header

Tempat Wisata Batam Terbaru, Wisata Kota Bernuansa Alam di Taman Rusa

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Mengunjungi tempat wisata Batam terbaru menjadi aktivitas yang saya dan keluarga lakukan di awal Juni 2023 kemarin. Ya! Kami mengunjungi Taman Rusa Batam. Tempat yang sudah lama ingin saya kunjungi.

Adakah Moms yang pernah mengunjungi tempat ini? Atau mungkin sudah lama berencana pergi ke lokasi mini zoo Batam ini, namun belum kesampaian juga?

Taman Rusa Batam
Foto: instagram.com/kelanasenja2022 

Ada baiknya Moms menyimak tulisan ini, karena saya akan membagikan pengalaman ketika mengunjungi tempat wisata terbaru di Batam yang bernuansa alam di Taman Rusa. Simak sampai habis ya!

Taman Rusa Batam


Mengunjungi Taman Rusa Batam pada awal Juni 2023 lalu bersama keluarga menjadi cerita liburan yang menarik bagi saya dan keluarga. Ya, saya takjub dengan fasilitas taman dan jogging trek yang lengkap. Bagi warga Batam tentu saja tak asing dengan tempat ini.

Taman Rusa Batam terletak di kecamatan Sekupang kota Batam. Taman Rusa Sekupang Batam memiliki luas area 12,2 Ha.

Taman Rusa Batam memiliki area yang cukup luas. Karena Badan Pengembangan (BP) Batam sebagai pengembang, sejak awal merencanakan pembangunan taman ini sebagai mini zoo yang wisata keluarga ramah anak. Dengan area yang cukup besar, terdapat banyak fasilitas ramah anak.

Disclaimer: semua informasi yang saya jelaskan disini sesuai dengan keadaan ketika saya berkunjung. Jika kemudian hari ada perbaikan atau penambahan objek baru boleh ditambahkan di komentar ya :)

Apa saja fasilitas yang tersedia pada lokasi yang termasuk sebagai tempat wisata terbaru di Batam ini? Ini sharing pengalaman saya.

Fasilitas Taman Rusa Batam


Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati di Taman Rusa Batam sebagai mini zoo Batam ini. Ini dia ulasannya!

1. Taman bermain


Sejauh eksplorasi saya dan anak, Taman Rusa Batam memiliki dua arena bermain anak. Semuanya dilengkapi jenis permainan yang beragam. Jadi Moms tak perlu khawatir anak-anak berebut mainan. 

Setiap area playground dilengkapi dengan berbagai jenis permainan. Terdapat seluncuran, monkey bar, ayunan, jaring laba-laba, kursi putar, jungkat-jungkit, dan masih banyak lagi. Kalau anak-anak bermain disini, pasti betah dan tidak ingin pulang hehe.

2. Aneka satwa


Untuk jenis hewan yang terdapat di area ini memang masih terbatas. Menurut saya masih wajar sih, karena memang tempat ini masih tergolong baru. Jenis satwa yang tersedia di Taman Rusa Sekupang adalah Rusa, angsa, ayam mutiara, burung merpati, serta ikan mas dan ikan koi. Semoga ke depan akan ditambah lagi jumlah dan jenis satwanya. 

2. Jogging Track


Jogging trek Taman rusa
Foto: instagram.com/kelanasenja2022 

Tamn Rusa Batam memiliki jogging track yang bagus sepanjang 1 km. Kalau saya lihat kondisi jogging track masih mulus. Ya karena memang area ini baru saja diresmikan pada 18 Maret 2023 kemarin. Jogging trek ini sangat cocok sekali untuk berolahraga ringan sambil menikmati nuansa alam di pagi atau sore hari.

4. Kolam Ikan


Di Taman Rusa Sekupang juga terdapat kolam ikan yang cukup luas. Saya melihat ada dua kolam ikan, salah satunya bisa digunakan sebagai kolam pancing. Kolam utama yang berbentuk seperti danau buatan, dan yang kedua terletak di kolam dekat dengan artificial stonehenge.

5. Spot foto yang ikonik


Di Taman Rusa Batam ini yang paling saya suka adalah banyaknya spot foto yang ikonik. Beberapa spot foto liburan keluarga bisa kamu coba disini, diantaranya:
  • Arena jogging track yang bertabur payung warna-warni.
  • Taman kolam yang indah dengan ratusan ikan Mas dan koi di dalamnya.
  • Patung Rusa, tempat yang paling ikonik dari Taman Rusa ini adalah spot foto dengan dua patung rusa. Patung rusa ini berada di depan pintu masuk Taman. 
  • Artificial Stonehenge yang cantik, yakni berupa gugusan tugu batu dengan air mancur yang indah.
  • Berfoto dengan puluhan burung-burung merpati di kursi taman kolam.

Stonehenge Taman rusa
Artificial Stonehenge (dokpri) 

Sedangkan untuk fasilitas umum seperti toilet dan mushola juga terdapat di dalam taman ini. Sayangnya lokasi toiletnya cukup jauh dari pintu masuk. Jika Moms bingung mencari toilet dan mushola, kamu bisa melihat di map yang ada di depan pintu masuk Taman Rusa ini ya.

Untuk mushola berada di depan pintu masuk Taman Rusa. Kalau Moms bingung, kamu bisa masuk dari tempat penyewaan sepeda listrik. Tempatnya cukup luas meski sempat membuat saya bingung mencari pintu masuknya hehe.

Sebagai tempat wisata baru di Batam, Taman Rusa Batam memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Jika bepergian bersama keluarga dengan anak-anak ke Taman Rusa Batam banyak aktivitas edukasi bisa dilakukan. Apa saja aktivitasnya? Mari kita lanjutkan!

Aktivitas yang Bisa dilakukan Anak di Taman Rusa Sekupang


Aktivitas yang bisa dilakukan anak-anak cukup banyak disini. Ini beberapa aktivitas edukasi yang bisa dilakukan anak-anak di Taman Rusa Batam.

1. Mengenal langsung berbagai jenis satwa


Anak-anak bisa melakukan aktivitas mengenal hewan seperti rusa, ayam mutiara, angsa, kelinci, burung, kura-kura dan ikan hias. Mengenal hewan-hewan ini secara langsung tentu pengalaman menyenangkan bagi mereka.

2. Feeding animal (Memberi makan hewan)


Anak-anak bisa memberi makan pada Rusa ataupun satwa lain. Makanan Rusa yang bisa diberikan berupa potongan wortel yang bisa dibeli disana. Harga sebungkus wortel adalah Rp 10.000,- .
Bagi yang suka memberi makan ikan atau burung, kamu bisa juga membeli pakan ikan atau burung disini. Harga semua jenis makanan hewan ini dibanderol dengan nominal yang sama.

3. Bermain outdoor


Area taman bermain yang dilengkapi dengan permainan anak yang komplit. Ada seluncuran, monkey bar, jaring laba-laba, dan beragam aneka permainan anak lainnya. Terdapat berbagai spot bersantai dan jogging trek yang panjang. Bagi yang senang berfoto ria, Taman Rusa Batam cocok untuk dikunjungi.

4. Bermain sepeda listrik


Bagi anak-anak yang bisa bersepeda, orang tua bisa menyewa sepeda listrik yang ada di Taman Rusa Batam. Harga sewanya Rp 20.000,- untuk 20 menit. Asik sekali bermain sepeda listrik di trek yang telah disediakan. Eits, tapi tetap utamakan keselamatan dalam mengendarai sepeda listrik dan harap berhati-hati ya

Harga tiket Masuk Taman rusa Sekupang


Harga tiket masuk Taman Rusa Batam adalah Rp 5.000,- untuk umum pada hari kerja, dan pada hari libur dewasa Rp 10.000,- anak-anak atau pelajar diatas 5 tahun Rp 5.000,- dan parkir mobil Rp 8.000,-
Cukup terjangkau untuk sekadar liburan dalam kota Batam bersama keluarga. Saya yang pergi bersama 5 orang dewasa dan 3 anak-anak hanya menghabiskan biaya Rp 63.000,- untuk biaya masuk. Harga ini sudah termasuk bayar parkir. Cukup terjangkau kan ?!

