header

5 Keutamaan Bulan Ramadhan dan Cara Mempersiapkan si Kecil Berpuasa

Konten [Tampil]

Assalammualaikum warahmatullah wabaarakatuh 

Alhamdulillah kita sudah memasuki pertengahan Sya'ban artinya sebentar lagi bulan penuh keberkahan akan segera tiba. Ya Ramadhan Kareem akan segera datang menghampiri kita. Seberapa gembirakah kita menyambut datangnya tamu agung ini? Ibnu Rajab al-Hambali mengatakan bahwa, 

“Bagaimana tidak gembira? seorang mukmin diberi kabar gembira dengan terbukanya pintu-pintu surga. Tertutupnya pintu-pintu neraka. Bagaimana mungkin seorang yang berakal tidak bergembira jika diberi kabar tentang sebuah waktu yang di dalamnya para setan dibelenggu. Dari sisi manakah ada suatu waktu menyamai waktu ini (Ramadhan)"

Masya Allah bagaimana kita tidak bergembira dengan segala keutamaan dan kebaikan yang ada pada bulan Ramadhan. Sepatutnya kita menyambutnya dengan suka cita dan bersiap dengan amalan yang sudah kita targetkan untuk dilakukan dibulan penuh ampunan ini. Apa sih keutamaan bulan Ramadhan ini? dan jika kita memiliki anggota keluarga yang masih balita bagaimana cara mempersiapkan si kecil berpuasa? 

5 Keutamaan Bulan Ramadhan dan Cara Mempersiapkan si Kecil Berpuasa

Mengapa perlu persiapan dalam menyambut bulan suci Ramadhan? Sebagaimana firman Allah berikut ini :

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah:183)

Jadi mempersiapkan si kecil untuk berpuasa artinya kita sedang mempersiapkan dia kelak menjadi orang beriman dan bertakwa. 

Berikut 5 keutamaan yang hanya bisa ditemui disaat bulan Ramadhan. 

5 Keutamaan Bulan Ramadhan dan Cara Mempersiapkan si Kecil Berpuasa

1. Bulan Ramadhan adalah Penuh Berkah

Bulan Ramadhan adalah bulan yang didalamnya penuh dengan kebaikan dan keberkahan. Segala amal perbuatan dicatat sebagai amalan yang diganjar dengan pahala berlipat ganda. Maka tak heran jika bulan ini adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat muslim seluruh dunia. Karena ada satu amalan yang tidak kita temui dibulan-bulan lainnya yaitu puasa Ramadhan. Seperti hadits berikut ini yang menyatakan bahwa :

"Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian" (HR.Ahmad, An-Nasa'i dan Al-Baihaqi).

2. Bulan Penuh Ampunan

Puasa Ramadhan juga bisa menghapus dosa-dosa yang telah lalu, maka bulan Ramadhan ini disebut juga sebagai bulan ampunan. Sebagaimana Nabi SAW pernah bersabda yang artinya:

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" (HR. Bukhari dan Muslim) 

3. Bulan Turunnya Alqur'an 

Bulan Ramadhan juga dijadikan sebagai bulan mulia sebagai bulan diturunkannya Alqur'an yaitu pada tanggal 17 Ramadhan. Maka bulan Ramadhan ini disebut juga sebagai syahrul Quran yaitu bulan di turunkannya Alqur'an. 

4. Bulan dibukanya Pintu Surga dan ditutupnya Pintu Neraka

Hanya dibulan Ramadhan inilah kita bisa dapati bahwa pintu surga terbuka seluas-luasnya dan pintu neraka ditutup serapat-rapatnya. Artinya apa? inilah bulan dimana kita berkesempatan meraih surganya Allah dan memperoleh ampunan dengan amalan-amalan yang kita lakukan dibulan puasa ini. 

Rasulullah SAW bersabda sebagaimana telah diriwayatkan dalam hadits berikut ini:

"Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kamu berpuasa, karena dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu syaitan-syaitan, serta akan dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak berhasil memperoleh kebaikannya, sungguh tiadalah ia akan mendapatkan itu untuk selama-lamanya." (HR. Ahmad, An-Nasa'i, dan Baihaqi).

5. Adanya Malam Lailatul Qadar

Pada bulan Ramadhan juga terdapat satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan yaitu malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar terdapat diantara 10 malam terakhir dibulan Ramadhan. Maka di 10 malam terakhir itu banyak orang semakin giat meningkatkan ibadah dan amalan-amalan shalih demi mendapatkan malam kemuliaan ini. 

Allah berfirman yang artinya:

“Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al-Qadr:1-3).

Baca juga : Review Buku : 60 Hadits Shahih karya KH Faqihuddin Abdul Kodir 

Nah, moms sudah tahu kan tentang keutamaan bulan suci Ramadhan? Sekarang gimana sih agar si kecil juga ikut merasakan dan mulai terbiasa dengan ritme dan agenda ibadah di bulan ini. Beberapa kegiatan ada yang berubah, seperti kegiatan sehari-hari anak-anak tentunya disesuaikan dengan tema Ramadhan. Mom Queen sendiri baru mulai tahun ini mengajarkan dengan intens tentang puasa pada si sulung, Queensha. Karena memang ditahun ini usianya baru genap 4 tahun. Mungkin moms disini yang memiliki anak usia lebih besar bisa juga berbagi tips dalam mempersiapkan Ramadhan bagi si kecil. 

Berikut ini cara mom Queen dalam mempersiapkan Ramadhan untuk si kecil yang berusia 4 tahun, bagi yang memiliki anak berusia lebih besar bisa disesuaikan dengan kondisi dan prinsip keluarga masing-masing ya. 

5 Keutamaan Bulan Ramadhan dan Cara Mempersiapkan si Kecil Berpuasa

◾Sounding

Beberapa hari menjelang bulan puasa (biasanya 1 bulan menjelang puasa), mom Queen sudah sudah mulai sounding tentang bulan Ramadhan. Soundingnya yang ringan-ringan aja sih. Tentang apa itu puasa, apa yang dilakukan kalau sedang berpuasa, do's and don't  saat berpuasa, amalan-amalan dibulan puasa dan sebagainya. Tentunya semua disampaikan dalam bahasanya anak-anak. Metodenya seperti bercerita, tanya jawab, ga monoton yang penting berkesinambungan terus. 

Baca juga : Belajar Tentang Kasih Sayang Dari Anak 

◾Menghias Rumah

Kalau ditahun kemarin ada agenda menghias rumah ala DIY, sepertinya karena tahun ini baru kehadiran anggota keluarga baru lagi (baca: bayi) acara bebikinan ini di ganti dengan bebelian hehe. Intinya tetap menghias rumah sih, cuma ornamennya semua beli, nanti dirumah tinggal pasang. Apa sih sebenarnya pelajaran dibalik menghias rumah ini di awal Ramadhan? Bagi kami, menghias rumah ini adalah agar membangkitkan semangat anak-anak dalam menyambut Ramadhan. Kalau dulu waktu kecil kami di ajarkan bebersih rumah menjelang puasa, kini anak-anak juga diajak melakukan hal yang sama, agar perasaan 'gembira' menyambut Ramadhan bisa sampai ke anak-anak. Jika dalam keluarga moms ada cara lain, boleh banget diterapkan. 

Baca juga : DIY: Membuat Hamper Untuk Hantaran Nikah 

◾Menyusun Schedule Kegiatan Ramadhan

Agenda lainnya dalam persiapan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan adalah membuat to do list atau target amalan selama bulan puasa. Target ini bukan cuma buat anak-anak, tentunya orang tua juga harus lebih dulu membuat target baru bisa ditularkan ke anak-anak. Misalkan berapa kali khatam qur'an (bagi orang tua), ke anak-anak bisa diterapkan dengan berapa hapalan surah. Berapa kali sholat Dhuha, sholat tahajud dan sebagainya. Dari to do list yang ada baru kemudian dibuat kan schedule pelaksanaan kegiatan. Jadwal kegiatan Ramadhan ini juga disesuaikan dengan kondisi keluarga masing-masing. Yang penting tidak memaksakan dan baku pelaksanaannya, flexible menurut moodnya anak-anak juga. 

◾Metode Bercerita 

Cara berikutnya dalam persiapan menyambut Ramadhan ini adalah dengan metode bercerita. Diatas telah disinggung mengenai cara ini. Kalau Queensha diusia 4 tahun ini lagi senangnya mengetahui banyak hal. Pertanyaan seputar "ini apa?" atau "ini kenapa?" kemudian "kenapa harus begini begitu" dan seterusnya. Sepertinya tidak akan habis dijelaskan dalam sekali waktu makanya butuh waktu yang agak panjang untuk menjelaskan tema puasa ini. Menggunakan metode bercerita lewat gambar atau buku sangat membantu. 

Baca juga : Pasta Gigi dan Mouthwash khusus Ibu Hamil dan Menyusui  

◾Role Play Puasa

Nah, permainan role play juga bisa sangat membantu dalam menjelaskan tentang puasa pada si kecil. Apalagi jika si kecil sudah memiliki adik yang bisa diajak turut serta dalam role play ini. Karena Queensha sudah memiliki adik yang hampir berusia 2 tahun, jadi dalam penerapan role play ini sangat efektif jika ada 'lawan main'. Role play puasa bisa dimulai dengan penjelasan do's and donts saat puasa, biasanya sang adik lebih cepat 'nurut' nya dibanding kakak yang sudah lebih kritis. Adik akan langsung gercep atas perintah dalam role play, sedang kakak biasanya akan bertanya ini itu dulu sebelum melakukan. Ini semacam saling melengkapi permainan. Awalnya butuh penyesuaian, tapi lama kelamaan asik juga role play dengan tema puasa ini. 

Baca juga : Bunga Sakura Batam, Alternatif Wisata Murah 

Bismillah, si Kecil Siap Berpuasa

Nah setelah beberapa persiapan menyambut Ramadhan buat si kecil di atas sudah dilakukan, biidznillah semoga si kecil lancar menjalankan puasanya. Diawal  ini kami menerapkan sistem hadiah bagi yang bisa mencapai target. Ga masalah apabila ingin menerapkan aturan yang lain, namun anak-anak seyogianya akan semangat apabila ada sesuatu yang mengimingi, seperti halnya kita dijanjikan surga apabila menjalankan perintah agama, begitu pun juga anak-anak. Untuk bercerita surga seperti apa belum sampai pada logika mereka. Maka menjanjikan hadiah tertentu lebih mudah diterima akal mereka saat ini. Jangan khawatir dengan anggapan bahwa anak-anak menjadi bermental 'kuli' dan sebagainya karena sistem hadiah ini, lambat laun dengan terus memberikan pengertian, mereka akan paham dengan sendirinya. Selamat menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, mohon maaf lahir dan bathin ya.


Salam,

Mom QueenMQ 


Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

13 comments

  1. Wah pasti menyenangkan untuk Queensha dan adiknya. Semoga lancar targetnya selama Ramadhan nanti ya mba :)

    ReplyDelete
  2. Waah..semangat mom queen..
    Klo azka suka semangat ikut sahur, tpi giliran bangun maunya bobo lagi.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Azka dah mulai belajar sahur ya.. MasyaAllah, anak-anak gemeshin deh kalo begini hihi

      Delete
  3. Masya Allah. Lengkap nih tulisannya. Saya juga lagi sounding si bungsu untuk belajar puasa. Semangat semua untuk para ibu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Um.. Makasih sudah berkunjung, terima kasih ilmunya ya

      Delete
  4. S3marak banget persiapan ramadannya mba.. Ada hoas rumah juga. Pasti queensha semangat bgt puasanya ya..

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih sharingnya mbaa, bagian keutamaan Ramadan sebagai reminder dan bagian persiapan untuk si kecil jadi bekal ilmu buat nanti hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah semoga bermanfaat, ambil yang baiknya aja ya mba

      Delete
  7. perbanyaklah belajar membaca alquran di bulan romadhon

    ReplyDelete

Post a Comment