header

Business Person & 40 under 40 FORTUNE Indonesia Summit 2022, Menginspirasi!

Konten [Tampil]

Sore itu obrolan saya dan suami seputar masalah bisnis yang sedang kami tekuni. Kami memang sedang membangun kembali bisnis kami yang baru. Setelah sebelumnya bisnis laundry kami terhenti oleh gelombang pandemi.

Kini kami mulai menapaki lagi bisnis parfum dan konsultan laundry. Meski terbilang baru tetapi prospek bisnis ini lumayan besar. Suami bercerita jika dalam sebuah bisnis wajar bilamana ada pasang surutnya.

Parfum laundry

Saya pun mengamini, memang tidak mudah menjalani bisnis di tengah badai pandemi. Goncangannya begitu kuat. Jika tidak memiliki pandangan dan goal yang jelas tentulah bisnis kita akan menguap begitu saja.

Saya pun berseloroh pada suami, apa yakin bisnis laundry dan segala printilannya yang sedang dirintis saat ini memiliki prospek besar? Dengan yakin suami mengatakan,
"Selama manusia masih bertumbuh, selama penduduk terus bertambah, itulah peluang bisnis! Jika ada yang menolak, bukan berarti dia tidak mau, tapi dia bukan target market kita!"
Ya ya ya!

Saya mengangguk meng-iya-kan. Selama ini saya terlalu fokus pada orang yang menolak pada bisnis rumahan kami. Sehingga ketika mereka menganggap bahwa bisnis ini sudah jenuh, maka seketika saya pun layu.

Ah beruntungnya saya memiliki partner bincang yang memiliki goal dalam sebuah usaha.

Betapa banyak diluar sana orang yang dengan mudah menggoyahkan keyakinan kita. Hanya karena kita salah mencari tempat berbagi. Maka sebaik-baik tempat paling ramah yang memotivasi adalah rumah.

Dari hasil bincang santai sore itu, saya meng-highlight beberapa poin agar bisnis berkembang pesat yang masih kami pegang hingga saat ini.

Tips Agar Bisnis Berkembang Pesat


Bisnis berkembang pesat? Siapa yang menolak! Semua pasti menginginkannya, nah suami saya menekankan beberapa konsep agar bisnis berkembang sempurna seperti kemauan pemiliknya.

Oh ya, mohon maaf jika kadang tipsnya terlalu situasional dan spesifik bisnis, karena memang bisnis kami bergerak di bidang jasa konsultasi hehe. Berikut tips agar bisnis berkembang pesat yang kami adopsi dari beberapa Mentor bisnis kami. 

Tips bisnis berkembang pesat


1. Pandai Melihat Pangsa Pasar


Dalam mengambil keputusan untuk berbisnis, suami menekankan kita harus pandai melihat pangsa pasar. Apa kebutuhan pasar, harga, daya beli masyarakat, target market hingga segmentasi targetnya.

Orang yang pandai melihat kebutuhan pasar hingga poin terkecilnya, yang akan memenangkan setiap kompetisi peluang pasar. Ibarat sebuah mobil yang melaju kencang, dia harus tahu kemana arah tujuannya.

Jika hanya melaju tanpa ada titik yang dinanti, bisa saja ditengah jalan misalnya dia akan kehabisan bahan bakar tanpa hasil apa-apa.

Berbeda jika mobil itu tahu titik penantiannya, maka sang pengemudi bisa memprediksi apa yang dibutuhkan dalam perjalan,waktu tempuh, biaya, dan usaha, hingga hasil apa yang akan didapat di titik tujuan.

Maka seorang pebisnis yang hebat harus memiliki tujuan yang jelas, visi misi yang jelas.

2. Punya Visi Misi yang Jelas


Setelah pandai melihat pangsa pasar, poin berikutnya harus memiliki visi misi yang jelas. Visi adalah sebuah goal yang akan dicapai sedangkan misi adalah metode yang digunakan dalam mewujudkan pencapaian visi tersebut.

Visi dan misi yang akan menuntun seorang pebisnis untuk tetap berada di jalur yang benar. Suami juga mengingatkan bahwa jika seorang pebisnis sudah kehilangan dua hal ini, maka siap-siap mengalami keruntuhan usahanya.

3. Fokus Pada Tujuan


Poin berikutnya adalah fokus pada tujuan. Masih dari petuah suami, terkadang yang membuat kita kehilangan fokus bukan dari hal-hal di luar kendali kita.

Fokus quote
Justru yang membuat kehilangan fokus adalah hal remeh temeh seperti terlalu sibuk dengan urusan pribadi, masalah anak-anak, masalah dengan pasangan, sulitnya membagi waktu, pengaturan keuangan yang morat-marit dan sebagainya.

Hal-hal teknis seperti inilah yang kadang menjadi batu penghambat dalam perjalanan bisnis. Makanya seperti kata Kang Dewa, seorang mentor bisnis kaum milenial mengatakan

"Selesaikan dulu masalah masalah teknis ini, barulah kamu bisa fokus menjalani bisnis!" (Kang Dewa Eka Prayoga) 

Fokus pada tujuan yang ingin dicapai bisa menjadi pemacu semangat dalam menjalani bisnis. Hindari juga terlalu cepat ingin menikmati hasil, fokus saja dan bersabar sedikit lagi. Karena kesenangan sesaat bisa membuat kita lupa diri.

Fokus dulu pada tujuan, baru kemudian menikmati hasil. Dengan fokus juga bisa membuat rekening kita gendut khan kata suami hehe.

4. Sabar, Tahan Kesenangan Sekali Lagi.


Sikap sabar yang harus dimiliki oleh setiap pebisnis. Menurut suami, banyak para pebisnis dan pemodal besar di luar sana yang membangun bisnis, tapi dalam hitungan bulan bisa hancur tak bersisa. Hal ini hanya karena mereka terlalu cepat ingin menikmati hasil!

Baru mendapat profit sedikit langsung ingin liburan, jalan-jalan, ganti kendaraan dan sebagainya. Gaya hidup hedon inilah yang dapat membabat habis bisnis kita.

Harusnya tahan hasrat sekali lagi. Tekun dulu menjalani bisnis, ulet dalam menyikapi tantangan yang ada. Barulah kemudian bisa menikmati hasil yang didapat. Kuncinya adalah sabar.

5. Mau Belajar dari Sosok yang Menginspirasi


Nah yang paling utama, seorang pebisnis tentu harus mempunyai seorang mentor. Mentor inilah yang kemudian bisa mengajari dan menginspirasi di kala letih.

Belajar dari sosok inspiratif bisa dimana saja. Seperti saat ini akan diadakan acara yang digagas oleh FORTUNE Indonesia. Acara yang sedang hype di kalangan para pebisnis saat ini yaitu FORTUNE Indonesia Summit 2022.

Tentang FORTUNE Indonesia Summit 2022


Secara perdana FORTUNE Indonesia akan menghelat event besar bertajuk FORTUNE Indonesia Summit 2022.

Business Person & 40 under 40 FORTUNE Indonesia Summit 2022, Menginspirasi!
Sumber foto Instagram @fortune_idn 

FORTUNE Indonesia Summit 2022 adalah sebuah acara yang digadang-gadang melibatkan banyak stakeholder serta para pebisnis paling berpengaruh dan membawa terobosan sebagai agen perubahan yang ada di Indonesia.

Para business person ini berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari founder hingga owner. Mulai dari selebriti hingga menteri. Mereka adalah orang-orang yang mampu menginspirasi atas masalah yang terjadi belakangan sesuai dengan segmentasi masing-masing.

Dimana bisa belajar dengan para business person of the year ini? Tentu saja di acara yang diadakan oleh FORTUNE Indonesia yaitu FORTUNE Indonesia Summit 2022

Mengapa Wajib Hadir di acara FORTUNE Indonesia Summit 2022?


Moms, selain sebagai seorang ibu rumah tangga, kita juga adalah support system utama dari suami dan anak-anak. Makanya kita juga wajib mendapat asupan motivasi dari para tokoh inspirasi ini untuk kejelasan masa depan kita.

Apalagi jika Moms mempunyai pandangan bahwa suatu saat nanti ingin membangun bisnis besar. Atau yang saat ini sedang merintis sebuah jaringan bisnis. Maka acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 wajib masuk dalam listing event yang harus dihadiri.

Moms, kita semua di sini sebagai orang yang memiliki cita-cita sebagai pelaku bisnis, harus banyak belajar dari para tokoh inspiratif ini.

Mengapa kita semua wajib hadir di acara FORTUNE Indonesia Summit 2022? Beberapa alasan berikut ini bisa menjadi jawabannya.

  • Acara insightful, karena mengulas berbagai tema dengan pembicara para tokoh paling berpengaruh saat ini
  • Mengangkat 3 tema besar yaitu impact, sustainability dan growth
  • Terdapat belasan sesi talkshow dari para sosok inspiratif
  • Mengulas ragam topik sesuai segmentasi masing-masing

Banyaknya pembicara yang hadir tentu saja menjadi satu pengalaman tersendiri. Kita bisa belajar dari para tokoh inspiratif.

Siapa saja para tokoh yang menjadi nominasi Business Person of the year dan 40 under 40 di FORTUNE Indonesia Summit 2022? Yuk kita bahas ya. 

Para Business Person of The Year dan 40 under 40, Sosok Inspiratif Pilihan FORTUNE Indonesia Summit 2022


Para pembicara inspiratif yang tergabung dalam daftar Businessperson of the Year dan 40 under 40 ini tentu saja akan dipilih dan menerima penghargaan dalam acara awarding business person of the year.

Untuk menjadi sosok terpilih dalam acara ini tentu harus memenuhi beberapa kriteria yang penilaian, antara lain :

  • Kepemimpinan yang transformatif
  • Melakukan terobosan agen perubahan
  • Menginspirasi dalam 2 tahun terakhir
  • Belum berusia 40 tahun per 1 februari 2022
  • Lulus seleksi dari 200 kandidat kuat yang dipilih oleh FORTUNE Indonesia
"Tokoh-tokoh dalam 40 under 40 itu seakan mampu memberikan jawaban atas perubahan yang terjadi belakangan ini" Winston Utomo, Founder dan CEO IDN Media
Beberapa daftar business person dan 40 under 40 yang akan hadir dan menjadi bagian dari acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 antara lain

1.Belinda Tanoko


Belinda Tanoko

Presiden direktur Tanrise property. Dialah salah satu wanita yang masuk dalam jajaran business person of the year pada acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 nanti.

Si cantik Belinda bukanlah nama baru di kalangan pebisnis Indonesia. Dialah sosok dibalik berkembangnya bisnis Tanrise property. Belinda menjadi salah satu dari wanita dalam kategori tokoh 40 under 40 yang menginspirasi dan menjadi agen perubahan.

Lulusan Teknik Kimia Curtin University-Australia ini juga menjabat sebagai Deputy CEO PT Tancorp Abadi Nusantara sejak usia 33 tahun lho. Sosoknya yang menginspirasi kaum milenial layak dijadikan salah satu tokoh paling berpengaruh dalam 40 under 40 majalah FORTUNE.

2. Parwati Surjaudaja


Parwati Surjaudaja

Para pelaku bisnis mungkin tak asing dengan namanya, tapi apakah Moms disini justru asing mendengarnya? Tapi Moms tidak akan asing jika mendengar nama OCBC NISP khan ? Ya beliau adalah key person bank OCBC NISP, Parwati Surjaudaja. Beliau adalah presiden direktur dari Bank OCBC NISP.

Wanita yang aktif mengisis podcast Tak Ada yang Tak Bisa #TAYTB with Me ini memang merupakan sosok yang menginspirasi. Komitmen bank OCBC NISP terhadap sustainability, yang terwujud dalam praktik bisnis dan operasional bank, berfokus pada nilai berkelanjutan.

Terobosan-terobosan yang diterapkan oleh beliau dalam meningkatkan kualitas hidup bangsa terus dilakukan melalui bank OCBC NISP beliau menerapkan pilar-pilar yang mengedepankan nasabah, membangun masa depan berkelanjutan, bertindak dengan integritas serta fokus pada peningkatan SDM dan pengembangan komunitas.

Menginspirasi sekali ya. Nantikan sosok ibu Parwati Surjaudaja di acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 ya.

3. Achmad Zaky


Achmad Zaky

Co-founder Bukalapak, founder Init-6 dan Achmad Zaky Foundation ini termasuk sosok yang menginspirasi. Lelaki berusia 35 tahun ini sukses membawa e-commerce Bukalapak sebagai salah satu e-commerce besar di Indonesia.

Dikutip dari IDN Times, e-commerce yang lahir dari kamar kost nya, dengan modal 80 ribu Achmad Zaky akhirnya bisa memiliki hingga 2 ribu karyawan yang dipekerjakan di Bukalapak. Sebuah kebermanfaatan yang besar bagi banyak orang.

Meski sekarang sudah tidak menjabat sebagai bagian dari Bukalapak lagi, Achmad Zaky tetap menginspirasi lewat Init-6 dan Achmad Foundation. Bagaimana kisahnya bisa menginspirasi? Simak lanjutannya pada event FORTUNE Indonesia Summit 2022 ya!

4. Edward Tirtanata


Edward Tirtanata

Edward Tirtanata seorang co-founder dan CEO kopi kenangan dan rekannya James Prananto Co-founder dan Chief Business Officer Kopi kenangan membawa nama Kopi Kenangan dikenal di Indonesia.

Perjalanan Kopi kenangan yang sukses menjadi salah satu perusahaan unicorn Indonesia tak lepas dari peran kedua CEO ini. Edward Tirtanata dan James Prananto sukses membawa konsep kopi kenangan menjadi sebuah tren ngopi ala milenial.

Konsep ngopi 'grab and go' yang diusung Kopi kenangan membuat kebiasaan minum kopi punya kesan tersendiri. Apalagi dengan standar harga kopi yang bisa dibeli oleh hampir semua kalangan.

Hanya dengan modal awal 150 juta yang dikeluarkan dari kantong para founder, akhirnya Kopi kenangan berhasil mendapat pendanaan seri C sebesar USD 96 Juta atau setara Rp 1,3 Triliun.

Wow bagaimana kiat founder, Edward Tirtanata yang berusia 33 tahun ini agar sukses pitching ke investor? Simak dalam talkshow event FORTUNE Indonesia Summit 2022 ya! Catat tanggalnya.

5. Nadiem Anwar Makarim


Nadiem Makarim

Hei, siapa tidak kenal Nadiem Makarim? Hayoo, kalau tidak kenal, patut dipertanyakan sekolahnya ngapain aja? Dialah salah satu menteri termuda di jajaran kabinet kerja Joko Widodo. Menteri pendidikan dan kebudayaan, riset dan teknologi ini berusia 37 tahun tanggal 4 Juli nanti.

Dialah salah satu di balik suksesnya Zalora Indonesia dan Gojek Indonesia. Dengan segudang prestasi yang telah dicapainya dalam pekerjaan dan wirausaha. Nadiem Makarim merupakan orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan The Straits Times Asian of the Year.

Sebuah penghargaan yang diperuntukkan bagi sosok yang mampu memberikan kontribusi secara signifikan kepada banyak orang di negara asal dan di Asia pada umumnya. Penghargaan serupa pernah dicicipi oleh perdana menteri Singapura Lee Kuan Yew.

Apa yang telah dilakukan Nadiem Makarim? Tentu saja sesuatu perubahan besar terhadap kehidupan rakyat Indonesia lewat Gojek. Lewat tangan dingin yang dipanggil 'Mas Menteri' ini Gojek sukses menjadi sumber mata pencaharian baru bagi orang Indonesia.

Belum ada aplikasi lainnya yang bisa mengubah kehidupan dengan cepat seperti yang telah dilakukan Gojek. Lewat sentuhan bisnisnya, Gojek bisa mengantongi valuasi sebesar US$10 miliar.

Bagaimana kisahnya? Simak selengkapnya pada event FORTUNE Indonesia Summit 2022.

Para tokoh yang menjadi kandidat business person of the year dan 40 under 40 ini memang merupakan para tokoh yang mampu memberi terobosan sebagai agen perubahan.

Masih penasaran siapa lagi yang masuk menjadi business person of the year? Masih ada nama besar seperti Ira Noviarti - presiden direktur Unilever Indonesia, Muhammad Lutfi sebagai menteri perdagangan Republik Indonesia, Raffi Ahmad, Reza Rahardian, dan masih banyak lagi.

Jangan lupa tanggal 18-19 Mei 2022 untuk hadir di The Westin ya. Sudah tahu apa yang bakal dibahas dalam acara FORTUNE Indonesia Summit 2022? Kita bahas yuk.

Apa yang Akan dibahas dalam acara FORTUNE Indonesia Summit 2022?


Nah karena temanya kali ini sangat beragam, makanya Moms dan kamu semua bisa menempa diri menimba ilmu dari para tokoh inspiratif. FORTUNE Indonesia Summit 2022 mengangkat 3 tema utama yang bisa memberikan insightfull bagi ekosistem bisnis di Indonesia.

Tiga tema besar yang diangkat adalah Impact, Sustainability dan Growth. Ketiganya merupakan pokok bahasan yang pas untuk bisa semakin menginspirasi kita semua para bisnis pemula.

Adapun topik yang diangkat dalam acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 ini cukup padat dan beragam. Topik seperti market, business, finance, tech, leadership, hingga sustainability akan dibahas pada acara ini.

Acara yang dikemas secara apik dalam belasan sesi talkshow dari para tokoh inspiratif. Selain itu pada acara ini juga akan diberikan penghargaan kepada para sosok yang masuk dalam daftar business person of the year dan 40 under 40 FORTUNE Indonesia Summit 2022.

Cara Menghadiri Event FORTUNE Indonesia Summit 2022


Nah bagi Moms yang sudah mupeng pengen lihat keseruan acara FORTUNE Indonesia Summit 2022, pasti pengen tahu bagaimana cara menghadiri event FORTUNE Indonesia Summit 2022.

Begini cara hadir acara yang akan diadakan pada tanggal 18-19Mei 2022 ini.

  • Setting waktu pribadi di tanggal 18-19 Mei 2022 boleh cuti atau izin suami atau istri dulu hehe
  • Ingat waktu acara. Acara diadakan di The Westin, Jakarta pukul 09.00-18.00 WIB
  • Dapatkan tiketnya di Tokopedia gratis, dengan cara langganan majalah Fortune selama 1 tahun, caranya :
  • Lakukan pemesanan pada official store FORTUNE Indonesia di Tokopedia.
  • Pilih langganan majalah FORTUNE 12 bulan.
  • Segera selesaikan pembayaran agar tiketnya dikirim pihak FORTUNE.
  • Kamu akan dihubungi oleh pihak panitia untuk pengiriman tiket via email atau no handphone yang terdaftar di akun Tokopedia.
  • Selesai! Tinggal tunggu waktu acaranya ya.

Oh ya, jangan lupa kalau pemesanan tiket ini transaksinya melalui tokopedia dengan berlangganan majalah FORTUNE ya. Jangan bingung! Kok tiketnya tidak ada. Karena memang transaksinya adalah berlangganan majalah FORTUNE hehe.

Perlu diingat juga, bahwa pengiriman majalah FORTUNE melalui e-commerce hijau ini cuma satu edisi ya. 11 edisi berikutnya akan dikirim langsung dari kantor pusat majalah FORTUNE di IDN Media HQ dengan alamat Jalan Jend. Gatot Subroto kav. 27 Jakarta 12950. Semoga paham :)

Yuk, mulai pemesanan sekarang mumpung masih ada diskon sebesar 13% dari harga normal Rp 1.380.000,- kamu cukup membayar Rp 1.200.000,- saja. Dan ini sudah termasuk ongkir 11 edisi majalah FORTUNE lho. Hemat banyak khan?!

Penutup


Belajar bisa dari siapa saja, tidak pandang tua ataupun muda. Tidak pandang dari siapa kita belajar. Di acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 Moms akan termotivasi dari sosok yang menginspirasi. Bukan yang cuma sekadar basa-basi apalagi yang gemar tebar sensasi.

Mereka adalah para tokoh yang masuk dalam daftar Business Person of The Year dan 40 Under 40 FORTUNE Indonesia Summit 2022. Para tokoh yang bisa menginspirasi dengan segudang prestasi.

Tinggal kita ikuti, jejak langkah mereka dengan pasti! Mari berdikari di atas kaki sendiri! Tunggu apalagi, yuk dengar cerita para inspirasi ini dalam event FORTUNE Indonesia Summit 2022 sebentar lagi!

Ada yang sudah pegang tiketnya? Buruan pesan ya, mumpung masih ada waktu! Selamat menimba ilmu di acara FORTUNE Indonesia Summit 2022! Semoga bermanfaat.

Salam,
Mom Queen


Referensi:
Instagram.com/fortune.idn
fortunesummit.fortuneidn.com
fortuneidn.com/40-under-40
fortuneidn.com/businessperson-of-the-year
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

13 comments

  1. Keren banget Mba pembahasannya! Aku suka dengan tips2 yang dibagikan dan baru tau ada acara summit seperti ini. Aku pribadi tuh orang yang selalu berpikir kalo bisnis itu bukan aku banget mungkin karena aku takut untuk mencoba hal baru dan juga belum bisa melihat peluang bisnis yang mungkin ada. Makasih banget ya untuk sharingnya kali ini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak acaranya kemarin 2 hari.. Seru banget!! Banyak insight dari acaranya lho.

      Delete
  2. Wah, ilmu baru lagi malam ini. Sebagai Mahasiswa Ekonomi, semua yang tertulis di artikel ini memang tepat dan sangat baik untuk diaplikasikan bagi mereka yang ingin jadi pebisnis.

    Belum lagi sudah ada para role model dari Indonesia sebagai inspirasi dan motivasi untuk kita agar terus berkembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada pakarnya nih di sini. Boleh donk kapan-kapan sharing ilmu ekonomi bisnisnya juga kak.

      Delete
  3. Poin mau belajar dari yang berpengalaman, setuju banget. Dengan belajar dari mereka, kita jadi punya sosok yg jadi inspirasi dan motivasi biar bisa kecapai goals2 kita. Keren nih pembahasannya. Lengkap banget. Sampai tokohnya juga diulas. Cakep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman memang segalanya ya Kak. Ga mesti pengalaman diri sendiri. Pengalaman orang lain juga patut kita pelajari.

      Delete
  4. Semoga bisnisnya berjalan lancar, ya, Mbak. Beruntung punya partner yang suportif.
    Nama-nama para pengusaha yang dirilis ini memang keren. Under 40, tetapi sudah sangat menginspirasi, memang panutan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yang harus kita ikuti ya Kak, tokoh under 40 memang layak dijarikan panutan dalam bisnis. Masih muda tapi sangat luar biasa.

      Delete
  5. keren keren euy pembicaranya, auto jadi kepoin acaranya dan pengen ikut nambah ilmu gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah selesai kak. Tapi bisa kepoin di instagramnya kok.

      Delete
  6. Wah.. saya yang awam perbisnisan jadi sedikitnya dapet pencerahan. Makasih mbak atas ilmnya

    ReplyDelete
  7. Wahh aku yang awam ini soal perbisnisan jadi tercerahkan. Makasih mbak buat ilmu dan informasinyaa

    ReplyDelete

Post a Comment