Jam Operasional Taman Rusa Batam


Taman Rusa Batam

Taman Rusa Sekupang buka pada jam 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Kalau boleh memberi saran, sebaiknya Moms datang ke Taman Rusa ini pada pagi hari jam 08.00 atau 09.00 agar cuaca tidak terlalu panas.

Saya kemarin kesana jam 11.00 WIB sampai di lokasi. Selain cuaca yang sangat panas, lokasi ini pun sudah dipenuhi oleh banyak pengunjung. Sehingga kami tidak bisa menempati gazebo yang tersedia gratis di lokasi.

Jika tidak mendapat gazebo kamu tetap bisa menempati lokasi manapun disini. Lebih bagus jika membawa tikar untuk sekadar selonjoran di lokasi. Jadi ala-ala piknik keluarga hehe.

Bahkan ada juga yang membawa tenda dan speaker musik untuk bernyanyi dan karaoke lho. Lumayan jadi hiburan tersendiri bagi pengunjung lainnya.

Lokasi Taman Rusa Sekupang


Jika ingin mengunjungi Taman Rusa Batam, Moms bisa langsung menuju lokasi di daerah Tanjung pinggir, Jalan RE Marthadinata Kecamatan Sekupang, Kota Batam Kepulauan Riau.

Tepatnya di depan guest house Otorita Batam. Dulunya tempat ini merupakan arena olah raga bagi karyawan Otorita Batam. Namun seiring berjalannya waktu, areal yang dibangun tahun 2009 ini berubah fungsi menjadi tempat wisata Batam yang bernuansa alam. 

Apa yang Harus dibawa Saat ke Taman Rusa Sekupang


Jika ingin pergi ke Taman Rusa Batam sebaiknya beberapa peralatan penting bisa Moms persiapkan, diantaranya:

1. Tikar


Jika hendak pergi ke Taman Rusa Batam, sebaiknya membawa tikar. Tikar bisa digunakan untuk duduk-duduk melepas lelah. Meski ada gazebo gratis namun jumlahnya tidak sebanding dengan banyaknya pengunjung yang datang.

2. Makanan dan Minuman


Seperti halnya pergi piknik bersama keluarga, bawalah makanan dan minuman dari rumah. Tujuannya agar pikniknya semakin terasa bermakna. Bawalah makanan dengan jumlah yang cukup. Ingat juga, untuk selalu membuang sampah pada tempatnya ya. Karena area ini dilengkapi dengan banyaknya tong sampah yang bertebaran. Sangat memudahkan sekali.

3. Payung


Jika kesini bersama bayi atau toddler, ada baiknya membawa payung. Karena kemarin cuaca begitu panas, payung sepertinya adalah benda yang sangat kami butuhkan. Sayangnya saya melewatkan barang ini.

Itulah beberapa info yang bisa saya bagikan ketika mengunjungi Taman Rusa Sekupang Batam. Ingat Taman ini adalah salah satu fasilitas yang dibangun oleh pemerintah kota Batam untuk memberikan fasilitas liburan dalam kota pada warganya. Sudah tugas kita menjaga fasilitas dari pemerintah ini.

Selamat berkunjung ke tempat wisata terbaru di Batam ya. Selamat berlibur! Ada yang sudah kesini? Gimana pendapat kamu? Cerita dong!

Salam,
MQ

Referensi:
https://bpbatam.go.id/en/taman-rusa-sekupang-tempat-wisata-bernuansa-alam-di-salah-satu-sudut-kota-batam/
https://ameniti.bpbatam.go.id/2022/03/21/indah-dan-megah-taman-rusa-sekupang-kini-resmi-dibuka/
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment