header maminca sharing

Inner Beauty dan Physical Beauty

Konten [Tampil]


"Mami, tetei sudah cantik?" tanya Queensha suatu hari.

Hah? Aku kaget sekali dengan pertanyaan ini, belum pernah sebelumnya dia bertanya begini kepadaku. Dia bertanya setelah menyematkan sedikit polesan lip tint di bibir mungilnya. Anak memang peniru ulung.

Bocah kecil ini bisa melakukannya karena sering melihat ibunya melakukan hal serupa setiap hari. Anak perempuan yang beberapa hari lagi menginjak usianya yang ke-4 tahun, sudah bisa bertanya tentang konsep cantik.

Ah apakah ini memang sudah sewajarnya sesuai fitrah atau karena faktor lingkungan? aku sendiri tidak begitu mengerti. Yang pasti aku masih terus belajar untuk menjadi orang tua yang memahami tumbuh kembang anak.

"Masya Allah, cantik dong..tetei kan memang cantik!" seruku sambil tersenyum dan memeluk hangat. 
"Tetei pake lipstick mami"
" Oh ya?" (pura-pura kaget)
"Iya, tetei cantik kan? coba mami lihat" (ujarnya sembari menunjuk bibir) 
"Iya ya Allah, cantiknya anak mami" (sambil mikir lagi ya Allah apes deh nasib lip tint gue) 
"makasih mami, tetei sayang sama mami"

Ah anak kecil yang tahu berterima kasih, pikirku. Mendapat pujian cantik langsung berbinar dan berterima kasih. Memang begitulah perempuan pada dasarnya senang mendapat pujian, apalagi jika dipuji tentang penampilan.

Seolah tampilan cantik dan menarik adalah hasil akhir dari perjalanan panjang perawatan sepanjang hidup. Dan segala bentuk pujian terhadap penampilan adalah bagian apresiasi terhadap buah dari usaha yang tiada henti itu.

Baca juga : Sharing time : Peran Keluarga Sebagai Support Sistem Penyintas Kekerasan Seksual

Hey, para suami sering-sering lah memuji istrimu cantik meski kau tahu bahwa istrimu tak secantik model FTV. Setidaknya dia lah yang telah menemani, melayani, merawat dan memilihmu sebagai labuhan terakhir untuk mengabdikan diri.

Tidak mahal, tanpa biaya, tanpa perantara dan cukup mudah, berikan pujian sebagai balasan dari setiap usahanya setiap hari bersamamu.

Kecantikan Fisik (Physical beauty) versus kecantikan dari dalam (Inner beauty)

Beragam pendapat yang mengatakan bahwa kecantikan dari dalam (inner beauty) jauh lebih penting dari pada kecantikan fisik (physical beauty).

Namun ada juga yang terlalu mengagungkan kecantikan fisik sehingga melupakan kecantikan dari dalam.

Sebenarnya konsep mana yang sebaiknya di pegang? Keduanya sama-sama penting dan sama-sama saling melengkapi. Keberadaan keduanya didalam diri wanita akan membuat kesempurnaan dalam balutan 'cantik' yang sesungguhnya pada wanita.

Pengertian Physical Beauty 

Mari kita lihat, bahwa kecantikan fisik (physical beauty) adalah kecantikan yang tampak dari tampilan luar.

Bisa terlihat atau ditunjukkan dengan berpenampilan rapi, bersih dan pandai memandu padankan penampilan sehingga tampak sedap dipandangan mata (eye catching) .

Tampilan yang eye catching seolah membuat banyak orang yang memandang merasa senang dan ingin berlama-lama menatap keagungan ciptaan Tuhan ini.

Makanya tak heran jika banyak perempuan berlomba-lomba untuk menampilkan versi terbaik dari penampilan yang bisa ditangkap mata ini.

Baca juga : Manajemen keuangan keluarga anti bocor ala Maminca

Pengertian Inner Beauty

Sedangkan, konsep kecantikan dari dalam (inner beauty) atau ada yang menyebut kecantikan hati adalah kecantikan yang lahir dari hati, yang bisa ditunjukkan dengan menampilkan potensi (ilmu), sikap dan perilaku terbaik.

Tampilan cantik dari dalam bisa dilihat dari tingginya ilmu, berbahasa sopan, berlemah-lembut, sabar, penyayang, dan beragam sikap teladan lainnya.

Banyak yang menganggap bahwa inner beauty jauh lebih penting dibanding physical beauty. Benarkah demikian? Sebenarnya kedua konsep cantik ini adalah satu kesatuan yang saling melengkapi, tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Jika seorang perempuan hanya menonjolkan inner beauty saja tapi dengan penampilan fisik  yang tidak terurus, tidak rapi, bersih dan bahkan cenderung amburadul, maka akan sulit untuk dapat melihat kecantikan dari dalam.

Sebaliknya jika hanya sibuk menampilkan kecantikan fisik tanpa diimbangi dengan sikap dan tingkah laku terbaik, maka cantik fisik tidak berarti apa-apa.

Kenyataan yang sering terjadi adalah pendapat keliru tentang kecantikan yang dianut sebagian kecil orang adalah bahwa kecantikan fisik jauh lebih penting dari pada kecantikan hati, maka cenderung membuat kita terlalu sibuk dengan tampilan luar tanpa menambah 'isi dan kualitas' didalam diri.

Sedangkan disisi lain ada yang beranggapan bahwa kecantikan dari dalam atau inner beauty jauh lebih penting dari pada kecantikan fisik, maka akan membuat kita acuh bahkan cenderung asal-asalan dengan tampilan luar.

Bagaimana Membuat Kedua Konsep Kecantikan Ini Seimbang (Balance)?


Mengenai konsep cantik diluar (physical beauty) dan cantik didalam (inner beauty) memiliki esensi dan peran masing-masing. Kolaborasi keduanya menjadikan seorang perempuan semakin sempurna "kecantikan-nya" dengan segala kelebihan dan kekurangan. 

Kecantikan dari dalam (Physical beauty) 

Ketika seorang wanita menginginkan adanya kecantikan dari dalam (Inner beauty) pada dirinya, maka banyak hal yang bisa dilakukan demi menumbuhkan inner beauty didalam diri seseorang diantaranya :

✍️ Banyak bersyukur

Dengan banyaknya bersyukur kepada Allah SWT dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada didalam diri, memiliki sikap penerimaan yang baik, tidak merubah apa yang sudah diciptakan dengan alasan yang tidak diterima syariat, maka sudah menjadi modal awal untuk tampil cantik. Dan inner beauty itu sendiri akan muncul didalam diri seseorang sering dengan banyaknya bersyukur.

✍️ Menghargai diri sendiri

Cantik itu adalah bentuk penghargaan, penghargaan terhadap diri sendiri, pendapat orang lain berupa pujian dan sebagainya adalah bentuk penghargaan orang lain terhadap diri kita.

Sebaiknya, sebelum mengharapkan orang lain memberikan apresiasi berupa pujian mengenai penampilan dan sebagainya, si empunya tubuh harus merasa cantik dan menghargai diri sendiri dulu.

Baca juga : Benarkah ada orangtua yang gagal?

✍️ Mengembangkan potensi yang ada

Sisi lain untuk menumbuhkan inner beauty adalah mengembangkan segala potensi yang ada, maka cari tahu potensi apa yang paling menonjol yang ada didalam diri sendiri, dan terus mengasah kemampuan untuk menunjang penampilan dari segi inner beauty.

✍️ Introspeksi diri dan open minded

Sikap dan perilaku yang membuat seorang perempuan memiliki kecantikan hati adalah gemar melakukan introspeksi diri terhadap setiap tindakan maupun kesalahan yang dilakukan serta  open minded atau terbuka terhadap kritik dan saran.

Kecantikan fisik (Physical beauty) 

Kecantikan fisik akan sempurna dan bertahan lama jika terus di rawat dan dijaga.

Maka untuk mendapatkan kecantikan yang fisik yang optimal bisa dilakukan dengan cara-cara berikut :

✍️ Konsumsi makanan sehat dan rajin berolah raga

Menerapkan pola hidup sehat misalnya dengan menghindari makanan cepat saji (fast food), junk food ataupun makanan yang di goreng dengan minyak berlebih.

Rajin melakukan olah raga rutin minimal 30 menit sehari, olah raga ringan yang paling mudah nan murah dilakukan adalah jalan kaki. 

✍️ Melakukan perawatan tubuh (Skin Care Optimation) 

Bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan tubuh, mandi minimal 2x sehari, keramas rutin minimal 3-4x seminggu. Melakukan perawatan kulit dengan lulur atau body scrubs yang bisa diaplikasikan minimal seminggu sekali. Rajin memberikan wajah sebelum tidur dan gunakan pelembab wajah. 

✍️ Rutin Mengkonsumsi Herbal

Kebersihan tubuh bisa dilakukan dengan selalu memberikan perawatan rutin seperti yang telah disebutkan di atas. Namun ada juga kebersihan yang harus tetap di jaga dari dalam, seperti masalah bau badan hingga kebersihan organ kewanitaan.

Bau badan bisa menjadi masalah besar yang menghapus citra cantik didalam diri seseorang. Untuk menghilangkan bau badan bisa dengan mengurangi konsumsi makanan bawang putih dan bawang merah, konsumsi rebusan daun beluntas dan rajin mengkonsumsi jamu tradisional seperti kunyit asem atau bisa dengan konsumsi infused water 

✍️ Selalu berpikir positif 

Percaya atau tidak, ternyata pikiran positif juga dapat menambah aura kecantikan diri setiap perempuan. Dengan berpikir positif bisa terhindar dari segala bentuk prasangka buruk dan pikiran stress.

Stress bukan hanya menimbulkan berbagai macam penyakit, namun juga bisa terindera dari tampilan mimik wajah. Maka berpikir positif menjadikan seseorang selalu tampak happy dan menampilkan aura kecantikan yang sesungguhnya. 

Pesan "Kecantikan" Untuk My Queens, Queensha dan Khaily 

Anak-anakku, apa yang terlihat diluar memang belum sepenuhnya mencerminkan apa yang ada didalam hati. Namun kebaikan hati yang tulus ikhlas akan mudah tampak dengan tampilan yang menarik pandangan mata.

Cantik itu bukan untuk di puji atau disenangi banyak orang, tapi cantik itu untuk diri sendiri, sebagai bentuk penghargaan dan wujud syukur kita kepada Sang Khaliq. Cantik hati dan cantik fisik keduanya sangatlah penting, tidak ada kebaikan yang datang dari hati yang kotor, tidak ada kecantikan yang tampak dari penampilan yang ala kadarnya, meski teladan banyak diberikan.

Tampilan sederhana namun dengan versi terbaik kalian justru lebih memikat dibanding tampilan glamor tapi meniru orang lain. 

Baca juga : DIY: Membuat Hamper Untuk Hantaran Nikah 

Ingatlah nak, pandai-pandailah menjaga dan menyeimbangkan keduanya. Berikan hak-hak yang semestinya kepada fisik dan raga kalian, karena semua yang ada pada diri ini akan 'berbicara' dan menuntut pertanggung jawaban kita di hadapan Rabbul Izzati.

Pada hari, (ketika) lidah, tangan, dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan (QS Annur : 24) 

Pesan mami kepada kalian, apa yang dikenakan orang lain belum tentu pantas dan cantik jika dipakaikan di badan kita. Tidak perlu meniru orang lain, tampilan sederhana dengan balutan ilmu, sikap, dan  teladan terbaik justru lebih menarik.

Ingat juga nak, bahwa semua perempuan itu cantik karena telah diciptakan Allah SWT dalam bentuk yang paling sempurna. Tak perlu mencari kesempurnaan dalam setiap tampilan, tapi berikan tampilan inner beauty yang sempurna  dalam balutan physical beauty disetiap kesempatan. 


Salam Sayang, 

Dari Mami 


#indonesiancontentcreator #odopiccday13 #mamincasharing #maminca_kecantikan #maminca_resolusi #CantikDiluarCantikDidalam #30HariBercerita


Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

10 comments

  1. Konsep cantik yang ditanamkan oleh ibu yang mengerti pesannya secara utuh menjadi luar biasa Mba

    ReplyDelete
  2. Jadi inget drakor true beauty hehe
    Kadang kita berusaha tampil cantik di depan orang dengan berbagai cara sampe lupa arti cantik yang sebenarnya ya mba :)

    ReplyDelete
  3. Bersyukur, terus perawatan lainnya ngikut.
    Nice Mbaa

    ReplyDelete
  4. MasyaaAllah...nice sharing mba
    Jazakillah khayran ilmunya

    ReplyDelete
  5. Kadang kita lupa, kalau cantik itu bukan cuma cantik fisik, tapi yg terpenting inner beauty. Alhamdulillah diingatkan lagi :)

    ReplyDelete

Post a Comment