header

5 Kriteria Asisten Rumah Tangga Idaman

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Menjadi ibu rumah tangga sangatlah melelahkan baik secara mental maupun fisik. Tidak semua ibu rumah tangga dapat melakukan pekerjaannya seorang diri. Untuk itu, banyak yang menggunakan jasa asisten rumah tangga (ART) untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah.

Namun, mendapatkan ART yang cocok dengan kriteria idaman tidaklah mudah. Apalagi jika ART yang diterima bekerja memilih mengundurkan diri atau kabur ke kampung halamannya. Meski baru bekerja beberapa bulan, atau bahkan beberapa minggu. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, salah satunya adalah ketidakcocokan antara majikan dan ART.
Saat ini sudah banyak info loker Jakarta online yang menawarkan jasa ART dengan berbagai kriteria. Hanya dengan mengakses internet dan masuk ke situs pencarian seperti Olx, maka akan banyak info loker Jakarta online yang bisa ditemukan.
Sebenarnya mencari ART itu mudah, tapi mencari yang benar-benar bisa cocok: kerjanya, orangnya, bisa berkomunikasi dengan majikan dengan baik, dan sayang dengan anak majikan, itu ternyata cukup sulit.   

Kriteria Asisten Rumah Tangga

Apalagi kebanyakan majikan sekarang ini menginginkan ART yang tidak hanya sekadar bisa membersihkan rumah saja, namun bisa beberapa hal. Ada beberapa kriteria yang diidamkan oleh majikan.

1. Bisa Menjaga dan Sayang Anak


Sebenarnya tugas menjaga anak sudah masuk ranah baby sitter. ART dan baby sitter sering dikira orang sama saja. Padahal baby sitter bertugas full untuk merawat dan menjaga anak-anak secara penuh waktu dan tidak melakukan pekerjaan rumah tangga. Sedangkan ART melakukan seluruh aktivitas rumah tangga seperti memasak, membersihkan rumah, mencuci, dan menyetrika.

Namun jika menjaga anak majikan hanya saat majikan pergi dan tidak sambil melakukan pekerjaan rumah tangga, itu tidak masalah. Hal itu bisa didiskusikan bersama-sama, misalnya mengenai gaji yang diterima jika ditambah menjaga anak.

Saat ini banyak yang menambahkan kriteria merawat anak dan itu menjadi poin utama saat memilih ART. Dengan kemampuan mengurus rumah dan merawat anak itu akan jadi nilai plus dan gaji yang ditawarkan bisa saja sangat besar.

2. Jujur dan Loyal


Inilah poin yang juga jadi kriteria utama memilih ART. Jika ART memiliki catatan kriminal seperti mencuri atau hal lainnya. Maka akan sulit bagi ART untuk dipilih dan dipekerjakan. Kejujuran memang menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan dalam pekerjaan. Dari kejujuran itulah biasanya seseorang dapat bertahan lama menjalani pekerjaannya.

3. Giat Bekerja


Menjadi ART, itu artinya perlu bekerja keras melakukan banyak pekerjaan rumah tangga. Majikan mencari ART yang pekerja keras dan giat dalam melakukan pekerjaannya.

4. Ramah dan Berkomunikasi dengan Baik


Biasanya, keramahan juga menjadi hal penting yang dicari oleh para majikan. Alasannya, seorang ART yang ramah menandakan jika dia adalah orang yang bersahabat.

5. Menghargai dan Menghormati


Sebagai ART otomatis lebih banyak tinggal bersama keluarga majikan. Maka itu, biasanya baik ART dan pemilik rumah harus saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

Bagi Moms yang mencari pekerjaan sebagai ART dan merasa memenuhi kriteria diatas, tetapi bingung di mana harus mencari informasinya. Moms bisa coba mencari informasi loker Jakarta online dan memasukkan kata kunci “Asisten Rumah Tangga” di beberapa situs web atau platform yang tersedia. Moms bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

15 comments

  1. Mencari ART jaman sekarang itu tidak mudah, walaupun saat ini banyak jasa penyalur ART, yang utama adalah harus jujur dan niat bekerja. Terutama untuk keluarga muda yg keduanya bekerja, ART harus benar2 jujur dan bertanggung jawab saat majikan tidak ada di rumah.

    ReplyDelete
  2. info loker juga menyediakan info pekerjaan ART juga ternyata. Jadi makin mudah ya sekarang, calon ART ngikutin perkembangan era digital. Jadi ga harus blusukan ke kampung-kampung lagi buat dapetin jasa ART

    ReplyDelete
  3. Kebiasaan di masyarakat sekitar saya, biasanya nyari dari lingkungan kampung sekitar. Biasanya dapat 'referensi' dari tetangga-tetangganya. 'Orang baik, sabar, penyayang, rajin' dll. Yang pasti 'mata-mata'nya banyak sebelum memutuskan. Hehehe... Tapi kalau di kota besar mungkin kesulitan ya mendapatkan yang demikian. Cocok sekali kalau bisa nyari dari web, terus sekalian ada testimoninya.

    ReplyDelete
  4. Baby sitter sama ART memang beda tapi ada aja yang diborong semua mbak. Sebaiknya jangan ya, nanti malah jadi banyak banget pekerjaannya dan nggak fokus pas ngurus anak.

    ReplyDelete
  5. Mencari ART itu susah-susah gampang sih ya.
    ART saat ini yang ta amati lebih sering main ponselnya, ini dari tetangga sekitar yang menggunakan jasa ART yang masih berusia muda
    Untungnya ARTku dulu jujur dan perhatian, tetapi saat ini kami sudah tidak menggunakana jasa ART lagi karena ART yang dulu sudah tua dan kami tidak mencari penggantinya lagi

    ReplyDelete
  6. Bener banget bu ibu. Saya punya temen juga yang punya pengalaman gak enak ketika mencari pembantu rumah tangga, karena kadang ada yang sampai mencuri emas dll. Semoga ibu ibu semua mendapatkan rezeki punya ART yang ulet dan jujur

    ReplyDelete
  7. keluargaku tuh tipe yang kalau punya ERT, lama banget durasinya. KAlau pun resign, pasti alasannya masuk akal, seperti hamil, sudah uzur dan sakit.
    btw, bukan saja kita yang punya kriteria idaman buat para ART, tapi mereka juga punya kriteria idaman buat "majikan" lho....
    Kuncinya hanya memanusiakan manusia dan aktif berbagi rezeki aja sih....

    ReplyDelete
  8. Masya Allah, memiliki Asisten Rumah Tangga idaman akan membuat pekerjaan kita terbantu dan lebih bermanfaat dan kita juga makin produktif

    ReplyDelete
  9. Ditambah lagi mbak.. kalau aku orangnya harus yg jujur.. soalnya pernah ya ada kejadian2 yg kurangmengenakkan. apalagi kalai tinggal serumah

    ReplyDelete
  10. Zaman sekarang memang susah, ya, cari ART. Berbeda dengan zaman dahulu, kebanyakan ART itu loyal. Ada yang bekerja sampai puluhan tahun pada majikan. Dari ngurus anak sampai cucu. Namun, itu tergantung keluarga majikannya juga. :')

    ReplyDelete
  11. Susah sekali ya cari ART idaman seperti ini...banyak drama nya...eh tapi saya ga pernah pakai ART sih...mungkin dulu jaman kami kecil tapi hanya sebentar saja karena masih bisa handle semua pekerjaan rumah plus jaga bocil

    ReplyDelete
  12. Sama satu lagi kak yun, no drama drama 🤣🤣🤣. Asli lelah aku tuh menghadapi art drama sampai akhirnya urusan domestik ku kerjain sendiri dan anakku pakai pengasuh sistem dititipin kerumahnya aja

    ReplyDelete
  13. ART dan Baby sitter memang harus dibedakan ya. Kalau semua di handle satu orang, akan overload. Akhirnya malah gak fokus sama pendampingan anak, sayang banget nanti.

    ReplyDelete
  14. Setuju mba, memang susah sekarang cari asisten yang sesuai kriteria di atas, tapi untungnya alhamdulillah asistenku yang sekarang memenuhi kriteria di atas. Akhirnya kita bisa jadi saling bertoleransi satu sama lain, saling menghargai dan menjaga.

    ReplyDelete
  15. Klo aq liat pekerjaan ART di Indonesia lebih berat dan juga upah gaji yang menurutku kecil. Untuk aq sendiri, untuk punya ART sepertinya banyak pertimbangan, karena selama masih bisa di kerjain sendiri why not

    ReplyDelete

Post a Comment