header

Franchise Kopi Kenangan Berapa? Yuk Intip 3 Resep Suksesnya

Konten [Tampil]


Hari ini siapa yang tidak mengenal Kopi Kenangan? Mengapa Kopi kenangan begitu cepat berkembang dan franchise kopi kenangan berapa ya? Ada yang penasaran?

Franchise Kopi Kenangan Berapa

Pertanyaan yang wajar karena hanya dalam waktu singkat kurang dari 5 tahun dari berdirinya kopi kenangan telah memiliki ratusan outlet di 45 kota seluruh Indonesia.

Franchise Kopi Kenangan Berapa


Fenomena boomingnya Kopi Kenangan di Indonesia membuat banyak orang bertanya-tanya, berapa franchise Kopi Kenangan? Berdiri sejak tahun 2017, Kopi kenangan cepat sekali berkembang.

Memasuki tahun ketiga berdirinya saja Kopi Kenangan telah memiliki cabang hingga 240 cabang di seluruh Indonesia. Wow! Di tahun pertama pembukaannya, Kopi Kenangan sudah membuka 16 cabang.

Hingga kini sudah lebih dari 600 outlet telah dibuka oleh kopi Kenangan. Bagaimana hal ini bisa terjadi? dan yang tetap menjadi pertanyaan banyak orang apakah Kopi Kenangan adalah bisnis franchise atau milik sendiri. Jika Kopi Kenangan adalah usaha waralaba, maka franchise kopi kenangan berapa sih?

Kabar baiknya Kopi Kenangan tidak menerapkan sistem franchising ya Moms. Jadi dari semua ratusan cabang Kopi Kenangan yang ada di seluruh Indonesia semuanya milik sendiri yang dibuka secara mandiri.

Mengapa Kopi Kenangan tidak menjual franchise-nya? Menurut owner alasannya agar tetap bisa mengontrol kualitas dari setiap outlet yang ada. Jadi semua rasa dan kualitas kopi kenangan di seluruh Indonesia tetap dikontrol secara baik.

Tentang Kopi Kenangan


Kopi Kenangan adalah sebuah perusahaan unicorn Indonesia dengan mengusung brand kopi Kenangan. Berada dibawah naungan PT Bumi Berkah Boga, kopi kenangan ini berdiri sejak tahun 2017.

Menurut katadata.co.id Kopi kenangan telah berhasil meraih pendanaan sebesar USD 644 juta (sekitar Rp 9,2 Triliun) per tahun 2021. Kini kopi Kenangan sudah berstatus sebagai unicorn. Kopi Kenangan bahkan mengklaim sebagai retail F&B pertama di Asia tenggara sebagai unicorn.

Perusahaan Unicorn diartikan sebagai perusahaan startup yang memiliki nilai valuasi sebesar USD 1 Miliar atau setara dengan Rp 140 Triliun lebih.

Menurut tempo.bisnis.co.id, beberapa perusahaan yang yang status sebagai unicorn di Indonesia seperti Tokopedia, Gojek, Xendit, J&T, OVO, Traveloka hingga Kopi kenangan. Jadi jangan ditanya lagi franchise kopi Kenangan berapa karena mereka memiliki sistem pendanaan sendiri dari para investor.

Kopi Kenangan dengan cepat melejit dan akrab di telinga masyarakat Indonesia karena berhasil mengisi kekosongan (gap) antara kopi mahal brand luar negeri dengan kopi kemasan yang disajikan di warung kopi biasa.

Konsep 'grab and go' yang diusung oleh kopi Kenangan sukses disambut baik oleh masyarakat. Dengan harga yang terjangkau tanpa mengurangi rasa dan kualitas, Kopi Kenangan ini menjadi primadona pecinta kopi di Indonesia. Apalagi memadukan pemasaran yang unik dengan varian nama kopi yang lekat dalam ingatan masyarakat.

Menurut salah satu CEO Kopi Kenangan, jika biasanya di Indonesia akrab dengan brand yang kebarat-baratan, beliau ingin memunculkan brand yang dekat dengan ingatan masyarakat seperti kenangan mantan.  

Siapa CEO Kopi Kenangan?


CEO Kopi Kenangan adalah Edward Tirtanata, James Prananto sebagai Chief Business Development Officer (CBDO) dan Cynthia Chaerunnisa sebagai Chief Marketing Officer (CMO).

Edward sendiri berlatar belakang pendidikan akuntansi keuangan. Edward beberapa kali masuk dalam jajaran paling berpengaruh versi majalah Fortune. Memiliki visi untuk membangun sebuah perusahaan yang memberi impact. Menurutnya visi besar saja tidaklah cukup. Ada satu hal lagi yang perlu dilakukan yaitu membuatnya menjadi kenyataan.

