header

Biaya Sekolah TK 2022 Batam, Butuh Dana Berapa?

Konten [Tampil]

Hi Moms,

Ada yang anaknya tahun 2022 ini mulai masuk sekolah TK? Kira-kira berapa biaya sekolah TK tahun 2022 ya Moms? Hmm meski baru mau masuk sekolah TK, orang tua sudah wajib mempersiapkan biaya dana pendidikan anak.

Biaya sekolah TK tidak bisa dipandang sebelah mata Moms. Karena meski nominalnya belum begitu besar, namun jika tidak dipersiapkan maka akan mengganggu pos pengeluaran yang lain. Nah jangan sampai kejadian begitu ya Moms.

Biaya Sekolah TK 2022


Biaya sekolah TK adalah biaya pendidikan usia dini yang harus dikeluarkan oleh orang tua ketika ananda sudah berusia 4-6 tahun. Berapa kisaran biaya sekolah TK tahun 2022?

Biaya Sekolah TK

Sebagai contoh ini adalah biaya yang kami keluarkan saat mendaftarkan anak kami ke sekolah TK berbasis agama di Batam tahun 2021 lalu

No

Jenis Pembayaran

Biaya

1

Uang pendaftaran

Rp 50.000,-

2

Uang Pangkal

Rp 1.980.000,-

3

Iuran Bulanan Rp 175.000,- x 12

Rp 2.100.000,-

4

Uang Catering @Rp 32.000,- x 12

Rp 384.000,-

5

Uangg Komite @Rp 10.000,- x 12

Rp 120.000,-

 

Total

Rp 4.634.000 ,-


Dari tabel biaya sekolah TK tahun 2021 diatas, maka bisa kita dapatkan berapa besaran biaya sekolah TK tahun 2022. Dengan menambahkan perhitungan inflasi (misalkan 10%) maka biaya sekolah TK 2022 adalah sebesar Rp 5.097.400,- untuk sekolah TK berbasis agama di Batam.

Moms juga bisa melakukan survey beberapa sekolah pilihan Moms lainnya untuk mendapatkan detail biaya sekolah TK. Setiap sekolah memiliki aturan dan kebijakan yang berbeda-beda. Untuk biaya sekolah berbasis agama di Batam berkisar antara 5 juta – 10 juta rupiah.

Oh ya biaya diatas adalah biaya satu tahun pertama di TK A, untuk TK B hanya diperlukan biaya tambahan untuk daftar ulang, SPP dan biaya catering saja.

Kenapa Uang Pangkal Sekolah Mahal?


Kenapa uang pangkal sekolah anak mahal? Makin terasa pusing ya Moms! Biaya sekolah TK saja sudah segitu hehe

Mengapa uang pangkal sekolah itu mahal Moms? Nah uang pangkal sekolah umumnya sudah termasuk :
  • Biaya operasional dan perawatan gedung
  • Biaya seragam selama satu tahun
  • Biaya kegiatan sekolah selama 1 tahun pelajaran
  • Biaya buku dan peralatan siswa selama 1 tahun
  • Biaya administrasi siswa seperti foto, raport dan lain-lain

Nah karena banyaknya biaya yang ditimbulkan untuk beberapa item diatas, makanya dijadikan sebagai uang pangkal sekolah. Tentu saja ini dibebankan pada saat anak mendaftar di sekolah barunya.

Tapi ada beberapa kebijakan sekolah yang bisa membayar uang pangkal dengan cara mencicil hingga kenaikan kelas. Jangan khawatir Moms.

Besarnya biaya sekolah TK anak membuat kita sebagai orang tua harus pandai-pandai menabung uang untuk biaya sekolah TK. Bagaimana cara mempersiapkan biaya sekolah TK anak Moms?

Tips Mempersiapkan Biaya Sekolah TK ala Mom Queen


Nah dalam mempersiapkan uang sekolah anak harus diperhatikan adalah mau disekolahkan dimana anak kita. Apakah mau sekolah TK berbasis agama, TK nasional berstandar internasional, sekolah alam, atau sekolah Montessori.

Ketika sudah tahu hendak masuk ke sekolah mana, maka Moms tinggal melanjutkan tips menabung biaya sekolah TK berikut ini.

1. Pilih Sekolah yang dituju


Pilihan sekolah ini sebaiknya diletakkan di hulu. Mengapa? Agar mudah menentukan berapa besaran biaya yang dibutuhkan untuk biaya sekolah TK anak. Sebaiknya Moms juga perlu memperhatikan poin-poin dalam memilih sekolah anak usia dini.

2. Survei Sekolah


Saya dan suami bahkan melakukan survei jauh hari sebelum anak kami masuk sekolah yang dituju. Setidaknya survei lah pada 3 - 4 sekolah sejenis. Hal ini bertujuan untuk mendapat gambaran berapa biaya yang dibutuhkan nantinya.

3. Bandingkan Harga


Setelah memilih sekolah yang dituju, bandingkan sekolah yang memiliki kualitas yang hampir sama namun dengan harga yang kompetitif.

4. Mendaftar di Awal


Pendaftaran di awal memberikan banyak keuntungan diantaranya adalah mendapatkan diskon harga yang lumayan. Sekolah TK memberikan potongan harga hingga 10% bagi pendaftar tertentu.

Pendaftaran bisa dilakukan dengan langsung mendatangi sekolah dan menemui bidang humas sekolah untuk melakukan pendaftaran. Jangan lupa Moms untuk meninggalkan nomor handphone yang bisa dihubungi.

5. Mulai Menabung


Sebenarnya biaya sekolah TK sudah bisa kita perkirakan sejak anak tersebut dilahirkan. Artinya orang tua mempunyai waktu setidaknya 4 tahun menabung. Mulai dari anak dalam kandungan hingga berusia 4.5 tahun.

Cara Menghitung Biaya Sekolah TK


Cara mempersiapkan dana pendidikan anak yang paling mudah adalah dengan membandingkan biaya sekolah TK saat anak dilahirkan ditambah dengan biaya inflasi.

Misalkan biaya sekolah TK 2022 adalah 5.000.000 dengan inflasi (anggap saja )10% setiap tahunnya maka biaya yang harus dikeluarkan saat 5 tahun kemudian adalah

No

Estimasi Biaya

Biaya Sekolah TK Tahun Ke-

1

Rp 5.000.000,-

Rp 5.000.0000,-

2

 

Rp 5.500.000,-

3

 

Rp 6.050.000,-

4

 

Rp 6.655.000,-

5

 

Rp 7.320.500,-


Dari data tabel diatas, Moms sudah mulai memperkirakan berapa tahun lagi ananda mulai bersekolah? Sekiranya masih 3 tahun lagi, maka biaya sekolah TK dibagi dengan 36 bulan, seperti ini:

Biaya Sekolah TK 2025
= Rp 6.050.000/36 bulan
= Rp 168.000,
= Rp 170.000,- (pembulatan)

Jadi setiap bulan Moms harus menabung sebesar Rp 170 ribu untuk alokasi biaya sekolah TK anak 3 tahun kedepan. Biaya sekolah TK anak ini bisa juga ditempatkan ke dalam instrumen investasi tertentu ya Moms, banyak kok pilihannya.

Kalau saya memilih investasi logam mulia. Ada juga yang memilih reksadana, atau investasi lainnya. Tidak masalah. Sesuaikan dengan pemahaman dan kemampuan finansial masing-masing saja.

Jadi sudah siap menabung dari sekarang Moms? Yuk lah mulai menyisihkan dana untuk biaya sekolah TK anak kita Moms.

Kapan Pendaftaran TK dibuka?


Nah kalau Moms sudah tahu berapa besaran biaya sekolah TK, selanjutnya Moms perlu tahu kapan pendaftaran TK dibuka?

Pendaftaran TK biasanya sudah dimulai sejak Desember tahun berjalan. Moms sudah bisa mengunjungi sekolah yang dimaksud dan melakukan waiting list siswa baru.

Pendaftaran resmi dari sekolah biasanya dilakukan di bulan Januari - Februari tahun berikutnya. Misalkan untuk tahun pelajaran 2022/2023 Moms sudah bisa mendaftar di bulan Januari- Februari 2022.

Daftar ulang biasanya akan dilakukan pada bulan Juni dan mulai masuk TK di pertengahan bulan Juli tahun tersebut.

Mengapa Harus Sekolah TK?


Apakah syarat masuk SD harus sekolah TK dulu? jawabannya tentu tidak ya Moms. Sekolah TK tidak wajib. Karena pemerintah hanya memberi indikator minimal usia 6.5 tahun di bulan Juli tahun pelajaran untuk masuk sekolah SD.

Meski demikian apabila Ananda ingin masuk SD di usia 6 tahun 0 bulan harus memiliki surat keterangan kemampuan akademik dari lembaga yang kompeten.

Kalau saya lebih memilih usia sekolah minimal 6.5 tahun Moms untuk masuk SD, karena melihat kesiapan dan psikologi anak saya.

Tapi kembali lagi, setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Apabila ananda mampu mengikuti pelajaran di tingkat SD, why not? Go a head!

Alasan Anak Sekolah TK


Ini adalah pertanyaan yang sering sekali saya baca di social media. Mengapa anak harus sekolah TK? Sebenarnya jawabannya adalah sesuai kebutuhan masing-masing Moms.

Kalau saya memasukkan anak saya di sekolah TK karena saya merasa kurang maksimal mengajari anak-anak saya. Terlebih saya di rumah sendiri tanpa pengasuh apalagi pembantu. Jadi sekolah semacam lembaga bantuan para ibu seperti saya dalam mendidik anak-anak.

Alasan Anak sekolah TK

Berikut saya jabarkan sedikit beberapa alasan anak sekolah TK menurut Mom Queen ya. Ingat, sekali lagi bahwa rules di setiap keluarga satu dengan yang lain itu tidak sama.

Ini alasan saya memasukkan anak saya di sekolah TK saat usianya 4 tahun 9 bulan.
  • Anak sudah memiliki keinginan sekolah
  • Keinginan anak untuk mengeksplorasi banyak hal
  • Keterbatasan waktu Ibu mendampingi anak belajar
  • Tempat belajar bersosialisasi secara arif
  • Mengenal berbagai macam karakter dan sifat
  • Belajar secara berkesinambungan
  • Menimba ilmu dari guru yang kredibel di berbagai bidang
  • Belajar pendisiplinan dan rutinitas

Penutup


Mau sekolah TK dulu atau langsung SD adalah pilihan keluarga masing-masing Moms. Ada yang langsung TK B atau memilih TK A tidak jadi soal. Yang penting keinginan anak untuk menuntut ilmu sudah terpenuhi.

Perkara biaya sekolah TK yang besarnya relatif, insya Allah selalu ada rezeki untuk anak. Tetap semangat dan tetap berusaha semoga Moms semua dimampukan untuk memenuhi pembayaran biaya sekolah TK. Semoga bermanfaat.

Salam,
Mom Queen





Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment