Skip to main content

Posts

Showing posts from October, 2020

10 Ide jenis kado untuk ibu dan bayi baru lahir

  Moms pernah mengalami kejadian banyak teman yang yang melahirkan atau undangan syukuran bayi dan aqiqah dalam satu waktu? Ya Saya sering. Dalam sebulan bisa 2-3 orang yang melahirkan. Biasanya kalau tetangga dekat rumah, membawa perlengkapan mandi atau cuci popok adalah jalan pintas daripada repot memikirkan mau membeli apa. Namun bagaimana bila yang baru melahirkan adalah rekan kerja atau sahabat lama? Tentu kita ingin memberikan sesuatu yang lebih berkesan agar bisa dikenang, bener kan ?  Namun sebelum membeli sesuatu yang bisa dijadikan buah tangan saat berkunjung ada baiknya untuk memikirkan beberapa point berikut sebelum membeli hadiah seperti : 1.Budget hadiah Tentukan berapa budget hadiah yang bisa Anda gunakan dari pos pengeluaran. Jangan sampai mengganggu pos pengeluaran yang lain. Kalau di Saya ini termasuk pengeluaran lain-lain. Jadi tidak asal comot ya hehe.  2.Jika budget sedikit bisa mengajak teman untuk membeli kado Nah jika rekan kerja biasanya banyak teman juga yang

Manfaat bercocok tanam dan ide peluang usaha

Akhir-akhir ini media sosial kita dipenuhi dengan postingan tentang tanaman segala rupa. Mulai dari yang hijau hingga segala warna. Dari yang harga sepuluh ribuan hingga jutaan rupiah. Wow! Demi sebuah hobi dan menyenangkan mata, orang bahkan rela merogoh kocek dalam-dalam.  Alih-alih latah dengan tren yang ada, lebih baik kita menilik dulu manfaat dari bercocok tanam. Manfaat bercocok tanam diantaranya : 1. Sarana ibadah kepada Allah SWT  Anjuran bercocok tanam telah terdapat didalam Alqur'an dan hadist Rasulullah Shallallahu alaihi Wa Sallam  QS Yūsuf : 47 قَالَ تَزْرَعُونَ سَبْعَ سِنِينَ دَأَبًا فَمَا حَصَدْتُمْ فَذَرُوهُ فِي سُنْبُلِهِ إِلَّا قَلِيلًا مِمَّا تَأْكُلُونَ Dia (Yusuf) berkata, "Agar kamu bercocok tanam tujuh tahun (berturut-turut) sebagaimana biasa; kemudian apa yang kamu tuai hendaklah kamu biarkan di tangkainya kecuali sedikit untuk kamu makan. (Dibagikan menggunakan MyQuran myquranina.com)  Hadist dari Rasulullah Shallallahu alaihi Wa Sallam yang diriwaya

DIY: Cara Membuat Cairan Eco Enzyme!

  Sampah dapur menumpuk? Lalu diapakan? Dibuang begitu saja? Stop! Demi membantu mengurangi beban tempat pembuangan akhir (TPA) sampah, mulai sekarang mari mulai memanfaatkan dan mengolah kembali sampah dapur dirumah kita. Bagaimana caranya? Mari kita bahas.  Teman-teman pernah mendengar istilah Eco Enzyme (EE)? Ya, akhir-akhir ini seiring banyaknya kegiatan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) menjadikan orang banyak memiliki waktu luang sehingga salah satunya dimanfaatkan untuk bercocok tanam.  Eco enzyme (garbage enzymes) adalah cairan fermentasi dari sampah dapur. Praktis eco enzyme ini pertama kali dikembangkan oleh Dr. Rosukon Poompanvong, founder Asosiasi Pertanian Organik (Organic Agriculture Association) dari Thailand,. Beliau sudah melakukan riset selama lebih kurang 30 tahun. Kampanye ini beliau lakukan dalam rangka mengurangi global warming akibat efek rumah kaca, yang menyebabkan lapisan ozon menipis. Saat proses fermentasi berlangsung, juga dihasilkan gas O3 atau

Resep Simple Pepes Ikan Patin

  Kemarin nyobain bikin pepes ikan Patin, dan ternyata gampang banget ya bikinnya. Dan ini ga ada bau anyir sama sekali dari ikannya. Dijamin bagi pecinta ikan, pepes ikan bisa menjadi alternatif pilihan menu sehari-hari.  Oh ya kandungan gizi dari ikan Patin ini ga kalah loh sama ikan import, namun harganya ramah dikantong. Jika dilakukan pengolahan yang benar ditambah paduan bumbu rempah yang melimpah, maka ikan Patin akan menjadi kudapan yang lezat. Ikan Patin adalah salah satu kelompok ikan berkumis (Siluriformes) yang juga termasuk ke dalam genus Pangasius dan famili Pangasiidae, sejenis catfish sehingga memiliki bentuk yang hampir sama dengan ikan lele.  Dilansir dari laman doktersehat.com berikut kandungan gizi didalam seekor ikan Patin, protein ikan patin juga cukup besar yaitu sekitar 159 gram yg sangat baik untuk pertumbuhan sel-sel tubuh, kandungan kolesterol yang rendah yakni hanya 21-30 mg untuk setiap 100 gram,kandungan lemak total di dalam ikan patin sekitar 2,55 hingga

Saat anak GTM, Coba cek ini

  Problema anak tidak mau makan alias melakukan gerakan tutup mulut (GTM) adalah momok yang menakutkan bagi Ibu-ibu. Ya, hal ini tentu akan berdampak pada tumbuh kembang (tumbang) anak.Jika anak tidak mau makan dengan gizi seimbang (karbohidrat, protein baik hewan maupun nabati, lemak,Sumber vitamin dan lain-lain), maka penyakit yang mengintai seperti cacingan hingga stunting (gagal tumbuh) pun mengintai. Biasanya GTM terjadi bisa saja menyasar dari usia 9 bulanan hingga usia 5 tahun. Setiap ibu, pada umumnya pernah mengalami anak tidak mau makan. Padahal sudah mencoba berbagai resep home made nan bergizi, namun tidak juga dilirik sang buah hati hiks. Nah, sebagai ibu dengan 2 orang anak (3 tahun dan 1 tahun), Aku juga pernah mengalami anak GTM. Ketika itu anak pertamaku, berusia 9 bulanan, badannya lagi semangat-semangatnya naik 1kiloan setiap bulan, dan tetiba badai GTM menyerang. Usut punya Usut ternyata saat itu anakku lagi mau tumbuh gigi (tumgi). Semua gusinya bengkak, dan alh

Pola pengasuhan anak pertama

  Pernah mendengar celetukan begini : "dimasa kalian sudah enak, ibu sudah tidak lagi sebawel dulu" atau begini "kok zaman adik-adik kok ibu jarang ngomel lagi ya? Dulu zaman kami tiada hari tanpa dengar ibu ngomel" Sering ga sih mendapat kalimat begini dari kakak-kakak mu? ayo ngaku hehe. Yang jadi anak ke 2,3,4 dan seterusnya tentu sering ya mendapat kalimat begini😁 Aku termasuk salah satunya, sebagai anak ke 5 dari 7 bersaudara. Memang ibuku terkesan "memanjakan Kami" , anak-anaknya setelah anak pertama. Yang kutahu memang ibuku lebih "kalem" terhadap Aku dan adik-adik.Itu mungkin ini yang dirasakan kakak-kakakku sehingga mungkin saja memunculkan sifat kurang adil diantara adik beradik. Adik-adik di anggap lebih manja dan kurang mandiri. Padahal tidak juga, tetap hal yang fundamental seperti pendidikan aqidah, personal skill dan kemampuan sosial termasuk sifat-sifat kemandirian sangat ditanamkan dengan tegas pada Kami. Meski pola pengasuhan s