Sebelumnya Edward mempunyai bisnis minuman teh premium Lewis and Carroll. Dengan modal pengalamannya tersebut, beliau mulai merambah ke bisnis kopi lewat Kopi Kenangan.

Perkembangan bisnis yang besar dengan nama yang unik, membuat penjualan Kopi Kenangan terus meningkat dari hari ke hari.

Berapa Omset Kopi Kenangan?


Kalau ditanya omset, jangan ditanya lagi. Kang Dewa Eka Prayoga dalam salah satu vlog nya menyebutkan bahwa omset Kopi Kenangan mencapai 50 miliar per bulan. Jika dihitung rata-rata omsetnya 1.5 Miliar per hari ! Wow makin ngiler kan.

Bayangkan saja penjualan kopi kenangan sebanyak 3 juta cup per bulan. Jika dihitung per hari jumlah Kopi Kenangan yang terjual per hari sebanyak 100 ribu cup perhari.x

Bahkan bisnis kopi ini mampu menyaingi brand kopi luar negeri yang sudah ada sebelumnya. Dalam waktu 2 tahun sudah membuka hampir 200 cabang diseluruh Indonesia. Ini sungguh tidak mudah, a tentu saja membutuhkan dana dan usaha yang besar. Wajar jika perusahaan ini menjadi salah satu unicorn di Indonesia.

Nama Menu Kopi Kenangan


Nama menu kopi Kenangan antara kopi kenangan mantan, milo dinosaurus, light kopi Kenangan mantan, Seliter kenangan (espresso dan susu segar dengan rasa caramel), Pesta kenangan, dan masih banyak lagi.

Menu kopi kenangan

Nama-nama menu yang unik dan konsep pemasaran yang bisa dilakukan secara online membuatnya semakin dicintai.

Berapa Modal Membuka Kopi Kenangan?


Saya pernah membaca di salah satu media (cuma lupa namanya wkwk) bahwa modal awal membuka Kopi Kenangan adalah Rp 150 juta. Pada 6 bulan pertama mereka (para owner) tidak memiliki budget untuk marketing sama sekali. Bahkan para owner tidak mengambil keuntungan dari toko pertama, tetapi keuntungan digunakan untuk membuka toko baru.

Karena pesatnya perkembangan dan animo masyarakat, para CEO mulai mencari sumber pendanaan (fundraising).

Perlu diketahui bahwa Kopi Kenangan mendapat pendanaan dari Alpha JWC sebesar USD 8 juta atau sekitar Rp 115 Miliar. Kemudian pada tahun 2021 kopi Kenangan kembali mendapatkan investor dari Sequoia (India) sebesar USD 96 juta atau setara dengan Rp 1,38 triliun.

Pada awalnya banyak yang meragukan bahwa Edward,dkk bisa mendapatkan investor dengan total investasi sebesar itu. Tapi Edward tidak goyah, bahkan beliau tetap maju dan tetap melakukan fundraising. Hingga akhirnya terbukti dan beliau berhasil mendapatkan suntikan dana ratusan milyar hingga triliun rupiah.

Resep Scale Up ala Kopi Kenangan


Kini Kopi Kenangan telah menjelma sebagai perusahaan unicorn. Hingga tagline Kopi kenangan yang yang paling hits adalah #FromMantanToUnicorn. Waw keren banget!

Apa resep scale up dari Kopi Kenangan? Melansir dari youtubenya Kumparan dalam wawancara dengan Edward Tirtanata dan beberapa sumber lain, berikut resep sukses kopi kenangan yang Mom Queen rangkum.

1. Memiliki Visi yang Jelas


One day, We can export Indonesian commodity as a Brand

Menurutnya memiliki visi besar yang akan membangkitkan semangat para pebisnis untuk terus berkembang. Tugas seorang pebisnis itu adalah menemukan apa yang menjadi alasan utama mendirikan sebuah bisnis dengan konsep 5 why. Cari why pertama dan why-why berikutnya hingga tidak ada jawabannya. Bisa jadi itu adalah sebuah visi bisnis kita.

2. Ide Bisnis Datangnya dari Sebuah Pasar


Bisnis besar bukan hanya datang dari sebuah idealisme saja, tetapi juga harus datang dari mengamati sebuah pasar. Kopi Kenangan hadir dari sebuah Fenomena masyarakat yang gemar minum kopi namun dengan cara yang berbeda beda.

Sang owner juga melihat bahwa ada celah yang besar antara brand luar negeri dengan warung kopi lokal. Celah atau gap yang besar ini lah yang diangkat oleh Kopi Kenangan. Ide inilah yang diangkat oleh kopi Kenangan sebagai ide bisnis. Buatlah bisnis yang datang dari kebutuhan pasar.

3. Membuat Sub Kategori Baru


Kopi Kenangan dengan sangat jeli melihat kebutuhan pasar dalam mengkonsumsi kopi, membuat bisnis ini cepat sekali berkembang. Mengapa hal ini bisa terjadi? karena Kopi Kenangan mempunya sebuah konsep Grab and Go yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Sebuah sub kategori yang selama ini sangat diinginkan oleh konsumen, namun belum ada pencetusnya. 

Resep Rahasia Kopi Kenangan


Saya pernah mengikuti webinar UMKM yang diisi oleh salah satu pendiri Kopi Kenangan, Cynthia Chaerunnisa. Beliau mengatakan salah satu resep rahasia Kopi Kenangan adalah terletak pada bahan utama yaitu gula Aren dan susu premium.

Selain menggunakan kopi lokal yang berkualitas, Kopi kenangan juga menggunakan bahan pendukung gula aren asli dan susu premium. Resep Kopi Kenangan dengan dua bahan inilah yang selalu dijaga oleh pemilik Kopi kenangan untuk menjaga kualitas rasa kopinya.

Bagi Kamu yang masih penasaran franchise kopi Kenangan berapa sebaiknya coba minum Kopi Kenangan hehe. Biar nggak terlalu sedih karena tidak bisa membeli franchisenya hihi. 

Lokasi Kopi Kenangan Batam 


Bagi Kamu Warga Batam, Kamu juga bisa dong mencicipi minuman kekinian ini. Dimana Kopi Kenangan Batam? Ini dia alamat Kopi kenangan Batam yang bisa kamu kunjungi.

1. Kopi Kenangan Mega Mall Batam


Berlokasi di dalam mall yang bersebelahan langsung dengan terminal ferry Batam centre, kamu bisa nongkrong asyik sambil ngopi cantik disini. Disini selain bisa dine in, kamu juga bisa menikmati fasilitas drive through yang ada disini.

Bagi pendatang, kamu bisa mengunjungi Mega Mall Batam Centre yang ada di Jalan engku Putri No.1, Belian – Batam Kota. Jaraknya hanya sekitar +/- 25-30 menit dari bandara Hang Nadim Batam.

2. Kopi Kenangan Grand Mall Batam


Nah selain di Mega Mall Batam, Kopi Kenangan juga hadir di Grand Mall Batam lho. Berlokasi di Grand Mall Batam Jalan pembangunan Batu Selicin, kecamatan Lubuk Baja, memiliki tempat yang cozy bikin pengunjung betah ngopi sambil santai disini.

3. Kopi Kenangan Palm Spring Batam


Kopi Kenangan Batam juga hadir di daerah Palm Spring lho. Untuk daerah Batam, yang Mom Queen tahu kayaknya ini lokasi yang pertama kali buka (cmiiw). Tempatnya juga nggak kalah asik sama yang ada di mall, bisa dine in dan juga take away. Kamu bisa mengunjungi Kopi Kenangan Palm Spring ini di komplek Ruko Palm Spring Batam Taman Baloi, tepatnya di samping bank OCBC NISP.

Itulah ulasan tentang franchise Kopi kenangan berapa, beberapa prinsip sukses yang dilakukan para ownernya Kopi Kenangan.

Seperti yang pernah dikatakan oleh salah CMO dan Co-Founder Kopi Kenangan Cynthia Chaerunnisa dalam webinar yang pernah saya ikuti, beliau mengatakan bahwa

Jika ingin memulai bisnis, jangan pernah menyerah. Jika ingin membuka usaha yang sedang hype, pikirkan pembedanya. Pikirkan apa yang membuat usaha kamu berbeda sehingga layak diterima orang lain.

Jadi sudah tahu kan mengapa Kopi Kenangan begitu cepat berkembang. Jadi sudah tidak penasaran lagi kan franchise kopi Kenangan berapa? Semoga bermanfaat.

Salam, 
Mom Queen

References:
https://youtu.be/JoA-AbLioWA
https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/6204b6a31bfc3/startup-kuliner-ri-disuntik-rp9-t-per-2021-kopi-kenangan-jadi-unicorn
https://www.idxchannel.com/inspirator/siapa-pemilik-kopi-kenangan-unicorn-fb-pertama-di-asia-tenggara
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kopi_Kenangan

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment