header

Pisang Keju, Kuliner Batam Ramah di Kantong

Konten [Tampil]

Assalammualaikum warahmatullah wabaarakatuh 

Hai moms dan teman-teman blogger semua apa kabarnya di hari ke-4 tahun 2021 ini? Semoga kita senantiasa diberi kesehatan dan selalu berada dalam lindungan Allah Subhanahu Wata'Ala ya, amin. Gimana? 

Semakin semangat kan menyambut hari-hari baru yang akan kita lalui berikutnya? Insya allah ya. Oh ya Artikel ini diikutsertakan dalam ODOP ICC X Mubadalah.id 

Nah kali ini, aku mau membahas seputar dunia kuliner. Agar blog Maminca Sharing ini beragam sekaligus dalam rangka memenuhi challenge one day one post dari Indonesia Content Creator hari ke-4 yang bertema kuliner. Wah enak ya, kuliner.

Apa yang terbayang pertama kali kalau mendengar kata kuliner? Kenyang? Makan? Enak? Wah pokoknya yang enak-enak ya, apalagi Indonesia kaya akan kulinernya yang sangat enak dan tentunya ramah dikantong. 

Sebenarnya dunia kuliner merupakan bahasan yang paling jarang banget aku tulis. Why? Karena memang aku jarang kulineran. Jadi dunia ini terasa asing banget bagi aku, lagian aku bukan tipe yang suka makan haha.

Makan hanya secukupnya dan kalau lapar saja. Jadi hanya sedikit bahan tulisan yang bisa kubagikan. Namun kali ini, baiklah aku harus menambah khazanah pribadi dibidang kuliner. 

Berbicara kuliner nusantara, tentu sangat banyak yang bisa disebutkan. Saat berlibur ke suatu tempat atau ke suatu daerah maka yang pertama kali ditanyakan kepada sang pemandu wisata pasti adalah "apa makanan khas daerah sini yang terkenal" Ya kan? Atau juga saat ada teman atau saudara pergi ke daerah tertentu entah karena bertugas atau berlibur, pasti minta dibawakan oleh-oleh khas kuliner setempat. 

Minggu kemarin, ada saudara kami yang melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta, dan sepulang dari sana bisa dipastikan kami pun dihadiahi kuliner setempat, yaitu lumpia Jogja.

Begitulah, kebiasaan berkirim buah tangan saat habis pergi ke suatu tempat juga menjadi semacam tradisi yang banyak dilakukan.

Nah, karena aku dan suamiku tinggal di Batam- Kepulauan Riau, sebuah kepulauan kecil di penghujung batas Indonesia. Pulau Batam berbatasan langsung dengan negara Singapore dan Malaysia.

Dari Batam-Singapore hanya ditempuh dengan kapal cepat dalam waktu 45 menit - 1 jam perjalanan laut. Batam-Malaysia pun juga dengan perjalanan laut dalam waktu kurang dari 2 jam. Tak jarang setiap harinya ribuan turis negara tetangga berdatangan ke Batam. 

Membahas kuliner, Batam pun tidak lepas dari dunia kuliner yang beragam. Mulai dari makanan lautnya yang terkenal, yang diolah dalam varian seperti soup ikan, gonggong, kepiting saos pedas, udang mentega, sotong goreng tepung, juga kuliner nusantara lain seperti sate, luti gendang, mie sagu, mie tarempa, termasuk juga pisang keju Batam. 


Pisang Keju, kuliner Batam Ramah di Kantong
sumber foto : pencarian google


Dua jenis makanan terakhir adalah favoritku banget loh. Ya mie tarempa dan pisang keju. Saking senangnya menyantap dua kuliner tersebut aku sampai belajar cara membuatnya.

Namun untuk mie Tarempa, belum berhasil membuatnya namun untuk pisang goreng keju karena gampang membuatnya akhirnya bisa juga membuat yang krispi. 

Nah kali ini, aku membahas sedikit mengenai kuliner khas Batam yaitu pisang goreng keju. Sekilas memang tampak seperti kudapan pisang goreng biasa, namun tekturnya yang tipis dan renyah ditambah dengan taburan keju dan kental manis diatasnya membuat lidah penikmatnya tidak akan berhenti untuk memakannya. hmm benar-benar yummy hehe. 

Jika berkunjung ke Batam ada beberapa tempat kuliner pisang keju yang bisa dikunjungi diantaranya yang terkenal dan rasanya lumayan enak adalah pisang goreng keju di Sungai panas dan pisang goreng keju Terowongan.

Dua nama tempat ini terletak disekitar Sungai panas dan Nagoya, hanya sekitar 30 menit dari bandara Hang Nadim Batam . Namun, aku lebih sering membeli yang pisang goreng keju Sungai panas.

Harganya pun cukup murah hanya seharga kurang dari 20 ribu untuk sekotak pisang keju yang bisa disantap 3-4 orang. Murah Kan? Nanti bila berkunjung ke Batam, Jangan lupa mampir dan mencoba ya.


Pisang Keju, kuliner Batam Ramah di Kantong


Manfaat buah pisang bagi kesehatan


manfaat pisang
Pisang Barangan.sumber foto pencarian google

Nah untuk buah pisang sendiri memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan. Karena kandungan vitamin yang terkandung didalamnya, pisang juga memiliki sifat anti oksidan tinggi dan kaya serat.

Buah pisang mengandung vitamin yang lumayan lengkap seperti kalium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan, karbohidrat, protein dan sedikit lemak.

Memiliki Kandungan Serat yang Tinggi

Kandungan serat yang terdapat dalam buah pisang sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan. Nah pengalaman aku sehabis melahirkan, perkara BAB pasca melahirkan tentu menjadi momok menakutkan bagi Ibu-ibu.

Namun biidznillah, karena aku mengkonsumsi 4-5 buah pisang barangan dalam sehari dan air yang cukup banyak masalah BAB pasca melahirkan tidak masalah lagi.

Sebagai Anti Oksidan

Kandungan antioksidan dalam buah pisang dapat membantu mengurangi kerusakan dari radikal bebas dan menghindarkan dari serangan beberapa penyakit. Jadi banyak mengkonsumsi buah pisang bisa bikin awet muda loh.

Sebagai Nutrisi Diet Sehat 

Nah, bagi moms dan teman-teman blogger yang ingin diet sehat, pisang bisa menjadi pilihan buah yang sangat baik untuk di konsumsi. Selain kandungan vitamin cukup banyak, kandungan karbohidrat dan proteinnya juga terdapat didalam buah pisang. Jadi tidak perlu khawatir kelaparan dan lemas karena kurang karbohidrat dan protein. 

Memperbaiki Mood

Ternyata buah pisang juga mampu membantu memperbaiki suasana hati loh. Ini pengalaman aku lagi, pasca melahirkan tentu lah kondisi hormon tubuh lagi tak menentu, entah karena memang kondisi psikologis maupun kondisi lingkungan yang berubah dengan kehadiran anggota keluarga baru.

Biasanya emosi naik turun, dan cenderung mudah emosi dan super sensitif. Karena pisang mengandung triptofan dan asam amino, dengan mengkonsumsi pisang dalam jumlah yang aku sebutkan diatas, mampu membantu menstabilkan emosi dan membuat suasana hatiku menjadi lebih bahagia. 

Olahan Pisang

Mengolah buah pisang sangatlah gampang, bisa diolah dengan berbagai macam kudapan yang bisa di sajikan dalam waktu singkat. Tergantung dari realisasinya saja sih, kadang niatnya kepingin membuat sesuatu tapi realisasinya yang lama (haha ngaku).

Buah pisang termasuk sangat mudah dijadikan kudapan santai. Pisang yang masak bisa dimakan langsung, Ataupun di kukus bila ingin mendapat tekstur yang lebih lembut bisa juga dibuat kolak, atau juga pepes pisang. 

Kalau dirumah, biasanya pisang yang matang biasanya diolah menjadi kolak ataupun dibuat pisang keju. Namun terkadang, buah pisang sudah keburu habis sebelum diolah.

Kali ini aku memberikan resep olahan pisang goreng keju yang biasa sajikan dirumah bersama anak-anak. Pisang yang aku pakai adalah jenis pisang barangan. Karena selain harganya murah cuma 12 ribu per kilo, juga sangat mudah didapat didaerahku. Berikut resep rumahan olahan pisang keju krispi ala kami. 

Resep Pisang Keju Krispi


pisang keju krispi

Bahan utama :

🌈 1/2 sisir pisang barangan, iris memanjang (boleh pisang jenis lain,pilih yang 3/4 matang ya)

 ðŸŒˆ 250 ml minyak goreng


Bahan adonan :

🌈 3 sdm tepung terigu

🌈 2 sdm tepung kanji

🌈 1/2 sdt kunyit bubuk

🌈 1/4 sdm garam halus

🌈 1/2 sdt bubuk kayu manis

🌈 3 sdm kental manis

🌈 50 ml air putih

Bahan olesan :

🌈 200 gram tepung terigu atau tepung panir

🌈 2 sdm kenal manis

🌈 100 gram keju parut

Cara membuat :

🌈 Campur bahan adonan hingga kalis , dan masukkan pisang yang sudah di iris memanjang satu persatu.

🌈 Ditempat terpisah, siapkan tepung panir dan lumuri pisang hingga menutupi semua permukaannya,sisihkan.

🌈 Lakukan satu persatu hingga pisang habis. 

🌈 Goreng hingga berwarna kekuningan, angkat dan tiriskan 

🌈 Oleskan kental manis sebelum di taburi keju parut

🌈 Siap di sajikan dengan cinta. 

Salam,

Mom QueenMQ

#odopicc #30hbcicc #indonesiancontentcreator #odopiccday4

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

6 comments

  1. asyik nih ada resepnya, aku mau eksekusi nanti weekend di rumah buat anak - anak

    ReplyDelete
  2. Mantaaappp, pisang selalu jadi cemilan favorit ya mom, aku pun suka 😋🤤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. Murah meriah Kan, ayo kak Iffi bikin sendiri aja, makin muraahh😆

      Delete
  3. boleh juga nih resepnya, kebetulan saya juga lumayan suka makan pisang ^^

    ReplyDelete

Post a Comment