header

6 Jenis Deodoran Alami Untuk Menghilangkan Bau Ketiak dan Cara Menggunakannya

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Masalah bau badan yang menyengat bukan saja aib, tetapi juga bisa merusak citra diri sendiri. Apalagi bagi seorang wanita. Wajib hukumnya bagi kaum hawa menjaga aroma tubuhnya tetap harum. Lebih jauh, masalah bau badan bisa membuat hubungan persahabatan menjadi terganggu lho, percaya nggak?

Coba saja kamu terus terang pada sahabatmu kalau dia ada masalah bau badan, untuk beberapa saat kisah persahabatan kalian akan merenggang. Meski kemudian dia akan berterima kasih, namun ada rasa yang tak ‘nyaman’ lagi diantara persahabatan kamu.

Sering saya mendengar, masalah apapun didunia ini bisa dibicarakan, kecuali masalah bau badan. Tak ada orang yang berani menyinggung masalah bau ketiak orang lain, kecuali dia ingin hubungannya bermasalah.


So, jangan sampai hubungan kamu dengan sahabat terbaikmu bermasalah, hanya karena bau badan ya hehe. Sebab, sekarang banyak sekali deodoran alami untuk menghilangkan bau ketiak. Apa sajakah itu? Simak ulasan Mom Queen berikut ini ya.

Deodoran Alami Untuk Menghilangkan Bau Ketiak


Moms, tahukah kamu bahwa disekitar kita banyak terdapat jenis tanaman yang bisa berfungsi sebagai deodoran alami untuk menghilangkan bau ketiak. Tanaman apa sajakah itu? Berikut tanaman penghilang masalah bau keringat yang menyengat itu :)

1. Daun Beluntas

Daun beluntas

Daun beluntas yang memiliki nama ilmiah sebagai Pluchea indica dipercaya secara turun temurun mampu mengatasi bau badan. Daun beluntas memiliki efek menurunkan suhu tubuh, sehingga mengurangi produksi keringat.

Daun beluntas yang sering dijadikan tanaman ‘pagar’ ini memiliki rasa yang sedikit langu. Namun, kamu bisa memanfaatkan daun beluntas dengan cara lain sebagai penghilang bau ketiak.

Cara Memanfaatkan Daun Beluntas Untuk Menghilangkan Bau Badan


Untuk mengkonsumsi daun beluntas sebagai deodoran alami menghilangkan bau ketiak bisa dilakukan dengan cara dilalap, direbus, atau menjadikannya sebagai minuman layaknya minuman teh.

Jika memilih cara direbus, air hasil rebusan daun beluntas bisa digunakan untuk mandi. Sedangkan jika menggunakan sebagai minuman teh, kamu bisa mengambil 2-3 lembar daun beluntas, kemudian seduh dengan air panas. Minum selagi hangat.

2. Daun Kemangi

Daun kemangi atau Ocimun bassilicum memiliki aroma yang ciri khas. Oleh karena itu, orang yang ingin menghilangkan bau tak sedap pada tubuhnya sebaiknya rutin makan daun kemangi. Daun kemangi berfungsi sebagai antiseptik alami. Disarankan bagi wanita haid untuk rutin mengkonsumsi daun kemangi agar terhindar dari bau tak sedap.

Cara Mengkonsumsi Daun Kemangi Sebagai Deodoran Alami


Selain bisa langsung dikonsumsi sebagai lalapan, ternyata daun kemangi juga bisa kamu seduh sebagai minuman lho. Caranya ambil beberapa helai daun kemangi, bisa juga dihaluskan dan saring, seduh dengan air hangat. Bisa juga ditambah dengan gula batu atau gula aren.

3. Daun Sirih

Daun sirih juga berkhasiat sebagai deodoran alami untuk menghilangkan bau ketiak lho. Kandungan antioksidan yang terdapat pada daun sirih dapat membantu mengurangi bau badan. Selain itu aroma daun sirih yang wangi sering digunakan sebagai bahan aroma terapi.

Cara Memanfaatkan Daun Sirih Untuk Menghilangkan bau Badan


Untuk menggunakan daun sirih sebagai deodoran alami, ada berbagai cara. Sebagian besar orang menggunakan daun sirih sebagai air campuran mandi. Namun kamu bisa menggunakan dengan cara melumatkan daun sirih, tambahkan sedikit kapur sirih, oleskan pada ketiak. Kemudian cuci bersih.

Ada lagi cara yang biasa dilakukan orang untuk memanfaatkan daun sirih sebagai penghilang bau badan adalah dengan meminum air rebusan daun sirih, di pagi dan sore hari. Hal ini ampuh untuk menghilangkan bau badan secara alami.

4. Jeruk lemon

Jeruk lemon

Lemon juga kerap digunakan sebagai penghilang bau badan lho. Kandungan antiseptik pada lemon dapat membantu mengurangi bau ketiak. Sehingga banyak orang, termasuk penderita asam urat, menggunakan lemon sebagai salah satu cara menghilangkan bau badan. Selain membantu mengurangi bau badan, lemon juga dapat membantu mencerahkan warna ketiak lho. Nah bisa dapat double manfaat ya.

Cara Menggunakan Lemon Untuk Menghilangkan Bau Badan


Menggunakan lemon sebagai deodoran alami penghilang bau ketiak bisa dilakukan dengan mudah. Namun, kamu dilarang mengoleskan langsung buah lemon pada ketiak. Kandungan asam sitrat yang tinggi pada lemon dapat membuat kulit menjadi kering.

Cara memanfaatkan buah lemon untuk menghilangkan bau badan dengan cara iris tipis lemon, campur dengan soda atau madu, oleskan pada ketiak. Diamkan beberapa saat dan cuci bersih. Kamu bisa lakukan hal ini 2-3 kali sehari untuk menghilangkan bau badan. 

5. Lidah buaya

Lidah buaya atau Aloe vera cocok juga dimanfaatkan sebagai deodoran alami penghilang bau ketiak. Lidah buaya yang mengandung antioksidan dan anti bakteri sangat cocok digunakan sebagai penghilang bau badan. Tanaman lidah buaya yang mudah tumbuh di dataran rendah dapat dengan mudah ditemukan di hampir setiap rumah. Tak heran, karena lidah buaya memiliki segudang manfaat untuk tubuh, salah satunya sebagai penghilang bau badan.

Cara Memanfaatkan Lidah Buaya Untuk Menghilangkan bau Badan


Cara menggunakan lidah buaya sebagai deodoran alami yaitu dengan cara mengambil sebatang lidah buaya, potong seukuran jari, belah dua. Oleskan gel lidah buaya pada ketiak. Biarkan beberapa saat, bilas hingga bersih. Lakukan dua kali sehari pagi dan sore hari.

6. Bunga kecombrang

Kecombrang

Bunga kecombrang atau Nicolaia speciosa mengandung bahan alami yang ampuh sebagai deodoran alami penghilang bau ketiak. Bunga kecombrang yang memiliki aroma yang khas bisa digunakan sebagai bahan masakan atau sambal.

Bunga kecombrang mengandung zat polifenol, saponin, serta flavonoida. Ketiga zat inilah yang menjadikan kecombrang mengeluarkan bau yang harum. Tetapi, bagi yang tak biasa memakannya sebaiknya gunakan sedikit dulu ya. Bunga kecombrang memiliki wangi khas dan sedikit pedas akan terasa ‘aneh’ bagi yang tak biasa mengkonsumsinya.

Cara Memanfaatkan Bunga Kecombrang untuk Bau Badan


Menggunakan bunga kecombrang sebagai bahan masakan seperti campuran gulai atau sambal. Namun, bagi kamu yang belum terbiasa dengan rasa kecombrang, sebaiknya kamu mencobanya sedikit demi sedikit ya.

7. Jeruk purut

Jeruk purut memiliki nama latin Citrus bystrix adalah jenis tanaman perdu yang mudah tumbuh di daerah tropis. Tak dapat dipungkiri bahwa jeruk purut banyak digunakan sebagai campuran air mandi orang yang meninggal.

Jeruk purut yang mengandung minyak atsiri memang memiliki bau harum yang menyengat. Buah citrus ini sering digunakan sebagai deodoran alami penghilang bau badan.

Cara Memanfaatkan Jeruk Purut Untuk Menghilangkan Bau Badan


Cara memanfaatkan jeruk purut sebagai penghilang bau badan bisa dilakukan dengan menggunakannya sebagai campuran air mandi atau menyeduhnya sebagai minuman. Caranya kamu bisa mengambil buah jeruk purut (daunnya juga boleh) parut kemudian gunakan sebagai campuran air mandi atau menggunakannya sebagai minuman yang diseduh dengan air hangat.

Kesimpulan


Jenis tumbuhan sebagai deodoran alami untuk menghilangkan bau ketiak bisa didapatkan dengan mudah disekitar kita. Beruntungnya Indonesia memiliki banyak rempah alam yang bermanfaat menghilangkan aroma tak sedap pada tubuh.

Sekarang tinggal kita manfaatkan saja. Jadi, nggak akan ada lagi masalah bau ketiak atau bau tak sedap lainnya kan? Kamu bisa rutin mengkonsumsi tanaman rempah ini sebagai solusi alami menghilangkan bau ketiak. Selamat mencoba ya. Semoga bermanfaat :)

Salam,
Mom Queen

Referensi
https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1103/5-bahan-alami-yang-ampuh-mengusir-bau-badan
https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/aneka-ramuan-penghilang-bau-badan
https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/13/142300020/hilangkan-bau-badan-dengan-daun-sirih-begini-caranya
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-mengatasi-ketiak-hitam
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment