header

Cerita Liburan Bersama Keluarga ke Pantai, Ini 3 Referensi Pantai Cantik di Batam

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Menuliskan cerita liburan bersama keluarga ke pantai memang menyenangkan. Entah sudah berapa kali kami sekeluarga pergi kesana. Apalagi Pulau Batam memang dikelilingi oleh laut dan pantai. Tak heran, wisata Batam yang kami lakukan lagi-lagi ya ke laut hehe.

Jika Moms berencana liburan akhir tahun hendak pergi ke pantai, tepat sekali menyimak tulisan ini. Saya ingin merekomendasikan beberapa pantai di Batam yang bagus. Pantai ini bisa menjadikan cerita liburan bersama keluarga ke pantai semakin indah.

Cerita Liburan Bersama Keluarga ke Pantai


Mom Queen

Mengawali liburan semester ganjil tahun 2023 dimulai dengan cerita liburan bersama keluarga...ya ke pantai (lagi). Kali ini kami hendak mengunjungi pantai Elyora. Pantai ini begitu menggoda sejak pertama kali Suami menunjukkan video lokasinya. Demi mengobati rasa penasaran, kami pun berniat pergi kesana kali ini.

Peralatan yang harus dibawa pun sudah saya persiapkan. Mulai dari pelampung, baju ganti, sabun, handuk dan berbagai peralatan mandi lainnya. Pokoknya untuk peralatan tempur selama di Elyora beach, aman haha. Nanti saya akan ceritakan tersendiri mengenai wisata pantai Elyora ya. Insya Allah.

Pantai selalu menarik untuk dikunjungi. Mengapa? Karena pantai menjanjikan pesona alam dan berbagai pembelajarannya. Pantai bisa jadi pusat edukasi yang menginspirasi. Banyak hal yang bisa dilakukan di pantai. Apalagi jika dilakukan bersama keluarga.

Apa saja yang bisa dilakukan di pantai agar menjadi cerita liburan semakin seru? Saya mencatat ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pantai antara lain: camping, melukis, menulis, mengenal alam, atau berbagai aktivitas permainan sambil bakar ayam atau ikan.

Bagi warga Batam, kalau tahun ini kamu juga berencana berlibur ke pantai, saya akan merekomendasikan beberapa pantai indah yang menarik untuk dikunjungi.

Referensi Pantai Batam yang Indah


1. Reviola Beach


PNtai Reviola Mom Queen

Pantai Reviola terletak tak jauh dari jembatan 5 Barelang. Sudah kali kedua dalam tahun ini saya dan keluarga ke pantai ini. Pantainya yang sejuk serta pasirnya yang bersih membuat anak-anak betah bermain disini.

Biaya Masuk Pantai Reviola

Biaya masuk ke pantai Reviola sebesar Rp 10.000,- per orang belum termasuk toilet. Untuk harga toilet dibagi dalam beberapa tarif. Untuk tarif buang air kecil sebesar Rp 2.000,- sedangkan buang air besar dan mandi Rp 3.000,-. Harga untuk menyewa tikar dikenakan tarif sebesar Rp 50.000,-.

Gazebo pantai reviola mom Queen
Gazebo pantai Reviola (Foto diambil tahun 2022)

Oh ya untuk penyewaan gazebo ada deposito juga tapi saya lupa berapa hehe. Bagi yang menyewa pondok tak perlu sewa tikar lagi ya, karena sudah ada tikarnya. Sewa pondok mulai dari Rp 100.000,- hingga Rp 150.000,-

Fasilitas Pantai Reviola

Untuk fasilitas seperti kamar mandi dan toilet cukup banyak, jadi kamu tak perlu risau urusan bilas atau ke kamar kecil. Terdapat mushola disini, namun tak ada pembatas antara laki-laki dan perempuan. Jika cuaca sedang terik maka berada di mushola ini terasa seperti berada dalam ruangan spa.

Bagi yang suka jajan, disana hanya ada makanan ringan seperti pop mie atau kopi saja. Padahal ketika kesana awal tahun 2022, saya sempat menuliskan cerita liburan disini.

Saat itu masih terdapat penjual kelapa muda. Tetapi ketika kunjungan kami bulan Oktober 2023 ke pantai Reviola, saya sudah tak menemukan lagi penjual kelapa muda. Entah lagi libur atau memang sedang tak ada lagi.

Untuk kebersihan dan keindahan pantai, Reviola beach cukup baik untuk dijadikan referensi liburan keluarga. Pasirnya yang putih bersih membuat anak-anak sangat betah bermain disana. Pantai Reviola bisa jadi ide liburan bersama keluarga.

2. Pantai Viovio


Bagi kamu yang hendak berlibur ke pantai sambil camping, maka pilihlah pantai Viovio. Pantai ini memang menyediakan peralatan camping dan segala printilannya. Sebaiknya jika ke pantai Viovio pastikan kondisi kendaraan aman ya. Karena letaknya cukup jauh dari jalan utama Trans Barelang. Saya rasa sekitar sekitar 1-2 km dari jalan utama.

Harga Tiket Masuk Pantai Viovio

Pantai Viovio terletak di jembatan 5 Barelang. Biaya masuknya sebesar Rp 15.000,- per orang sudah termasuk gratis kamar mandi. Oh ya, untuk tiket masuk wajib pakai QRIS ya.

Untuk biaya sewa tikar Rp 50.000,- dengan deposito Rp 50.000,- juga. Sedangkan biaya pondok ala tenda-tenda modern khas pantai mulai dari Rp 150.000,-.

Fasilitas Pantai Viovio

Untuk saya pribadi, saya sangat menyukai pantai Viovio karena banyak spot foto yang indah. Apalagi dengan ditambah adanya cano di pinggir pantai. Kano ini khusus dibuat sebagai spot foto oleh pengelola. Pasir pantainya berwarna putih bersih serta halus. Saya nyaris belum menemukan saingan pasir putihnya Viovio beach di Batam.

Toiletnya juga bersih dan nyaman sekali. Pokoknya jangan khawatir nggak kebagian toilet kalau kesini hehe. Bagi anak-anak ke pantai tidak akan seru jika tidak berenang. Namun sayangnya, saat kami kesana cuaca Batam sedang panas terik. Air pantai Viovio menjadi terlalu hangat. Hal ini yang membuat anak saya tak betah mandi di pantainya hehe.

Namun bagi pasangan yang ingin dinner romantis dengan view pantai, maka Viovio bisa diandalkan. Untuk keluarga yang ingin menginap atau camping pantai, Viovio cocok jadi wishlist kamu ya Moms.

3. Pantai Melayu


Pantai Melayu Batam terletak tak jauh dari Jembatan 4 Barelang. Jika dari arah Batu Aji atau Batam Center, pantai Melayu terletak di sebelah kanan jalan. Sebelum mengenal pantai Reviola dan pantai lainnya di Batam, Melayu beach adalah pantai favorit keluarga kami.

Lokasi pantai yang luas serta bersih membuat kami betah menghabiskan waktu liburan kami di pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Melayu

Biaya masuk ke pantai melayu adalah hampir sama seperti pantai lainnya di Batam yaitu Rp 10.000,- per orang dewasa. Anak-anak gratis ya.

Biaya toilet sebesar Rp 2.000,- hingga Rp 5000,- per orang. Untuk bilas, mandi , serta toilet semuanya tersedia ruangan khusus kok. Yang paling saya suka dipantai Melayu ini toiletnya yang bersih dan terawat.

Fasilitas di Pantai Melayu

Untuk fasilitas yang ada di pantai Melayu ini adalah penyewaan tikar, gazebo, hingga mushola. Diantara semua pantai di Batam, hanya pantai Melayu yang memiliki mushola yang proper. Musholanya tergolong besar dan layak untuk standar pantai. Terdapat hijab pemisah antara shaf laki-laki dan shaft perempuan. Masya Allah, suka!

Kalau ke pantai Melayu Moms bisa mengajarkan banyak hal kepada anak-anak. Banyak pepohonan yang teduh serta berbagai tumbuhan bakau hidup di pantai ini. Pasirnya juga cukup bersih untuk membuat istana pasir. Pokoknya pantai bisa jadi tujuan wisata pantai yang seru di Batam.

Penutup


Itulah beberapa referensi wisata Batam terbaru yang cocok untuk mengisi liburan akhir tahun bersama keluarga. Saya pun selalu merekomendasikan pantai sebagai wisata alam untuk keluarga. Selain terjangkau, pantai memang menjanjikan pesonanya.

Maka sudah dapat dipastikan liburan sekolah kali ini, akan kami isi dengan bermain di pantai. Dan tujuan kami berikutnya adalah pantai Elyora Batam.

Saya harap kamu tidak pernah bosan membaca cerita liburan bersama keluarga ke pantai di blog Mom Queen hehe. Selamat berlibur ya!

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

2 comments

  1. Terima kasih telah memberikan informasi tentang Cerita Liburan Bersama Keluarga ke Pantai, Ini 3 Referensi Pantai Cantik di Batam yang sangat menarik dan lengkap!

    Jika Anda ingin merasakan keindahan Jawa Timur dan mengikuti petualangan seru bersama Kawanjelajahtour, kunjungi situs web kami di kawanjelajahtour.com dan jangan lupa untuk mengikuti perjalanan kami melalui Instagram @kawanjelajahtour.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kakak, makasih ya sudah mengunjungi blog Kami. Silakan promosi apapun tetapi jangan meninggalkan link hidup. Karena kolom komen bukan tempat meletakkan link yang benar hehe.

      Delete

Post a Comment