header

Alasan Blogger Pemula Belajar Site Audit

Konten [Tampil]

Hi Moms,

Saya mau membahas tentang alasan Blogger pemula dalam belajar Site Audit. Ada yang sudah mengenal Site Audit? Kalau baru pertama kali mendengar tidak masalah. Karena kau tak sendiri Moms hehe.

Sesungguhnya ini juga istilah yang baru-baru ini saja saya dengar. Saya bahkan baru mulai mencari tahu secara detail tentang site audit saat ingin mengikuti kelas tentang site audit. Maaf ya mamak lebih update harga popok dan susu wkwk

Tapi baiklah, Saya akan menulis sedikit tentang Site Audit yang Saya ketahui ya. Here We go...!!

Apa itu Site Audit?


Saya mulai mencari berbagai referensi mengenai site audit. Dari beberapa referensi yang Saya baca, saya menyimpulkan website audit atau biasa disingkat site audit adalah evaluasi sebuah website untuk mengetahui kualitas web pada mesin pencarian.

Dari site audit ini akan didapatkan informasi, seberapa layak sebuah website bisa mencapai posisi halaman pertama pada hasil pencarian. Dari hasil site audit ini juga akan diketahui apa saja permasalahan yang terjadi pada sebuah web.

Nah pertanyaannya kalau begitu seberapa penting pemilik web melakukan site audit? Tentu saja jawabannya sangat penting sekali! Tetapi bagaimana cara melakukan site audit? Saya juga belum tahu hehe.. Makanya saya bertekad bisa mengikuti kelas pelatihan site audit.

Mengapa Harus Mengikuti Pelatihan Site Audit?

  
Blogger pemula belajar site audit

Dari web Niagahoster.co.id Saya juga mendapatkan insight bahwa site audit bertujuan untuk memperbaiki berbagai aspek website secara utuh, baik teknis, user experience maupun SEO.

Berhubung Saya sama sekali belum pernah melakukan site audit sama sekali terhadap blog Saya, bisa dipastikan performa blog Saya jauh dibawah performa blog yang sering melakukan site audit.

So, ini alasannya mengapa harus mengikuti pelatihan site audit :
  • Untuk mengetahui kondisi blog secara utuh
  • Mengecek broken link dan cara penyelesaiannya
  • Agar tulisan di blog bisa mencapai posisi terbaik di mesin pencarian
  • Belajar SEO
  • Belajar menggunakan tools site audit dengan benar beserta fungsinya

Itu alasan Saya mengikuti kelas pelatihan site Audit bersama Coach Irwin. Tetapi sebelumnya Saya akan bercerita pengalaman Saya terjun menjadi seorang Blogger Pemula. Penasaran? Hehe

Awal Mula Berkenalan dengan Dunia Blogger


Sejujurnya dunia blogging adalah dunia baru bagi Saya. Sebelumnya Saya tidak begitu mengenal apa itu blog, blogging dan blogger. Setelah mengikuti sebuah kelas pengembangan diri tentang Blogging barulah saya berkenalan dengan dunia yang Saya geluti hingga saat ini.

Berkenalan dengan website blog April 2020 adalah awal mula Saya mempunyai blog dan mulai menekuninya. Pada saat itu, goal kelas blogging itu hanya membuat blog di Blogspot, membuat tulisan, kemudian posting! That's all.

Meski demikian, Saya terus menulis karena menulis adalah hobi Saya sejak kecil. Dalam kurun waktu hampir 2 tahun ini, banyak 'kejutan-kejutan' yang Saya dapatkan dalam dunia blog. Terutama mengenai Search Engine Optimization (SEO).

Untuk itulah Saya terus mencari dan belajar dari para Blogger senior, mengikuti online course, join komunitas, hingga menambah networking di dunia menulis ini. Hal ini Saya lakukan agar Saya bisa melakukan yang benar, dengan cara yang benar pula, demi mencapai pencapaian terbesar dalam dunia blogging.

Pencapaian Terbesar Dalam Dunia Blogger


Jika ditanya apa pencapaian terbesar Saya dalam dunia Blogger ini, tentu jawabannya belum banyak. Namun yang Saya pahami dalam dunia blogging ini, Saya memiliki big why yang membuat Saya merasa telah mencapai impian tersebut.

Impian terbesar Saya dalam menulis adalah bisa menebar banyak manfaat kepada orang lain, berbagi ilmu, berbagi pengalaman, serta bisa mendalami apa yang belum dipahami, hingga tujuan lainnya untuk menjadi salah satu sarana dalam syiar agama Islam.

Alasan ini yang menuntun Saya terus semangat untuk ngeblog. Dan Saya yakin alasan ngeblog ini yang akan menuntun Saya menuju pencapaian yang lebih besar.

Harapan untuk Dunia Blogger


Dunia blogger bagi Saya memiliki masa depan yang cukup menjanjikan. Tidak pernah terbayang sebelumnya bakal terjun dan secinta ini dengan dunia blogging. Dunia blog memiliki kesempatan besar untuk memberikan awareness kepada para pengguna internet di Indonesia.

Besar harapan Saya menjadi blogger bukan hanya sekadar hobi untuk menghabiskan waktu luang atau mencari uang, namun sebagai Blogger kita harus mempunyai visi dan misi yang lebih besar dari itu.

Seorang Blogger hendaknya mempunyai visi memberikan informasi yang tepat, menyampaikan opini yang cermat, dan harus memiliki integritas menghargai hak cipta orang lain.

Jangan menjadi 'Blogger Bajakan' yang hanya bisa copy paste karya orang lain. Kita memang bisa mengaku-ngaku tulisan orang sebagai tulisan kita, membohongi orang lain, tapi ingat kita tidak pernah bisa membohongi diri sendiri. Jadi Blogger harus jujur.

Jika Tulisan Saya di Copas, Bagaimana?


Bagaimana jika tulisan Saya di copas oleh orang lain? Apa yang harus saya lakukan? Insya Allah Saya ikhlas! Biarkanlah! Toh itu adalah bentuk penyaluran ide dan kreativitas Saya setiap hari.

Menulis adalah cara saya menuangkan kebutuhan mengeluarkan 22 ribu kata perhari. Jika satu, dua tulisan Saya di copas, Saya masih punya banyak stok kosakata baru setiap hari.

Bukankah kreativitas tidak bisa di copas? Buat apa Saya habiskan waktu memikirkannya, tapi Saya tetap mengutuk perbuatan ini. Semoga banyak Blogger Indonesia lebih pilih mencari berkah dari pada sekadar mencari upah.

Yuk, Blogger Indonesia mulailah menjadi Blogger yang terhormat, Blogger yang bermartabat dengan predikat, bukan dari hasil duplikat. Bagaimana caranya? Bahas lagi yuk :) 

Bagaimana Cara Memulai Ngeblog?


Bagaimana cara menjadi Blogger pemula yang bermartabat? Ini cara mulai ngeblog ala Saya yang paling mudah dan simpel
  • Mempunyai alasan ngeblog yang kuat
  • Membuat blog boleh di Blogspot atau WordPress
  • Menulis artikel apa saja dan mempostingnya
  • Mempunyai sikap mau belajar tanpa batas, dan
  • Konsisten Menulis

Nah, cara terakhir untuk konsisten akan Saya bahas detail berikut ini ya, lanjut lagi yuk!

Cara Blogger Pemula Menjaga Konsistensi Dalam Menulis ala Mom Queen, Gimana ya? 


Sebagai manusia biasa, Saya pun pernah mengalami masa-masa kejenuhan dalam dunia blog. Namun sebagai seorang Blogger yang memiliki big why ngeblog yang kuat, Saya bisa mengatasinya dengan cepat.

Salah satu cara Saya menjaga konsistensi dalam menulis, yaitu harus mempunyai big why yang kuat. Big why ngeblog ini yang akan menuntun ketika kita mulai tidak konsisten, mulai mager, atau berjalan di dalam track yang tidak benar.

Big why ini yang akan 'mengangkat' ketika kita sedang terpuruk lemah dalam ke-mager-an. So, sebagai Blogger pemula, yuk temukan big why ngeblog yuk!

Perlukah Blogger Pemula Paham SEO?


Bagi Blogger pemula seperti Saya dulu, jika dihadapkan pada pertanyaan ini tentu akan membuat Saya mundur teratur. Karena SEO yang itu penting tetapi sukses bikin njelimet hehe..Maka pendapat Saya pribadi, blogger pemula tidak perlu belajar SEO, Blogger pemula hanya perlu belajar konsisten menulis dan posting saja. Jika sudah konsisten menulis baru boleh ditambah belajar SEO.

Namun, jika tujuan ngeblog adalah menjadi blogger profesional. Jika Moms menjadikan Blogger sebagai profesi, maka jawabannya sangat-sangat perlu belajar SEO! Karena Blogger dan SEO adalah satu kesatuan yang tidak boleh terpisahkan.

Apa pentingnya belajar SEO? Salah satunya adalah meningkatkan trafik. Nah bagaimana cara menaikkan trafik? Yuk baca lagi yuk, jangan lelah hehe :)

Bagaimana Cara Meningkatkan Trafik?


Jujurly Moms, sampai detik ini Saya pun masih mempunyai PR besar dalam meningkatkan trafik blog. Maklum tulisan masih di angka 160 an, dan hampir setengahnya adalah tulisan curhat hahaha..

Tetapi dari beberapa kelas online yang Saya ikuti, ada beberapa cara menaikkan trafik, antara lain :

  • Riset keyword, gunakan long tail keyword. Long tail keyword biasanya menggunakan 3 kata dengan volume dan Keyword Difficult (KD) tertentu bisa mendongkrak page view/PV (pengunjung)
  • Optimasi Sosial media. Share tulisan di semua akun sosial media Kamu Moms, langkah ini ampuh menaikkan jumlah pengunjung di blog.
  • Menulis Berita Viral. Ini paling cepat meningkatkan trafik, apalagi jika berita viral yang saat itu berada di ranking satu medsos. Otomatis mendulang PV yang moncer.
  • Saling mengunjungi Blog alias Blog Walking. Meski beberapa Mastah blogger tidak terlalu menyarankan BW, tetapi bagi blogger pemula seperti Saya dulu, jika ada yang mengunjungi blog 'kacangan' Saya ini, wah itu sesuatu yang berharga sekali.

Saat ini niche blog saya, www.momqueenmq.com adalah blog parenting, seputar pola pengasuhan anak-anak. Meski pada kenyataannya ada celah menuju ke lifestyle Blog juga hehe. Mengapa memilih niche parenting? Mau tahu.. Mau lah masak ngga sih wkwk

Tentukan Niche Blog dan Mengapa Memilih Niche Tersebut?


Mengapa Saya memilih menulis Niche Parenting, Why? Blog Mom Queen mengusung tema blog parenting fokus pada pola pengasuhan anak. Meski pada kenyataannya, isi blog ini sudah mulai mengarah ke aliran lifestyle, tapi niche parenting tetap menjadi ruh bagi blog ini.

Mengapa Saya memilih niche parenting? Karena ilmu parenting itu sangat luas, dan penjabaran serta aplikasinya sangat fleksibel. Antara orang tua yang satu dengan orang tua lainnya bisa saja berbeda.

Tetapi tujuannya satu, maka dari itu, setidaknya sharing pengalaman bisa menjadi referensi bagi banyak ibu itu sesuatu yang sangat berharga.

Saya berharap blog Mom Queen ini bisa menjadi sarana mengedukasi para new Mom untuk berbagi cerita, cara mengasuh anak dan membersamai tumbuh kembang anak.

Bagaimana Tahapan Menulis di Blog Hingga Publish?


Nah ini adalah tahapan menulis hingga publish ala Mom Queen ya
  • Menentukan Tema Tulisan sesuai mood atau label blog
  • Riset tema dan referensi tulisan
  • Riset Keyword, CPC dan Volume
  • Membuat outline, mulai dari judul (H1), subheading (h2), sub sub heading (H3) dan seterusnya
  • Mulai mengembangkan Outline, selesai
  • Endapkan, silakan lakukan aktivitas lain atau tidur hehe
  • Editing artikel
  • Buat desain grafis atau gambar pendukung di Canva
  • Tambahkan gambar
  • Proofreading
  • Cek label, Kostumisasi url dan search description
  • Preview
  • Cek typo (sekali lagi)
  • Artikel siap publish
Lumayan panjang ya proses publikasi sebuah artikel ala mom Queen? Iya lumayan panjang sih, tapi kalau sudah terbiasa ini simpel banget kok, cobain deh!

Namun sayangnya, cara diatas baru Saya dapatkan setelah satu tahunan ngeblog. Jadi ada banyak tulisan yang sudah terpublish tidak dengan cara yang benar seperti diatas. Jadi ada beberapa kekurangan yang perlu dalam blog Mom Queen.

Apa yang Perlu diperbaiki pada Blog Mom Queen?


Beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki pada blog Saya antara lain
  • Ada beberapa broken link yang belum diperbaiki, entah bagaimana cara memperbaikinya. Mungkin kalau lulus seleksi kelas site audit, akan Saya tanyakan ((Doakan ya))
  • Ada puluhan artikel yang tidak menggunakan alt title dan alt text
  • Susunan heading yang tidak beraturan pada artikel awal
  • Masih mengandalkan trafik share sosmed, bukan trafik organik
  • Ukuran alt image pada foto profil dan komen blogger masih belum di isi (based on MSI check)

Data diatas adalah sesuai dengan kemampuan dasar sebagai blogger pemula yang Saya miliki. Saya belum mengecek dengan cara lainnya.

Oh ya, mungkin Moms atau teman-teman yang ingin terjun menjadi blogger pemula penasaran, apakah profesi Blogger masih bisa bertahan dengan ramainya orang membuat konten youtube atau vlog? Kita bahas sesuai opini Mom Queen ya :)

Apakah Blogger Masih Bisa Bertahan dengan Adanya Youtuber?


Moms, Kamu percaya nggak jika setiap hobi akan menemukan peminatnya masing-masing? Percaya kan, begitu pun dengan sebuah konten. Baik konten video maupun tulisan semuanya akan menemukan pemiliknya sendiri.

Meskipun saat ini semakin banyak orang berlomba-lomba menjadi youtuber, tetap saja seorang blogger masih memiliki tempat di hati pencari informasi.

Kalau kata guru blogger Saya bangQ di SEOMOC, selagi Google masih menjadi rujukan untuk pencarian, maka profesi blogger tetap menjanjikan. So tetap semangat ngeblog ya, karen kita sebagai Blogger memiliki peran yang luar biasa, apa peran Blogger di Indonesia? Last opinion here We go…!

Peranan Seorang Blogger di Indonesia


Menurut Saya, sebagai seorang Blogger Indonesia kita memiliki peran sebagai penyambung lidah, penyebaran informasi yang benar dari satu sumber kepada banyak pembaca di seluruh Indonesia.

Blogger bukan lagi sebagai profesi yang dipandang sebelah mata, tetapi juga blogger bisa menjadi sebuah profesi yang ekslusif, karena efek domino dari awareness yang diberikan. Blogger juga bisa menjadi alat digitalisasi marketing sebuah bisnis, yang memiliki efek menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Penutup

Masih banyak lagi peran Blogger di Indonesia, tentunya memiliki manfaat bukan hanya sekadar ajang penyaluran hobi apalagi gengsi, tapi menjadi Blogger bisa juga memiliki peran sebagai media edukasi.

Ini lah sedikit cerita Mom Queen sebagai Blogger Pemula modal belajar untuk pelatihan Site Audit di kelasnya Coach Irwin. Doakan semoga Mom Queen lulus seleksi dan diterima sebagai peserta pelatihan yang terpilih ya. Terima kasih semua :)

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

5 comments

  1. Info baru buat saya karena saya baru tahu istilah site audit...

    Kalau ngomongin nulis di blog, jujur masih turun naik mood nya..

    ReplyDelete
  2. Aku tuh paling lemah masalah SEO. Maunya nulis aja tanpa ada sesuatu yang mengikat. Makin ke sini makin sadar akan pentingnya kedah SEO. KAlau ada pelatihan tentang site audit, aku mau ikut ah... kabar-kabari ya mbak...

    ReplyDelete
  3. kerennnnnmomqueen selalu kece, aku banyak belajar dari perempuan berdaya ini. aku seneng bacanya yup kita punya big why atas apa yang kita lakukan saat ngeblog

    ReplyDelete
  4. Sebagai blogger harus bisa ikut ambil bagian dalam kampanye-kampanye kebaikan, namun sbg blogger juga perlu mengupgrade diri ya, Mb. Moga bisa lolos nih ikut coach irwin

    ReplyDelete
  5. Semoga kita lulus seleksi dan bisa belajar site audit ya mbak..

    Blog ku masih banyak yg harus diperbaiki. Termasuk konsistensiku menulis..hiks

    ReplyDelete

Post a Comment