header maminca sharing

Hubungan Writerpreneur, Personal Branding dan Optimasi Media Sosial

Konten [Tampil]
   
Hubungan Writerpreneur, Personal Branding dan Optimasi Media Sosial

Pernah mendengar istilah Writerpreneur? Apa hubungannya antara Writerpreneur, Personal branding dan optimasi media sosial? Kali ini saya akan membahas mengenai ketiganya. Serta bagaimana ketiga elemen penting dalam menulis ini bisa mendatangkan komisi bertubi-tubi?penasaran? Yuk kita bahas!

Writerpreneur adalah sebuah istilah yang disematkan pada seseorang yang berkecimpung di dunia bisnis literasi, mulai dari penulis; baik puisi, cerpen, opini, artikel maupun orang-orang yang terlibat dalam dunia literasi seperti pekerja di dunia penerbitan hingga perfilman. Pertanyaan retoris nya, maukah dari hobi menulis dapat komisi? 

Writerpreneur, dari Hobi Dapat Komisi


Jika selama ini kita hanya berpikir bagaimana menghasilkan sebuah naskah tulisan yang bagus dan diminati banyak pembaca. Sekarang maukah kita berpikir bagaimana mendapatkan komisi dari hobi menulis ini?

Untuk menemukan jawabannya sepertinya saya tidak butuh harus dapat membaca pikiran Kalian dulu kan? Sudah pasti jawabannya iya! Sekarang mari buat daftar hobi kita.

Coba diam dan pikirkan sejenak, apa yang menjadi hobi kita? Mungkinkah salah satunya adalah menulis ( entah puisi, cerpen, cerbung, opini atau artikel), update medsos (Facebook, Instagram, Twitter), Review Produk Teman atau bahkan mempromosi produk teman. Yang manakah hobi kamu?

Dari semua hobi tersebut, bisakah kita tarik satu benang merah semuanya? Yes! Semuanya butuh menulis! Dari kecil kita sudah dijejali dengan beragam stimulasi tentang bagaimana bisa menulis. Jadi wajar, setiap orang diantara kita adalah penulis.
  

Setelah punya hobi menulis setiap hari, mudah-mudahan menjadi habit (karakter). Sudah punya hobi dan habit? Bagaimana supaya habit menghasilkan duit? Baik, inilah inti dari tulisan saya kali ini, 'Dari Hobi Dapat Komisi'

Bagaimana Cara Mendapatkan Komisi dari Hobi Menulis?


Awal mula saya memiliki blog Maminca Sharing adalah karena sebuah tugas online course. Saat itu saya belum tahu bahwa lewat blog bisa menghasilkan komisi yang wow! Bagi yang sudah memiliki blog, saya ucapkan selamat karena Kamu sudah selangkah di depan.

Cara mendapatkan komisi dari hobi menulis ini adalah dengan menerapkan skema berikut ini :
Menulis - Branding Diri - Share Sosial Media (IG/Facebook/Twitter) 
Ikuti saja alur ini, lakukan terus sebagai suatu pengulangan dan rutinitas setiap hari. Saya butuh waktu sekitar 4 - 5 bulan untuk membuat teman-teman saya percaya bahwa saya bisa menulis. Butuh waktu satu tahunan, bagi orang terdekat saya untuk menyebut saya sebagai seorang Blogger. Itulah gunanya melakukan Personal Branding

Personal Branding dan Cara Melakukannya 


Personal branding adalah bagaimana cara untuk memperkenalkan diri atau karir melalui suatu citra yang dibentuk kepada khalayak umum. Personal branding dapat dipresentasikan lewat media sosial, blog atau situs web pribadi maupun lewat karya-karya lainnya.

Personal branding juga erat kaitannya bagaimana seseorang dapat mengembangkan potensi diri (skill), perilaku (behaviour) dan memahami nilai unggul (value) yang ingin dilakukan dan ingin dicapai dalam dirinya.

Ingin dikenal sebagai apa? Blogger? Penulis Buku? Kontributor media? Cerpenis? Atau lainnya. Ingin menjadi apapun lakukan dengan professional.

Karena Saya di sini lebih fokus pada bagaimana cara mencitrakan diri sebagai seorang Blogger, maka saya akan mengulas bagaimana cara personal branding sebagai seorang Blogger.

Bagaimana Menjadi Blogger yang profesional?


Menjadi Blogger yang profesional hendaklah didukung dengan ilmu yang mumpuni. Tidak hanya karena gemar menulis dan sering mengupdate karya lewat blog, lantas langsung di sebut Blogger profesional ? Tentu tidak! Ada adab blogger yang harus dipenuhi. 

Bagaimana cara menjadi blogger yang profesional? Saya pun masih berproses menuju profesional. Berikut sharing pengalaman dari para guru Blogger saya.

▪️ Gunakan Top Level Domain
▪️ Mengikuti Blog Coaching, baik yang gratis maupun yang berbayar.
▪️ Belajar Search Engine Optimization (SEO) 
▪️ Join Komunitas Blogger
Mulai dari 1minggu1ceritaBlogger Perempuan, IIDN ( Ibu-Ibu Doyan Nulis), Kumpulan Emak Blogger, Blogger Hub, Blogger Crony dan masih banyak lagi.
▪️ Mulai Mengumpulkan Pundi-Pundi Komisi dengan menjadi Writerpreneur professional.

Optimasi Media Sosial


Media sosial adalah sarana bagi seorang writerpreneur dalam upaya membentuk citra diri. Apabila dianalogikan sebagai suatu perjalanan dan personal branding adalah sebuah tujuan maka media sosial adalah alat untuk mempercepatnya.
  
Hubungan Writerpreneur, Personal Branding dan Optimasi Media Sosial

Jika hal ini sudah dilakukan, tinggal menunggu waktu saja untuk memetik hasil dari apa yang diusahakan yaitu mengisi pundi-pundi komisi.

Mengumpulkan Pundi-Pundi Komisi Lewat Writerpreneur Professional


Bagaimana caranya?

☑️ Paham skill
☑️ Disiplin Diri
☑️ Selalu update Blog
☑️ Feed Media Sosial Rapi
☑️ Mengajukan diri ke Brand

Perihal mengajukan diri ke Brand, bagaimana caranya jika koneksi masih sedikit? Kita bisa mengikuti campaign yang diadakan oleh beberapa penyedia jasa campaign. Istilahnya mereka adalah jembatan penghubung antara Blogger dan Advertiser.

Siapa mereka? Ini adalah jajaran penyedia jasa campaign Blogger atau Komunitas Influencer yang sudah saya coba terbukti memberikan komisi pada membernya.

Penyedia jasa campaign, media sosial : (at) mominfluencerid (IG). Sedangkan untuk penghasilan bagi seorang Blogger bisa dengan cara bermitra dengan pihak ketiga seperti Rajabacklink,The Asian Parents, Vira.id, Intellifluence, maupun lewat Google Adsense 

Berapa Penghasilan yang diperoleh?


Saya pernah membuat Goal Plan salah satunya tentang target penghasilan. Saya percaya saja menulis nominal sekian rupiah sebulan. Padahal saat itu penghasilan dari ngeblog hanya sebatas 'Ucapan Terima Kasih'

Karena memang saya tidak pernah mematok berapa fee untuk sebuah tulisan. Bagi saya bisa berbagi lewat tulisan adalah cara membahagiakan orang lain lewat berbagi cerita. Maka soal bayaran saya tidak mematok. Karena tagline saya adalah 'Tukang review produk teman'.

Alhamdulillah masya Allah, di bulan September kemarin saya berhasil melampaui target penghasilan dalam goal plan tersebut. Apa yang mau saya garis bawahi disini?
"Komisi itu datang bersamaan dengan KEPANTASAN DIRI menerimanya."

Hubungan Antara Personal Branding, Writerpreneur, dan Optimasi Media Sosial

  
Jadi apa hubungannya antara personal branding, writerpreneur, dan optimasi media sosial bagi seorang Blogger? Hubungan simbiosis mutualisme.

Benang merah antara personal branding, writerpreneur dan optimasi media sosial adalah tentang bagaimana sebuah hubungan yang saling menguntungkan dan melengkapi. Tentang bagaimana sebuah kepantasan diri bertemu dengan karunia Allah SWT lewat sebuah karya, dan media sosial adalah alat untuk menuju sebuah kepantasan itu ^_^

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

10 comments

  1. Pengin tahu contoh cara review produk teman boleh Kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Kak, ada di label postingan "Review-Tips" ya. Scroll di bawah :)

      Delete
  2. Wah, keren emang Mom Yun iniiii. Panutann soal memberi harga yang pantas kepada usaha diri sendiri ya mbak.. Aku masih terus belajar nih, naik turun semangatnyaa :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba mba Naqi, pas semangatnya lagi naik itu tekan tombol pause!! 😅

      Delete
  3. Selalu kagum sama tulisan kakak... tops banget!

    ReplyDelete
  4. Wah, bisa belajar banyak nih cara bangun PB dari mb Yuni. Secara udah malang melintang

    ReplyDelete
  5. Wah, bisa belajar banyak nih cara bangun PB dari mb Yuni. Secara udah malang melintang.

    ReplyDelete
  6. Mommy panutanku sekali ini
    Banyak belajar dari tulisan keren-kerennya

    ReplyDelete

Post a Comment