header

Dompet Dhuafa Jadi Manfaat, Mengambil Peran Dalam gerakan Cinta Pesantren

Konten [Tampil]

  
Dompet Dhuafa 30 Hari Jadi Manfaat

"Teteh-teteh, tolong bantuin mikir ini dong. Ini ada pondok pesantren di dekat rumah, sebetulnya bukan pesantren gratis tetapi belum tersentuh dengan bantuan pemerintah. Pesantren ini tergolong pesantren tradisional atau salafiyah. Tetapi pesantren ini membutuhkan bantuan untuk operasionalnya. Yuk kita sama-sama mikir yuk supaya bisa membantu mensejahterakan santri yang mukim dan Asatidz (Guru, pen) yang mengabdi disana."

Begitu pesan yang saya baca dari seorang mentor ngaji online saya dulu.

"Maksudnya gimana ini Teh? Bantuan apa maksudnya? "

Teman saya yang lain menanggapi.

"Sedekah ide Teh, bagaimana caranya agar para guru dan santri yang mengabdi di sana hidupnya bisa sejahtera. Sebenarnya mereka tidak membutuhkan bantuan, Insya Allah cukup kata mereka, tetapi saya ada usulan kenapa mereka tidak disejahterakan hidupnya."

"Teh, pesantren tradisional itu maksudnya gimana ya?"

Saya pun tertarik untuk menanggapi. Kemudian mulailah mentor saya menjelaskan seluk beluk tentang pembagian pesantren. Sedikit banyak saya jadi mengetahui bahwa dunia pondok pesantren yang selama ini saya kenal adalah hanyalah pesantren modern.

Rupanya ada lagi pembagian pondok pesantren menurut bahan yang diajarkan. Ada pesantren tradisional atau salafiyah dan ada juga pesantren modern seperti yang saya kenal selama ini.

Dari penjelasan mentor saya ini, saya bisa menarik kesimpulan bahwa pesantren tradisional itu adalah pesantren yang sehari-harinya mengkaji kitab klasik seperti kitab kuning maupun mengkaji ilmu Al Qur'an.

Sedangkan pesantren modern atau pesantren khalafiyah adalah pondok pesantren yang memadukan antara pengajaran sekolah formal dengan kombinasi pelajaran ilmu agama Islam.

Pesantren modern ini kebalikan dari pesantren salafiyah, dan sekarang biasa disebut sebagai Islamic Boarding School. Pembicaraan hari itu kemudian sepakat untuk membuat suatu gerakan amal agar lebih peduli kepada dunia pesantren.

Jadi Manfaat, Mengambil Peran Dalam Gerakan Cinta Pesantren


Karena memiliki visi mendukung eksistensi dan pengembangan pondok pesantren, akhirnya saya tertarik untuk menjadi bagian dari gerakan amal ini. Awal Januari 2022, terbentuklah gerakan yang diberi nama Gerakan Cinta Pesantren (GERCEP). Fokus gerakan ini adalah membantu pesantren tradisional yang masih terkendala dengan biaya operasional.

Sejak Januari lalu, saya dan teman-teman ngaji online mulai mengumpulkan para relawan yang mau berdonasi membantu pesantren sekitar untuk lebih peka terhadap kehidupan pesantren.

Meski fokus utama GERCEP adalah pesantren yang ada di Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Cianjur. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk membantu pesantren yang lain di seluruh Indonesia sesuai rekomendasi relawan. 

Mengapa di daerah Cianjur? pertimbangannya adalah karena sebagian besar para relawan GERCEP berada di kabupaten Cianjur. Alasan lain adalah karena salah satu teman ada yang mengajukan pondok pesantren salafiyah disana yang belum tersentuh bantuan pemerintah.

Mulailah saya dan teman-teman mengajak para donatur untuk berdonasi setiap jumat di pesantren sasaran GERCEP. Pondok pesantren sasaran gerakan cinta pesantren ini adalah pesantren kitab kuning dan pesantren tahfidz Quran.

Setiap hari Jumat saya dan teman-teman relawan GERCEP mulai menjadi penyambung tangan, memfasilitasi para donatur untuk mengulurkan bantuan. Istilahnya adalah donasi khusus Jumat Berkah.

Semangat Menebar Manfaat Bersama Program Jumat Berkah  


Selama hampir 4 bulan ini program Jumat berkah GERCEP telah menyalurkan bantuan dari para donatur dalam berbagai bentuk. Saya dan teman-teman perintis GERCEP yakin, meskipun bentuk bantuannya hanya beberapa, namun ini merupakan langkah awal dalam menebarkan kebaikan.
  
Program Jumat Berkah Gercep

Bentuk bantuan kepada pesantren yang menerima bantuan dari GERCEP selama ini berupa : 

1. Hadiah untuk Asatidz


Hadiah untuk Asatidz ini berupa sembako dan uang tunai kepada para guru mengaji dan guru di pondok pesantren. Meski dalam jumlah yang masih minim, tetapi alhamdulillah cukup membuat senyum di bibir para guru yang mengabdi di sana.

2. Protein untuk Santri

  
Program Gercep Protein untuk Santri
Pic dokumentasi GERCEP

Protein untuk santri ini diberikan dalam bentuk bahan pokok. Saya terenyuh ketika diberikan sebuah video oleh tim di lapangan saat para santri menerima bantuan protein berupa telur rebus.

Katanya biasanya para santri mendapat jatah setengah potong telur, berkat bantuan dari para donatur GERCEP, para santri mendapat jatah satu butir telur. Terlihat jelas bagaimana gembiranya mereka menerima jatah telur mereka. Masya Allah.

3. Pembelian Token dan Pembayaran Tagihan Listrik


Minggu lainnya fokus donasi Jumat berkah yang relawan lakukan adalah memberi bantuan penerangan. Bantuan penerangan ini berupa pembelian token dan pembayaran tagihan listrik untuk pesantren.

Menurut teman saya yang merupakan relawan di lapangan mengatakan, kalau masjid biasanya mendapat bantuan dari infaq jamaah. Tetapi untuk madrasah dan pesantren yang muridnya mukim belum mendapat alokasi dana.

Sejak adanya program GERCEP, pondok-pondok santri mulai terang dari bantuan para donatur. Alhamdulillah.

4. Pasar Bahagia

  
Pasar Bahagia Gercep
pic dokumentasi GERCEP

Pasar bahagia GERCEP memiliki konsep membeli hasil kebun warga oleh GERCEP dan dibagikan kepada warga dan Asatidz pesantren.

Spesial selama ramadan ini GERCEP memberikan bantuan berupa sedekah takjil kepada para santri. Alhamdulillah selama ini hasil donasi langsung disalurkan hari itu juga.

Melalui GERCEP ini, meski hanya sebagai ibu rumah tangga yang sehari-hari hanya di dalam rumah, tidak menjadikan saya mati rasa untuk turut serta jadi manfaat bagi orang lain.

30 Hari Jadi Manfaat, Jadilah Agen Of Change


Menjadi bagian dari relawan GERCEP adalah cara saya bisa jadi manfaat untuk orang lain. Bagaimana dengan kamu sendiri? kalau kamu masih bingung bagaimana supaya bisa berkontribusi untuk turut bergerak dalam kegiatan menebar kebaikan. Saat ini Dompet Dhuafa sedang mengadakan gerakan sosial 30 Hari Jadi Manfaat.
   
Quote 30 hari jadi manfaat

Mengapa Perlu Menebar Kebaikan, Jadi Manfaat untuk Umat?


Bukankah Rasulullah SAW selalu mengajarkan untuk selalu menebar kebaikan untuk sesama? Seperti tertuang dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al Bukhari
Rasulullah bersabda: “Barang siapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada hari kiamat."
(HR. Bukhari)
Pun tertuang dalam Alquran Surah Al-Isra ayat 7 berikut ini :

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ ۖ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا ۚ فَإِذَا جَاءَ وَعْدُ الْآخِرَةِ لِيَسُوءُوا وُجُوهَكُمْ وَلِيَدْخُلُوا الْمَسْجِدَ كَمَا دَخَلُوهُ أَوَّلَ مَرَّةٍ وَلِيُتَبِّرُوا مَا عَلَوْا تَتْبِيرًا

"Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri. Apabila datang saat hukuman (kejahatan) yang kedua, (Kami bangkitkan musuhmu) untuk menyuramkan wajahmu lalu mereka masuk ke dalam masjid (Masjid Al Aqsa), sebagaimana ketika mereka memasukinya pertama kali dan mereka membinasakan apa saja yang mereka kuasai."

Cara Jadi Manfaat Bagi Umat


Pertanyaan dasar yang sering menjadi ganjalan bagi setiap orang yang ingin berbuat baik adalah "Bagaimana cara saya bisa jadi manfaat bagi umat?"

Pertanyaan ini juga sempat menghantui saya saat ingin bergerak dalam kebaikan. Bagaimana caranya? Saya ingin membagikan pengalaman pribadi bagaimana cara jadi manfaat bagi umat, seperti yang pernah lakukan dulu.
   
cara 30 hari jadi manfaat bagi umat

1. Mulai dari Diri Sendiri


Mulailah untuk memiliki niat melakukan suatu gebrakan baru dalam diri untuk selalu menebar manfaat bagi sesama. Sudah jelas dalam Alquran bahwa segala sesuatu diawali dari niat, niat yang tulus akan menemukan jalannya sendiri.

2. Lebih Peka Terhadap Lingkungan


Kita bisa sedikit mendengarkan keadaan sekitar, bagaimana keadaannya, baik kah? Atau ada sesuatu yang perlu dibenahi? Lebih peka dengan lingkungan dan kebutuhan lingkungan bisa menjadi dasar gerakan apa yang ingin dilakukan.

Sekecil apapun gerakan yang dilakukan ,jika didasari dengan nawaitu untuk kebaikan bersama, insya Allah akan bermanfaat bagi sesama.

3. Apa yang dibutuhkan Lingkungan? Penuhi dengan Bantuan


Apa kira-kira yang dibutuhkan oleh lingkungan sekitar kita? Apa yang bisa kita lakukan? mungkin bisa dipenuhi dengan bantuan. Bantuan tidak harus dalam bentuk materi, kadang bantuan kecil seperti penyampaian informasi adalah bagian dari bantuan juga.

Apalagi dengan kekuatan media sosial saat ini. Gerakan memberikan informasi tentang penerima bantuan juga bagian dari gerakan memberi manfaat.

4. Take Action !


Take action! Jadilah agen perubahan (Agen of Change) Jadi Manfaat untuk selalu memberikan bantuan kepada sesama. Jadilah pelopor gerakan baik, ingat bahwa kebaikan itu akan menular. Kita tidak pernah tahu dari gerakan yang kita lakukan, bisa saja akan memunculkan aksi-aksi sosial lainnya.

Dompet Dhuafa Inisiasi Gerakan 30 Hari Jadi Manfaat


Saya sudah menyinggung sedikit diatas jika saat ini Dompet Dhuafa sedang mengadakan gerakan 30 hari jadi manfaat. Gerakan 30 Hari Jadi Manfaat diharapkan bisa dijadikan gerakan bersama, agar lebih peduli dengan sesama.

For your information, Dompet Dhuafa adalah sebuah lembaga yang bergerak untuk pemberdayaan umat (empowering people) dan kemanusiaan melalui program pengelolaan dana zakat, infaq, sedekah dan wakaf (ZISWAF) serta dana sosial lainnya.

Tata cara pengelolaan dana juga diatur secara modern dan amanah. Dompet dhuafa ini terlahir karena adanya rasa kecintaan dan kemanusiaan terhadap sesama (filantropi).

Saya melihat dalam praktiknya Dompet Dhuafa lebih mengedepankan konsep welas asih sebagai pondasi dasar dari filosofi filantropi.

Program Dompet Dhuafa berdiri dengan pilar yang kokoh. Ada 5 pilar yang menjadi dasar berdirinya Dompet Dhuafa yaitu Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi, Sosial, dan Dakwah dan Budaya. Berikut ini saya akan menjelaskan secara singkat sejarah lembaga filantropi ini.

Sejarah Singkat Dompet Dhuafa

  
Sejarah dompet dhuafa


Berdiri tahun 2 Juli 1993, Dompet Dhuafa lahir dari para jurnalis harian umum Republika yang ingin membantu sesama. Awalnya hanya bermula dari kolom dompet Dhuafa pada halaman utama harian Republika. Inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya lembaga kemanusiaan di Indonesia ini.

Siapa sangka jika dari langkah kecil mengambil tempat di harian umum, kini Dompet Dhuafa telah menjelma menjadi sebuah lembaga filantropi yang telah memberi manfaat kepada lebih dari 24 juta jiwa.

Terhitung sudah hampir 28 tahun Dompet Dhuafa berdiri, Dompet Dhuafa terus berjanji untuk menyampaikan amanah dari para donatur maupun muzakki kepada para penerima manfaat (mustahik). 

Demi melayani dan memberi manfaat kepada lebih banyak orang lagi, Dompet Dhuafa terus mempersiapkan diri menghadapi segala perubahan yang ada. Hingga saat ini Dompet Dhuafa hadir di 6 kantor layanan, 31 cabang dalam negeri, 5 cabang luar negeri, 157 zona layanan di 32 provinsi. Saat ini Dompet Dhuafa telah bekerjasama dengan 29 mitra strategis di 21 negara.

Dengan visi terwujudnya masyarakat dunia yang berdaya melalui, pelayanan, pembelaan dan pemberdayaan berbasis pada sistem berkeadilan, mari kita bersama-sama bergandengan tangan untuk mewujudkan impian besar memberi manfaat kepada sebanyak-banyak umat dalam gerakan 30 Hari Jadi Manfaat ini.

Mari Berkontribusi Dalam Program Layanan Dompet Dhuafa

  
Layanan Dompet Dhuafa

Sebagai ibu rumah tangga yang sehari-hari berada di rumah dan hanya mengurus 3 buah hati. Saya pernah merasa bahwa hidup saya begitu monoton, sempat berpikir 
'Kok hidupku begini-begini aja sih? tidak ada nilai tambah yang bisa kuciptakan dari hari ke hari'.
Hal ini terus menghantui saya, karena saya melihat rekan sebaya saya telah banyak menghasilkan karya. Bahkan mereka bisa menambah amanah untuk menebar banyak kebaikan dengan beragam aktivitasnya.

Sedangkan saya hanya terkungkung di dalam rumah oleh rantai rutinitas domestik. Inilah yang membuat saya merasa tergerak dengan berbagai kegiatan sosial. 
"Saya yakin jika kita hidup di bumi Allah ini dengan tujuan mulia, bukan hanya sebagai khalifah (pemimpin) tetapi juga sebagai umat yang mampu memberi manfaat."
Dengan adanya program 30 hari jadi manfaat yang diinisiasi oleh Dompet Dhuafa ini, saya menjadi terpacu untuk terus menyuarakan kebaikan kepada sesama.

Program Layanan Dompet Dhuafa Siap Menampung Kebaikanmu !


Seperti pesan guru ngaji online saya bahwa selama bulan Ramadan ini, saatnya kita meraup pahala combo! Caranya tentu saja dengan mengedepankan perbuatan baik.

Beberapa kebaikan kecil yang bisa saya, kamu dan semua yang membaca ini dapat lakukan, salah satunya adalah turut serta dalam program layanan yang ada pada Dompet Dhuafa ini.

1. Bayar Zakat Semakin Praktis

  
Bayar Zakat di dompet dhuafa

Saat ini dompet dhuafa sudah memiliki cara praktis pembayaran zakat. Pembayaran zakat pada Dompet Dhuafa bisa melalui online di website atau juga bisa datang langsung ke kantor layanan terdekat yang telah hadir di 32 provinsi.

Namun jika kamu berada jauh dari kantor perwakilan Dompet Dhuafa terdekat, ada cara praktis dalam pembayaran zakat, yakni bisa melalui smartphone saja. Sekarang di Dompet Dhuafa pembayaran zakat semakin praktis hanya lewat telepon genggam. Dengan pembayaran zakat online ini semakin memudahkan para Muzakki dalam menyalurkan kewajibannya.

Namun bagaimana jika kamu termasuk berada di daerah yang cukup jauh dari kantor perwakilan Dompet Dhuafa? Atau juga terkendala jaringan internet jika login di website?

Jangan khawatir, selalu ada solusi jitu di lembaga yang telah mengantongi akta pendirian no 41 tanggal 14 September 1994 ini, yaitu program layanan jemput zakat. Praktis kan?

Beberapa fitur lain yang bisa dimanfaatkan pada layanan zakat ini adalah kalkulator zakat dan konsultasi zakat.

a. Kalkulator Zakat


Jika kamu ingin mengetahui berapa besaran zakat yang harus dikeluarkan, saya rekomendasikan untuk menggunakan fitur ini. Kamu bisa menghitung berapa besaran nishab, baik zakat fitrah, zakat penghasilan, zakat maal maupun bayar fidyah.

Penggunaannya juga sangat mudah, tinggal memasukkan angka di kolom, dan mulai menghitung. Nanti akan keluar berapa nominal yang harus dikeluarkan. Kece!

b. Konsultasi Zakat


Namun jika kamu termasuk mama malas ribet seperti saya hehe, kamu bisa menggunakan fitur shortcut dalam menghitung jumlah zakat, yaitu fitur konsultasi zakat. Kamu akan langsung terhubung dengan akun whatsapp bisnis dari Dhompet Dhuafa. Maka kamu bisa berkonsultasi dengan tim Dompet Dhuafa.

c. Bayar Zakat


Jika sudah mengetahui berapa jumlah zakat yang ingin dibayarkan, tinggal manfaatkan saja fitur bayar zakat yang tertera di website Dompet Dhuafa. makin gampang kan? masih ada alasan menunda bayar zakat karena tidak bisa keluar rumah? Mungkin belum kenalan sama Dompet Dhuafa ya ! hehe

2. Donasi


Jika saya bersama teman-teman di GERCEP hanya berfokus pada kesejahteraan pesantren, nah di Dompet Dhuafa kamu bisa berdonasi dengan berbagai pilihan. Saat ini donasi bisa langsung diberikan sesuai peruntukan yang diinginkan. Misalnya saat ini di Dompet Dhuafa ada berbagai macam donasi seperti sedekah, wakaf, dan campaign tertentu.

3. Sedekah


Lewat Dompet Dhuafa kita juga bisa menjadi mitra Dompet Dhuafa lho dalam menggalang dana. Caranya bagaimana? Kamu tinggal membuat akun di Dompet Dhuafa kemudian mengisi formulir yang disediakan. Bisa sebagai perusahaan maupun personal.

Jika datanya sudah dilengkapi, seperti KTP dan buku tabungan plus nomor rekening tinggal kirim datanya. Tentunya dalam program ini pemilik rekening haruslah orang yang amanah ya. Karena pertanggungjawabannya sampai akhirat.

Nah tunggu datanya di verifikasi oleh pihak Dompet Dhuafa, barulah kemudian bisa membuat kampanye yang akan dipublikasikan oleh Dompet Dhuafa. Saat ini saya melihat ada 13 mitra terverifikasi oleh Dompet Dhuafa.

Untuk program sedekah yang sedang berjalan saat ini adalah Sedekah Quran, Sedekah Iftar untuk Palestina, Berbagi buka puasa bersama, borong takjil Ramadan, bangun sekolah pelosok pulau Palas di Kabupaten Indragiri Hilir, bangun pesantren, bangun sekolah, ambulan untuk Gaza, Jaga Palestina dan masih banyak lagi.

Semua donasi memiliki peruntukannya masing-masing. Tinggal kita menyesuaikan ingin berkontribusi dalam program apa. Di Dompet Dhuafa sangat memudahkan donatur untuk memilih ingin berdonasi dalam kampanye yang mana. 

4. Wakaf


Program wakaf ini adalah bagian dari sedekah harta benda kita agar semakin banyak menebar kebaikan bagi umat. Saat ini program wakaf yang sedang berjalan seperti wakaf layanan kesehatan untuk Dhuafa,wakaf sekolah, wakaf bangun pondok pesantren, Wakaf lahan pangan produktif, wakaf sumur bor untuk pelosok Indonesia, dan masih banyak lagi.

5. Kurban

  
Kurban di dompet dhuafa

Kita juga bisa menunaikan kewajiban kurban yang sesuai syariat Islam di Dompet Dhuafa. Kurban yang kita lakukan melalui Dompet Dhuafa akan dirasakan manfaatnya hingga ke pelosok negeri. Kita bisa mulai berkurban dari sekarang di Dompet Dhuafa lho.

Itulah beberapa program zakat dan sedekah yang ada di Dompet Dhuafa. Banyak ya! kalau kamu bingung ingin memilih campaign mana yang harus diikuti, kamu bisa juga bersedekah tanpa melalui campaign. Mudah kan!

Penutup


Semakin hari semakin banyak saja aksi-aksi nyata yang bisa kita lakukan untuk jadi manfaat bagi sesama. Untuk memulai dalam gerakan 30 hari Jadi Manfaat yang digagas oleh Dompet Dhuafa ini, kamu tidak mesti jadi crazy rich dulu kok hehe.

Bisa mulai dengan berdonasi seikhlasnya, dimulai dengan nominal puluhan ribu yang penting ikhlas. Lakukan saja, ingatlah kisah Ulbah bin Zaid yang sedekahnya mampu menggetarkan arsy Allah SWT, karena Allah ridha akan sedekahnya.

Sedekah tidak melihat nominal, kita hanya berharap agar Allah ridha dengan sedekah kita. Banyak campaign yang tersedia di layanan Dompet Dhuafa, mari ambil bagian untuk jadi manfaat.
"Yakinlah dari langkah kecil kita untuk ambil bagian dalam gerakan amal di Dompet Dhuafa adalah langkah awal untuk Jadi Manfaat bagi Umat."
Dompet Dhuafa sebagai media yang memberi kemudahan bagi kita para donatur, para muzakki, para orang baik untuk mengulurkan bantuannya. Untuk berkontribusi bagi sesama, tidak perlu banyak cara, cukup dengan berdonasi lewat Dompet Dhuafa. Karena Dompet Dhuafa jawaban cara berbagi peran dalam misi kemanusiaan. Mari jadi baik! Bersama Dompet Dhuafa dalam program 30 Hari Jadi Manfaat. Semoga bermanfaat.

Salam,
Mom Queen

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Jadi Manfaat yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa"  

Referensi:
https://www.dompetdhuafa.org
https://donasi.dompetdhuafa.org
https://myquranina.com
dokumentasi komunitas GERCEP
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

61 comments

  1. Mantul momqueen.. kefe tulisannya nih. Emang cocok lah jadi agennya gercep. Segercep momqueen dalam action.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi memang filosofinya para pendiri Gercep itu adalah Gerak cepat, gerak cepat dalam melihat keadaan sekitar yang membutuhkan bantuan. Insting k3manusiaannya harus Gercep xixixi. Makasjh Mbak Hamim.

      Delete
  2. Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat ya mbak. Dulu suamiku pernah magang di dompet dhuafa. Memang komitmennya tinggi lho mereka untuk berbagi kebaikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya ya? Sebuah pengalaman berharga. Memang sesuai prinsip yang dianut mereka ya mbak. Dedikasinya memang tinggi untuk umat.

      Delete
    2. iya aku juga tahunya LAZ dulu ya Dhompet Dhuafa ini keren ya beberapa temanku juga magang di sini.

      Delete
    3. Nah kan banyak ya ternyata yang magang di sana. Pengen juga ikut membantu tapi kok ya udah sibuk sama dua anak hehehe.

      Delete
    4. Hahaha kita samaan ya mbak, masih direpoti sama para krucil wkwk. Semoga niatnya dipermudah ya mbak.

      Delete
  3. Dompet dhuafa emang dari dulu udah paling the best banget. Memberikan banyak dampak positif untuk semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, banyak aksi nyata yang dilakukan lewat banyaknya kampanye sedekah di sana.

      Delete
  4. Pastinya bahagia sekali jika bisa membantu pesantren tradisional yang masih terkendala dengan biaya operasional ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan bisa mengurangi beban operasional pesantren Kak. Ada kebahagiaan tersendiri.

      Delete
  5. Masyaallah 30 hari jadi manfaat ini bagus banget programnya mbak. Untuk yg pesantren saya jdi mau usul ide gimana kalau ada aktivitas yg bisa berkelanjutan untuk kesejahteraan pesantren. Misal beternak ikan, atau menanam hidroponik. Jadi bisa dijual juga hasil panennya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ide bagus ya Kak.. Iya biasanya memang setiap santri ada kegiatan untuk belajar berwirausaha. Boleh nanti saya ajukan idenya.
      Menarik juga.

      Delete
    2. Keren banget idenya. Bisa jadi lahan wirausaha juga ya mbak biar makin berdaya.

      Delete
  6. iya memang benar2 solusi sekali ya untuk pondok pesantren .. bisa membantu banyak anak2 yatim maupun piatu juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Campaign di Dompet Dhuafa pokoknya paling lengkap Kak.

      Delete
    2. menarik ya, semoga makin berkah dan berkembang terus ya DD

      Delete
  7. Masya Allah momqueen keren banget. membaca tulisan ini memberi inspirasi agar kita bisa memaksimalkan peran kita sebagai agent of change sehingga bisa menebar manfaat untuk banyak orang. Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Kak kita sama-sama jadi Agen of change dengan semangat menebar kebaikan.

      Delete
  8. Kalau baca tentang pesantren jadi inget masa laluu, pernah di pesantren juga, dan ya makannya barengan gitu wkwk. Walaupun seadanya, tapi tetap kerasa enak banget. Keren kak ide membantu sesamanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ada alumni pesantren nie. Teman-temanku bilang juga gitu kak. Katanya meski makannya rame-rame dan persaudaraanya tinggi banget ya disana.

      Delete
  9. Masya Allah semoga manfaatnya bisa dirasakan yang membutuhkan ya, ternyata masih banyak juga pesantren yang masih 'terbatas' karena memang mereka gak berdiri dari yayasan ya biasanya mbak. Keren nih jadi agen of change :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, aku juga baru tahu setelah dijelaskan teman-teman di GERCEP ini. Makanya ini jadi termotivasi buat membantu.

      Delete
    2. semoga bisa membantu nih tepat sasaran ya.. walaupun sedikit tapi kalau tepat sasaran kayanya bermanfaat banget ya, ikutan happy

      Delete
    3. Iya mbak, sedikit bantian kita sama dengan kebahagiaan bagi mereka.

      Delete
  10. Wah artikelnya jadi pengingat diri klo kita harus punya manfaat untuk umat. Keren programnya Dompet Dhuafa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lengkap banget di Dompet Dhuafa kak, segala kebutuhan khalayak diberi bantuan.

      Delete
  11. Akutu kalau inget soal lembaga sedekah yang terpercaya, pasti selalu ingetnya Dompet Dhuafa. Bismillah rezeki THR bakal disisihkan ke mereka juga nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah.. Bismillah semoga dimudahkan niatnya ya Kak Arai.

      Delete
  12. Waw, keren nih programnyaa. Bener banget emang kalo mau berbagi nggak harus nunggu jadi crazy rich dulu 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi beneran kan Kak.. Semua orang bisa membantu yang penting adaa niatnya. Semoga kita jadi crazy rich juga biar bisa banyak membantu y Kak. Amiinn.

      Delete
  13. Programnya keren kak, pas banget sama bulan ramadan. Tapi bener sih bersedekah enggak perlu jadi sultan dulu, siapa saja bisa asal sesuai kemampuan dsn sasarannya tepat kaya program ini. 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak, ga harus jadi sultan dulu untuk bisa membantu ya.

      Delete
  14. Dengan dompet duafa kita jadi bisa membantu dengan lebih mudah ya.. Mantap sekali mba program Gercep ini ya.. Apalagi bisa menjadi bagian dari mreka untuk membantu sesama.. Semoga selalu dimudahkan ya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin terima kasih doanya mbak. semoga makin banyak yang melakukan aksi serupa demi kepedulian terhadap sesama ya mbak.

      Delete
  15. MasyaAllah keren banget mbaa, gerakan kecil mungkin di mata dunia tapi kalau dilakukan bersama-sama dan banyak orang yang tergerak untuk melakuan kebaikan seperti ini, dampaknya akan jadi besar ya mba. Barakallah mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak.. Jika kita bersatu insya Allah banyak hal yang bisa dilakukan bersama.

      Delete
  16. keren sekali dompet dhuafa!
    kebetulan saya juga kerja di salah satu lembaga filantropi kak, jadi setelah membaca artikel diatas, merupakan suatu kembanggaan bahwa kita bisa berkontribusi menjadi bagian dari gerakkan kebaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren Kak. Aku takjub banget dengan desain yang dibangun lembaga filantropi kayak Dompet Dhuafa ini. Apalagi bisa menginfluence banyak orang.

      Delete
  17. Dari dulu suka dengan program Dompet Dhuafa yang memang memprioritaskan mreka yg paling membutuhkan, smga makin lancar program nya aplg d bulan Ramadhan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget mbak. semua program Dompet Dhuafa memang sangat dibutuhkan.

      Delete
  18. MasyaAllah, sedekah idenya keren nih mba. Banyak yang merasakan manfaat dari kegiatannya ya. Semoga makin banyak yang mengambil peran juga ya..Barakallah

    ReplyDelete
  19. Masya Allah luar biasa ini gerakannya. Semoga apa-apa yang diniatkan terealisasi dan bisa terwujud ya mbaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinn mbakasih mbak Pida! Bismilaah doain semoga bisa menularkan sampai ke Aceh nie.

      Delete
  20. wah semoga selalu lancar kegiatannya kak, semoga semakin banyak yang terbantu, semangattt

    ReplyDelete
  21. Ga nyangka sih kalau dompet dhuafa awalnya dari harian umum Republika dan berkembang jadi sebesar ini. Dulu pernah kerjasama juga dengan dompet dhuafa, ngadain layanan kesehatan gratis. Jadi memang dompet dhuafa ini penyalurannya tepat sasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak dari Republika, para jurnalis pelopornya. Kereen ya.. Sudah pernah bekerja sama dengan Dompet Dhuafa. Semoga kebaikannya terus berlanjut ya Kak.

      Delete
  22. Masha allah, program dari dompet dhuafa ini sangat bisa memberi manfaat untuk sesama

    ReplyDelete
  23. Masyaa Allah, belum pernah coba program dompet duafa sya, banyak ya programnya..

    ReplyDelete
  24. kenal sama DD sejak ikutan lomba social project tingkat SMA sejawa. Waktu itu sempet nginep dan keliling kompleks bumi madania di Bogor. lihat beberapa programnya termasuk rumah sakit gratis untuk dhuafa, pemberdayaan petani jamur, beastudi, dan SMA ekselensi. Keren banget emang makin kesini kotribusinya makin memberi dampak untuk umat.

    merambah ke pesantren juga ya sekarang. Huhu jadi kangen banget kolaborasi sama DD nih.

    btw, artikelnya bagus mbaa sangat informatif dan membuka wawasan. sukaaaa <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah keren Kak.. Memang banyak program kemanusiaan yang telah dijamah oleh Dompet Dhuafa. Semoga kebaikan jadi manfaaat terus berlanjut ya Kak.

      Delete
  25. Meski dah mamak2 tetep bisa jadi agent of change dengan GERCEP ya. Bentuk bantuannya bagus dan niatnya mulia bgt. Perlu banyak disebarkan nih, semoga dengan Dompet Dhuafa makin banyak lagi yg membantu dan berkah aamiin ;)

    ReplyDelete
  26. Mantab mb yuni, keren nih jadi agent of change, gercep banget pokoknya mb yuni nih. Dompet Dhuafa sebagai assabiqunal awwalun di dunia zakat memang sering menjadi percontohan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, kita doakan semoga Dompet Dhuafa terus berbagi kebaikan jadi manfaat untuk umat ya.

      Delete
  27. Dompet dhuafa memang keren. Saya juga dulu pernah dapat pelatihan dari dompet dhuafa. Kemanfaatannya benar-benar terasa untuk umat

    ReplyDelete
  28. Aku pikir selama ini pesantren itu cuma belajar ilmu2 agama aja, ternyata banyak jenisnya ya

    ReplyDelete
  29. Dulu tahu DD pas zaman SMA, eh ga nyangka skrg perkembangannya melesat banget, bahkan sampai ada pesantrennya, keren deh

    ReplyDelete
  30. Keren banget mbak GERCEP itu.... semoga berkah

    ReplyDelete
  31. MasyaAllah, luas sekali ya ternyata manfaatnya. Semoga yang turut berberan juga mendapat keberkahan yang luas.

    ReplyDelete
  32. MasyaAllah, ternyata luas sekali ya manfaatnya. Semoga yang aktif berperan juga mendapat keberkahan yang luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin..iya mbak. yuk ikutan berbagi manfaat bersama Dompet dhuafa ya:)

      Delete

Post a Comment