header

Cara Mengatasi Redirect di Blogspot, Cek Pakai Screaming Frog!

Konten [Tampil]


Hi Moms,

Setelah berkutat dengan dunia riset keyword, volume dan cpc artikel blog, boleh sekali-kali Mom Queen menulis sesi curhat di blog ini ya hehehe. Saat ini Mom Queen sedang mengikuti kelas site audit dengan menggunakan Screaming frog. Nah bagi yang masih bingung apa itu Screaming Frog, nanti Mom Queen jelasin ya, tapi jangan ngarep bisa dapat penjelas detail sih. Karena yang bisa menjelaskan secara detail itu cuma mesin pencari wkwk

Disclaimer dulu, bahwa artikel ini isinya nyaris penuh dengan curhatan hiks. Jadi, ya mohon maaf kalau kamu merasa bosan dengan isi artikel. Tapi Mom Queen akan mencoba menyelipkan informasi penting yang mungkin saja bisa kamu terapkan dalam blog pribadi kamu ya.Wish!

Apa Itu Screaming Frog?


Screaming frog adalah sebuah software yang digunakan untuk memeriksa kelengkapan optimasi Search Engine Optimization (SEO) on page pada sebuah website. Jadi screaming frog yang dilambangkan dengan gambar kodok teriak berwarna hijau ini digunakan untuk mendeteksi link artikel mana yang belum lengkap optimasi SEO on page nya.

Apa Fungsi Screaming Frog?


Sebagai website yang fokus pada masalah ‘dalaman’ SEO on page sebuah web, Screaming frog bisa juga mendeteksi berbagai masalah atau ‘penyakit’ yang ada pada website. Apa saja fungsi screaming frog? Sebagai tools yang telah berdiri sejak tahun 2010 Screaming Frog dapat mendeteksi hal-hal berikut ini.

1. Bisa Mendeteksi Artikel eror 404 Not found


Error 404 not found adalah eror halaman yang tidak ditemukan pada suatu website. Pernah nggak sih menemukan error 404 ini? Mom Queen sering banget (apalagi pada blog sendiri wkwk). Mom Queen juga baru tahu kalau diantara 180 postingan, ada 27 postingan yang berada pada kategori error 404 ini. Cara mengatasinya bagaimana? Ya cek pakai screaming frog, terus perbaiki link yang error ganti dengan link yang benar.

2. Mendeteksi Halaman yang Belum Terindeks


Emejing banget! Kalau mantan itu memberi kenangan tak tergantikan, tapi Screaming frog memberi peringatan tak terlupakan (nyambung nggak ya hehe) Disini juga Mom Queen baru tahu kalau ada postingan zaman baheulak yang belum terindeks google. Menyedihkan! Gimana sih, kok bisa-bisanya mesin pencari melupakan satu postingan yang amat saya sayangi itu. Jahat banget deh.

Terus cara mengatasinya bagaimana?? Menurut pengalaman Mom Queen kemarin sih, ya di submit ulang sitemap nya, daftar google news juga sangat membantu untuk page indexability. Mom Queen tidak mengganti url nya karena akan berdampak pada eror pengalihan 3xx yang akan kita bahas nanti. Dengan sedikit otak atik sitemap akhirnya artikelnya terindeks juga, wah terima kasih Screaming frog.

3. Mengecek Error Pengalihan/ Redirect 3xx 


Error 301 maupun eror 302 ini banyak penyebabnya. Salah satunya error 3xx ini disebabkan oleh adanya pengalihan link dari link lama ke link yang baru. Nanti mom Queen jelaskan secara detail ya, Wait.

4. Mendeteksi Artikel Tanpa Meta Deskripsi


Mendeteksi artikel tanpa meta deskripsi alias meta deskripsinya belum di optimasi. Maklum ya, dulu kan awal ngeblog nulis cuma sekadar publish, mana sempat mikir optimasi hehe. Tapi biarlah, biarkan dia menjadi masa lalu yang tak perlu diselali, tapi jangan diulangi.

5. Mendeteksi Artikel, Heading yang Belum di Optimasi SEO on Page.

Mendeteksi halaman artikel, heading H1,H2, H3 dan seterusnya, yang belum di optimasi SEO on page. Hingga mendeteksi image yang terlalu besar size nya, duh kayaknya ini juga bakal kebanyakan error nie blog Mom Queen.

Baik, supaya pembahasan ini jangan terlalu ngalor ngidul kepanjangan tak tentu arah, Mom Queen akan fokus pada masalah error pengalihan atau redirect 3xx ya. Baik error 301 maupun error 302. Tapi untuk error  302 di blog Mom Queen tidk ditemukan nie. Jadi untuk error 302 tidak akan saya bahas.

Apa itu Redirect/Pengalihan 301?


Pengalihan/ Redirect 3xx adalah pengalihan secara permanen dari url semula ke sebuah alamat website yang baru. Simplenya begini, misalnya kita sudah punya rumah di alamat A, kemudian kita pindah ke alamat B. jadi orang-orang yang mau berkunjung ke rumah kita atau berkirim parcel (ngarep banget yak hehe) secara otomatis akan diarahkan oleh tetangga kita (kalau di website oleh mesin pencari) ke alamat B. Begitulah kira-kira.

Redirect terbagi menjadi redirect 301 dan redirect 302. Meskipun sebenarnya redirect 3xx ini tidak begitu bermasalah, selama masih menuju ke alamat website yang benar. Namun masalah yang sering terjadi adalah situs kita sering mengarahkan pada website yang terlarang seperti situs-situs yang melanggar itu lah. (Ga perlu disebut nanti kena banned).

Ada teman yang bercerita bahwa situsnya mengarahkan pada situs-situs yang dilarang, padahal dulunya merupakan situs belajar online.Lho kok tiba-tiba beralih ke situs yang terlarang. Itu adalah salah satu manfaat dari redirect 301. Bisa mengarahkan pengunjung untuk beralih ke alamat url yang baru secara permanen.

Cara Mengatasi Redirect di Blogspot



Cara Mengatasi Redirect di Blogspot, Cek Pakai Screaming Frog!

Kembali lagi pada site audit dengan menggunakan screaming frog, kelas yang diampu oleh Coach Irwin ini menunjukkan permasalahan yang terjadi pada blog Mom Queen. Apa saja masalah yang terjadi pada blog Mom Queen khususnya pada eror pengalihan alias redirect 3xx ini. Terdeteksi melalui screaming frog premium ada 73 error pengalihan pada blog www.momqueenmq.com oh No! ini pe-er yang meng-gabut-kan hari.

Ya,curhat sedikit ya, boleh kan? Masalah terbesar saya dalam mengikuti kelas ini adalah saya tidak memiliki aplikasi screaming frog. Kok bisa?? Bisa lah, buktinya saya masih disini hehe. Karena laptop saya merupakan laptop jadul dengan sistem operasi 32 bit. Sedangkan screaming frog membutuhkan laptop dengan sistem operasi 64 bit. Huh jadi meng-sedih kan.

So bagaimana bisa bertahan di kelas site audit tanpa aplikasi kodok teriak?? Untungnya Mom Queen dikelilingi oleh oleh orang-orang yang baik hati dan gemar menabung dan membantu hehe. Mereka lah yangdengansuka rela membantu Mom Queen, mengeksport data ke excel kemudian dikrim ke MomQueen. So special thanks untuk orang-orang terkasih itu yak. Banyak pokoknya, makasih ya kalian semua.

Jenis Error Redirect 301 di Blog Mom Queen dan cara Mengatasinya


1.Url Medsos yang Kurang Tepat


Sejumlah postingan Mom Queen yang menautkan url medsos termasuk kedalam bagian error 301. Biasa kan di blogspot kita memasukkan link media sosial seperti facebook, twitter, maupun instagram dinbagian html maupun lay out. nah itu yang menjadi sumber masalahnya. Kalau Mom Queen hanya menggunakan link medsos twitter dan facebook saja.

Pada kenyataannya meskipun hanya memiliki 2 akun medsos, tetap saja tidak luput dari serangan error redirect 301. Misalnya alamat untuk twitter Mom Queen hanya menuliskan http://www.twitter.com/mom_queenmq ini benar sih, tidak masalah secara umum akan langsung menuju ke akun medsos saya pribadi, tetapi ini bukan alamat url yang benar. Harusnya bagaimana? Seharusnya untuk twitter dituliskan begini : https://twitter.com/mom_queenmq tanpa ‘www’ pada kata twitternya.

Nah hal ini berkebalikan dengan instagram lho. Alamat url yang benar instagram justru harus menggunakan ‘www’ pada kata ‘instagram’ jadi seharusnya begini: https://www.instagram.com/queensha.aleena

Bagaimana mengatasi kesalahan penulisan url yang benar ini? Ya tidak lain dan tidak bukan, tentu saja kamu harus lihat link terkait dan diganti dengan link yang benar. Simpel khan?

2. Pergantian Web Address


Kalau kamu memiliki blog berawal dari ccTLD kemudian setelah beberapa lama baru menggunakan domain berbayar atau Top Level domain (TLD), maka besar kemungkinan blog kamu akan memiliki banyak error 301 hehe. Nah blog saya menggunakan ccTLD blogspot selama satu tahun.

Bisa dibayangkan berapa artikel yang sudah saya publish selama satu tahun itu dan apa yang terjadi dengan laporang screaming frog tentang error pengalihan 301 ini. Ya begitulah, banyak sekali artikel yang harus saya edit manual untuk membenarkan link yang masih menggunakan ccTLD tersebut.

Memangnya kenapa harus diganti, kan masih bisa menuju link yang ada dan tidak apa-apa kan? Ya ini juga yang menjadi pertanyaan besar kami di kelas site audit. Tetapi, menurut Screaming Frog berarti kita tidak menuliskan alamat dengan tepat. Jika ada alamat blog yang tepat, mengapa tidak diganti saja dengan alamat sebenarnya. Begitu! Baiklah, ini memang nyari kerjaan ya hehe..
Alhamdulillah dari kelas site audit besutan Coach Irwin ini, Mom Queen jadi banyak belajar, bahwa ngeblog pro itu tak sekadar cuma banyak-banyakin posting. Tetapi juga harus memperhatikan banyak poin penting. Baique lah!

3. Perubahan ‘http’ ke ‘https’


Beberapa postingan Mom Queen juga terkena pengaruh perubahan ‘http ke https’ ini. Ya sama seperti masalah sebelumnya bahwa perubahan ini tetap akan mengarahkan ke alamat website yang dituju tetapi tetap saja termasuk yang perlu ‘dipetani’ satu per satu wkwk.

4. Typo Url


Typo url ini terjadi pada artikel yang baru saja di publish haha. Meski sudah berhati-hati tetap saja keteledoran itu terjadi. Dan parahnya lagi itu adalah link url dari klien. Untungnya sih, url ini masih mengarah ke url yang dimaksud. Meskipun ada typo diakhir alamat, tetap saja mengarah ke link artikel website klien. Untunglah ada aplikasi screaming frog, jadi ada yang menyadarkan saya ketika melakukan kesalahan. Terima kasih ya Screaming frog.

Itu hanya beberapa masalah yang ada di blog Mom Queen, masih ada lagi masalah lain yang terjadi akibat error pengalihan atau redirect 301 ini. Mungkin next artikel ya, Mom Queen akan bahas lagi termasuk error di sitemap. Sabar ya, ini hanya ujian hehe.

Penutup


Pengalihan 3xx tidak masalah selama masih mengarahkan pada situs yang benar. Tetapi artinya kita tidak memberikan alamat yang tepat kepada mesin pencari. Ini akan berdampak pada performa blog kita di mata Gugel dan kawan-kawannya.

So, daripada website kita dianggap tidak kredibel, lebih baik kita perbaiki apa yang bisa diperbaiki, tidak ada salahnya kan memberikan alamat yang benar sesuai ketentuan. Toh ini juga bagian dari berbuat kebaikan.
Bonus dari 'nyari kerjaan metani blog' ini adalah peningkatan page view organik yang cukup signifikan. Kalau kata Syahrini, "Alhamdulillah ya".
Sekian curhat hari ini, Semoga artikel cara mengatasi redirect di blogspot ini bermanfaat.

Salam,
Mom Quen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

39 comments

  1. bnyk banget ya ternyata yg harus kita lakukan untuk jadi seorang blogger tapi info ini emang kudu wajib di coba agar blog baik2 saja

    ReplyDelete
  2. Bener banget Kak, Saya juga dulu waktu masih blogspot dan awal pakai domain TLD, langsung cek di broken check link, ternyata banyak link yang harus diedit lagi. Itu lumayan banget ngeditnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah emang butuh effort khan wkwk.. Tapi gpp demi kebaikan dan kesehatan blog

      Delete
  3. Saya gak bisa membayangkan bagaimana "sakitnya" blog saya jika tidak diaudit. Namun saya pribadi belum siap, hehehe.. Selain takut ga bisa memahami, pas waktunya juga saya lagi ada kesibukan lain. Tapi keren ya kelas ini. Semoga ada kelasnya lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau blog nya udah lama, biasanya emang buaanyaak banget masalah ya Kak. Salut sama blogger senior yang ikutan kelas ini lho

      Delete
  4. Ka belajar kelas ginitu dmn? Jujur aku nulis blog modal nekat&browsing" aja, ga paham sama sekali & kadang masih suka bingung sama segala sesuatu/kendala yg ada diblog. Pengen belajar lebih lagi, klo liat yt kadang suka pusing &beda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak juga kak infonya dari komunitas gitu, nanti kalau Ada lagi diinfoin deh

      Delete
  5. wah saya baru tau kalau redirect di blogspot bisa diatasi lewat screaming frog, terimakasih insightnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa banget, tar Baru keliatan deh apa masalah blog kita sebenernya.

      Delete
  6. Alhamdulillah nambah ilmu baru lagi. Rupanya ada aplikasi Screaming Fog yang memudahkan kita mengelola blog, terutama dari error 3xx ya Kak?

    Teddy sampai sekarang nggak menggunakan TLD sih hehe, karena belum ada modal.

    Terima Kasih Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan berarti yang subdomain ga ngalamin masalah ini lho, tetap juga ada I masalah yang sama tanpa memandang tld or non Kak

      Delete
  7. Buat blogger cocok banget nih info.y, soalnya mesti belajar otodidak buat ngejalanin blog

    ReplyDelete
  8. wah makasih mba ilmunya :) memang ngeblog kudu belajar semuanya juga ya biar bisa natasi sendiri kalau ada problem begini hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, apalagi aku blogger pemula ini ilmu Baru mbak

      Delete
  9. Emang ya kalo mau fokus di dunia blog itu banyak banget yang harus dipelajarin. Awal2 juga acuh cuma post ya post aja sekarang sedikit2 mulai deh tuh memperhatikan SEO meskipun ya emang masih yang basic2 banget sih tapi justru seharusnya yang basic gak boleh kelewatan ya

    ReplyDelete
  10. aku baru tahu screaming fog ini hehe maklum kalo hal-hal teknis begini masih newbie bangeetttt. blogspot nih emang spesial banget

    ReplyDelete
  11. OMG artikelku msh nonTLD, dan masih http: sediih brrti byk peer nib

    ReplyDelete
    Replies
    1. Non tld juga harus dialihkan ke https kak biar secure

      Delete
  12. baru tahu ternyata ngasih link untuk menu blog itu gak perlu pakai www lagi, tapi cukup domain dan query selanjutnya.. Nice info bun..

    ReplyDelete
  13. Waw, keren ya screaming frog ini bisa ngedeteksi apa2 yg eror atau kurang. Jadi gak ribet cek manual gitu.

    ReplyDelete
  14. Makasih pengetahuannya mba, kalau perubahan alamat domain blog apakah bisa menyebabkan redirect juga mba?

    ReplyDelete
  15. Thank you so much kak buat berbagi ilmunya. Sedikit-sedikit sangat bermanfaat. Terutama bagian yang alamat url antara twitter dan instagram yang benar. Btw ini aplikasi screaming frog nya gratis atau berbayar ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang gratis kok mbak. Tapi yang aku Pakai ini yang berbayar mbak.

      Delete
  16. saya baru tahu tentang screaming frog, pernah denger sih tapi tidak terlalu memahami, terima kasih artikelnya kak, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa belajar tentang apk ini Kak, banyak kok referensinya

      Delete
  17. Harus aku baca pelan-pelan nih biar paham, karena aku butuh banget info ini, Makasih ya mba sharingnya

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah ya mba...hehe
    PV organik jadi naik dan blog semakin sehat

    ReplyDelete
  19. Banyak sekali ya, yang bisa kita lakukan dengan screaming frog, kdok hebat nih suka teriak kalau ada yang salah jalan. Siap belajar lagi

    ReplyDelete
  20. Wah aku juga pakai screaming frog nih seneng bisa otak atik meski butuh kesabaran tingkat dewa

    ReplyDelete
  21. Ternyata banyak banget fungsi dari Screaming frog ini.. Beruntung sekali ya bisa ikut kelasnya dan bisa dapetin licence dr coach.. Intinya kudu rajin ngecek biar gak banyak eror nya ya mba

    ReplyDelete
  22. effortnya luar biasa ya mbak, meski curhatan ttp ada hikmah yang bisa diambil. Bisa di save juga buat kedepan. semangat mbak

    ReplyDelete
  23. Beruntung nya bisa belajar audit dengan Screaming frog jadi banyak tahu fungsinya dan bisa kenal lebih dekat juga dengan si kodok 😂

    ReplyDelete
  24. Aku kemarin ada link yg diuprek2 nggak nemu celahnya mbak hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment