header

10 Tempat Wisata di Batam yang Terkenal, Ini List Terbaru!

Konten [Tampil]

Hi Moms,
Mengunjungi tempat wisata di Batam yang terkenal memang sangat menyenangkan lho. Apalagi di saat musim liburan nih. Sepertinya Batam bisa jadi salah satu tujuan wisata terbaru kamu.

Memiliki letak geografis yang berdekatan dengan Malaysia dan Singapura, membuat Batam ramai dikunjungi pelancong negara tetangga.

Batam Pusat Statistik menyebutkan angka 98.268 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Batam pada bulan Maret 2023. Jumlah ini meningkat sebanyak 32,45% dibanding bulan sebelumnya berjumlah 74.193 pengunjung. Ada kenaikan sejumlah 24 ribu lebih wisatawan luar yang datang ke Batam.

Dengan jumlah sebanyak ini, praktis para wisatawan mancanegara telah mengunjungi beberapa tempat wisata di Batam yang terkenal. Apa saja tempat wisata Batam yang bisa dijadikan wishlist kamu? Berikut listing dalam ulasan Mom Queen ya.

Tempat Wisata di Batam yang Terkenal


Dari semua tempat wisata di Batam yang terkenal, saya yakin bahwa banyak diantara Moms yang pernah mengunjungi lokasi ini. Beberapa tempat bisa jadi one stop solution untuk liburan di Batam. Bagi warga Batam mungkin sudah tidak asing lagi dengan beberapa tempat yang Mom Queen ulas. Apa saja nama tempat wisata Batam yang bisa jadi tempat nongkrong asik? Check this out.

1. Taman Rusa Sekupang


Taman Rusa Batam

Taman Rusa Batam adalah sebuah kawasan wisata bernuansa alam yang asri dengan satwa utamanya, Rusa. Selain itu di taman ini terdapat berbagai jenis satwa lain seperti kelinci, burung merpati, angsa, ayam mutiara, dan jenis ikan hias seperti ikan mas serta ikan koi. Sesuai namanya, satwa yang menjadi ikon Taman ini adalah Rusa.

Taman seluas 12,2 Ha ini kedepannya akan dikembangkan sebagai mini zoo Batam. Taman Rusa sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga yang ingin merasakan vibes piknik dalam kota.

Moms bisa mengunjungi Taman Rusa Batam di alamat Jl. RE Martadinata, Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam.
Jam operasional 07.00 s/d 18.00 WIB
HTM Rp 5.000,- untuk dewasa dan Rp 2.500 anak/pelajar pada weekday dan weekend Rp 10.000,- dewasa dan Rp 5.000,- untuk anak usia di atas 5 tahun (pelajar). 

2. Landmark Welcome to Batam


Landmark Welcome to Batam (WTB) adalah salah satu tempat wisata di Batam yang terkenal. Tulisan berbunyi 'Welcome To Batam' di atas bukit Clara ini menjadi daya tarik para wisatawan.

Jangankan wisatawan mancanegara, saya sebagai warga lokal juga suka nongkrong disini. Apabila Moms baru pertama kali mengunjungi Batam. Monument Welcome to Batam ini akan tampak dari kejauhan.

Jika datang ke sini di malam hari maka, kamu akan menemui banyak kuliner dan hiburan yang bisa dinikmati. Pemerintah Batam memang berencana menjadikan landmark ini sebagai pusat kuliner Batam.

Lokasi monumen Welcome To batam berada di kecamatan Batam center, letaknya tidak jauh dari Masjid Raya Batam dan Alun-Alun Engku Putri. Kamu bisa menggunakan mobil atau motor untuk menuju kesini dan parkir di lokasi yang telah disediakan.

3. Alun-Alun Engku Putri


Alun-Alun Engku Putri adalah salah satu tempat wisata di Batam yang terkenal karena letaknya yang strategis. Seperti alun-alun pada umumnya, yang membedakan hanya dari arsitektur yang menghiasi tempat ini. Berada di tengah-tengah pusat kota Batam dan perkantoran pemerintahan, alun-alun Engku Putri selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Alun-alun Engku Putri adalah tempat melakukan berbagai aktivitas. Aktivitas yang bisa dilakukan di Alun-Alun Engku Putri seperti menikmati kuliner, olahraga, baca buku, menulis, atau cuma sekedar nongkrong sama keluarga dan teman dekat.

Jika Moms berkunjung ke kota Batam, Kamu bisa datang ke alun-alun Engku Putri di Jalan Engku Putri, Teluk Tering Batam Kota (Batam Center). Jika dari bandara Hang Nadim Batam, menuju ke tempat ini memakan waktu sekitar 30 menit saja.

Dari alun-alun Engku Putri kamu bisa langsung ke Masjid Raya Batam untuk beribadah, atau menuju Mega Mall Batam yang bersebelahan dengan pelabuhan ferry internasional Batam Center. Spot ini juga cocok sebagai tempat nongkrong asik di Batam. Oh ya, untuk masuk kesini Moms tidak perlu membayar tiket kok, hanya membayar biaya parkir saja.

4. Barelang Bridge


Siapa warga Batam yang belum mengunjungi Barelang? Rasa-rasanya mustahil warga Batam belum mengunjungi jembatan terkenal ini. Ya, karena jembatan Barelang adalah lokasi wisata yang paling pertama di kunjungi bagi yang datang pertama kali ke Batam.

Jembatan Barelang menghubungkan Batam dengan pulau-pulau lainnya di Batam. Barelang merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. Ini adalah nama-nama pulau di sekitar Batam yang dihubungkan oleh jembatan Barelang.

Nama lain dari jembatan Barelang adalah jembatan Tengku Fisabilillah. Salah satu nama raja yang pernah berkuasa di Melayu Riau.

Lokasinya sekitar 20 km dari Pusat kota. Jembatan ini sangat ramai di kunjungi warga maupun wisatawan saat akhir pekan. Ada yang bilang sih bentuk jembatan ini sering disebut mirip dengan jembatan yang ada di San Francisco. Setuju nggak Moms ? Hehe

Bagi yang ingin mengunjungi jembatan Barelang, kamu bisa mengunjunginya di pagi atau sore hari ya. Tetapi, waktu sore akan banyak sekali wisatawan yang datang. Jadi lebih baik pilih waktu pagi. Dan ingat untuk tidak memararkir kendaraan di atas jembatan ya, karena ini berbahaya.

5. Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah


Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah adalah salah satu masjid terbesar dan sering menjadi tujuan wisata religi di Batam. Jika kamu ingin melihat keindahan arsitektur rumah Allah, maka Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah patut dikunjungi.

Sejak diresmikan pada 20 September 2019, masjid Sultan selalu menarik wisatawan untuk berkunjung. Arsitektur yang kental nuansa melayu dengan cat berwarna putih memang menarik minat wisatawan.

Dibangun pada tahun 2017, masjid Sultan memiliki kapasitas mampu menampung jamaah hingga 25 ribu orang. Masjid Sultan memiliki kemiripan dengan masjid Nabawi dalam hal payung membranmya. Terdapat 8 buah payung membran setinggi 17 meter di dalamnya. Payung membran menambah kecantikan bentuk masjid terbesar di Sumatera ini.

Jika kamu ingin mengunjungi masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, kamu bisa mengunjunginya di Kecamatan Batu Aji, tepatnya di Tanjung Uncang, Batam.

6. Sea Forest Adventure Nuvasa Bay


Sea Forest Adventure Nuvasa Bay dibuka sejak 2017 dan telah menjadi destinasi wisata di Batam yang terkenal. Tempat ini mengusung konsep alam, petualangan, dan survival.

Sea Forest Adventure berada di Kecamatan Nongsa, Batam, tetpatnya di kawasan Nuvasa Bay. Jika Moms dari bandar udara Hang Nadim Batam, bisa langsung ke lokasi Sea Forest Adventure dalam waktu +/- 20 menit saja.

Berbagai permainan bisa kamu lakukan mulai dari olahraga air, seperti kano, jetski, banana boat, knee boarding, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk wisata air seperti mangrove cruise, snorkeling, fishing, dan giant water slide. Permainan ini bisa dinikmati dengan harga mulai dari Rp 30.000,- per orang. Lokasi Sea Forest Adventure berada di Jl. Hang Lekiu, Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam ya.

7. Panbil Nature Reserve (PNR) Edu Eco Park Batam


Panbil nature reserve Batam

Panbil Nature Reserve (PNR) Edu Eco Park Batam adalah salah satu destinasi wisata alam yang ramah anak di Batam. Tempat wisata bernuansa alam yang menghadirkan konsep hiburan, petualang, dan edukasi. PNR Eco Edu Park tidaklah sama dengan kebun binatang (bonbin) maupun mini zoo.

Meski demikian, pengunjung bisa menikmati berbagai jenis satwa serta dapat berinteraksi langsung disini. Di PNR Eco Edu Park terdapat jenis burung Kakatua Macau, Merpati, Merak, Rusa totol, hingga kelinci dan ikan hias.

Sejak dibuka, PNR Eco Edu Park ini selalu menarik wisatawan yang di akhir pekan. Tiket masuk kesini adalah Rp 10.000,- per orang. Anak-anak usia 2 tahun sudah dikenakan tiket. Oh ya disini juga tersedia paket hiking, untuk yang senang menyusuri alam.

Bagi yang ingin wisata hemat dalam kota, kamu bisa mengunjungi PNR Eco Edu Park di Jalan Ahmad Yani Muka Kuning. Lebih tepatnya di samping damkar Muka Kuning, Batam.

8. Pulau Rano


Moms, kalau kamu ke Batam dan ingin menikmati wisata bawah laut, pantai, dengan pemandangan alam yang asri, maka Rano Island pilihannya. Pulau Rano adalah pulau yang berada di salah satu gugusan pulau indah lainnya di Kepri, yaitu Pulau Abang.

Untuk menuju Pulau Rano, kamu harus melalui perjalanan daratmelalui Jembatan Barelang kemudian menyebrang dengan perahu kecil (pompong). Wisata yang ditawarkan di Rano Island adalah keindahan alam bawah lautnya yang cantik.

Kamu bisa snorkeling untuk melihat terumbu karang serta ikan nemo yang berwarna- warni. Selain itu aneka permainan air seperti banana boat, kayak, serta berbagai permainan air lainnya tersedia disini.

9. Pulau Abang


Tempat wisata di Batam yang terkenal lainnya adalah Pulau Abang. Letak pulau Abang berdekatan dengan Pulau Rano. Namun demikian, kamu tetap membutuhkan transportasi laut untuk menuju dari satu pulau ke pulau lainnya.

Tak jauh berbeda dengan pulau Rano, wisata alam yang bisa dinikmati di pulau Abang adalah snorkeling. Disini juga terdapat banyak terumbu karang dan ikan nemo yang tak kalah cantiknya. Kalau kamu berkesempatan ke Pulau Abang, bisa menikmati keindahan alam bawah laut disana ya.

10. Pantai Vio-Vio


Pantai Vio-Vio baru baru ini menjadi salah satu destinasi wisata yang digandrungi muda mudi Batam. Suasana alam yang asri ditambah pasir pantai yang halus dan putih, membuat pantai Vio-Vio ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pantai Vio-Vio terletak di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Lokasinya sangat cocok bagi kamu yang suka glamping alias glamour camping. Tersedia tenda camping dengan fasilitas yang ekslusif bagi wisatawan yang ingin menginap.

Tiket masuk ke pantai Vio-vio adalah Rp 15.000 per orang sudah termasuk free kamar kecil. Untuk harga tenda menginap mulai dari Rp 200.000,- per tenda. Tempat ini sangat cocok bagi yang gemar camping sambil menikmati view laut yang indah.

Liburan adalah salah satu cara menikmati wisata alam sambil memberi momen Istimewa pada keluarga. Indonesia memiliki pesona alam yang sangat memukau, Batam adalah salah satunya.

Moms bisa menjadikan Batam sebagai tujuan wisata alam yang ramah keluarga. Memperkuat bonding sembari menenangkan pikiran dengan mengunjungi tempat-tempat terkenal di Batam layak dicoba. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur ya :)

Salam,
Mom Queen

Referensi
https://travelandword.com/eco-edu-park-panbil-nature-reserve-batam-info-htm-lokasi/
https://travel.detik.com/cerita-perjalanan/d-5388645/masjid-sultan-mahmud-riayat-syah-ikon-baru-kota-batam
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment