header

Cara Jadi Agen Pengiriman Barang, dari Lokal Hingga Luar!

Konten [Tampil]

Hi Moms,

Semakin maraknya penjualan online, semakin membuka peluang cara jadi agen pengiriman barang. Ada yang tertarik untuk tahu bagaimana cara jadi agen pengiriman barang?

Agen pengiriman barang saat ini menjadi salah satu bisnis yang memiliki laju perkembangan cukup tinggi di masa pandemi. Ya peralihan kebiasaan masyarakat yang gemar berbelanja offline kini beralih ke belanja online. Hal ini menjadikan peluang cara jadi agen pengiriman barang kian legit.

Cara Jadi Agen Pengiriman Barang


Sebuah pertanyaan simple yang pernah ditanyakan oleh sahabat saya adalah

“Saya ingin punya usaha yang menguasai rantai distribusi. Tapi saya tidak tahu bagaimana cara jadi agen pengiriman barang?”

Cara jadi agen pengiriman barang

Sayang sekali waktu itu saya belum mengetahui banyak hal tentang rantai distribusi dan bagaimana alur cara jadi agen pengiriman barang.

Namun waktu itu saya menyarankan untuk menghubungi salah satu ekspedisi kenalan saya. Saya menyarankan untuk bertanya langsung mengenai cara jadi agen pengiriman barang padanya.

Mengingat saat ini agen ekspedisi semakin beragam, membuat pilihan untuk jadi agen ekspedisi juga semakin banyak. Beberapa ekspedisi ternama di Indonesia antara lain Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), J&T Express, PT Pos Indonesia, SAP Express, Ninja Express dan masih banyak lagi.

Apa keuntungan Jadi Agen Pengiriman Barang?


Beberapa perusahaan jasa pengiriman barang ini membuka kesempatan bermitra dengan mereka. Salah satu cara jadi agen pengiriman barang ini cukup menyediakan KTP, NPWP dan modal awal saja. Modalnya juga mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Berbagai manfaat tentu saja akan Moms dapatkan apabila bermitra dengan nama-nama besar agen pengiriman barang ini. Beberapa keuntungan jadi agen pengiriman barang, antara lain
  • Mendapatkan penghasilan tambahan
  • Tidak perlu repot menyediakan promosi karena akan di backup oleh pusat
  • Termasuk bisnis yang dibutuhkan semua orang
  • Tinggal menjalankan saja
  • Modal terjangkau mulai dari ratusan ribu
  • Sistem bagi hasil yang jelas, dan masih banyak lagi

Bagaimana Cara Membuka Jasa Pengiriman Barang?


Cara jadi agen pengiriman barang sebenarnya sangatlah simple. Moms hanya perlu mempersiapkan beberapa hal dibawah ini, setelah itu langsung bisa menjadi agen pengiriman barang lho. Apa saja cara jadi agen pengiriman barang? Mari kita bahas

1. Persiapan Alat


Salah satu cara jadi agen pengiriman barang adalah dengan memiliki persiapan alat. Peralatan dasar yang harus dimiliki seperti komputer, mesin printer, timbangan minimal skala 30 Kg, meja konter, kursi, kalkulator serta media pencatatan lainnya.

2. Tempat


Moms pastikan memiliki tempat yang strategis sebagai modal awal cara jadi agen pengiriman barang. Posisi tempat sebaiknya bisa dilalui oleh kendaraan roda 4. Ukuran tempat yang perlu disediakan minimal 2x3 meter.

3. Media Promosi


Siapkan beberapa spanduk dan x banner didepan lokasi agen ekspedisi agar menarik minat orang lain. Tempatkan juga umbul-umbul di lokasi sekitar lokasi usaha. Gunakan design yang simple dan kombinasi sedikit warna agar pesan iklan tersampaikan.

4. Terhubung dengan Internet


Salah satu syarat penting lainnya cara jadi agen pengiriman barang adalah terhubung dengan jaringan internet yang stabil. Internet menjadi salah faktor penentu jalannya bisnis keagenan. Tanpa internet, system tidak akan bisa diakses. Jadi pastikan Moms telah memiliki akses internet di tempat yang akan dijadikan usaha agen ekspedisi.

Moms, cara jadi agen pengiriman barang terbilang simple dan mudah. Ada beberapa ekspedisi yang tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulai keagenannya kok. Simak berikut ini ya!

Daftar Agen Pengiriman Barang di Indonesia


Beberapa nama agen ekspedisi besar di Indonesia membuka kesempatan bermitra dengan masyarakat. Siapakah mereka?

1. JNE


JNE adalah kepanjangan dari Jalur Nugraha Eka kurir yang berdiri sejak tahun 1990. JNE telah berpengalaman dalam hal pengiriman barang dan kepabeanan. Wajar saja jika saat ini JNE turut andil dalam bidang ekspedisi lokal karena pengalamannya yang puluhan tahun.

Kini JNE membuka kesempatan bermitra dengan masyarakat Indonesia. Tujuannya agar bisa menjangkau lebih banyak daerah di Indonesia. Saat ini JNE sudah terhubung dengan 150 lokasi di Indonesia dan terus bertambah. Sistemnya dan akses dapat dilacak secara online, sehingga banyak yang beralih ke sistem pengiriman JNE.

Apa keuntungan jadi agen JNE?


Menjadi agen JNE Moms akan mendapatkan banyak keuntungan diantaranya bisa mengurangi biaya promosi. Nama JNE semakin banyak dipilih pengguna jasa pengiriman karena ketepatan dalam pengiriman. Selain itu juga jika Moms memiliki omset yang cukup signifikan, bisa mendapat persentase penghasilan yang lebih besar.

Berapa Modal Buka Jasa Pengiriman JNE?


Sayangnya dari laman web jne.co.id tidak tertera berapa besaran modal yang harus dikeluarkan. Saya hanya membaca ada semacam target penjualan yang dibagi menjadi 3 grade. Setiap grade memiliki target penjualan masing-masing.

Misal grade A target penjualan adalah 50 juta rupiah, grade B dan C target penjualan senilai 10 juta rupiah dan grade D target penjualan 2 juta rupiah. Namun beberapa sumber ada yang menyebutkan biaya administrasi untuk menjadi agen JNE adalah 2 juta rupiah dan biaya jaminan sebesar 5 juta rupiah.

Uang jaminan ini tentu saja akan dikembalikan apabila kontrak kerja sama dengan agen berakhir. Jadi minimal untuk menjadi agen JNE paling tidak Moms harus menyediakan modal 7 juta rupiah.

Mau tahu lebih lanjut cara jadi agen pengiriman barang JNE? Silakan hubungi Customer Care JNE di nomor (021) 2927-8888 atau email JNE : customercare@jne.co.id

2. J&T Ekspress


J&T Ekspress merupakan salah satu jasa pengiriman barang terbaik yang ada di Indonesia. Saya beberapa kali menggunakan jasa pengiriman ini untuk pengiriman ekspress. Dan semuanya well done. Belum pernah saya kecewa selama menggunakan J&T.

Apa keuntungan jadi agen J&T?


Dengan nama besar yang dimiliki oleh J&T tentu saja sangat mudah untuk menjalankan usaha ini. Moms tinggal menyiapkan saja persyaratan administrasi, tempat dan lain-lain untuk menjadi agen J&T. Keuntungan yang diperoleh dari jasa pengiriman ini adalah tentu saja mendapat penghasilan tambahan.

Moms juga bisa mendapatkan diskon khusus kemitraan dan berhak menikmati semua layanan yang dimiliki oleh J&T. Biaya promosi juga bisa dipangkas karena nama J&T sudah sangat lekat di masyarakat.

Berapa Modal Buka Jasa Pengiriman J&T?


Dilansir dari lama vncentre.com untuk menjadi mitra J&T modal yang perlu Moms keluarkan sebesar 12 juta rupiah. Biaya ini terbagi menjadi dua yaitu 7 juta rupiah untuk biaya administrasi dan keagenan sedangkan sisanya untuk deposit agen.

Mau tahu lebih lanjut cara jadi agen pengiriman barang J&T? Silakan hubungi kantor cabang J&T terdekat di kota Moms atau call centre 021-8066-1888/ +62811-8466-188. Gampang kan?! Silakan jadi mitra J&T Moms.

3. Pos Indonesia


PT Pos Indonesia adalah pengiriman tertua di Indonesia. Saat ini PT Pos Indonesia membuka kemitraan dengan masyarakat umum. Selain itu ada peluang karir sebagai O Ranger. O Ranger adalah kurir khusus dari Pos Indonesia.

Apa keuntungan jadi agen Pos Indonesia?


Menjadi agen PT Pos Indonesia tentu saja memiliki banyak keuntungan. Diantara keuntungan tersebut adalah Moms akan mendapatkan sharing fee hingga 22.5% dan bersifat progresif.

Moms juga akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan usaha, pelatihan petugas dan dukungan pemasaran. PT Pos Indonesia telah memiliki puluhan ribu titik layanan di seluruh Indonesia. Semakin memudahkan pengiriman.

Berapa Modal Buka Jasa Pengiriman Pos Indonesia?


Melalui laman posindonesia.co.id saya tidak menemukan besaran biaya yang dikeluarkan untuk menjadi agen PT Pos Indonesia. Moms bisa langsung menuju kantor cabang PT Pos Indonesia terdekat dan langsung menanyakan cara jadi agen pengiriman barang PT Pos indonesia.

Mau tahu lebih lanjut cara jadi agen pengiriman barang Pos Indonesia? Silakan hubungi halo Pos di call centre 1500-161

4. SAP Express


SAP Express adalah salah satu jasa pengiriman di Indonesia yang memiliki jangkauan sistem bayar di tempat (Cash on Delivery) terluas. Hampir semua e-commerce meletakkan jasa pengiriman SAP Express sebagai salah satu cara bayar dengan sistem COD.

Apa keuntungan jadi agen SAP Express?


Dengan memiliki jangkauan jaringan COD yang besar, maka banyak pengguna yang mulai memanfaatkan jasa pengiriman SAP Express. Ada daerah-daerah yang tidak bisa dijangkau oleh jaringan ekspedisi lain, maka SAP Express bisa maju sebagai solusi. Target market agen pengiriman ini semakin besar.

Untuk menjalin mitra keagenan dengan SAP Express tersedia pilihan paket yang bisa dijangkau dan disesuaikan dengan besaran modal Moms.

Berapa Modal Buka Jasa Pengiriman SAP?


Dari laman sap-express.id modal buka jasa pengiriman SAP Express mulai dari Rp 350.000,- saja. Selanjutnya Moms hanya perlu menyiapkan persyaratan lainnya seperti telah lulus survey lokasi dan menyediakan minimal satu orang tenaga admin untuk menjalankan usaha ini. Mudah kan? Yuk buka usaha keagenan bersama SAP Express.

Mau tahu lebih lanjut cara jadi agen pengiriman barang SAP? Silakan hubungi nomor kontak whatsapp +62811-9911-162 (Dodo) atau langsung menuju website SAP Express https://www.sap-express.id/id/layanan/kemitraan

5. Ninja Xpress


Ninja Express atau lebih dikenal dengan nama Ninja Xpress adalah afiliasi dari perusahaan Ninja Van. Ninja Van sendiri adalah perusahaan jasa pengiriman barang yang berpusat di Singapore. Saat ini Ninja Van telah meraih pangsa pasar Indonesia, mulai membuka peluang kemitraan dengan masyarakat.

Apa keuntungan jadi agen Ninja Xpress?


Keuntungan menjadi mitra Ninja Xpress tentu saja sangat menghasilkan. Moms berpeluang bekerja sama dengan perusahaan yang terhubung dengan perusahaan besar Asia Tenggara. Selain itu tentu saja bisa mendapatkan penghasilan dari sistem bagi hasil yang diberikan Ninja Xpress.

Berapa Modal Buka Jasa Pengiriman SAP?


Belum ada informasi yang jelas berapa modal yang harus dikeluarkan untuk menjadi mitra Ninja Xpress. Mau tahu lebih lanjut cara jadi agen pengiriman barang SAP? Silahkan hubungi langsung ke alamat website ini https://www.ninjaxpress.co/id-id/support/contact-us dan siap bermitra dengan Ninja Xpress.

Penutup


Menjadi agen pengiriman barang memang semakin menggiurkan ya Moms. Apalagi bisa berpeluang mendapatkan penghasilan yang lumayan. Tertarik untuk memulai bisnis franchise dengan cara jadi agen pengiriman barang berikutnya? Semoga semakin membuka wawasan Moms untuk terus berusaha dan berdaya ya Moms. Semoga bermanfaat.

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment