header

Crowdfunding Property Indonesia, Ada yang Berbasis Syariah

Konten [Tampil]

Hi Moms,

Ada yang tahu tentang crowdfunding property Indonesia? Semakin hari semakin banyak saja istilah investasi yang bikin pusing kepala hehe. Sebagai Ibu, yang yang mengatur keuangan rumah tangga, kita perlu juga cari tahu tentang istilah-istilah investasi ini Moms.

Crowdfunding Property Indonesia

Meski hanya di rumah dan mengurus rumah tangga, tidak ada salahnya Moms mulai melirik dunia investasi. Berbagai jenis instrumen investasi bisa Moms pilih untuk menyimpan biaya sekolah anak. Yuk kita bahas tentang crowdfunding property Indonesia ini.

Jenis-Jenis Crowdfunding di Indonesia.


Sebenarnya jenis crowdfunding di Indonesia ada beberapa jenis. Istilah crowdfunding mulai sering digunakan sebagai istilah untuk pengumpulan dana secara patungan atau beramai- ramai.

Moms, tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-hari kita sering kok melakukan crowdfunding. Misalnya saja ketika ada tetangga kita yang sedang sakit dan membutuhkan banyak biaya, sebagai tetangga yang baik kita bergotong royong mengumpulkan dana. Ini juga disebut crowdfunding atau urun dana.

Ada beberapa jenis crowdfunding di Indonesia, beberapa saya yakin sangat akrab di telinga Moms semua. Apa saja jenis crowdfunding di Indonesia? Dikutip dari laman modalrakyat.id ada 3 jenis crowdfunding di Indonesia sesuai tujuannya

1. Crowdfunding Dengan Tujuan Donasi


Dengan bertujuan untuk bantuan kemanusiaan, crowdfunding donasi ini membuka penggalangan dana kepada masyarakat luas untuk membantu sesama. Secara sederhana sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Lembaga yang akrab dengan kita dalam melakukan crowdfunding di Indonesia seperti kitabisa.com, kita peduli, dan masih banyak lagi.

2. Crowdfunding Dengan Tujuan Memberi Pinjaman


Penggalangan dana dengan tujuan memberi pinjaman kepada orang lain dengan maksud membantu sebuah usaha atau UMKM dengan mengambil keuntungan bagi hasil maupun bunga pinjaman. Crowdfunding jenis ini biasanya disebut juga Peer to Peer (P2P) lending atau Peer to Business (P2B).

Contoh crowdfunding jenis ini sudah cukup banyak, tinggal cermati saja legalitas dan keamanannya.

3. Equity Crowdfunding


Equity crowdfunding adalah penggalangan dana kepada masyarakat luas dengan tujuan pendanaan bisnis tertentu dengan pengembalian dana berupa saham. Seperti Bitcoin, awalnya juga berasal dari pendanaan crowdfunding lho.

Pemilik modal akan mendapatkan keuntungan dari bagi hasil perusahaan yang didanai ketika orang atau perusahaan peminjam memperoleh keuntungan. Pemilik modal akan mendapatkan keuntungan berupa persentase saham.

Crowdfunding Property indonesia


Crowdfunding property Indonesia atau property crowdfunding adalah cara pengumpulan dana dari masyarakat umum secara patungan dengan tujuan investasi bisnis properti. Dana yang terkumpul kemudian disetorkan kepada penggalang dana investasi. Umumnya penggalang dana ini berupa platform investasi, yang disebut sebagai equity crowdfunding atau ada juga yang menyebutnya securities crowdfunding.

Jadi secara garis besar equity crowdfunding Indonesia adalah sebuah platform penggalang dana di Indonesia yang bertujuan untuk investasi. Equity crowdfunding umumnya membiayai sebuah proyek atau usaha tertentu. Kebanyakan proyek yang didanai oleh equity crowdfunding ini adalah proyek yang memiliki nilai saham tinggi

Crowdfunding property Indonesia menjadi salah satu jenis investasi yang banyak dilirik masyarakat. Sebut saja jenis investasi seperti perumahan, ruko dan sebagainya adalah jenis properti yang disukai masyarakat.

Jika Moms pernah mendengar atau ditawarkan untuk berinvestasi melalui sistem crowdfunding, ada baiknya Moms memperhatikan tentang platform penyelenggara crowdfunding itu sendiri.

1. Terdaftar di OJK


Pilih equity crowdfunding yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Hal ini bertujuan untuk melindungi hak-hak investor dalam penyerahan dana investasi. OJK bertindak sebagai regulator, agar investor memiliki payung hukum yang jelas dalam berinvestasi.

2. Legalitas Jelas


Perhatikan platform crowdfunding property Indonesia yang Moms pilih. Selidiki terlebih dahulu bagaimana dengan legalitas platform tersebut. Jika legalitas lengkap, tentu saja menjadikan tenang hati dalam berinvestasi.

3. Transparansi


Platform crowdfunding property Indonesia harus transparansi dalam memberikan data hasil investasi. Karena hal ini berhubungan dengan kepentingan orang banyak. Transparansi hasil investasi berguna untuk menghitung seberapa besar keuntungan yang diperoleh oleh para investor.

4. Terbukti Memberi Hasil


Jika sudah ada yang membuktikan memberi hasil dan membayarkan hasil investasi kepada para anggotanya. Mencari crowdfunding property Indonesia yang amanah juga harus diperhatikan. Tapi sekali lagi, investasi saham adalah salah satu investasi dengan resiko tinggi. Moms harus siap dengan segala konsekuensinya.

Equity Crowdfunding di Indonesia


Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa ada beberapa platform yang telah menjadi platform penggalan dana untuk kebutuhan bisnis. Telah bermunculan beberapa aplikasi platform yang memfasilitasi masyarakat untuk berinvestasi.

Apa Saja Crowdfunding di Indonesia?


Berdasarkan data yang dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia terbaru, ada 2 platform equity crowdfunding Indonesia. Kedua jenis platform urun dana masyarakat ini adalah

1. PT Santana Daya


PT Santana Daya atau Santana telah berizin sebagai platform penyelenggara crowdfunding di Indonesia tertanggal 6 September 2019. Sesuai dengan surat keputusan yang dikeluarkan oleh OJK dengan nomor izin KEP-59/D.04/2019

Saat tulisan ini dibuat sayangnya website santana.co.id sedang dalam masa perbaikan (under construction) jadi Mom Queen belum bisa banyak mendapat informasi tentang perusahaan ini

2. PT Investasi Digital Nusantara


PT Investasi Digital Nusantara atau dengan nama platform equity crowdfunding Bizhare telah mendapat izin resmi sebagai salah satu lembaga penggalang dana Indonesia sejak tahun 2019. Surat izin dengan nomor KEP-71/D-04/2019 dikeluarkan tanggal yang sama dengan PT Santana Daya.

Mom Queen juga mengulik dari website bizhare.id bahwa Bizhare ini telah memiliki investor total sebanyak 163 ribu lho. Platform investasi ini memiliki pilihan investasi mulai perusahaan rintisan (start up), UKM hingga bisnis franchise.

Harga investasi per lembar saham yang ditawarkan mulai dari 50 ribu rupiah saja. Perusahaan yang menggunakan skema investasi secara bergotong royong secara online ini telah menjadi platform SCF (Securities Crowdfunding) no 1 di Indonesia oleh Top 10 Asia atau Asiatop10.org.

Ada juga yang berjenis equity crowdfunding syariah, ada yang tahu nggak Moms tentang salah satu equity crowdfunding syariah Indonesia ini? Jika ada yang belum tahu, akan Mom Queen bahas sedikit tentang equity crowdfunding syariah ini.

Equity Crowdfunding Syariah


Equity crowdfunding syariah adalah platform urun dana dari masyarakat yang menerapkan sistem investasi berbasis syariah. Dikutip dari laman kompas.com terdapat 2 platform equity crowdfunding syariah di Indonesia yaitu SYAFIQ dan LBS Urun Dana.

Keduanya terdaftar di OJK dalam peraturan OJK nomor 57/POJK 04/2020 tentang penawaran platform penggalang dana berbasis teknologi bersama beberapa platform crowdfunding lainnya. Kedua platform ini, baik SYAFIQ maupun LBS Urun Dana diawasi oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI)

1. Equity Crowdfunding Syariah SYAFIQ


SYAFIQ terdaftar di OJK tertanggal 19 Agustus 2021 dengan nomor keputusan KEP-37/D01/2021 dan telah diawasi oleh Dewan syariah Nasional majelis ulama Indonesia (DSN-MUI) dengan nomor rekomendasi DSN U-097/DSN-MUI/II/2021.

Sebagai equity crowdfunding syariah, SYAFIQ melayani saham syariah dan obligasi syariah (sukuk). Sukuk adalah surat tanda kepemilikan bersama.

2. Equity Crowdfunding Syariah LBS Urun Dana


Sebagai securities atau equity crowdfunding syariah, LBS Urun Dana lebih mengedepankan prinsip syariah. Dengan nomor izin KEP-22/D04/2022 LBS Urun Dana menawarkan securities crowdfunding melalui fintech yang berbasis syariah.

Dengan memilih investasi yang halal , wajar bila securities crowdfunding LBS Urun Dana ini banyak diserbu masyarakat yang ingin berinvestasi dengan pola hidup halal.

Penutup


Meski bisnis properti begitu menjanjikan, Moms tetap harus berhati-hati dalam memilih platform crowdfunding property Indonesia. Jangan mudah tergiur sistem keuntungan atau bagi hasil yang besar namun menyingkirkan fakta dilapangan.

Bisnis investasi berbasis saham biasanya memiliki resiko yang tinggi. Jika memilih investasi jenis ini artinya Moms sudah siap dengan segala resikonya. Meski telah terdaftar di OJK bukan berarti investasi kita tanpa resiko, karena sejatinya OJK hanya sebagai pemberi izin, bukan penjamin.

Investasi apa saja boleh,asal tetap dalam koridor yang benar sesuai norma yang berlaku. Mau mulai buka usaha franchise atau beralih ke investasi crowdfunding property Indonesia silakan saja. Semuanya tetap ada peluang mendapat cuan. Semoga bermanfaat.

Salam,
Mom Queen

Referensi
https://money.kompas.com/read/2022/03/27/174902126/daftar-fintech-securities-crowdfunding-syariah-yang-dapat-izin-ojk?page=all
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment