header maminca sharing

Viral Blogger Raih Ratusan Dollar dari Intellifluence

Konten [Tampil]

Beberapa minggu belakangan ini muncul cerita viral bloggerbraih ratusan dolar dari Intellifluence. Nama Intellifluence sepertinya sedang naik daun. Ramai Blogger mendaftarkan diri di situs marketplace yang berbasis di US ini.

Wajar saja, untuk sekali mengerjakan job dari brand ini, Blogger dibanderol komisi ratusan dollar per sekali review. Bahkan Saya melihat ada job yang bernilai U$1000. Wow Masya Allah! Saya tak kuasa menghitung rupiah yang masuk ke kantong blogger.

Viral Blogger Raih Ratusan Dollar dari Intellifluence

Jika saya flashback pada alasan ngeblog adalah sebagai sarana untuk sharing pengalaman, menambah jaringan pertemanan, hingga menambah penghasilan. Nah alasan terakhir ini yang sepertinya sudah mulai menemukan jalannya hehe. Jika selama ini penghasilan yang saya dapat dari job dalam negeri terbilang biasa saja. Maka lewat Intellifluence ini, penghasilan menjadi berkali-kali lipat.

Lebih Dekat Intellifluence

Intellifluence, mungkin nama yang cukup baru di telinga Blogger. Betul tidak? Atau cuma saya saja yang merasa begini? Tapi ternyata saat saya menanyakan ke beberapa teman Blogger, bahkan mereka juga tidak tahu. Ah ternyata saya tidak sendiri.

Saya kemudian tergerak untuk mencari lebih jauh tentang marketplace ini di Google. Saya pun membaca ulasan dari beberapa teman-teman blogger dan Google. Rupanya Intellifluence ini adalah sebuah marketplace yang berisi influencer dan banyak Brand untuk bertransaksi seputar dunia review atau campaign tertentu. Kalau di Indonesia mirip seperti Sossiogo lah. 

Intellifluence adalah salah satu platform gratis bagi influencer baik di blog maupun social media lainnya. Kita bisa mendaftar secara gratis di marketplace ini. Kita dapat pula mendaftarkan diri sesuai dengan niche blog. Intellifluence juga akan menampilkan daftar brand yang bisa diajak berkolaborasi.

Kita bisa mengajukan penawaran terlebih dahulu. Kemudian Brand akan mereview penawaran kerja sama kita, barulah kemudian influencer mengerjakan tugas sesuai brief. Campaign bisa dilakukan lewat blog atau media sosial kita.

Berapa Penghasilan yang diperoleh dari Campaign Intellifluence?

Sejak daftar Intellifluence seminggu yang lalu, Saya sudah berhasil mendapatkan 2 pitch (istilah untuk job di sini). Dan luar biasanya penghasilan dari marketplace influencer ini benar-benar besar.

Bayangkan saja, saya mendapatkan satu job untuk review produk di blog senilai 100 dolar. Waw! Ini nilai yang sangat besar jika dibandingkan dengan nilai campaign yang ada di dalam negeri. Nilai ini benar-benar membuat saya berdecak kagum. Saya pun jadi ketagihan untuk mengulik si Intell lebih jauh. Kamu penasaran?

Kelebihan dan kekurangan Intellifluence

Viral Blogger Raih Ratusan Dollar dari Intellifluence

Layaknya sebuah aplikasi, Intellifluence juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut kelebihan Intellifluence ulasan saya.

1. Bayaran Tinggi

Kelebihan dari marketplace Intellifluence ini adalah bayaran yang besar (menurut pasaran campaign di Indonesia) serta pengerjaan job yang mudah. Untuk nilai campaign yang diberikan oleh Intellifluence ini tergolong besar, harganya berkisar antara 100-300 dolar per sekali review untuk artikel blog.

2. Tidak Harus Bahasa Inggris

Awalnya saya pikir untuk mengerjakan job yang diberikan oleh marketplace dari negeri paman Sam ini harus menggunakan bahasa Inggris. Ternyata tidak juga, justru pekerjaan yang saya dapatkan pertama kali diperbolehkan menggunakan bahasa apa saya yang diminati.

Bahkan boleh-boleh saja menggunakan bahasa daerah seperti Sunda ataupun Jawa. Karena memang ada pilihan bahasanya, tapi bahasa Indonesia justru yang tidak ada.

3. Briefing Task yang Simple

Briefing task nya pun tidak sampai bikin kepala pusing hehe. Kita juga bisa berkomunikasi dengan brand. Semua briefing job di lakukan dalam bahasa inggris. Tapi tetap menggunakan Bahasa Inggris? Yes! udah dipahami kok dan hampir semua perintahnya jelas kok.  

4. Menggunakan Bahasa Inggris? Yes!

Saya tentu tidak akan membahas perihal bahasa yang digunakan. Namanya juga marketplace luar negeri, bahasa Inggris adalah bahasa pemersatu. Justru itu merupakan kelebihan dari marketplace ini. Coba bayangkan kalau mereka menggunakan bahasa Spanyol, atau France. Tentu lebih sulit lagi kan?

Kekurangan Intellifluence  

Meski begitu, saya tidak menampik adanya kekurangan dari marketplace yang membayar ratusan dolar ini.

1. Job Untuk Blogger Indonesia Masih Minim

Jumlah job yang bisa di akses untuk wilayah Indonesia sangat kecil sekali. Berulang kali saya mencoba mengulik tentang keahlian atau spesialisasi di marketplace ini. Namun jumlah job yang bisa di akses tetap saja sedikit. Ke depannya saya berharap semoga semakin banyak job yang bisa di akses oleh Blogger Indonesia. Sehingga semakin banyak Blogger dalam negeri yang merasakan manfaat dari website influencer ini.

2. Rekening Menggunakan Paypal

Karena pembayaran menggunakan rekening Paypal, hal ini menjadikan beberapa teman blogger yang sedikit ragu untuk join di marketplace ini. Padahal rekening Paypal sangat berguna untuk bertransaksi dengan akun bank keluaran luar negeri.

Sebagai informasi, akun paypal berfungsi untuk transaksi pembayaran global. Menerima dan berkirim pembayaran dari seluruh dunia. Cara pembuatannya pun cukup mudah, hanya dengan menggunakan email saja dan bisa dihubungkan dengan akun bank di dalam negeri. Cuma karena minimnya informasi tentang penggunaan Paypal ini, membuat teman-teman Blogger maju mundur cantik untuk join. Tapi ga masalah itu preferensi masing-masing. Kalau saya, maju terus karena Paypal tentu dapat memberikan perlindungan kepada penggunanya.

3. Lamanya Masa Tunggu Pencairan

Masa tunggu pencairan untuk pembayaran dari Intellifluence ini cukup lama. Jika dibandingkan dengan campaign di Indonesia yang langsung cair, seketika job selesai dikerjakan. Si Intell, harus menunggu waktu 15 hari trial. Saya bahkan di notifikasi harus menunggu 30 hari, barulah payment masuk ke rekening paypal.

Berapa Penghasilan dari Intellifluence?

Dihari pertama mendaftar sebagai influencer dari Intellifluence  saya langsung mencari job yang sesuai dengan keahlian saya. Ternyata lumayan, ada sekitar 5-6 job yang bisa di apply saat itu juga.

Saya mengajukan beberapa penawaran kepada brand. Nah yang paling cepat di approve adalah penawaran saya untuk mereview aplikasi intellifluence di google play. Saat itu juga saya langsung mendapat pitch (istilah job di Intellifluence). Alhasil, hari itu saya mendapatkan pembayaran sebesar USD 5.00 untuk review ini.

Di hari ke 3 mendaftar sebagai influencer, saya mendapat email tentang kelanjutan penawaran saya ke brand. Akhirnya saya mendapat pitching kedua di Intellifluence ini. Briefing yang diberikan cukup mudah dan clear. Dari artikel pertama saya di Intellifluence saya mendapatkan bayaran USD 100.

Sekarang saya lagi menunggu beberapa pitching tentang job berikutnya, semoga segera mendapat balasan.

Step Pembayaran Intellifluence

Step Pembayaran Intellifluence ada 3, Kamu bisa melihat di menu report pada dashboard Intellifluence.

UPCOMING

Upcoming artinya ketika kita selesai mengerjakan pitch (job) yang diberikan. Ketika job sudah dilaporkan dan ditandai sebagai "Completed" job oleh Brand. Seketika itu juga dana akan masuk ke menu upcoming.

ELIGIBLE

Eligible artinya ketika sudah 15-30 hari di upcoming, maka pembayaran akan berpindah ke menu Eligible ini. Eligible ini artinya dana yang bisa ditarik untuk di cairkan ke rekening Paypal

PROCESSED

Processed artinya saldo atau penghasilan yang akan kita transfer ke rekening Paypal. Jumlahnya yang bisa dicairkan minimal 25 USD atau lebih.

Berapa lama Influencer Mendapat Balasan Pitching?

Tidak tentu juga, kadang hitungan jam. Kadang hitungan hari. Pengalaman saya untuk dua job ini, yang dari intellifluence hanya dalam hitungan jam langsung mendapat pitch.

Tapi untuk job review dari brand lain, sekitar 2-3 hari. Teman-teman blogger yang lain ada yang seminggu baru diterima. Sepertinya tergantung dari cepat atau lamanya pihak brand mereview seorang influencer beserta detailnya.

Cara Daftar Intellifluence

Viral Blogger Raih Ratusan Dollar dari Intellifluence

Cara daftarnya gampang sekali lho, tinggal ikuti langkah di bawah ini :

1. Klik Intellifluence 

2. Step 1

Mengisi beberapa data yang diperlukan seperti nama lengkap, email, dan password.

3. Step 2 dan 3,

Kemudian lanjut mengisi biodata yang diperlukan seperti memasukkan foto profil dan ketertarikan (interesting). Bisa sampai 10 peminatan.

4. Step 4

Mengisi public biodata. Disini Kamu bisa menceritakan tentang siapa diri kamu, kegiatan, hobi, alasan menulis dan apa aktivitas sehari-hari. Panjang tulisan kinimal 500 karakter. Semakin detail semakin baik, untuk memudahkan pihak Brand mempercayai kredibilitas Influencer.

6. Step 5

Melengkapi foto  profil, disini kamu bisa menampilkan hingga 5 foto. Semakin banyak yang ditampilkan, semakin baik penilaian brand terhadap kamu.

7. Step 6 dan 7

Kembali melengkapi biodata, disini data yang diisi lebih detail tentang alamat rumah, kecamatan, kota, propinsi, hingga kode post dan no telepon aktif.

8. Step 8

Berisi data kompensasi yang ingin kita dapatkan dari campaign yang diikuti. Apakah berupa produk saja atau pembayaran saja. Atau bahkan keduanya. Silakan masukkan nominal yang sesuai dengan kamu. Kalau saya memasukkan nominal 25 versus 50 untuk produk dan fee. Awalnya 50/50 tapi kemudian dirasa terlalu tinggi wkwk. 

9. Step 9

Berisi data pendidikan dan penghasilan bulanan. Isi saja sesuai dengan data perkiraan atau mau tulis yang sebenarnya juga tidak masalah, toh ini tidak akan dipublish (data penghasilan).

Lanjut dengan mengisi data, suku, status pekerjaan, tanggal lahir hingga bahasa yang digunakan saya memilih bahasa English (fluent). Ini yang agak lucu menurut saya. soalnya saya mencari bahasa Indonesia tidak ada, justru bahasa Sunda dan Jawa ada, wah hebat ya bahasa daerah bisa masuk kesini.

Selesai!
Sampai sini Kamu bisa mulai mengajukan penawaran dengan menekan tombol apply.

Cukup jelas ya, dan kamu sudah bisa mengumpulkan pundi-pundi dolar. Semoga kamu juga bisa sukses dengan meraup ratusan hingga ribuan dolar perbulan lewat Intellifluence ya.

Yuk daftar Intellifluence dan amankan jatah ratusan dolar komisi kamu. Klik daftar Intellifluence untuk join atau bisa menggunakan kode referral saya disini. Terima kasih.

Salam,
Mom Queen 


Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

37 comments

  1. Lengap bangeeet ini, mom. Udah tak bookmark. Ntar aku baca ini lagi kalau mau daftar :D

    ReplyDelete
  2. Selamat, semoga semakin ramai jobnya dan banyak brand untuk bloggers Indonesia

    ReplyDelete
  3. lagi trending banget ya intellinfluence ini. Alhamdulillah, sudah banyak teman-teman blogger yang sudah dapat job juga dari intelinfluence, termasuk Mbak Yunniew. Selamat ya, Mbak.

    ReplyDelete
  4. Akhirnya setelah beberapa kali hanya nyimak di grup,,, oh ini yang lagi rame di grup itu ... Layak daftar ..

    ReplyDelete
  5. Aku udah coba daftar mba, tapi pas pasang profil gagal mulu, pokonya gak bisa diakses.. Kenapa yaa

    ReplyDelete
  6. waaah kereeeen, mantul, dulu sy pernah side job di internettp bkn tentang blog, wjt itu di LB atau Lion Bridge

    ReplyDelete
  7. Wah aku tertarik buat ikut nyobain nih mbak, untuk blogger nrwbie kayak aku, bisa join gak ya mb

    ReplyDelete
  8. Makasih banyak mba. Lengkap banget infonya.
    Aku mau coba daftar juga. Mudah-mudahan bisa ikutan bercuan di intelinfluence.

    ReplyDelete
  9. Wow .. nampak menggiurkan sekali ini wkwkwk aku baru tahu setelah baca ini .. kudu dicoba daftar nih ..

    ReplyDelete
  10. Aku blom sempet daftar nih. Baca ini auto ingey. Seneng bgt penjelasannya lengkap ;) thank youuuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo segera daftar dunkz ibuk di balik gawai ehehehe seneng bisa rombongan di sana

      Delete
    2. Badanku remuk nih masih. Yaampun:'( soon kalau dah longgar jiwa raga aku daftar. Ajarin aku ya momqueen dan mbak hamimeha wkwk

      Delete
  11. Wew udh pernah denger nih ini tp blm nyobain jg mampir kesana hehe.. kudu coba deh kalo udh baca penghasilan yg menggiurkan gini ;)

    ReplyDelete
  12. wah momqueen gercep amat nih kece emang orang ini, hahahah aku maish unyu nih di intellifluence tapi berharp bisa mendapatkan job lain dr intell sjauh ini aku merasa nyaman meski belum bisa nyairin hhehe disimpen dulu aja ya buat tabungan

    ReplyDelete
  13. mantapp mba lengkapp infonya. Alhamdulillah aku juga dah dapat 400 dollar dari sini. Alhamdulillaah, mudah2an makin banyak job untuk indonesia yah nanti

    ReplyDelete
  14. Wuih keren banget sih kk! Jadi pengen juga dapat ratusan dolar

    ReplyDelete
  15. Wuaaa asik banget dibayarnya dollar. Aku pun termasuk yang agak maju mundur kalau pembayarannya nanti pakai paypal sih. Merasa belum siap aja. Semoga kesempatan untuk dapat job bagi blogger Indonesia makin terbuka.

    ReplyDelete
  16. wah. lumayan banget ya Mba ada sampe 1000 dolar. kaget banget aku bacanya. di intel emg byrannya gede2 banget ya.

    ReplyDelete
  17. Wah akhirnya aku lebih semangat ngeblog setelah baca ini. Haha, makasih ya kak. Aku coba gabung deh.

    ReplyDelete
  18. eh, aku belum sempet review nih, hihi.. jujurly, intellinfluence memang solusi untuk blogger yang mau dapet cuan dibayar dolar nih..

    ReplyDelete
  19. Masya Allah, semudah itu ya mendapatkan cuan dolla. Pasti suka nih, moga nambah berkah mb

    ReplyDelete
  20. Wowww, lengkap, menarik dan sangat membantu Mom, aku jadi pengen mempelajari ini, terima kasih sudah diulas dan diberi info Mom Yunita :D

    ReplyDelete
  21. Aku baru tahu informasi ini, wih keren banget kalo bisa dapet cuan dollar. Makasih bund info nya🙏😊

    ReplyDelete
  22. Ini nih informasi menarik! 😍😍😍 Makasii reviewnya kak. Aku juga mau coba. Sebelumnya sudah pernah dengar tentang platfrorm ini, tapi masih ragu-ragu. Sekarang makin mantap!

    ReplyDelete
  23. Wow... Sangat menggoda ya mom...
    Terima kasih artikelnya yang super lengkap.

    ReplyDelete
  24. Nice artikel Kak. Meskipun masih belum terlalu paham aku

    ReplyDelete
  25. Menarik bangeet. Aku baru tau platform ini. Thanks mbaa buat sharingnya

    ReplyDelete
  26. Wahh,, aku juga baru nyoba gabung nih.. Masih sedikit demi sedikit buat memahami.. Semoga bisa dapet job sesuai kriteria ya :D

    ReplyDelete
  27. Masha Alloh harus banyak belajar dari teman2 yang sudah berpengalaman nih. Makasih mbak artikelmya bikin lebih semangat buat ngonten yg berkualitas.

    ReplyDelete
  28. Wah banyak yang mundur gara-gara paypal ya? Padahal bikin Paypal sekarang lebih mudah dan bisa langsung ditransfer ke rekening. Kalau dulu agak ribet emang. Aku juga alhamdulillah udah join Intellifluence nih.. tinggal nunggu 100 USD nya cair..

    ReplyDelete
  29. Sungguh menggoda sekali ya
    Info yang disampaikanpun lengkap
    Mampir kesini juga, sambil mampir ke blog cerbungnya hahaha

    ReplyDelete
  30. Jadi penasaran..coba ah si intell ini...makasih mba infonya

    ReplyDelete
  31. Ini yang dapat sampe ribuan dollar ini blogger indo kah ? Kok jadi penasaran ya hahaha aku ngeliat intell ini memang blm banyak job buat indo ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, masih minim banget. Tapi lumayan kalau mau mengulik juga. Cuslah daftar biar sama-sama dapat cuan juga.

      Delete

Post a Comment