header

6 Tips Solo Traveling ke Singapura

Konten [Tampil]

Solo traveling ke Singapura adalah salah satu pilihan yang menarik bagi Anda yang ingin menikmati liburan sendiri. Singapura memiliki banyak daya tarik, mulai dari museum, galeri, tempat belanja, hingga tempat wisata alam.

Namun, solo traveling ke Singapura juga membutuhkan persiapan yang matang agar Anda bisa menghemat biaya dan menikmati perjalanan dengan nyaman. Salah satunya dengan menggunakan maskapai penerbangan Scoot, sebagai pilihan pesawat terbang untuk perjalanan luar negeri harga terjangkau.

Solo Traveling ke Singapura

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat solo traveling ke Singapura.

1. Pesan tiket pesawat dengan harga promo


Salah satu cara menghemat biaya transportasi adalah dengan mencari tiket pesawat yang sedang diskon. Anda bisa memanfaatkan situs-situs pencari tiket pesawat online untuk membandingkan harga dan mencari promo-promo menarik.

Biasanya, tiket pesawat lebih murah jika Anda memesannya jauh-jauh hari dan menghindari hari libur atau akhir pekan. Salah satu pesawat tujuan Singapura dengan harga terjangkau adalah Scoot. Scoot merupakan maskapai penerbangan yang berbasis di Singapura. Anda bisa membeli tiket Scoot di Traveloka yang pasti aman, terpercaya, dan tentu banyak diskon menarik yang sayang untuk dilewatkan.

2. Cari penginapan yang murah dan nyaman


Penginapan adalah salah satu pengeluaran terbesar saat solo traveling ke Singapura. Anda bisa mencari penginapan yang murah namun tetap nyaman dan aman.

Salah satu pilihan yang bisa Anda pertimbangkan adalah hostel. Hostel biasanya menawarkan kamar-kamar dormitori yang bisa Anda bagi dengan traveler lain dengan harga yang terjangkau. Selain itu, hostel juga bisa menjadi tempat untuk bertemu dan berinteraksi dengan traveler lain dari berbagai negara.

3. Gunakan transportasi umum untuk berkeliling


Singapura memiliki sistem transportasi umum yang sangat baik dan mudah digunakan. Anda bisa menggunakan MRT (Mass Rapid Transit) atau bus untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di Singapura dengan cepat dan murah . Anda juga bisa membeli kartu EZ-Link atau Singapore Tourist Pass yang memberikan akses tak terbatas ke MRT dan bus selama periode tertentu.

4. Membawa botol minum sendiri


Air minum adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus Anda penuhi saat solo traveling ke Singapura. Namun, membeli air minum di minimarket atau vending machine bisa cukup mahal di Singapura.

Anda bisa membawa botol minum sendiri dan mengisi ulang di tap water yang tersedia di banyak tempat umum di Singapura. Tap water di Singapura aman untuk diminum dan gratis.

5. Pilih tempat makan yang tepat


Makanan adalah salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat solo traveling ke Singapura. Singapura memiliki berbagai macam kuliner yang lezat dan menggugah selera, mulai dari makanan tradisional hingga internasional. Namun, makan di restoran atau kafe bisa cukup mahal di Singapura.

Anda bisa makan di food court atau hawker center yang menyajikan berbagai macam makanan dengan harga yang terjangkau . Anda juga bisa mencicipi makanan khas Singapura seperti chicken rice, laksa, roti prata, dan lain-lain.

6. Belanja oleh-oleh murah


Tidak lengkap rasanya jika solo traveling ke Singapura tanpa membawa oleh-oleh untuk keluarga atau teman di rumah. Namun, belanja oleh-oleh juga bisa membuat kantong Anda jebol jika tidak hati-hati. Anda bisa mencari oleh-oleh murah di beberapa tempat seperti Mustafa Center, Chinatown, dan Bugis Center. Beberapa oleh-oleh khas Singapura yang murah:

Cokelat Merlion


Cokelat ini memiliki bentuk yang unik, yaitu menyerupai patung Merlion, simbol Singapura yang berwujud singa berkepala ikan. Cokelat ini tersedia dalam berbagai rasa dan ukuran, dan bisa Anda beli di Mustafa Centre atau toko-toko cenderamata lainnya. Cokelat ini cocok untuk oleh-oleh yang manis dan menggugah selera.

Kaos I Love Singapura


Kaos ini adalah salah satu oleh-oleh klasik yang tidak pernah ketinggalan zaman. Kaos ini memiliki desain sederhana, yaitu bertuliskan I Love Singapura dengan huruf berwarna merah dan gambar hati. Kaos ini bisa Anda dapatkan di Chinatown atau Bugis Street dengan harga yang terjangkau. Kaos ini cocok untuk oleh-oleh yang praktis dan bisa dipakai oleh siapa saja.

Salted Egg Fish Skin


Jajanan ini adalah salah satu camilan favorit di Singapura yang terbuat dari kulit ikan salmon yang digoreng renyah dan dilumuri dengan saus telur asin. Rasanya gurih, asin, dan sedikit pedas, membuat Anda ketagihan untuk terus mengunyahnya. Jajanan ini bisa Anda beli di supermarket atau toko-toko khusus salted egg fish skin. Jajanan ini cocok untuk oleh-oleh yang unik dan lezat.

Gantungan Kunci Khas Singapura


Gantungan kunci adalah salah satu souvenir yang mudah ditemukan dan dibeli di mana saja. Di Singapura, Anda bisa menemukan berbagai macam gantungan kunci dengan motif yang khas, seperti Merlion, Marina Bay Sands, Singapore Flyer, atau bendera Singapura. Gantungan kunci ini bisa Anda beli di toko-toko souvenir atau pasar-pasar tradisional dengan harga yang murah. Gantungan kunci ini cocok untuk oleh-oleh yang lucu dan bermanfaat.

Segera persiapkan waktu liburanmu ke Singapura sekarang melalui Traveloka. Cek laman resmi Traveloka atau aplikasinya sekarang, ya!
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

11 comments

  1. Wah emang harus dari jauh² hari ya pesen tiket pesawatnya biar dapet promo wkwkwk. Pengen bisa ke Singapura, huhu.

    Banyak juga oleh-olehnya ya. Tapi, aku sering dapet gantungan kunci kalau ada yang ke Singapura, wkwkwk.

    ReplyDelete
  2. Singapura menjadi destinasi wisata yang recomended, kita akan di sambut dengan kemegahan bandara changi. Dan ada tour gratis yang bisa daftar dari bandaranya. Pengen aku bisa kesana lagi.

    ReplyDelete
  3. Waaw.. Menarik. Tp, belum memungkinkan lg buat solo travelling semenjak punya bocah2. 😁 semoga bs family travelling ke sana someday..

    ReplyDelete
  4. save tips ini aahhh..kapan-kapan kalau ke Singapura sendirian bisa nerapin :) makasii tipsnya mba yuun

    ReplyDelete
  5. Klo masih single enak ya solo traveling kemana-mana, sekarang sudah punya ekor jadi klo mau kemana-mana harus pada ngikut, tapi nice info kak, terima kasih

    ReplyDelete
  6. Pengen banget jalan-jalan ke Singapura. Kalau dari Batam deket, ya, Mbak Yun.
    Hari ini baca tips-tipsnya dulu, next mudah-mudahan bisa kesampaian jalan-jalannya, ya

    ReplyDelete
  7. Terima kasih tipsnya mbak, secara saya belum pernah main jauh sampai negara tetangga
    Ada rencana main kesana pas sekalian nengok kakak di Batam, berburu tiket murah dulu ah

    ReplyDelete
  8. Transportasi umum di singapore sangat2 nyaman ya Mba. Jdi lebih hemat dan ga capek klo mau kmna2..
    Klo soal tempat makan halal disana mudah ditemui atau ada tempat khusus sndiri nih mba?

    ReplyDelete
  9. Saya tuh selalu kesulitan dapat tiket pesawat promo. Waktu kakak saya masih stay di Singapore, saya sekeluarga mau ke sana pas high season.... Gak tahunya tiketnya mahal... GAk jadi deh... MAkasih Mbak Yun tips and trick nya

    ReplyDelete
  10. Tips ini perlu disimpan, biar ga perlu cari lagi kalau mau tips solo ke luar negeri. Biar tidak ada yang terlewatkan

    ReplyDelete
  11. bepergian ke negeri sebelah emang butuh persiapan matang ya mbak. Apalagi soal pesan tiket pesawat, jajan dan lainnya. Memanfaatkan momen promo harga bagian dari strategi. Semoga bisa Travelling beneran ke Singapore bareng keluarga. amiin

    ReplyDelete

Post a Comment