header maminca sharing

Pengalaman Mom Queen Lolos Google Adsense Dalam 1 Hari

Konten [Tampil]

Hi, Manteman mom Queen mau sharing tentang lolos review google adsense nie. Ada yang mau penasaran ga?? Tolong penasaranlah.. Wkwk. Tapi disclaimer dulu ya, Kalau kamu berharap dapat sesuatu yang wah dari tulisan ini, lebih baik putar balik deh. Karena isi tulisan ini juga jauh dari konten informatif semacam memilih template blog SEO friendly atau apalah. Ini murni konten berisi sharing pengalaman Mom Queen lolos google adsense aja kok.
  
Pengalaman Mom Queen Lolos Google Adsense Dalam 1 Hari


Eh yang belum tahu google adsense, ga masalah kok. Yang penting kamu tahu kalau blog kamu bisa juga buat menambah pundi-pundi rupiah, salah satunya dengan Adsense.
"Adsense adalah cara gratis dan mudah untuk memperoleh uang dengan menampilkan iklan di samping konten online Anda. AdSense berfungsi dengan mencocokkan iklan dengan situs Anda berdasarkan konten dan pengunjung. Iklan tersebut dibuat dan dibayar oleh pengiklan yang ingin mempromosikan produk mereka."
(sumber Google)

 

Google Adsense, Harapan Ngeblog yang Tertarget


Saat mengikuti ODOP Ramadan pada April 2021, bersama Blogger Perempuan Network (BPN), ada tema tentang harapan ngeblog. Nah saat itu mom Queen menuliskan beberapa harapan-harapan dalam ngeblog, salah satunya bisa lolos si Adsense ini.

Kenapa ya ngebet banget bisa lolos adsense? Ya siapa sih yang ga mau bermitra dengan perusahaan raksasa sekelas google. Mau bangetlah! Intinya gini sih, ini pandangan pribadi sebenarnya, menurut mom Queen kalau suatu blog sudah bermitra dengan google artinya blog itu memiliki kualitas yang baik. Mulai dari kualitas konten, navigasi, juga kejelasan tentang pemilik dan orisinalitas tulisan.

Berkaca dari blog para mastah, mom Queen berharap banget suatu hari blog Maminca Sharing ini bisa dilirik Google. Eh, akhirnya tepat 3 bulan setelah menulis harapan, Google menganulir keinginan terdalam mom Queen. Tau aja nih Google cara membahagiakan emak-emak. Jadi poinnya adalah, Adsense itu tidak datang secara tiba-tiba, kita sebagai blogger, harus merencanakan dan membuat target kapan mulai mendaftar adsense.

Cara Daftar Adsense Blog


By the way, sudah tahu kan cara mendaftar Adsense? Gampang kok, tinggal buka dashboard Blogger

☑️Dari menu sebelah kiri, klik Penghasilan.
☑️Buat akun AdSense.
☑️Pilih email Google yang terkait dengan akun Blogger kamu.
☑️Isi formulir AdSense, lalu klik Buat akun.
☑️Masukkan detail pembayaran dan verifikasi nomor telepon deh.
☑️Klik Kirim.

Gampang kan? Ya dong, cuma segitu doang. Karena segitu gampangnya makanya mom Queen sotoy nyoba-nyoba daftar.

Jadi, setelah memiliki target untuk bisa lolos Adsense, mom Queen mulai mengatur strategi agar bisa di acc Google. Apa saja strateginya? Nih strategi awal mom Queen lolos Adsense

☑️ Konsisten Menulis
☑️ Ikut Blogwalking
☑️ Daftar Adsense

Simpel banget ya? Iya itu di awal, baru tahunya segitu. Karena ga ada yang ngajarin dan ngasih tahu juga sih agar lolos adsense. Jadinya belajar dengan cara bar-bar, kalau ga begitu ga akan tahu kan salahnya dimana wkwk.

Dan tahu ga apa respon Google AdSense waktu itu? Ditolak!! Hahaha... Hancurnya hatiku :(

Alasannya saat itu kontennya kurang berkualitas, navigasi tidak mendukung, dan berbagai alasan, entah bahasanya apa waktu itu. Baiklah daripada hati galau. Mom Queen tetap mencoba tabah dan tawakal ((ceilee)).

Daftar Blogspedia


Akhirnya datanglah kabar gembira pelipur lara, tentang pembukaan kelas Blogspedia Coaching. Nah waktu itu, mom Queen kan satu group di Blogger Bengkel Diri sama mba ZakiaWida dan mba Febrina Aulia (mereka semua alumni Blogspedia Coaching batch 1). Mereka berdua mengabarkan tentang pembukaan kelas Blogspedia nih dengan segala aura keberhasilan mereka sebagai blogger. Mom Queen sangat tahu perkembangan blog mereka dari hari ke hari karena tiap minggu ga pernah absen dari jajaran peserta blog walking hehe. Termasuk mba ZakiaWida, yang Adsensenya di approved pasca mengikuti kelas Blogspedia juga kayaknya (Bener kan mba Zakia??)

Singkat cerita akhirnya, mereka menawarkan voucher kelas ini. Akhirnya mom Queen mendapat voucher dari mba Febrina untuk ikut kelas Blogspedia tanpa seleksi (maaf ya, buat kamu yang ikut kelas Blogspedia dengan seleksi hehe). Hubungannya apa antara Blogspedia dengan lolos adsense ini ya?? Banyaak... Salah satunya karena ikut kelas blogspedia inilah Adsense di blog Maminca Sharing ini terverifikasi dalam satu hari!!

Akhirnya, Lolos Google Adsense dalam 1 Hari


Jadi, kalau kita sudah pernah daftar Adsense blog, si Google Adsense ini bakalan ngasih tahu tuh, kapan blog kita siap menerima adsense. Ceritanya setelah tugas ganti template di kelas Blogspedia Coaching, Google Adsense sudah memberi notifikasi kalau blog Maminca Sharing ini sudah bisa mengajukan diri (lagi) ke Adsense.

Tapi karena masih heartbroken akibat penolakan kemarin, jadi mom Queen cuekin deh tuh (biar gantian wkwk). Baru beberapa hari kemudian, mom Queen iseng-iseng deh buat tekan lagi tombol daftar google Adsense. Eh ga tahunya, alhamdulillah besoknya langsung dapat email begini
 
title
semoga, kamu juga one day bakalan dikirim email serupa sama Adsense ya :)

So for you Guys! Beneran deh, kamu beruntung banget bisa ikutan dikelasnya coach Marita Ningtyas ini, selain kamu bisa konsisten nulis, dapat ilmu yang ndaging banget, bonusnya Adsense kamu di approved. Eh masih ada satu lagi yang, kelas ini 100% Geratiisss!! Terus apa pelajaran yang bisa dipetik dari pengalaman mom Queen lolos google Adsense dalam 1 hari ini? Yuk lanjutkeun!

7 Hal Penting Diketahui Sebelum Daftar Adsense


Terus, gimana biar bisa lolos google Adsense dalam satu hari. Ini nih mom Queen kasih bocoran. Caranya ikutan blogspedia!! Hahaha... Karena semua konten yang maunya Adsense ada disitu. Tapi bagi yang belum beruntung ikutan, boleh cobain tips dari mom Queen ini.
 
Pengalaman Mom Queen Lolos Google Adsense Dalam 1 Hari


Berikut hal penting dilakukan sebelum mendaftar Adsense.

1. Perbanyak Tulisan dan Perbaiki Kualitas Konten


Pengalaman apply ke google Adsense itu saat postingan sudah 50 an artikel. Eh ternyata dibalas lho, mau tahu balasannya?? katanya kontennya kurang memenuhi standar EAT nya google. Konten EAT ini berhubungan dengan konten pribadi, keabsahan dan tingkat kepercayaan google sama konten kita.

Ealah padahal 50 an konten artikel itu isinya kebanyakan curhat pribadi 'khas emak-emak' .

Ya mungkin aja sih, emak-emak yang ngeblog curhatnya pada sama, tentang anak-anak. Jadi ya gitu deh mungkin dinilai kurang orisinil. Ya udah ga masalah, yang penting kita tahu, kita ga plagiat kan. Terserah kata google deh. Inget aja, Google Map juga sering nyasarin orang kok. Jadi, ga selamanya Google benar.

Tapi perlu diingat, menurut coach Marita mendaftarlah adsense saat konten sudah di index google di atas 70an artikel. Mom Queen sudah di index Google sekitar 94/100. Kok bisa cepat ya diindex google? Kuncinya... next step!

2. Wajib Kudu Fardhu 'ain Inspect Url


Siswa Blogspedia coaching sudah paham kan tentang cara mengindex url. Kalau yang belum tahu, coba buka dashboard Blogger - Setting cari paling bawah menuju Google Search Console terus' URL Inspection'. Lakukan inspect Url sesaat setelah publish blog post. Ini resep jitu, agar artikel cepat 'disayang' google.

3. Perhatikan Usia Aktif Ngeblog


Google sangat sensitif dengan blogger yang aktif. Sebelum mendaftar Adsense, pastikan usia aktif ngeblog sudah lebih dari 6 bulan. Artinya dalam 6 bulan itu, kamu aktif melakukan proses blogging seperti blog walking ataupun menulis artikel secara konsisten. Mom Queen saat mendaftar Adsense, usia blog dengan TLD berusia 4 bulan. Kepedean sih, makanya di tolak. Ternyata menurut beberapa mastah blogger, sebaiknya aktif ngeblog minimal berusia 6 bulan.

Apa musti TLD? Tidak juga, ada juga kok teman satu komunitas blogger yang di acc adsensenya dengan subdomain blogspot dan bertahan sampai sekarang. Tapi sebaiknya, jika ingin dikomersilkan, gunakan domain TLD. Meski subdomain kamu sudah berusia gaek, saat beralih menggunakan TLD maka kan dihitung bayi lagi. Ih, enak juga ya domain ini. Bisa merasa muda terus hehe.

Nah, ada juga kejadian begini, saat menggunakan subdomain misal blogspot, adsensenya sudah terpasang. Kemudian kamu berniat mengganti ke TLD, maka Google akan kembali melakukan verifikasi ulang lho. Seperti daftar baru lagi. Jadi, kalau mau daftar Adsense sebaiknya gunakan domain komersial.

4. Traffic Blog


Nah ini salah satu bagian paling secret and tricky dalam mendaftar Adsense. Ada yang bilang sih kalau mendaftar Adsense itu mesti memiliki views sekian dan sekian. Terus jumlah pengunjung harian pun harus sekian. Tapi ga ada yang tahu pasti sih, lagi-lagi terserah Google.

Sepengalaman mom Queen, saat login ke Adsense, jumlah traffic blog total sudah di atas 10.000 an views (total ya, bukan bulanan hehe). Oh ya, itu viewsnya dashboard, bukan google analytics. Yang lebih akurat adalah versi analytics sih. Jadi yang sudah memiliki views 2000 an per bulan dan sudah lebih dari 6 bulan aktif, yuk lah langsung daftar google Adsense sekarang.

Cara lain untuk membantu meningkatkan traffic blog adalah dengan mengikuti ODOP (One Day One Post) dan aktif Blog Walking (BW). Mom Queen karena komunitas blognya sedikit, jadi aktivitas BW cuma seminggu sekali. Nah, kalau kamu punya komunitas lebih dari satu, sering-sering ikut BW deh. Lumayan buat nambah-nambahin jumlah pengunjung.

5. Konsisten


Perihal konsisten ini, harap memperhatikan algoritma posting. Misal posting setiap 3 kali seminggu dihari Senin, Rabu, Jumat. Fokus posting di hari itu saja. Jangan suka-suka. Bila perlu bikin skedul posting yang terjadwal. Pengalaman mom Queen sih, Google cinta sama blogger yang konsisten. Intinya begini, buat jadwal khusus wajib posting, ya mirip-mirip kayak makan obat gitu deh. Harus rutin kan. Nah buat algoritma postingan yang konsisten.

Dulu mom Queen belum paham konsep ini, sok aja posting sesuka hati. Pas lagi rajin postingan bisa 2 kali sehari. Eh pas lagi ga mood, seminggu sekali. Nah tuh, google bingung kan. Akhirnya lama deh baru di approved lagi. Jarak antara review 1 sama yang kedua itu 3 bulan.

6. Lengkapi Daftar Halaman


Lengkapi daftar halaman blogger yang mendasar semacam Page About, Sitemap , Contact, Privacy Policy dan Disclaimer. Pedenya lagi saat mendaftar Adsense pada review 1, mom Queen ga punya satupun dari halaman dasar blogger ini. Hmm jadi wajar kan kalau Adsense ga di acc. Dia ga tahu siapa pemiliknya, apa kredibilitas nya, gimana kontennya, dan sebagainya. Baik kali ini mom Queen sadar, google Adsense tidak seperti google Map hehe.

7. Gunakan Template yang Mendukung


Ini yang paling penting dari semua kriteria yang harus diperhatikan untuk daftar google adsense. Template yang responsive dan mendukung adalah kriteria yang paling menentukan apakah Adsense kamu diterima atau ditolak. Kok tahu? Iya dong, Google Adsense yang ngasih bisikan (wakwaw).

Nah, dari pada pusing mikirin harus pilih template yang mana? Mending langsung aja, duplikasi template mastah blogger yang sudah acc Adsense nya.

Seperti template yang direkomendasikan oleh coach Marita ini, yang sekarang mom Queen gunakan, adalah template Fiksioner dari Igniel. Bisa donlot dan gratis kok. Atau kalau mau menggunakan template bawaan blogspot, bisa menggunakan template 'Soho' atau 'Notable Pink' juga boleh. Adsense bilang itu navigasinya sudah OK meski harus otak-atik dikit.

Well, sekian dulu ya sharing pengalaman mom Queen lolos google Adsense dalam 1 hari ini. Jika ada manfaatnya boleh dipraktekkan, tapi kayaknya ini sesi curhat yang kepanjangan wkwk. Intinya sebagai blogger sabar aja. 
"Sabar aja, Adsense Akan Menyapa Pada Waktunya kok!"

Bagi yang sudah daftar google Adsense dan sedang menunggu balasan, mom Queen doain segera dapat kabar baik ya. Bagi yang belum waktunya, yuk kita fokus ngeblog dan perbaiki kualitas konten aja. Tunggu postingan google adsense berikutnya ya :)


Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

15 comments

  1. Adug aku ikut terharu bacanya. Jujurly belom pernah coba daftar. Wkwk tapi masuk ke goals 2022 sih kemarin. Congrats ya momqueen. Sharingnya details bgt dan memotivasi (asik).

    Btw, aku lagi serius baca dan kemudian ada part ini "Google Map juga sering nyasarin orang kok. Jadi, ga selamanya Google benar." Hahahaahaha aku ngakak. Yaampun kok suka bener sih. Ok thanks ;)

    ReplyDelete
  2. Hebat udah lolos google adsend
    Selamat

    ReplyDelete
  3. Waaah keren banget mba, lolos ads dalam sehari.

    Aku masih baru, dan blom pede.

    Tapi yang lebih parah lg, sepertinya belum memenuhi syarat wkwk

    ReplyDelete
  4. Wah mantap sharingnya mb Yun..
    Jadi tertarik apply..eh..
    Belum ding...belum PD..nunggu 6 bulan konsisten dlu..hehe
    Makasih sharingnya mb Yun..

    ReplyDelete
  5. Mantab, sharingnya momqueen. Terjawab jadinya kenapa belum bisa, mungkin karena baru, dan kurnag tulisan hehe.

    ReplyDelete
  6. Baca ini kok langsung terpadu buat daftar ya momqueen..xixixi
    Ternyata ga seribet yg kubayangkan

    ReplyDelete
  7. Namaku disebut, terharu nih wkkk
    Aku lupa kapan di approve adsense mba, waktu itu si nanya2 sama mba pida di gruo blogspedia juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ada mba Zakia, sungkem dulu sama senior. Mba Zakia ini Inspirasiku ini masya Allah.

      Delete
  8. Pas buka blog ini auto menebak empunya pernak kesentuh blogspedia. Ternyata benar. Selamat ya sudah masuk GA.

    ReplyDelete
  9. Wah.... penting banget nih. kan jadi nostalgia, kemarin sempet sok PD daftarin blog usia 3 bulan wkkwk langsung ditolah lahhh sama google. Makain mom Queen,,, tulisan yang mencerahkan

    ReplyDelete
  10. Mantap infonya mbak... Gak sabar Bunda menunggu waktu kencan tiba 🥰

    ReplyDelete
  11. Mom Yunitaaa terima kasih sharingnya, :D, pasti rasanya dag dig dug meski sebelumnya ambyar gara-gara kepotek hatinya sama google, :(
    Semoga sukses selalu dengan konten inspiratifnya ya Mom, sehat dan bahagia selalu juga :D

    ReplyDelete
  12. huaaaa, aku belum masuk syarat nih mb. artikel br 30an, baru aktif blogging 3 bulanan. tapi makasih banget sharingnya mb, ntar aku terapin biar bs jajan bakso hehehe

    ReplyDelete
  13. Aku baru kali ini baca kalimat momqueen yang mudah banget dipahaminnya 😊 suka bangett sama tulisannya... aku baca di artikel/blog yg lain pusing banget karna kalimatnya yang terlalu ribet... pas baca kalimat yg momqueen tulis jadi paham banget jadi pengen konsisten ngeblog lagi 😆 sukses buat momqueen 😉 sehat selalu

    ReplyDelete

Post a Comment