header

Masak Seru Bareng Ibu Menu Cooking Class Anak SD

Konten [Tampil]

Tell me and I forget, teach me and I remember, involve me and I learn
(Benjamin Franklin)
Masak seru bareng Ibu bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan lho. Momen ini sangat sesuai dengan campaign yang diadakan oleh Miyako x Rinnai dengan tema 'Masak Seru Bareng Ibu'.

Momen ini akan tambah menyenangkan dengan dukungan alat masak modern seperti rice cooker Miyako dan kompor Rinnai. Kedua 'alat perang' di dapur ini bisa jadi teman wajib Anda menciptakan aktivitas yang fun di rumah. Ikuti cerita Mom Queen ya.

Moms, siapa punya anak kecil di rumah sangat yang kepo dengan aktivitas ibunya di dapur? Kalau ada, berarti kita sama dong. Mom Queen juga mempunyai anak-anak usia balita yang penasaran dengan aktivitas masak memasak. Akhirnya Mom Queen membuat acara masak menu cooking class anak SD ala-ala.

Anak-Anak Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi


Anak-anak pada dasarnya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Penelitian menyebutkan, pada rentang usia 0-6 tahun, mereka berada pada fase absorbent mind. Pada tahap ini anak-anak akan menyerap informasi apapun ke dalam otaknya. Fase inilah yang bisa dimanfaatkan orang tua untuk memberikan pelajaran berharga kepada anak-anaknya.

Queensha dan Khaily

Selain itu, pada rentang usia 3-6 tahun anak berada pada fase conscious mind artinya mereka menerima informasi secara sadar. Pada usia ini juga anak-anak mulai mengalami fase transisi ketergantungan (dependent) menjadi lebih mandiri (independent).

Pada saat inilah anak-anak akan menjadi senang melakukan kebutuhannya sendiri seperti makan, memakai baju, bahkan membantu orang tuanya memasak.

Anak-anak memang sangat menyenangi aktivitas masak memasak. Mom Queen pun juga sering melibatkan anak-anak ketika sedang di dapur. Mulai dari mengupas bawang, mengiris sayur, memasak lauk, hingga menanak nasi.

Mom Queen pun terus mencari ide agar di usia emasnya perkembangan mereka lebih terarah. Disamping itu Mom Queen juga ingin mengakomodir rasa ingin tahu dan eksplorasi anak-anak. Maka ketemu lah ide membuat event rumahan ala kelas memasak. Untuk itu, Mom Queen mulai mencari menu cooking class anak SD dari berbagai referensi.

Menu Cooking Class Anak SD dan Cara Membuatnya


Karena anak pertama Mom Queen sebentar lagi masuk SD, jadi bolehlah kita cari referensi apa menu cooking class anak SD yang mudah. Ya, tujuannya agar sesuai dengan tahapan usia mereka.

Hasil pencarian Mom Queen akhirnya tertarik pada menu berikut ini. Ini dia referensi menu cooking class anak SD yang bisa di coba di rumah.

Nasi Bola Telur


Menu Cooking Class Anak SD

Bahan:
1 porsi nasi sekali makan, bentuk bola-bola (10 bulatan)
1 butir telur, kocok lepas
1/4 sdt garam dapur
¼ sdt merica bubuk
1 sdm minyak goreng/margarine

Cara Membuat:
🍂Kocok telur+garam+merica sisihkan
🍂Panaskan wajan anti lengket, beri margarine atau minyak goreng
🍂Tuang 1 sdm telur di atas wajan, bentuk memanjang
🍂Letakkan bola-bola nasi di atasnya, gulung menggunakan sendok, setelah matang angkat
🍂Lakukan hingga adonan telur dan nasi habis
🍂Siap disajikan

Ayam Goreng Krispi


Ayam kriuk

Bahan:
Bahan marinasi
250 gram dada ayam, potong sesuai selera
2 sdm garam
1 sdt kunyit bubuk
¼ sdt merica
4 siung bawang putih, cincang halus
1 ruas jahe, parut
50 ml susu UHT

Bumbu Kriuk:
250 gram tepung terigu
1 sdt kaldu jamur
1 sdt garam
1 sdt baking soda
1 sdm tepung jagung/maizena
300 ml minyak goreng

Cara Membuat:
🍂Cuci bersih ayam dan campur dengan semua bumbu marinasi, ratakan dan simpan dalam lemari es semalaman.
🍂Siapkan bumbu kriuk, campur semua bahan dan aduk rata
🍂Masukkan satu per satu potongan ayam, pastikan semua tertutup tepung.
🍂Ambil kembali potongan ayam masukkan dalam bumbu marinasi.
🍂Angkat ayam dari bumbu marinasi, balur kembali dengan tepung kriuk.
🍂Lakukan hingga tidak ada lagi permukaan yang basah, sisihkan
🍂Lakukan hingga semua potongan ayam habis.
🍂Panaskan minyak dan goreng Ayam hingga berwarna kekuningan, angkat dan tiriskan
🍂Siap disajikan

Nah menu cooking class anak SD di atas mudah bukan? Mengapa memilih menu ini? Karena tentu saja mudah dibuat (terutama bagi anak-anak), proporsi keterlibatan anak lebih banyak, serta bahan yang digunakan cukup mudah didapat. Komplit ya?!

Oh ya Moms, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan saat melakukan aktivitas memasak bareng anak lho. Makanya nanti Moms bisa langsung praktik menu cooking class anak SD di atas.

5 Manfaat Aktivitas Masak Seru Bareng Ibu


Pada hari yang telah kami sepakati, Mom Queen dan anak pertama melakukan praktik memasak ala-ala cooking class. Kami membuat nasi bola telur dan ayam kriuk. Semua bahan dan tempat sudah di set agar kegiatan nyaman dan fun.

Kami mulai dengan mencuci tangan terlebih dahulu, kemudian memakai 'seragam dinas' di dapur. Kegiatan dilanjutkan dengan mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan.

Masak Seru Bareng ibu

Oh ya untuk topi koki cilik ini memang kami buat sehari sebelumnya, agar tampak match sebagai koki cilik. Topi koki dibuat dengan kertas karton dan diwarnai oleh anak-anak.

Melihat antusias mereka dalam melakukan praktik ala-ala kelas memasak, ternyata aktivitas masak bareng anak memiliki banyak manfaat. Mari kita lihat apa manfaat memasak bersama anak.

  • Mengenal berbagai jenis masakan dan bahan pembuat makanan
  • Membentuk pesan penting pada anak bahwa memasak itu menyenangkan (cooking is fun).
  • Memperkuat skill koordinasi mata-tangan dengan cara mengiris, mengaduk, dan mengolah makanan.
  • Mengasah kemampuan panca indera dengan mengenali berbagai jenis rasa, bau, dan jenis bahan makanan
  • Mengasah keberanian, kreativitas, dan bakat anak.

Terlihat sekali antusias mereka dalam melakukan setiap aktivitas masak seru bareng Ibu ala Mom Queen ini. Memang selama berjalannya kelas memasak ini tak jarang anak-anak menumpahkan berbagai bahan makanan.

Tapi karena di usia si Kakak yang hampir 6 tahun, dia sudah paham cara membersihkannya sendiri. Bahkan ketika si Adik terlihat bermain-main dengan bahan makanan, Kakak langsung mengingatkan. Ah, senangnya melihat mereka akur begini.

Masak Seru Bareng Ibu bersama Miyako x Rinnai Indonesia


Setelah dimulai dengan perkenalan bahan-bahan makanan, acara cooking class dilanjutkan dengan praktik. Mom Queen menjelaskan bahwa hari itu kami akan memasak nasi goreng bola telur dan ayam kriuk.

"Kok nasi dibikin bola? Memangnya bisa Mami?" Tanya si Adik.
"Bisa dong! Yuk kita bikin" saya lanjut mengajak mereka.

Mom Queen masak

Si Kakak kebagian bikin adonan ayam kriuk, sedangkan Adik bagian mengupas wortel. Pertama Mom Queen menyuruh si Kakak untuk mencampur bahan pembuat ayam kriuk. Si Adik sudah terbiasa membantu membersihkan wortel, terlihat dia lebih terampil sekarang.

Acara kemudian dilanjutkan dengan memotong wortel. Pada tahap ini Mom Queen harus jeli karena mereka menggunakan benda tajam. Untunglah semuanya aman, meski Mom Queen harus berulang kali mengingatkan mereka.

Setelah bahan siap, dilanjutkan dengan membuat bulatan pada nasi. Ukuran bulatan nasi dibuat seukuran porsi anak-anak. Nasi yang kami gunakan adalah nasi sisa semalam. Untungnya nasi yang kami masak menggunakan rice cooker Miyako, jadi nasinya tidak mudah berubah warna.

Oh ya sebagai informasi, Mom Queen sudah menggunakan rice cooker Miyako sejak awal menikah. Jadi usianya sekitar 8 tahun lebih, Alhamdulillah masih awet ya. Warna nasi yang dihasilkan juga tidak cepat menguning meski dipanaskan semalaman.

Selesai bikin nasi bola telur dilanjutkan dengan membuat ayam kriuk. Dimulai dengan membuat bumbu marinasi dan mencampur semua bahan. Karena Mom Queen memiliki stok ayam yang telah dimarinasi sebelumnya, jadi tidak perlu menunggu lama.

Bagian terpenting dari acara cooking class ala-ala Mom Queen ini adalah melumuri ayam dengan tepung. Anak-anak sangat senang bermain tepung. Terlihat sekali jika mereka sangat menikmati aktivitas masak seru bareng Ibu ini.

Setelah semua beres, tibalah saatnya memasak semua bahan yang sudah disiapkan tadi. Kami mulai dengan nasi bola telur baru kemudian menggoreng ayam kriuk.

Mom Queen

Untuk aktivitas masak bareng si Kecil, perhatikan sekali sisi keamanannya ya Moms. Apalagi jika berhadapan dengan api. Usahakan anak-anak tetap aman selama kegiatan.

Kami menggunakan kompor Rinnai di rumah. Mom Queen suka memakai kompor Rinnai karena mempunyai kualitas api biru. Api biru tidak menimbulkan sisa noda pembayaran pada alat masak. Jadi peralatan dapur tetap aman.

Keterlibatan anak-anak pada momen masak memasak ini membuat mereka ketagihan masak bareng lagi. Dan ini hasil masak menu cooking class anak SD yang kami lakukan kemarin pagi.

Rice cooker Miyako

Dan anak Mom Queen tampak asyik sekali menikmati hasil masakan Kami.

Khaily makan

Dan ini saat menikmati hasil masakan nasi bola telur.

Nasi telur unik


Sekilas Tentang Campaign Miyako x Rinnai


Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Miyako adalah perusahaan penyedia berbagai produk peralatan rumah tangga. Miyako dibawah naungan PT Bhakti Idola Tama telah berkomitmen kuat memberikan kontribusi bagi negeri. Miyako telah menyediakan produk peralatan rumah tangga dengan kualitas tinggi dan harga terjangkau. Selain itu Miyako juga diunggulkan karena desainnya yang estetik.

Produk Miyako antara lain Magic Warmer plus, Blender, Kipas Angin, Water Dispenser, Mixer, Kompor Gas serta Regulator Gas berstandar SNI. Saat ini Miyako dan Rinnai Indonesia mengadakan campaign dengan tema masak seru bareng Ibu bersama Miyako x Rinnai. Acara ini dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

1. Kompetisi Foto


Campaign ini berupa foto kompetisi di Instagram. Moms semua pasti punya akun instagram kan? Nah momen ini cocok banget dimanfaatkan lho. Campaign Miyako x Rinnai ini diadakan untuk merayakan hari Ibu, Natal dan Tahun Baru 2023. Moms juga bisa juga berpartisipasi pada campaign ini.

Tema kompetisi foto yang diangkat adalah “Masak Seru Bareng Ibu”. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk tetap memberikan edukasi kepada anak-anak dengan kegiatan positif yang bisa dilakukan bersama Ibu. Selain itu campaign Miyako x Rinnai diadakan untuk menciptakan momen seru bersama Ibu.

Hal senada juga diungkapkan oleh head of digital Miyako, Silvia Putri yang dikutip dari press release mengatakan bahwa

Kompetisi ini juga sebagai ajang kreativitas para Ibu yang gemar mengabadikan momen seru di media sosial. Selain itu tujuan dari kompetisi ini juga mengajak para Ibu untuk semakin kreatif dalam mengisi konten instagramnya. Apalagi Ibu-Ibu saat ini sudah cerdas memanfaatkan media sosial untuk berkreasi di dapur. Diharapkan kegiatan ini dapat menambah ragam kegiatan Ibu di rumah."

2. Live Cooking Demo


Selain mengadakan foto kompetisi via laman instagram, Miyako x Rinnai Indonesia juga mengadakan Live Cooking Demo di Instagram pada tanggal 23 Desember 2022. Pada acara ini juga disediakan hadiah menarik yang akan dibagikan selama acara berlangsung.

Moms yang tertarik mengikuti acara Live Cooking demo ini bisa mengikuti acara tanpa perlu mendaftar. Boleh catat waktu acaranya ya Moms, yaitu pada 23 Desember 2022 jam 09.00-10.00 WIB dan jam 14.00-15.00 WIB. Silakan join di akun instagram @miyako_indonesia ya.

3. Masak Bareng Chef Norman Ismail bagi Pemenang


Sebagai acara puncak pada campaign Miyako x Rinnai Indonesia adalah masak bareng Chef Norman Ismail bagi pemenang. Acara akan diadakan di studio Miyako x Rinnai. Pemenang terpilih akan diumumkan secara langsung di seluruh media sosial Miyako dan Rinnai Indonesia ya.

Oh ya Miyako x Rinnai Indonesia juga mengadakan Photo Competition lho. Photo competition ini diadakan dari tanggal 1 s/d 31 Desember 2022. Ikutan yuk Moms, masih ada kesempatan menangkan hadiah total puluhan juta rupiah dan ratusan merchandise dari Miyako x Rinnai. Cek akun instagram @Miyako_Indonesia dan @Rinnai_Indonesia untuk info lengkapnya ya.

Penutup


Pengalaman masak seru bareng Ibu yang kami lakukan membuat anak-anak ketagihan. Acara ala-ala kelas memasak ala rumahan yang Mom Queen buat, menjadikan mereka menyenangi aktivitas di dapur ini. Alhamdulillah Mom Queen sangat terbantu dengan kemudahan yang dihadirkan oleh Miyako dan Rinnai Indonesia.

Jika menginginkan kemudahan dalam aktivitas di dapur, rice cooker Miyako dan kompor Rinnai sangat bisa diandalkan. Apalagi untuk memasak ala menu cooking class anak SD, Miyako x Rinnai Indonesia adalah andalan Mom Queen. Kalau boleh tahu, Moms di rumah apa andalan 'alat tempur' di dapur?

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

24 comments

  1. Wah resep masakannya mudah ya, Moms. Ini sih aku sendiri yang buat juga seneng, enggak perlu ribet masak tapi jadinya enak 😁

    Oh iya, kompetisi fotonya yang umum cuma di instagram aja kan? Nggak perlu nulis di blog? Jadi pingin ikutan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung ikut photo competition via Instagram aja mbak. Nggak pake nulis di blog kok. Selamat berkompetisi. Semoga bisa menang yaa

      Delete
  2. aku nyoba bikin telur memanjang yg kemudian diberi nasi ternyata bukan hal mudah ya mbak, enggak mbentuk bulatan malahan,kkwkwkw, biar menyatu itu gimana ya ?
    .
    .
    wah, tepat bgt ada Poto kompetisinya, ikutan bakal seru ya

    ReplyDelete
  3. Wah so far bikin telur dadar gitu-gtu aja ni aku. Ternyata dibuat nasi bola telur makin seru ya bsa masak bareng dan anak-anak pasti doyan ^^ buat bekal juga. Ikut ah kompetisinya

    ReplyDelete
  4. Campaign yang diselenggarakan Miyako vs Rinnai nih keren banget ya, apalagi bareng cheft. Jadi bisa menggugah semangat masak. Apapun menunya jadi mudah ya

    ReplyDelete
  5. Cooking class bikin anak punya pengalaman baru, dan tentunya orang tua bisa mengajarkan anak banyak hal ya, selain keberanian juga kehati-hatian ya.

    ReplyDelete
  6. Masya Allah, gemesh bgt liat duo shalihah lgi bantu masak momqueen nih
    Resepnya simple, jdi pengen recook deh

    ReplyDelete
  7. Aku mau recook dan adopsi bebikinan topinya ah....seru kali dup sholihahnya momqueen ...jadi happy ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masha Allah, akupun gagal fokeus sama DIY topinya ^^ kreatif bgt mamak satu ini!

      Delete
  8. wah bola nasinya lucu banget bentuknya mba.... jadi pengen nyoba ah....

    keren banget deh konsepnya cooking class, anak jadi happy ya mom

    ReplyDelete
  9. Resepnya bisa dicontek bangettt ini. Seru liatnya bisa masak bareng anak.

    ReplyDelete
  10. Masak bareng emang seru ya, apalagi liburan gini jadi alternatif ngisi waktu liburan biar tetep seru tapi hemat, eh..wkwkwk makasih ya momqueen resepnya praktis kudu ditiru ni

    ReplyDelete
  11. Serunyaaa, bentar lagi anak makin gede makin asyik nih kayanya diajak masak bareng di dapur ya mbak... Jadi pengen, nunggu anakku usia 2-3thn dulu paling tidak. Hehehe

    ReplyDelete
  12. wah bisa jadi referensi aku di kostan nih, kompor sama miyakonya sama tinggl resep masakannya hehe

    ReplyDelete
  13. Wah marinasinya pake susu juga. Boleh dicoba dih. Kayaknya bakalan bikin nagih terus euy.

    ReplyDelete
  14. Dulu waktu SD, pernah ikut booking class di sekolah, bikin pastel basah sama es kompor sintetis. Serunya terasa sampai saat ini padahal sudah puluhan tahun yang lalu. Dan masih ingat lo resepnya.

    ReplyDelete
  15. Gumush pisan ini sama si Dede ... Pinter MasyaAllahu. Masak sendiri makan sendiri...
    Pakai Rinnai kegiatan masak seru bareng ibu dan anak jadi merasa aman dan nyaman ya mbak ...

    ReplyDelete
  16. Anakku masih belum bisa bantuin masak. Bantuin berantakin pinter huhuhu... Jadi belum bisa cooking class sama anak deh kyaknya...

    Event nya menarik yaa mbak, mau dong ikutaaan 🤭🤭

    ReplyDelete
  17. Membaca artikel ini jadi ingat ifa waktu masih kecil suka banget ikut cooking class. Kapan ya di Semarang ada acara seperti itu?

    ReplyDelete
  18. Seru sekali, resepnya mudah. Jadi pengen bikin mom queen ❤

    ReplyDelete
  19. Kegiatan masak seru bareng ibu dan anak ini memang bnyk sekali manfaatnya ya mba, apalagi ada pembagian tugas untuk kakak dan adik, sekaligus melatih kerjasama dan berbagi.

    ReplyDelete
  20. wah resepnya mudah nih, bisa buat reverensi bekal anak2 kalau berangkat sekolah, terima kasih kak

    ReplyDelete
  21. anak-anak suka banget ayam goreng crispy yang biasa kita beli. Sekarang harus nyoba buat nih. Terima kasih Mbak Yun untuk resepnya, mudah-mudahan jadi jalan untuk menambah keseruan di dapur bareng anak-anak bikin ayam krispinya

    ReplyDelete
  22. Aku pun pakai kompor rinai di rumah dan awet wkk
    Anak kecil emang suka kepo deh sama aktivitas di dapur cuma kadang orang tua tuh suka khawatir dan melarang ini itu, padahal kalau diajak masak bareng menu-menu simpel gini jadi seru ya mba

    ReplyDelete

Post a Comment