header

Lulusan Kursus Komputer Bisa Kerja Apa? Check di Sini

Konten [Tampil]

Banyak yang bertanya, sekiranya hanya lulusan kursus komputer bisa kerja apa ? Apakah bisa mengalahkan para pemilik ijazah dengan gelar panjang dibelakang nama itu? hmm jangan bersedih Moms, meskipun Moms atau Ananda hanya lulusan kursus komputer, nyatanya tetap bisa bekerja sesuai dengan peminatan dan menghasilkan uang kok. 

Walau saat ini persaingan di dunia kerja terasa berat, namun yakinlah bahwa setiap keahlian akan menemukan 'jodoh pekerjaan' masing-masing. Tetap husnudzon dan semangat untuk selalu belajar dan melakukan upgrading skill. Salah satu caranya dengan meningkatkan skill di bidang kursus komputer.

Kursus Komputer Bisa Kerja Apa?

   
Lkursus komputer bisa kerja apa

Jika pada tulisan sebelumnya saya sudah membahas tentang kursus komputer murah di Jakarta. Pada artikel kali ini, Mom Queen akan membahas peluang pekerjaan bagi lulusan kursus komputer bisa kerja apa.

Hmm kira-kira apa ya? ada yang tahu ga? Dan ada yang penasaran berapa ya penghasilan lulusan kursus komputer ini? Mari kita bahas yuk. 

1. Desain Grafis


Lulusan kursus komputer bisa juga kok melamar pekerjaan untuk posisi Desain Grafis. Akhir-akhir ini banyak sekali perusahaan yang mencari posisi desain grafis, perusahan yang menggunakan desainer adalah perusahaan manufacturing ataupun perusahaan perusahaan advertising.

Dikutip dari wikipedia, desain grafis adalah suatu proses komunikasi untuk menciptakan persepsi suatu pesan yang ingin disampaikan melalui elemen visual seperti tipografi, fotografi dan juga ilustrasi.

Jika kamu termasuk salah satu lulusan kursus komputer dengan peminatan desain grafis, boleh banget lho menjajal untuk melamar pekerjaan pada perusahaan yang membuka lowongan ini.

Atau, bisa juga mencoba peluang bisnis pribadi dengan membuka jasa bikin gambar sendiri pada bisnis percetakan. Bisnis percetakan kadang membuka jasa desain juga kan? Sekarang sudah banyak berseliweran iklan yang membutuhkan jasa desain grafis.

2. Web Developer


Perkembangan dunia bisnis dari sistem konvensional ke sistem bisnis digital, tak lepas dari peran serta jasa web developer. Seorang web developer atau pengembang web biasanya menangani masalah seputar website. Hal ini meliputi desain web, konten web, web server, keamanan jaringan dan sebagainya.

Normalnya, perusahaan dengan basic bisnis digital seperti pembuat aplikasi atau e-commerce banyak yang membutuhkan jasa web developer. Kamu bisa kok melamar di posisi ini. Tapi dengan catatan, kamu sudah menguasai betul tentang dunia komputer.

Berapa penghasilan perbulan seorang pengembang website? di Indonesia profesi web developer masuk ke dalam profesi sebagai programmer.

Dilansir dari situs Asia Quest Indonesia, gaji seorang web developer pemula berkisar antara 6 juta hingga 10 juta per bulan. Wow! Lumayan kan?!

3. SEO Analyst


SEO ( Search Engine Optimization) Analyst adalah bagian dari profesi yang bisa lakukan oleh seorang lulusan kursus komputer. Meski tidak semua kursus komputer yang menyediakan short course tentang SEO, tapi sedikit banyak telah dibahas dalam pembelajaran kursus komputer.

Saat ini pemilik perusahaan penyedia website maupun e-commerce telah banyak mempekerjakan SEO Analyst untuk perkembangan bisnis mereka. Wajar jika posisi ini makin hari makin menguntungkan saja.

Berapa kisaran gaji yang diberikan bagi seorang SEO Analyst? hampir sama seperti yang diberikan pada posisi seorang web developer, pada kisaran angka diatas 6 jutaan.

4. Staff Administrasi


Pada kursus komputer juga ada kursus untuk menjadi staff administrasi. Staf administrasi di suatu perusahaan membutuhkan skill komputer dasar setidaknya microsoft office. Skill ini bisa didapat dengan mudah apabila mengikuti kursus komputer.

Kursus untuk menjadi seorang staff administrasi antara lain mempelajari tentang proses penggunaan Microsoft office mulai dari word, excel dan powerpoint, hingga tentang surat menyurat serta tata cara administrasi perkantoran. 

Berapa gaji seorang staff administrasi? Gaji seorang staff administrasi berkisar antara 5 juta hingga 7 juta rupiah. Bahkan bisa lebih jika memiliki pengalaman dan pengetahuan tambahan seperti penggunaan aplikasi keuangan misalnya.

5. Media Social Manager


Nah posisi social media manager terbilang baru ditelinga kita. Karena memang posisi ini baru menjadi tren beberapa tahun belakangan saja. Tapi siapa sangka jika posisi sebagai manajer sosial media juga bisa ditempati oleh seorang lulusan kursus komputer lho.

Apa tugas seorang seorang social media manager? Tentu saja untuk melihat tren yang ada di pasaran. Hal ini diharapkan bisa di 'create' dalam bentuk konten sosial media sebagai bagian dari covert selling.

Berapa penghasilan seorang social media manager? Bagi seorang yang profesional, seorang social media manager bisa saja membawahi beberapa social media admin. Di lansir dari suara.com, gaji seorang social media manager berkisar antara 2,5 juta hingga 6 jutaan per bulan. Lumayan ya! 

6. Teknisi Jaringan


Menjadi seorang teknisi jaringan adalah posisi yang bisa dilamar oleh seorang yang telah memiliki skill komputer jaringan. Dalam hal ini kursus komputer yang menyediakan layanan short course ini biasanya merinci apa saja skill yang akan diperoleh setelah selesai belajar.

Secara umum teknisi jaringan adalah orang yang melakukan pemeliharaan terhadap perangkat lunak dan keras pada jaringan komputer suatu bidang usaha jaringan.

Apabila kamu seorang lulusan SMK TKJ (Teknik Komputer Jaringan), kamu bisa memperdalam skill di bidang jaringan dengan mengambil kursus komputer untuk skill tambahan. Dengan sertifikat keahlian tambahan ini, kamu tentu memiliki nilai plus di mata perusahaan.

Apa Kelebihan Jika Kita Kursus Komputer? 


Apa kelebihan jika kita kursus komputer apabila dibandingkan dengan kursus keahlian lainnya, berikut kelebihan kursus komputer antara lain :

1. Peluang Pekerjaan (Masih) Tinggi


Jadi setelah membaca artikel ini, pertanyaan seperti "kursus komputer bisa kerja apa?" tak lagi menghantui kamu kan? Karena peluang lulusan kursus komputer begitu tinggi dan banyak di cari. Yang penting kuncinya adalah terus tingkatkan skill diri dan terus belajar.

2. Teori Langsung Praktik


Salah satu yang menjadikan kursus komputer primadona adalah karena kursus ini mengedepankan praktek dibandingkan teori. Ilmu yang didapat sudah dipastikan nampol di dalam ingatan. Kursus komputer lebih banyak menggunakan metode praktik pekerjaan dan problem solving, dibanding teori semata.

3. Biaya Relatif Terjangkau


Kelebihan kursus komputer lainnya adalah karena biaya yang harus dikeluarkan pada saat mengikuti kursus komputer on site berkisar antara 2 juta hingga 5 jutaan saja. Bahkan ada yang hanya 200 ribuan jika mengambil kelas online.

Bandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan apabila harus berkuliah dibidang yang sama. Kursus komputer murah menjadi cara jitu untuk upgrading skill dengan biaya yang lebih terjangkau.

4. Bisa diambil Oleh Lulusan SMA


Bagi kamu lulusan SMA yang tidak berkesempatan untuk mencicipi dunia kampus, ada baiknya mengambil peluang menimba ilmu kembali di tempat kursus komputer terdekat. Skill yang ditawarkan oleh lembaga kursus komputer bisa dijadikan bekal mencari uang dalam dunia kerja.

5. Bersertifikat, Siap Langsung Kerja


Meski hanya kursus komputer pada sebuah lembaga short course non formal, tetapi sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan ini bisa juga diterima dan diakui oleh perusahan-perusahan besar. Bahkan perusahaan tertentu ada yang mensyaratkan harus mempunyai skill yang bisa diambil pada lembaga kursus komputer sebagai syarat administrasi kerja.

Penutup


Jadi jika ada yang bertanya kursus komputer bisa kerja apa ?  Jawablah dengan semangat 'banyak !!' Meski ada beberapa perusahaan yang mensyaratkan lulusan diploma atau sarjana, tetapi peluang bagi yang memiliki skill komputer dan pengalaman tetap menjadi primadona kok. So bagi kamu lulusan kursus komputer, tetap semangat ya ! Rezeki sudah diatur. Semoga bermanfaat.

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

2 comments

  1. jadi social media manager asik banget :D sambilan jadi selebgram atau selebtok juga bisa~

    ReplyDelete

Post a Comment