header

Buka Tabungan Haji BSI Bisa Online, Ini Cara Mudahnya!

Konten [Tampil]


Hi Moms!
Semua umat Islam di seluruh dunia pasti memiliki keinginan untuk bisa naik haji. Namun sebagian orang, terkendala masalah biaya. Benar bahwa menunaikan ibadah haji membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun bukan berarti tidak bisa diraih.

Untuk melaksanakan rukun islam ke-5 ini, sebaiknya diiringi dengan usaha maksimal. Salah satu caranya dengan membuka tabungan haji di Bank BSI. Yuk, kita mulai mengambil langkah pasti untuk mewujudkan mimpi naik haji.

Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 2023


Ka'bah

Moms, saya menyadari sekali bahwa biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) sekarang semakin meningkat.

Menurut situs kemenag.go.id pemerintah sudah menetapkan biaya perjalanan ibadah haji tahun 2023 sebesar Rp 90.050.637,26. Dengan komposisi Bipih sebesar Rp 49.812.700,- atau 55.3% dan nilai manfaat sebesar Rp 40.237.937,- atau 44,7%. Jadi ongkos biaya perjalanan ibadah haji tahun 2023 yang harus dibayarkan oleh calon jemaah haji Indonesia adalah Rp 49.812.700,-

Memang jumlah ini lebih rendah dibandingkan dengan usulan Kemenag sebesar Rp 98.893.909,11. Dengan komposisi Rp 69,19 juta atau 70% Bipih dan 30% bagi penerima manfaat yaitu Rp 29.700.175,11. Namun tetap saja ada kenaikan sekitar Rp 18 jutaan jika dibandingkan Bipih tahun 2020 yang berkisar Rp 31,4 juta hingga Rp 38 juta.

Karena sejak pandemi 2019 Kerajaan Arab Saudi atau KSA (Kingdom of Saudi Arabia) tidak membuka pintu haji untuk warga luar selama 2 tahun. Tahun 2020 dan tahun 2021 Indonesia tidak bisa mengirimkan jamaah haji ke tanah suci. Baru tahun 2022 hingga sekarang pintu haji sudah dibuka kembali untuk warga dunia, termasuk Indonesia.

Tahun 2023 Indonesia mendapat kuota haji terbesar di dunia. Kuota jamaah haji Indonesia di tahun 2023 ini sebanyak 221.000 jamaah haji. Jumlah ini sebanyak 203.320 adalah jamaah haji reguler dan 17.680 jamaah haji khusus. Sedangkan sebanyak 4200 untuk kuota petugas haji.

Masa Tunggu Haji Reguler, Haji Plus, dan Haji Furoda Indonesia


Meski setiap tahun Indonesia selalu mendapat tambahan kuota haji dari KSA, namun tetap tidak mampu memperpendek masa tunggu antrian haji di Indonesia.

Melansir situs haji.kemenag.go.id masa tunggu kuota regular saat ini mulai dari 14-44 tahun. Masa tunggu haji reguler mulai dari 14 hingga 43 tahun. Sedangkan untuk masa tunggu haji plus berkisar 5-7 tahun. Sedangkan untuk haji furoda bisa berangkat di tahun mendaftar karena mendapat kuota khusus dari KSA.

Wilayah masa tunggu haji terlama seperti Kab Bontang, Pare-Pare, hingga Pinrang. Masa tunggunya hingga 44 tahun. Sedangkan masa tunggu tercepat yaitu 14 tahun untuk daerah yang berada di Timur Indonesia seperti Ambon, Maluku Tenggara, Kab Seram Bagian Barat, dan Kab Seram Bagian Timur.

Untuk daerah tempat saya tinggal yakni Kepulauan Riau masa tunggunya adalah 23 tahun. Hal ini sama dengan masa tunggu untuk daerah Sumatera Selatan. Lampung, NTT, Sulawesi Tengah dan beberapa kota lain di Indonesia.

Sedangkan untuk DKI Jakarta masa tunggunya 28 tahun, sedangkan Jawa Tengah 32 tahun, DIY 33 tahun, dan Jawa Timur 34 tahun. Bisa kita hitung jika usia kita saat ini 30 tahun dan langsung mengambil porsi haji sekarang, maka di usia 52 tahun kita baru mendapat giliran berangkat haji.

Dengan catatan kita langsung mendaftar ya, bukan baru membuka tabungan haji. Lantas bagaimana nasib kita yang belum Merencanakan berangkat haji sama sekali? Mari kita rajut mimpi naik haji bersama bank BSI.

Manfaat Membuka Tabungan Haji


Tabungan haji BSI

Moms, mengapa sih kita harus membuka tabungan haji mulai dari sekarang? Dalam sebuah kajian online yang saya ikuti, saya benar-benar merasa tertampar dengan sebuah nasihat dari ustadzah pengampu kajian. Beliau memberi nasihat begini,

“Jika Ibu-Ibu benar-benar memiliki niat untuk berangkat ke rumah Allah, tunjukkan dengan tindakan nyata. Tunjukkan dengan membuka tabungan haji. Jangan khawatir kapan cukupnya. Biarlah Allah mencukupkan jumlahnya. Mulailah dengan langkah kecil. Agar Allah melihat ketulusan niat kita untuk bertamu ke rumah-NYA.”

Sebuah nasihat biasa, tetapi begitu mengena di hati saya. Saya tidak tahu apakah Moms memiliki perasaan yang sama? Kita yang selalu terucap dalam lisan dan doa agar diundang ke rumah Allah SWT tetapi belum memulai sesenti pun langkah untuk menuju kesana.

Maka dengan membuka tabungan haji BSI ini, kita jadikan sebagai langkah awal kesungguhan kita bertamu ke rumah Allah. Insya Allah Amiin. Saya menuliskannya beberapa manfaat membuka tabungan haji, diantaranya akan saya jelaskan dibawah ini.

1. Sebagai Ikhtiar Berangkat Haji


Membuka tabungan haji merupakan langkah awal kita mewujudkan niat datang ke Baitullah. Langkah ini adalah ikhtiar kita yang pertama untuk berangkat haji. Semoga Allah memudahkan impian kita mengunjungi rumah-NYA.

2. Memiliki Target yang Jelas untuk Memenuhi Panggilan Allah


Dengan membuka tabungan haji, kita memiliki harapan yang jelas kapan kita bisa memenuhi panggilan-NYA. Meski kita tetap berdoa agar Allah menyegerakan keinginan kita mengunjunginya.

3. Memberi Kemudahan Persiapan Biaya Haji


Membuka tabungan haji memberi kita kemudahan persiapan biaya haji. Sudah saya jelaskan di awal bahwa biaya haji yang harus dikeluarkan oleh setiap calon jamaah haji hampir Rp 50 juta di tahun 2023 ini. Jika harus menunggu memiliki uang tunai sebanyak itu, mungkin akan lama terkumpul bagi pegawai biasa dengan gaji minimum kota.

Dengan membuka tabungan haji BSI kita memiliki kemudahan dalam mencapai biaya kuota haji. Seperti diketahui untuk mendapat kuota haji reguler kita diharuskan mendaftar dengan nominal uang Rp 25.000.000,- atau Rp 60 an juta untuk haji plus. Dengan uang ini artinya kita telah mendapat nomor antrian haji dengan kuota reguler atau pun kuota plus.

Jangan sampai, ibadah haji yang menjadi salah satu rukun islam, menjadikan kita tidak menganggapnya wajib karena kita tidak pernah mengusahakannya sejak awal. Mulai sekarang, mari kita ikhtiarkan dengan membuka tabungan haji di Bank BSI.

Tabungan Haji Bank Syariah Indonesia


Mengutip dari tabunganhajiindonesia.id tabungan haji bank BSI adalah tabungan yang digunakan untuk pelaksanaan ibadah haji dan umrah dalam bentuk mata uang rupiah maupun dollar USD. Tabungan haji BSI ada 2 yaitu Tabungan Haji Indonesia dan Tabungan Haji Muda Indonesia.

Tabungan Haji Indonesia BSI


Tabungan Haji Indonesia di Bank BSI mempunyai segmentasi bagi calon jamaah haji dan umrah yang berusia 17 tahun ke atas. Adapun keunggulan tabungan haji Indonesia Bank Syariah Indonesia adalah sebagai berikut:
  • Bebas biaya administrasi bulanan
  • Tersedia fasilitas notifikasi jika saldo tercukupi untuk mendapatkan porsi haji
  • Online dengan SISKOHAT Kementerian Agama
  • Bebas biaya standing instruction agar disiplin menabung setiap bulan.

Syarat Buka Tabungan Haji Indonesia di Bank BSI


Syarat membuka tabungan haji Indonesia di Bank BSI adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki KTP (telah berusia 17 tahun) dan memiliki NPWP.

Tabungan Haji Muda Indonesia BSI


Tabungan Haji Muda Indonesia BSI adalah tabungan haji dan umrah yang diperuntukkan untuk anak dibawah 17 tahun dalam bentuk mata uang rupiah ataupun dollar USD.

Adapun manfaat Tabungan Haji Muda Indonesia BS ini adalah:
  • Tabungan bisa didaftarkan atas nama anak
  • Bebas biaya administrasi bulanan
  • Tersedia fasilitas notifikasi jika saldo tercukupi senilai Rp 25.100.000,- maka akan langsung didaftarkan untuk porsi haji
  • Online dengan SISKOHAT Kementerian Agama
  • Bebas biaya standing instruction agar disiplin menabung setiap bulan.

Syarat Membuka Tabungan Haji Muda Indonesia BSI


Adapun syarat membuka tabungan haji muda Indonesia di Bank Syariah Indonesia adalah
  • Buku tabungan dicetak atas nama anak, data CIF dan data rekening menggunakan data anak yang terhubung dengan data orang tua
  • Menyertakan KTP asli dan fotocopy orang tua
  • Membawa kartu keluarga(KK)/akte kelahiran/kartu pelajar asli dan fotocopynya

Cara Membuka Tabungan Haji BSI Secara Online


Saat ini Bank Syariah Indonesia telah memudahkan warga negara Indonesia yang berkeinginan naik haji untuk membuka tabungan haji BSI secara online. Jadi calon jamaah haji tidak perlu repot mengunjungi kantor cabang bank BSI untuk membuka tabungan haji.

Ini cara membuka tabungan haji Indonesia BSI secara online.
  1. Donlot aplikasi BSI Mobile di playstore dari handphone kamu.
  2. Pilih ‘buka rekening’ untuk yang belum memiliki rekening di Bank BSI atau pilih “Sudah Punya Rekening’ jika telah memiliki rekening di bank BSI.
  3. Jika kamu belum memiliki rekening di Bank BSI, kamu bisa membuka rekening BSI Mudharabah atau rekening Wadiah terlebih dahulu.
  4. Jika kamu telah memiliki rekening di Bank BSI kamu bisa memilih ikon ‘Buka Rekening’ dan pilih ‘Tabungan Haji Indonesia’
  5. Masukkan sandi atau sidik jari dan pilih rekening sumber dana (rekening induk).
  6. Ceklist syarat dan ketentuan
  7. Kamu bisa mengisi saldo untuk tabungan haji ini senilai Rp 100.000,- sebagai setoran awal.
  8. Masukkan PIN BSI dan cek kembali data pembukaan tabungan haji kamu. Selesai!
Kamu bisa mengambil buku tabungan haji di cabang BSI terdekat dengan membawa e-ktp asli.

Saatnya Buka Tabungan Haji di Bank BSI


Semakin mudahnya membuka tabungan haji hanya lewat genggaman tangan. Semoga cara ini semakin memudahkan ikhtiar kita menuju Baitullah. Satu pesan yang saya ingat dalam satu kajian yang saya ikuti.

“Mintalah kepada Allah hal apapun yang kamu inginkan. Mintalah yang banyak. Allah maha kaya, kenapa kita cuma minta sedikit. Jika minta berangkat haji, mintalah haji furoda. Tak usah pikirkan bagaimana caranya, biarlah Allah yang bekerja menurut cara-NYA. Tugas kita hanya berdoa!”

Saya percaya setiap kita ditakdirkan untuk datang ke rumah Allah, hanya saja ada yang mengusahakannya ada juga yang tidak. Tugas kita hanya berusaha maksimal dan serahkan hasilnya pada Allah. Allah maha kaya, mintalah haji furoda! Insya Allah bisa, amiin. Yuk, Buka tabungan haji di Bank BSI ya!

Salam,
Mom Queen

Referensi:
https://setkab.go.id/inilah-keppres-tentang-bpih-tahun-2020-bersumber-dari-bipih-nilai-manfaat-dan-dana-efisiensi/
https://haji.kemenag.go.id/v4/waiting-list
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment