjadi siswa Blogspedia Coaching for Newbie
  • Tanggal 5 Agustus 2021 diterima sebagai mitra google adsense.
  • 30 Agustus 2021 join komunitas ODOP, menulis tiada henti selama 40 hari.
  • 11 Oktober 2021 mengikuti kelas SEO Moms Basic 4 yang dipandu BangQ, atau lebih dikenal sebagai Qbenk.
  • Mengikuti kelas Content Writing bersama Kak Nabila Ghaida, namun karena sesuatu hal kelas ini belum berlanjut lagi. Saat ini baru 4/21 dari program yang ada.
  • Desember 2021 mengikuti program ODOP blogger Squad (OBS) sampai saat ini.

♻️ Campaign dan Kerja Sama


Semuanya bisa dilihat dalam tagar #Review-Tips untuk campaign dan kerja sama lainnya bisa menghubungi email queensha.aleena@gmail.com atau menuju kontak yang ada di blog ini.

♻️ Prestasi dan Pencapaian

  • 4 Januari 2021 Winner ODOP ICC Day-4 kategori Kuliner
  • 5 September 2021 Lulus sebagai blogger Cupu dan menjadi bagian dari keluarga besar Blogspedia dan resmi menjadi one of The Copier.
  • 17 September Lulus sebagai bagian dari keluarga besar ODOP'ers
  • 12 Oktober 2021 Lulus sebagai peserta 30 hari menulis insight book #30DIBC batch 3 bersama komunitas Kita Baca Bareng
  • 25 Oktober 2021 lulus kelas SEO Moms Basic 4
  • 30 Oktober 2021 mengikuti proyek menulis antologi non fiksi bersama alumni ODOPers angkatan 9.
  • Juara III lomba Aplikasi Super 18 Desember 2021

Penutup

Saya Sangat menyadari, masih banyak yang ingin saya raih, namun tak sebanding dengan masih banyaknya perkara yang perlu diperbaiki. Saya sadar meski pencapaian hari ini masih secuil, tapi ini adalah langkah awal menuju pencapaian yang lebih besar.

Tidak ada hasil tanpa usaha, tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras dan terlebih lagi tidak akan ada angka 10 tanpa hadirnya angka 1. Inilah awalan dalam perjalanan menulis meraih harapan.

Inilah Rekam Jejak Perjalanan Blog Mom QueenMQ's Tahun 2021, tulisan ini bukan bermaksud congkak apalagi jumawa. Tulisan ini sebagai bahan dokumentasi pribadi dan evaluasi untuk terus memperbaiki diri.

Selamat tahun baru 2022, selamat menyongsong harapan baru! Ganbate! Bismillah.. La hawla wala quwwata illa billah.

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts