header

Begini Cara Membahagiakan Diri Sendiri Bagi Ibu Rumah Tangga, Cobalah!

Konten [Tampil]


"Mami, Aku pipis di kasur lagi" kata si Middle Love suatu siang
"Hah?"
"Iya, Aku tadi mimpi mau pipis, jadi Aku pipis di kasur. " Bocah 2 tahunan ini sudah pandai bercerita dengan bahasa cadelnya.
"Hmm.." Saya menghela napas panjang
"Minta maaf Mami" lanjutnya sambil mengulurkan tangan

Dalam hati Saya langsung taawudz, semoga para setan tidak mendramatisir emosi di hati. Baru sesaat sebelum tidur siang sprei kamar anak-anak diganti, eh sorenya sudah kena serangan ompol si bayi besar ini.

Aku memeluknya, sambil berusaha tersenyum menata hati.

"A'udzubillaahiminasyaithoonirrojiim.
Ya Allah, luaskanlah kesabaranku. Berikanlah kebahagiaan dalam hatiku karena kehadirannya."


Aku pernah memohon, mengiba dan menangis meminta kehadirannya dalam hidupku. Harapanku memiliki banyak rasa bahagia karena keberadaannya. Jangan sampai kehadirannya malah membuatku tak bahagia. Jangan sampai kelakuannya yang dia sendiri belum paham mana salah mana benar, malah membuatku mengingkari doaku.

Luaskanlah kesabaranku. Tambahkanlah pemahaman anakku, jadikanlah dia sosok yang cerdas. Jadikanlah dia sumber kebahagiaan Kami, sumber tawa bahagia Kami. Amiin

_______

Permasalahan remeh temeh seperti ini rentan membuat diri sendiri tidak bahagia lho. Bayangkan jika seorang Ibu tidak bahagia, apa yang terjadi dengan rumah tangganya? Anak-anaknya?

Kita tentu masih lekat dalam ingatan seorang Ibu di Brebes yang melukai anak-anaknya karena ketidakbahagiaan dirinya. Jiwanya terguncang, Kurang kasih sayang, pikirannya meradang, anak-anak jadi sasaran.

Jangan sampai kejadian seperti ini terulang kembali. Nauzubillah. Makanya Moms, kita harus tahu bagaimana cara membahagiakan diri sendiri.

Kalau artikel sebelumnya Saya sudah membahas cara hidup sehat dan awet muda  di artikel kali ini Saya akan membahas cara membahagiakan diri sendiri. Ya diri sendiri! Karena membahagiakan diri sendiri lebih penting, agar bisa membahagiakan orang lain.
  
Cara membahagiakan diri sendiri


Bahagialah Ibu, Bahagiamu adalah Bahagia Keluarga !


Pernah mendengar istilah, bahwa Ibu adalah hatinya sebuah rumah tangga? apabila hati ibu sedih, maka seisi rumah akan merasa sedih. Lihat saja sendiri ketika seorang ibu sakit, maka seluruh rumah seperti tanpa ada kehidupan. Rumah berantakan, peralatan tak terurus dan sebagainya.

Begitu pula sebaliknya, jika seorang Ibu bahagia, maka seisi rumah seakan bersemi kembali, bak bunga di musim semi. Indah sekali. Anak-anak tumbuh bahagia penuh canda tawa. Suami pun turut merasakan suasana ini.

Adanya saling support antar anggota keluarga juga menjadi faktor pendukung terpenting bagi kebahagiaan seorang Ibu. Meski demikian, hendaknya kebahagiaan Ibu itu harus berasal dari dalam diri, agar ketika kita kehilangan arah, tak perlu mencari kebahagiaan kesana kemari cukup melihat ke dalam diri. Maka raut bahagia akan datang kembali.

Yuk mulai sekarang berbahagialah Ibu, karena bahagianya Ibu adalah bahagianya seluruh anggota keluarga.

5 Cara Membahagiakan Diri Sendiri Bagi Ibu Rumah Tangga


Cara simpel membahagiakan diri sendiri yang bisa Ibu lakukan antara lain

1. Banyak Bersyukur


Banyak bersyukur! Banyak bersyukur adalah bagian dari fitrah manusia untuk menghalau rasa minder, putus asa, kecewa dan sebagainya. Banyak bersyukur adalah bagian dari iman. Ingatlah 

"Jika kita menjadi hamba yang pandai bersyukur, maka Allah akan menambah nikmat-NYA"

2. Nikmati Hidup

  
Happy mom


Meski hidup tidak selalu indah seperti drama korea wkwk, tapi setidaknya ada bagian scene dalam kehidupan yang bisa membuat kita bahagia. Bagaimana caranya? Nikmati saja! Nikmati setiap lakon yang terjadi, and enjoy it . Dengan begitu kita akan terbebas dari rasa bersalah dan over ekspektasi.

3. Jangan Bandingkan Hidupmu dengan Hidup Orang lain!


Jangan mengira rumput tetangga yang selalu hijau itu adalah kenikmatan. Karena kita tidak pernah tahu apa yang ada di balik kehijauan sebuah rumput. Mungkin saja itu rumput sintetis wkwk alias rumput kepalsuan. Buat apa membandingkan hidup kita dengan hidup orang lain. Atau berandai-andai begini begitu? Jalani saja apa yang ada, dan tetap bersyukur :)

4. Ciptakan Karya


Menciptakan sebuah karya adalah bentuk aktualisasi diri yang bisa mengundang berbagai apresiasi. Makanya tidak ada salahnya jika Moms mulai berpikir apa yang hendak diciptakan dari kehidupan yang dijalani ini. Lakukan sesuatu yang bisa menghasilkan karya, minimal satu karya seumur hidup. Karya yang terarah bisa juga menjadi peluang usaha lho. 

5. Gabung Komunitas Mom Support Mom


Salah satu Komunitas Moms support Moms adalah komunitas yang bisa saling mendukung. Apalagi sekarang sudah banyak yang membuat komunitas gratis seperti ini. Kita tinggal menikmati saja dan bersiap mendapat ribuan supports dari Mama di seluruh dunia. 

Penutup


Mama, bahagialah! Buat hatimu selalu bahagia. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain. Karena setiap orang terlahir unik, dengan caranya masing-masing.

Mama jika banyak harapanmu belum tercapai, tetaplah bersyukur. Karena syukur adalah pembebas dari insecure.

Mama, bahagialah! Hanya Kau yang tahu cara membahagiakan dirimu sendiri. Mereka, anak-anak dan Suamimu tidak tahu cara membuatmu bahagia.

Bahagialah dengan caramu sendiri. Buatlah dirimu bahagia. Karena hanya Mama yang tahu cara membahagiakan diri sendiri.

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment