header

Pengalaman Pakai Aplikasi Jagat, Makin Mudah Cari Temen Sefrekuensi

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Ketika mulai mengenal dunia menulis, saya lebih banyak tenggelam dalam dunia blogging. Ya, dunia saya saat ini lebih banyak diisi dengan komunitas menulis di blog. Dampaknya, kecintaan saya akan dunia foodies dan komunitas lainnya di dunia nyata sedikit tersingkirkan.

Tapi sejak saya mengenal aplikasi Jagat, saya seperti menemukan dunia saya kembali. Mengapa? Karena saya merasa menemukan orang-orang yang se-frekuensi. Mengenal lebih banyak orang dengan kesenangan yang sama, membuat kita mudah menemukan sahabat. Itulah yang saya alami ketika menggunakan aplikasi Jagat.

Ada yang sudah pakai aplikasi Jagat? 



Aplikasi Jagat dapat membuat kamu menemukan pertemanan baru dan mendapatkan pengalaman berbeda dalam menjalin persahabatan. Memiliki dunia baru yang saya sebut sebagai ‘planet se-frekuensi’ dan saling terhubung.

Kamu bisa membaca pengalaman Mom Queen menggunakan aplikasi Jagat berikut ini.

Aplikasi Jagat, Aplikasi Temu Sahabat Satu Hobi




Aplikasi Jagat adalah aplikasi share loc yang digunakan untuk mengetahui lokasi teman, lokasi yang pernah dikunjungi, menandainya, membagikannya postingan NOW dalam 'planet' yang kamu sukai, dan masih banyak lagi. Aplikasi Jagat juga bisa menjadi tempat berkumpulnya orang-orang dengan hobi dan kecintaan yang sama dalam satu aplikasi.

Sebelum saya membagikan pengalaman menggunakan aplikasi Jagat, kamu perlu melihat tampilan aplikasi Jagat berikut ini.

Tampilan dan Fitur-fitur Aplikasi Jagat


Ketika pertama kali membuka aplikasi Jagat, kamu akan melihat tampilan titik lokasi dimana kamu berada. Oh ya, aplikasi Jagat bisa dipakai jika kamu mengaktifkan fitur radar mode atau nearby pada hp ya Moms. Jika tidak, maka tampilan ini tidak akan muncul di aplikasi Jagat.

1. Profil




Pada fitur profil akan memuat ID No# kamu, jumlah planet yang kamu ikuti, tampilan foto atau gambar yang pernah kamu unggah di NOW, friend request (jumlah pertemanan yang kamu miliki), serta group chat. Untuk group chat saya belum memiliki pengalaman, karena memang belum memiliki group hehe.

Oh ya, di Jagat, kamu juga bisa menemukan berbagai komunitas dengan fitur 'Group Terdekat'. Kamu bisa mencoba fitur ini untuk menemukan lebih banyak sahabat dengan ketertarikan yang sama. Misalnya saat ini ada group NCTZEN, group gamers Mobile Legend, hingga grup Futsal dan Liga Inggris.

Pada tampilan profil sebaiknya kamu mengubah foto profil dengan foto pribadi ya agar mudah dikenali. Terdapat simbol gender juga di bagian atas, tentu sangat memudahkan mengidentifikasi pertemanan nantinya. Kamu bisa eksplor selengkapnya di aplikasi Jagat.

2. Planet




Fitur Planet di aplikasi Jagat ini merupakan fitur yang bisa kamu gunakan untuk mencari mutual-an. Kamu bisa melihat postingan serta foto orang-orang yang memiliki hobi atau kesenangan yang sama dengan kamu.

Cat lover dan Dog lover

Misalnya kamu memiliki ketertarikan dengan hewan peliharaan seperti kucing atau anjing. Kamu bisa klik 'join' di komunitas pecinta hewan hewan tersebut. Bahkan, kamu bisa melihat semua postingan pengguna lain di seluruh dunia lewat hastag saja lho.

Planet Kampus

Oh ya, ada juga fitur 'Planet Campus'. Pengguna aplikasi Jagat atau biasa disebut GenJ yang masih berstatus mahasiswa atau alumni kampus tertentu juga join di Planet Kampus. Menurut saya fitur Planet kampus bisa mendongkrak 'ketenaran' kamu juga lho hehe.

Kamu bisa berbagi apa saja yang menjadi aktivitas kamu, apa yang kamu sukai, bahkan bisa juga mutual-an dengan alumni atau teman-teman kampus. Dengan demikian, kamu makin mudah dikenal serta makin banyak teman deh! Seru kan?

3. Event


Pada fitur ini kamu bisa melihat event apa saja yang sedang atau akan berlangsung. Namun sayang, di lokasi dan planet yang saya ikuti belum ada event apapun yang bisa saya ikuti. Padahal saya sangat bersemangat sekali mengeksplor aplikasi Jagat ini. Seseru itu menemukan teman dengan hobi yang sama.

4. Setting


Pada menu setting/pengaturan dapat kamu gunakan untuk mengatur tampilan aplikasi, akun, hingga tampilan map. Kamu bisa memilih apakah ingin menampilkan dengan mode light, dark, atau satellite. Kalau saya sudah terbiasa dengan tampilan light.

Oh ya, untuk map setting ada dua settingan yang bisa kamu pilih yaitu tampilan Google Map atau Mapbox Maps. Saya memilih menggunakan tampilan mapbox untuk mendapatkan view peta yang lebih menarik. Map box view sesuai tampilan dari aplikasi Jagat yang eye catching.

5. Search Friends


Tombol search di kiri bawah bisa digunakan untuk mencari pertemanan atau orang-orang yang kamu kenal dan mengundang mereka dalam dunia kamu. Asiknya, di aplikasi Jagat kamu bisa mengetahui seberapa jauh jarak kamu dengan teman yang kamu 'add'

6. NOW




"What are you doing NOW?"

Fitur NOW digunakan untuk mengunggah foto atau video layaknya story di media sosial secara real time. Kelebihannya, di aplikasi Jagat kamu bisa memilih, hendak mengunggahnya di Planet mana. Jadi kamu bisa mendapat respon sesuai dengan apa yang kamu upload.

Misal kamu mengunggah gambar makanan, kamu bisa memilih planet 'Foodies' sebagai Planet unggahan foto kamu. Jika mengupload seputar hewan peliharaan kamu bisa memilih planet Cat Lover atau Dog Lover. Lokasinya juga bisa disetting sesuai dengan real time lokasi atau disamarkan.
 

7. Notification and Activities


Disini akan tampak berbagai notifikasi dan aktifitas yang kamu lakukan. Salah satu notifikasi yang membuat saya happy adalah Leaderboard.

Leaderboard sebuah fitur yang menunjukkan performa kamu dalam menggunakan aplikasi Jagat. Leaderboard akan di update dan persentase Performa kamu akan diperlihatkan di menu ini. Posisi leaderboard akan terus berubah sesuai peringkat. Nah di Kepri, saya menjadi peringkat 1 hahaha

8. Invite


Fitur ini bisa kamu gunakan untuk menemukan lebih banyak teman dan memetakannya dalam dunia yang kamu inginkan. Misalkan foodies, cat lover, dog lover, atau yang lainnya.

Kamu bisa mulai dengan menekan tombol '+' dan mulai membagikan QR ID aplikasi Jagat kamu ke media sosial yang kamu miliki. Dengan demikian kamu bisa menemukan lebih banyak teman. Semudah itu!

Itu beberapa tampilan dari aplikasi Jagat yang bisa kamu eksplor. Dari semua tampilan ini yang paling menarik perhatian saya adalah fitur Planet dan NOW. Bagaimana pengalaman Mom Queen menggunakan kedua fitur ini. Let's continue reading!

Pengalaman Mom Queen Menggunakan Aplikasi Jagat


Saya menggunakan aplikasi Jagat sekitar beberapa minggu yang lalu. Saya takjub dengan adanya aplikasi Jagat ini, untuk kemampuannya berbagi lokasi tanpa ribet. Nggak perlu pakai share loc lagi, langsung buka aplikasi Jagat saja, kamu sudah tahu dimana lokasi orang yang kamu maksud.

Hal menarik lainnya sebagai pengguna aplikasi Jagat atau GenJ, saya tidak hanya mengetahui siapa saja yang memiliki kesenangan yang sama, tetapi saya juga dapat mengetahui dimana lokasi mereka, seberapa jauh, serta dapat berinteraksi dalam ‘planet’ sesuai hobi.

Bagi kamu yang merasa kehilangan banyak pertemanan di dunia nyata karena kesibukan, hal ini tentu sangat membantu. Kamu mungkin akan mudah memiliki teman baru. Teman yang langsung ‘nyambung’ kalau ngobrol, karena kita berada dalam komunitas (planet) yang sama.

Menurut saya aplikasi Jagat bukan hanya sekadar aplikasi share loc, tetapi juga aplikasi yang mempertemukan banyak sahabat dengan hobi dan kesenangan yang sama dengan mudah. Melalui aplikasi Jagat, saya bisa menemukan teman baru, mengetahui apa yang mereka lakukan, kesenangan mereka, serta sejauh apa jarak saya dan mereka.

Salah satu komunitas di Planet yang saya ikuti adalah Cat's Lover dan Foodies. Saya mengira mungkin tak banyak orang terdekat di lokasi saya yang memakai aplikasi ini. Ternyata dugaan saya salah. Saya justru menemukan beberapa orang dengan lokasi di dekat saya yang menggunakan aplikasi Jagat.

Kita juga bisa mengetahui seberapa jauh mereka dalam jangkauan kita. Selama fitur share loc diaktifkan, kita dengan mudah mengetahui dimana lokasi terdekat teman-teman kita dalam satu 'Planet' yang sama. Di fitur ini kamu bisa menemukan orang-orang yang memiliki hobi yang sama dan mengumpulkannya dalam satu dunia yang bernama 'Planet'

Keamanan dan Kenyamanan Aplikasi Jagat


"Kalau orang lain bisa mengetahui lokasi kita secara real time, jadi nggak ada privasi donk!"

Ini adalah pernyataan teman saya ketika dia mengetahui kalau saya menggunakan aplikasi Jagat. Jangan khawatir! Masalah keamanan dan kenyamanan pengguna sudah diatur dengan baik di aplikasi Jagat.

Jika kamu ingin menambahkan orang baru dalam pertemanan di Jagat, kamu bisa mengatur apa saja yang ingin dan tidak ingin kamu bagikan. Kamu bisa memilih settingan blurred location atau frozen location untuk menyembunyikan lokasi kamu.

Untuk penjelasan share loc, kamu bisa membacanya berikut ini, misalnya:
  • Prescise location artinya kamu membolehkan orang lain melihat kamu secara realtime dan menemukan lokasi kamu.
  • Blurred location artinya teman hanya akan melihat lokasi kamu secara real time namun tidak secara detail, hanya general saja.
  • Frozen location artinya kamu bisa mengatur Teman-teman kamu hanya bisa melihat lokasi terakhirmu sebelum dibekukan saja.
Demi keamanan dan kenyamanan, saya menggunakan blurred location untuk beberapa situasi. Setelah itu kamu bisa mengirim undangan pertemanan atau berkomunikasi dengan orang baru tanpa rasa khawatir lokasi kamu diketahui orang lain. So, pertemanan tetap nyaman kan?

Mari Bersahabat, Ayo Unggah Aplikasi Jagat!


Seru kan mengetahui pengalaman Mom Queen di aplikasi Jagat. Saya lebih banyak mengeksplor Planet Foodies dan Cat Lover. Kedua planet ini membuat saya merasa menemukan teman baru se-frekuensi.

Saya mulai menemukan sahabat dengan kesenangan dan hobi yang sama di Jagat. Makanya saya merasa bersyukur bisa memiliki dunia sendiri dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia.

Mengetahui banyak hal yang jarang saya ketahui, dengan aplikasi Jagat saya menjadi begitu dekat dengan teman baru layaknya sahabat. Yuk lah kita bersahabat di Jagat, kamu bisa unduhh aplikasi Jagat melalui google playstore atau Apps store.

Sekarang kamu jangan khawatir merasa sendiri lagi di dunia ini. Karena kamu bisa memiliki banyak sahabat di Jagat! Kalau kamu masih butuh eksplorasi lebih jauh tentang aplikasi ini, kamu bisa juga mampir ke medsos Jagat di bawah ini

Instagram @Jagatapp_id
Tiktok @Jagatapp_id
Pengalaman Mom Queen menggunakan aplikasi Jagat sangat menyenangkan. Bisa menemukan sahabat dan menjadi begitu dekat. Terima kasih Jagat, karena sekarang saya dikelilingi banyak sahabat. Sudah pakai aplikasi Jagat? Sharing donk!

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

14 comments

  1. Wah, Amel baru tahu ada aplikasi Jagat. Amel pun merasa sekarang sedang jauh banget sama teman-teman di dunia nyata. Semoga nanti dengan menggunakan aplikasi ini bisa menambah teman baru, deh. Terima kasih untuk info aplikasinya kak!

    ReplyDelete
  2. Wah seru banget nih bisa mulai menekuni hobi lagi sama temen satu frekuensi ya mbaa. Bisa ngobrol hal lain selain blogging, dapat inspirasi juga buat cari ide. Keren aplikasinya.

    ReplyDelete
  3. Seseru itu ya Kak aplikasi Jagat ini, jadi nostalgia zaman dahulu Android baru rilis. Banyak banget aplikasi yang sejenis ini dan seru bisa saling tuker informasi.

    ReplyDelete
  4. Wah pengguna aplikasi jagat juga, yuk temenan, seru lo berkumpul dengan teman sefrekuensi, ngobrolnya jadi nyambung kan ya

    ReplyDelete
  5. Kayaknya aku butuh aplikasi jagat deh, sendiri di tanah rantau tuh g enak, kali aja bisa punya temen yang Deket dan sefrukeunsi lewat aplikasi jagat ya kan. Coba ahh...

    ReplyDelete
  6. Aku juga pakai jagat juga. Kalau chat temen pakai jagat lucuuu. Bisa ada suara dari emojinya wkwk

    ReplyDelete
  7. Wah, baru tau ada aplikasi jagat, bisa dicoba nih buat tambah-tambah teman yang se-frekuensi.

    ReplyDelete
  8. saya juga pakai jagat untuk "lacak" pacar saya mbaa.. tapi belum pernah cobain fitur planetnya.. kayaknya seru deh.. otw coba..

    ReplyDelete
  9. Btw, mbak Yun jadi kayak nostalgia nggak sih saat menggunakan apliaksi jagad ? ini cocok buat remaja masa kini yang maunya keluar jalan-jalan dengan teman sefrekuensi ya

    ReplyDelete
  10. Wah, hadir aplikasi pertemanan baru nih. Pengin install juga, biar tahu kelebihan dan kekurangannya nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk kak, segera instal. Biar samaan. Aku sudah instal hlo, tinggal menikmati fiturnya buat menjalin pertemanan makin seru dg orang terdekat, hhhi

      Delete
  11. wah keren nih, baru tau ada aplikasi kaya gini, bisa untuk jarak jauh juga ya lokasinya,

    ReplyDelete
  12. Saya jadi kepikiran bisa memakai aplikasi ini untuk networking ya, Mbak. Siapa tahu malah dapat kesempatan-kesempatan bisnis baru. Hehe...

    ReplyDelete
  13. Fitur-fitur di aplikasi jagat sangat kekinian sekali, anak-anak muda pasti banyak yang suka. Eits, kita juga yang masih berjiwa muda suka sekali dengan aplikasi jagat ini, apalagi bisa bertemu taman-teman satu frekuensi di sini

    ReplyDelete

Post a Comment