header

Kenali Ciri-ciri Maag Kambuh, Ini 5 Makanan yang Baik Untuk Penderita Maag

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Penyakit maag adalah penyakit lambung yang bisa dialami oleh siapa saja. Saya teringat sekali ketika orang tua saya terkena sakit maag beberapa waktu lalu. Hal ini juga yang membuat ibu saya kehilangan beberapa kilo bobot tubuhnya. Padahal yang saya tahu, beliau sangat menjaga pola makannya dengan baik.

Benar kata dokter Saddam Ismail, seorang dokter yang gemar memberikan edukasi terkait pola hidup sehat menyebutkan bahwa, jika maag sudah kambuh maka akan membutuhkan waktu lama untuk penyembuhannya. Untuk itu, sebaiknya Moms mengetahui ciri ciri maag sejak awal gejalanya.

Apa saja ciri-ciri maag kambuh yang wajib kita ketahui, bagaimana cara mengatasinya, serta jenis makanan apa yang baik untuk penderitanya? Mari kita bahas tuntas yuk!

Sakit Maag dan Beberapa Penyebabnya


Maag

Sakit maag atau dispepsia adalah sakit pada bagian lambung hingga ulu hati yang disebabkan oleh peningkatan produksi asam lambung. Ketika asam lambung meningkat, akan menimbulkan rasa sakit di perut hingga perasaan yang tidak nyaman.

Menurut dokter Indra Marki, Sp.PD-KGEH, FINASIM, seorang spesialis penyakit dalam gastroenterologi hepatologi, dari Eka Hospital mengatakan ada jenis-jenis makanan tertentu yang dapat menjadi pemicu asam lambung meningkat antara lain:

1. Buah Citrus


Jenis buah golongan citrus antara lain jeruk, lemon, jeruk bali, dan tomat, termasuk juga saus tomat.

2. Golongan Cabai


Jenis-jenis cabai merah, cabai keriting, cabai hijau, paprika dan juga jenis lada yang memiliki rasa pedas.

3. Caffein


Minuman yang mengandung kafein juga harus dihindari oleh penderita penyakit maag antara lain kopi, teh, minuman energy drink, serta coklat.

4. Alkohol


Minuman keras yang mengandung alkohol seperti bir, cocktail, serta makanan seperti durian, tape, dan anggur.

5. Makanan yang berlemak tinggi


Seperti makanan berlemak tinggi seperti yang mengandung santan, junk food, termasuk juga makanan yang diolah secara berlebihan (ultra processed food).

Selain makanan, asam lambung meningkat juga bisa dipicu oleh faktor lainnya yaitu stress, asap rokok, pola hidup yang tidak benar, dan berbagai faktor lainnya. Berbeda dengan GERD, sakit maag memiliki ciri-ciri tertentu.

Ciri-ciri Penyakit Maag Kambuh


Dispepsia

Jika kamu masih ragu apakah nyeri perut yang kamu rasakan adalah sakit maag atau bukan, sebaiknya kamu mengetahui beberapa ciri maag berikut ini.
  • Nyeri pada bagian perut, terkadang terasa nyeri pada ulu hati atau pada perut bagian kiri hingga ke tengah.
  • Adanya perasaan tidak nyaman seperti perut kembung, perasaan penuh pada perut meskipun hanya makan sedikit (begah)
  • Penderita sering bersendawa dan buang angin.
  • Mulut terasa pahit serta terasa mual dan ingin muntah

Setelah mengetahui ciri-ciri maag diatas, Nah yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengatasi sakit maag?

Cara Mengatasi Penyakit Maag


Penyelesaian sakit maag tergantung dari kondisi pasien. Setidaknya kamu mengetahui apakah kamu termasuk penderita maag akut (sedang sakit) atau penderita maag kronis (sering kambuh).

Orang yang terkena sakit maag biasanya akan langsung meminum obat atau ada juga yang langsung menghubungi dokter. Ketika ke dokter, biasa dokter akan memberikan resep obat untuk mengurangi sakit. Namun ada juga dokter yang menyarankan untuk memperbaiki pola hidup, tergantung dari kondisi sakit yang diderita pasien.

Cara mengatasi maag saat kambuh adalah dengan melakukan beberapa cara berikut ini
  1. Teknik makan yang benar, seperti mengunyah makanan sampai halus baru ditelan, tujuannya agar kinerja lambung tidak terlalu berat dalam mencerna makanan.
  2. Menerapkan pola hidup sehat seperti jangan langsung tidur setelah makan, beri jeda 2-3 jam setelah makan.
  3. Hindari makanan pemicu meningkatnya asam lambung seperti yang sudah saya sebutkan diatas.
  4. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk penderita maag, seperti minuman jahe dan daun mint.
  5. Mengkonsumsi jenis obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter untuk mengatasi sakit maag.

Salah satu cara untuk mengatasi maag yang bisa kamu coba dengan mengkonsumsi Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus. Natural sari kunyit dari Sido Muncul merupakan perpaduan dari kunyit dan black pepper yang dapat membantu mengatasi masalah lambung.

Sidomuncul sari kunyit plus

Tanaman kunyit yang banyak digunakan diberbagai negara termasuk Indonesia, banyak dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pencernaan, perut kembung, hingga maag. Kandungan Curcuminoid pada kunyit dapat mengatasi iritasi lambung.

Kamu bisa mengkonsumsi Sido Muncul Natural Sari Kunyit secara teratur untuk membantu mengatasi sakit maag. Jangan lupa baca aturan minumnya ya!

Makanan yang Baik Untuk Penderita Maag


Karena banyaknya jenis makanan yang dipantang bagi penderitanya, saya yakin sekali penderita maag sangat menjaga jenis makanan yang masuk kedalam tubuh. Jadi, makanan apa saja yang baik untuk penderita sakit maag?

Healthy food

Menurut dokter Hans, seorang dokter yang konsen dengan healthy life, dalam salah satu podcast mengatakan mengatakan jenis makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita sakit maag seperti:

1. Sayur-sayuran hijau


Jenis sayuran seperti kubis, brokoli, sawi, bayam, kale dan jenis sayuran hijau lainnya. Sayuran hijau mengandung zat hijau daun (klorofil) yang sangat baik untuk pencernaan, sehingga sangat cocok dikonsumsi penderita maag.

2. Buah-buahan


Jenis buah -buahan yang baik dikonsumsi oleh penderita maag seperti buah apel, pisang, alpukat, dan pir.

3. Jahe


Karena mengandung zat anti inflammatory sebagai anti peradangan, jahe dapat mengatasi peradangan yang ada pada lambung. Jahe bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman dengan air hangat ditambah madu.

4. Lidah buaya (aloe vera)


Lidah buaya mengandung zat gastro protective yang sangat baik untuk lambung. Jenis lidah buaya yang bisa dikonsumsi adalah jenis lidah yang bisa dikonsumsi secara aman. Misalnya lidah buaya yang bisa dibikin sup atau dibuat jus.

5. Makanan yang mengandung probiotik


Jenis makanan probiotik yang aman bagi penderita maag adalah probiotik yang tidak bersifat acid (asam) seperti tempe, miso, natto, dan sebagainya.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita sakit maag. Penyakit maag bisa diatasi dengan cara mencegahnya kambuh. Dengan mengetahui ciri-ciri maag kambuh, akan lebih mudah mengatasinya.

Selalu terapkan pola hidup sehat serta mengkonsumsi makanan yang baik untuk penderita sakit maag adalah cara mudah mencegahnya kambuh. Tak ada sakit yang tak ada obatnya jika kita mau menggali lebih banyak informasi. Semoga kita semua sehat selalu ya.

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

8 comments

  1. Ohh pantesan ya ibuku suka bawel banget untuk nyuruh aku minum kunyit, temulawak, dan macem2 jamu jamuan biar ngga kena penyakit2 kek gini, lebih menghindari sih yaa karena pola makan yang gabisa dikontrol, jadinya yaa asupan kek gini pentingg banget

    ReplyDelete
  2. Jadi inget dulu pas mau pulang dari opname, dokternya pesen agar mengurangi atau menghindari kopi karena mengandung kafein yang bisa menyebabkan kambuh tuh perlambungan. Alhamdulillah sekarang jarang kerasa maag kalau kita menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat

    ReplyDelete
  3. Baru tahu lidah buaya bisa jadi obat untuk penderita sakit maag, makasih infonya mbak

    ReplyDelete
  4. Saya tuh pernah lihat temen maagh nya kambuuh ya Allah kasian banget. Maagh itu bahaya yaa apalagi jika udah kronis bisa menyebabkan kematian. Baca artikel ini saya jadi bisa aware nih...jadi tau tanda tanda sakit maagh.

    ReplyDelete
  5. mengatur pola makan bagi penderita maag butuh konsistensi.Sering menemukan siswa di sekolah yang maagnya kambuh karena sering makan pedas.Sebenaenya mereka tahu, itu pemicu maag kambuh. Tapi, ya begitulah anak-anak. butuh diarahkan dan diingatkan

    ReplyDelete
  6. Penyakit maag ini bahaya banget memang. Ibuku awalnya punya maay, kemudian merembet ke mana-mana. Apa lagi kalau udah stres, asam lambung bisa kena, belum lagi vertigo. Emang harus jaga makanan banget. Sekarang aku pun udah jarang konsumsi kopi dan makanan berminyak untuk mengurangi risiko maag

    ReplyDelete
  7. Saat ini sepertinya aku kena maag secara minum kopi hampir tiap hari hehehe, harus dikurangi nih supaya ga semakin parah

    ReplyDelete
  8. Aku nih termasuk bandel kok, ada gejala sakit maag, tapi suka minum kopi wkwkwk, harusnya mengurangi kopi ya, tapi gimana lagi ya secara sering begadang jadi butuh kopi untuk stay on melek di depan laptop

    ReplyDelete

Post a Comment