header

5 Keuntungan Franchise McDonald Ice Cream dan Restaurant

Konten [Tampil]

Franchise McDonald Ice Cream dan Restaurant

Franchise McDonald ice cream dan restoran merupakan salah satu peluang bisnis franchise Indonesia menggiurkan. Bisnis franchise asal California, AS ini cukup banyak menarik minat para pebisnis waralaba. Siapa yang tak tahu nama besar McDonald's ?

Sejarah McDonald's 


Bisnis yang telah dibangun secara sistematis oleh si empunya, Ray Kroc, telah mendunia hingga kini. Bermula dari keinginannya menyediakan sebuah penganan yang memiliki rasa yang sama di semua tempat. Makanan khas negeri Paman Sam seperti burger, fries dan minuman khas lainnya

Ditambah dengan pengalamannya yang terkesima ketika mengunjungi sebuah restoran siap saji di San Bernardino, California yang menyediakan kudapan ringan dengan rasa yang nikmat. Restoran ini cukup terbilang sukses karena dikunjungi oleh banyak orang setiap waktunya.

Mulailah Kroc memiliki keinginan untuk memilikinya. Restoran ini mulanya dikelola secara partner oleh dua bersaudara Dick dan Mac McDonald. Mereka berdua pun membuka peluang kerja sama dengan Kroc.

Siapa sangka, 6 tahun berkolaborasi bisnis, Ray Kroc kemudian membeli hak eksklusif McDonald dari keduanya pada tahun 1960. Mulailah Kroc menciptakan sebuah bisnis waralaba yang merupakan cikal bakal lahirnya franchise Mcdonald.

Tentang McDonald’s Indonesia 


Dengan nama besar yang dipegang oleh McDonald, wajar apabila banyak calon pebisnis dari belahan dunia yang mulai tertarik untuk menjadi mitra yang pertama kali mendapat hak bisnisnya.

Bagaimana dengan di Indonesia? Siapa pemegang lisensi bisnis McDonald Indonesia. Dari laman www.mcdonald.co.id didapatkan bahwa McDonald Indonesia pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1991.

PT Rekso Nasional Food (RNF) sebagai anak perusahaan dari Rekso Group adalah pemegang lisensi Master Franchise Agreement dengan McDonald’s International Property Company (MIPCO).

Oh ya, sebagai informasi bahwa McDonald sebenarnya adalah perusahaan property, yang konsepnya menyewakan lahan kepada para mitranya. McDonald's sebagai pemilik lahan juga menjual merk dagang kepada para franchisee. Nanti ya bagian ini akan dibahas khusus nanti (insya Allah).

Kembali lagi ke McDonald' Indonesia, Master franchise agreement diberikan kepada PT RNF sebagai izin untuk mengoperasikan semua brand McDonald dan membuka cabang baru di seluruh Indonesia. Jadi kalau mau membuka franchise McDonald ice cream atau restoran kamu berada dibawah naungan PT RNF ini.

McDonald pertama di Indonesia
Foto 
Foto Resto McDonald pertama di Indonesia, source www.mcdonald.co.id

Restoran McDonald Indonesia pertama kali dibuka di Sarinah, Thamrin Jakarta. Kini restaurant McDonald telah memiliki lebih dari 200 cabang di seluruh Indonesia. Hingga Juni 2022, McDonald Indonesia telah berhasil membuka cabang sebanyak 258 cabang di seluruh Indonesia. Baru-baru ini cabang ke-258 dibuka di Ciputra International.

Dengan produk unggulan McDonald adalah burger Big Mac, hingga kini McDonald Indonesia telah memberikan pekerjaan kepada 14.000 karyawan di seluruh Indonesia.

Franchise McDonald Ice Cream dan Restaurant 


Memiliki visi untuk menjadi restoran cepat saji dengan pelayanan terbaik dunia, franchise McDonald ice cream dan restoran siap memberikan peluang usaha yang menjanjikan.

Franchise McDonald ice cream

Apa keuntungan dari franchise McDonald ice cream dan restoran ini? Mengapa banyak pula yang memilih membuka franchise ice cream dan restorannya? Tetap semangat untuk membacanya sampai akhir ya hehe. Karena Mom Queen akan memberikan bocorannya untuk kamu.

Keuntungan Franchise McDonald Ice Cream dan Restaurant 


Keuntungan bisnis franchise yang mudah, sehingga banyak dipilih oleh Franchisee. Kira-kira apa lagi yang membuat orang tertarik untuk membeli bisnis franchise? Terutama bisnis franchise McDonald ice cream dan restoran? Berikut ulasan Mom Queen.

1. Bisnis Sudah Jelas dan Mendunia


Salah satu kebingungan terbesar para pemilik modal adalah mau berbisnis apa? Nah jika kamu berbisnis franchise McDonald ice cream dan restoran kamu tidak akan dipusingkan dengan pertanyaan sejenis ini kan? Karena jawabannya sudah pasti jelas dong. McDonald memiliki bisnis dengan sistem yang mendunia. 

Meskipun telah tiada sejak tahun 1984, konsep bisnis yang diciptakan oleh Ray Kroc telah siap dengan segala sistemnya yang matang. Ray Kroc telah memikirkan sebuah pondasi yang kuat antara franchisee, supplier dan karyawan dari bisnis franchise McDonald ice cream dan restaurant.

2. Bisnisnya Sudah Jadi dan Mendunia


Selain tidak dipusingkan dengan ide bisnis, calon Franchisee juga tidak perlu melakukan uji coba hingga menemukan formula jitu untuk memulainya. Karena pada dasarnya bisnis bersistem telah memiliki brand yang sudah jadi dan dikenal banyak orang. Tinggal beli dan jalankan saja.

Apalagi untuk bisnis sekelas McDonald, tidak perlu susah mengiklankannya, Masyarakat sudah tahu tentang makanan siap saji ini. Meskipun jika ditanyakan secara personal, tidak semua orang pernah memakannya. Minimal mereka telah mengetahui bahwa brand McDonald adalah brand makanan dari luar negeri.

3. Ada Program Pelatihan Bisnis dari McDonald Pusat


Bisnis franchise McDonald ice cream dan restoran juga akan memberikan hands on training atau program pelatihan bisnis dari McDonald pusat. Jadi sebelum terjun langsung ke dalam bisnis siap saji, franchisee terlebih dahulu mengikuti serangkaian training yang diadakan oleh McDonald pusat.

Berikut bentuk pelatihan yang diberikan oleh pihak McDonald kepada calon mitranya. Bentuk pelatihan yang diberikan oleh McDonald antara lain :

  • Pelatihan langsung selama lebih kurang 12-18 bulan
  • Pelatihan paruh waktu 20 jam per minggu
  • Pelatihan berbasis seminar maupun one on one
  • Pelatihan oleh Trainer lokal professional

Apabila Franchisee telah mengikuti pelatihan yang diberikan oleh McDonald's ini barulah bisa membeli lisensi bisnis dari McDonald. Rupanya panjang juga ya rangkaian proses untuk menjadi Franchisee MCDonald. Wajar apabila bisnisnya bisa bertahan dan mendunia hingga memiliki cabang di lebih dari 100 negara.

4. Adanya Support Sistem Manajemen


Selain itu adanya bantuan dan support system dari manajemen membuat para franchisee tidak perlu terlalu khawatir atas keberlangsungan bisnisnya. Karena telah ada manajemen kelas dunia yang akan menghandle dan memantau terus perkembangan bisnis pemegang lisensi franchise McDonald ice cream dan restaurant.

Lingkungan bisnis McDonald sangat mendukung untuk kolaborasi bisnis kearah yang lebih baik. McDonald juga memberi kesempatan kepada para pemegang lisensi McD untuk bergabung di organisasi bisnis kelas dunia. Hmm keren banget khan!

5. Bantuan Promosi yang Sistematis


Para pemegang lisensi bisnis franchise McDonald juga akan diberikan bantuan promosi. Jadi para pemilik bisnis waralaba asal Amerika Serikat ini tidak perlu repot promosi. Karena telah ada promosi yang sistematis dari pusat. Enak kan?

Sekarang pertanyaannya berapa harga franchise McDonald ice cream dan restoran serta bagaimana cara memulainya. Yuk masih semangat ya buat lanjutkan membacanya hehe

Harga Franchise McDonald Ice Cream dan Restaurant 


Harga franchise McDonald ice cream dan restoran menurut beberapa sumber yang Mom Queen baca adalah sebesar USD 1.008.000,- hingga USD 2.214.080,- (setara dengan Rp 15 Miliar sampai Rp 31.8 Milyar ). Dengan harga ini sudah termasuk franchise fee sebesar Rp 648 juta dan hak bisnis McDonald selama 20 tahun.

Untuk modal awal yang menjadi bahan pertimbangan utama McDonald sebesar Rp 7,2 Milyar yang bukan berasal dari pinjaman. Untuk konsep kemitraan dari McDonald terbagi menjadi dua yaitu restaurant baru (new restaurant) atau restaurant yang telah jadi (existing franchise restaurant).

Untuk restoran baru (new restaurant), McDonald memiliki kriteria bahwa franchisee haruslah pernah memiliki atau memegang restaurant McDonald sebelumnya. Sedangkan untuk existing restaurant bisa saja dari pemilik yang baru membeli hak bisnis franchise McDonald ice cream dan restaurant.

Untuk restaurant existing, harga franchise sangat disesuaikan dengan lokasi, kompetisi, volume penjualan dan banyak lagi. Berbeda dengan konsep restoran yang diusung, Es krim McDonald dibuka dengan konsep corner.

Tentu saja McDonald ice cream tetap bisa menjadi salah satu bisnis yang menghasilkan pundi-pundi uang yang menggiurkan. Apalagi dengan jenis varian rasa es krim yang di jual oleh Mc Donald, wajar banyak menggugah selera pembeli.

Jenis Es Krim McDonald


Ada banyak jenis es krim McDonald yang dijual dan lezat. Namun, Mom Queen hanya membahas beberapa jenis es krim McDonald yang paling menarik minat pembeli.

1. Es Krim Cone


Es krim cone McDonald memiliki berbagai varian rasa. Seperti rasa vanilla dan coklat, vanila dengan toping coklat (Choco top) maupun vanilla topping strawberry

2. Es Krim Sundae


Dengan kemasan gelas plastik es krim McDonald lebih cocok diberikan untuk anak-anak. Dengan kemasan cup plastic ini membuat orang tua tidak perlu khawatir saat memberikannya pada buah hati. Tidak khawatir banyak tumpahnya hehe.. Es krim Sundae tersedia juga dalam rasa Choco Sundae dan Strawberry Sundae.

3. Es Krim McFlurry


Es krim Mcflurry adalah es krim vanilla yang dikocok dengan rasa oreo maupun rasa coklat. Es krim Mcflurry menjadi salah satu es krim yang menjadi rebutan bagi anak-anak. Untuk jenis es krim Mcflurry sendiri ada 2 jenis yaitu Es krim Mcflurry Choco dan Mcflurry Oreo.

Masih banyak lagi jenis es krim yang dijual oleh McDonald yang sangat menggugah selera. Tentunya eskrim ini akan menjadi dessert yang sangat cocok dalam berbagai situasi.

Cara Daftar Franchise McDonald Ice Cream dan Restaurant


Bagi Moms yang tertarik untuk membuka franchise McDonald ice cream dan restaurant bisa langsung menghubungi US Franchising Online Application atau email ke franchising@us.mcd.com untuk informasi lebih detail. Untuk menjalin kemitraan McDonald bisa menghubungi Alvaro Bonta sebagai US Vice President Franchising atau Rhonda Heil sebagai US Franchising Manager.

Penutup


Berbisnis makanan atau minuman franchise berskala internasional seperti McDonald memang membutuhkan dana yang cukup besar. Namun dengan dukungan merk dan support system dengan sumber daya manusia yang memadai rasa-rasanya harga yang ditawarkan cukup masuk akal.

Setelah membaca ulasan ini apakah kamu kemudian tertarik untuk membuka franchise McDonald ice cream dan restaurant juga? Semoga ya kamu salah satu pemilik lisensi franchise McDonald di Indonesia berikutnya (Amiin yang kenceng). Semoga bermanfaat.

Salam,
Mom Queen

Referensi:
https:// www.mcdonald.co.id/
https://www.finansialku.com/waralaba-mcdonalds/
https://tokomesin.goukm.id/usaha-es-krim-mcd/
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment