header

Aplikasi Cek Kesehatan Ibu dan Anak di SehatQ.com Bikin Praktis!

Konten [Tampil]

     
Aplikasi SehatQ.com

Aplikasi Cek Kesehatan Ibu dan Anak di SehatQ.com Bikin Praktis - Hai Moms pernah mengalami tiba-tiba anak badannya panas, kemudian batuk yang lama dan tidak tahu apa penyebabnya? Padahal sudah melakukan prosedur prokes yang ketat setiap harinya.

Saya mempunyai teman seorang Moms, yang mengalami hal serupa. Anaknya tiba-tiba sakit demam kemudian batuk yang lama. Dan ketika batuk anaknya merasakan kesusahan bernapas. Bernapas membuatnya sangat kepayahan.

Sebagai Ibu, tentu teman Saya merasakan kekhawatiran terhadap anaknya. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini. Sesak napas karena batuk bisa saja terjadi karena virus Covid-19 yang sedang menjadi wabah saat ini.

Demi mengetahui kondisi kesehatan anak, teman Saya membawa anaknya ke Rumah Sakit terdekat. Prosedur rumah sakit tentu saja melakukan pengecekan antigen dan PCR untuk pasien dengan kondisi medis seperti anak teman saya. Anehnya hasil antigen maupun PCR menunjukkan negatif Covid.

Kemudian Dokter melakukan observasi dan pemeriksaan lebih lanjut kepada sang anak. Setelah itu baru diketahui, bahwa si Anak mengidap penyakit Asma. Teman saya baru sadar, bahwa orang tuanya memiliki riwayat penyakit asma.

Menurut Dokter yang menangani anaknya, mungkin saja penyakit Asma yang diderita anak, diturunkan secara genetik. Penyakit Asma memang memiliki treatment yang lebih banyak dibanding penyakit lain. Harus dicegah faktor pencetus terjadinya penyakit susah bernapas ini.

Penyakit Asma dan Cara Mencegah Asma Kambuh

   
Penyakit Asma

Dari laman website SehatQ.com, penyakit Asma adalah penyakit saluran pernapasan yang menyempit, membengkak, dan menghasilkan lendir yang yang berlebihan. Penyakit Asma tidak bisa disembuhkan, tetapi penyakit ini sangat mungkin untuk dikendalikan.

Gejala penyakit Asma yang biasa terlihat adalah batuk, susah bernapas, dada terasa sesak dan menimbulkan suara ngik-ngik ketika menarik napas (mengi).

Cara Mencegah Asma Kambuh


Dikutip dari laman Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada upaya-upaya yang bisa dilakukan dalam pencegahan penyakit Asma yaitu dengan cara:

1. Stop Merokok


Merokok bisa menjadi faktor penyebab kambuhnya penyakit Asma. Diperlukan kesadaran tinggi dari para perokok agar penderita Asma ini bebas dari asap rokok.

Katadata.co.id menyebutkan ditahun 2013, hasil Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan menyebutkan hampir 75 penduduk Indonesia adalah perokok pasif. Perokok pasif di negara khatulistiwa ini mencapai 96,9 juta jiwa. Terdiri atas 30,2 juta jiwa laki-laki dan 66,7 juta orang perempuan. 

2. Cegah Faktor Pencetus Asma


Jauhi paparan asap rokok, debu dan polusi udara serta berbagai jenis bau yang bisa menjadi pencetus Asma kambuh. P2PTM juga menyebutkan paparan wangi parfum, obat semprot serangga, serta deterjen pencuci juga bisa menjadi pencetus terjadinya Asma kambuh.

3. Budayakan Hidup Bersih

   
no pet

Bagi penyintas Asma, sangat tidak disarankan untuk memelihara hewan seperti Anjing dan Kucing. Bulu yang berasal dari kedua hewan ini rentan menjadi penyebab penyakit Asma berulang.

4. Lakukan Tindakan Preventif Pada Perabot Rumah


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan, penderita penyakit Asma dapat menggunakan perabot rumah tangga seperti kasur dan guling dari bahan sintetis. Bisa juga dengan menggunakan kain penutup dari bahan sintetis
   
keep clean

Disarankan untuk tidak menggunakan karpet baik di rumah maupun di kamar tidur. Hal ini dikarenakan karpet berpotensi menjadi perabot yang banyak menyimpan debu. Lakukan juga pada perabot seperti Kasur dan bantal. Seringlah menjemur dan membersihkan kasur secara rutin

Jangan Lupa, Lakukan Cek Kesehatan Secara Berkala! 


Rutin melakukan cek kesehatan secara berkala juga sangat ampuh mencegah Asma terjadi lagi. Nah jika saat ini, para Moms masih merasa khawatir untuk melakukan pengecekan maupun konsultasi rutin di Rumah Sakit karena alasan pandemi. Saat ini sudah bisa melakukan konsultasi kesehatan dengan melalui aplikasi kesehatan SehatQ.

Cek Kesehatan Ibu dan Anak Melalui Aplikasi SehatQ

   
aplikasi sehaQ

SehatQ adalah website startup populer di Indonesia yang menyediakan layanan kesehatan digital, seperti layanan chat dokter, membuat janji ketemu dengan Dokter spesialis, booking layanan kesehatan, toko obat dan Vitamin, serta berbagai macam informasi kesehatan yang langsung dikurasi oleh ahlinya.

Cek kesehatan melalui aplikasi SehatQ bisa dilakukan dari rumah. Dengan aplikasi SehatQ, konsultasi dan cek kesehatan Ibu dan Anak serta anggota keluarga lain bisa dilakukan lewat genggaman.

Mengapa harus menggunakan aplikasi SehatQ? Aplikasi SehatQ semacam memberi jawaban atas kekhawatiran para Ibu terhadap kondisi pandemi saat ini.

Aplikasi SehatQ Jawaban Kekhawatiran Para Ibu


Pandemi ini mengharuskan kita untuk mengurangi mobilitas diluar rumah demi mengurangi resiko terpapar virus. Tetapi disisi lain bagi ibu yang memiliki kepentingan untuk mengunjungi fasilitas kesehatan guna melakukan cek kesehatan atau berkonsultasi kepada Ahli, menjadi sebuah dilema.

Keluar rumah takut virus, tapi masalah kesehatan harus tetap diurus. Makanya kehadiran aplikasi SehatQ ini menjadi sebuah jawaban atas kegundahan para Ibu. Dengan segala fitur dan fasilitas yang ada, aplikasi kesehatan populer di Indonesia ini bisa di download di playstore ini. 
  
pesan aplikasi sehatQ

Keuntungan Menggunakan Aplikasi SehatQ


Di tengah kondisi pandemi seperti ini, tentunya peran aplikasi kesehatan sangat penting sekali. Banyak orang yang memiliki trauma psikologis yang menganggap bahwa rumah sakit adalah tempat yang 'mengerikan' saat ini.

Makanya, dengan adanya segala kemudahan yang diberikan oleh aplikasi kesehatan seperti SehatQ.com ini sangat memberi arti.

Apa saja kemudahan yang Mom's dapatkan apabila menggunakan aplikasi SehatQ ini? Saya ulas dalam artikel di bawah ini.
   
kemudahan aplikasi sehatq

1. Mudah Digunakan, Layaknya Punya Dokter Pribadi! 


Menurut penilaian Saya, Aplikasi sehatQ merupakan aplikasi yang ramah Ibu. Mengapa? Aplikasi kesehatan ini sangat mudah digunakan. Moms cukup membuat akun di aplikasi maupun di website SehatQ.com

Mempunyai aplikasi SehatQ, Saya merasa seperti memiliki tim Dokter pribadi lho! Iya, Saya tidak perlu worry lagi jika ada masalah kesehatan dengan Saya maupun Anak-anak. Saya bisa langsung Chat Dokter di aplikasi. 

2. Akses yang Fleksibel


Karena aplikasi SehatQ ini bisa di download bebas di Playstore, maka bisa dengan mudah digunakan dimana saja. Selagi masih menggunakan jaringan internet. Moms tinggal login melalui akun personal. Cara membuat akun di website maupun aplikasi sehatQ bisa dengan menggunakan akun Google kok.

3. Fitur yang Useful


Hampir semua fitur yang ada pada aplikasi SehatQ sangat bermanfaat (Useful). Semua fitur yang ditampilkan pada aplikasi kesehatan ini biasa kita gunakan dalam pelayanan kesehatan offline. Fitur yang ada antara lain fitur

1. Chat Dokter


Fitur chat dokter atau konsultasi Dokter, mulai dari Dokter umum maupun spesialis, bisa dilakukan di sini. Wah ini memang memanjakan para Ibu Milenial. Seperti saya yang mager, banyak diberi kemudahan lewat aplikasi startup ini. Fitur Chat Dokter ini berdurasi 30 menit per sekali konsultasi.
   
fitur chat dokter sehatq

Moms juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis mengenai masalah Covid-19, Perkembangan janin, Alergi kulit, hingga kesehatan metal. Untuk chat dokter spesialis, pengguna bisa menggunakan video chat dengan harga yang terjangkau, mulai dari 25 ribu rupiah sudah bisa konsultasi dengan dokter spesialis. Bahkan jauh lebih murah dari konsultasi langsung ! Wow!

Untuk fitur chat dengan dokter umum biaya yang dikenakan juga cukup murah, hanya sebesar 5 ribu rupiah saja. Wah lebih murah dari harga Bakso depan rumah hihi

Berhubung Saya adalah pengguna baru di aplikasi SehatQ, Saya mendapat voucher free chat dari SehatQ. Jika tidak punya voucher bagaimana? Tenang Moms, pembayaran bisa dilakukan menggunakan dompet digital seperti OVO, GoPay, Shopee pay maupun Virtual Account. Praktis khan?!

Oh ya, di akhir chat dengan Dokter ada file pdf bernama 'Catatan Dokter'. Catatan ini berisi resume konsultasi berupa gejala, diagnosa, dan prosedur penanganan dari Dokter yang melayani. Senangnya !

2. Toko SehatQ 


Sekarang Moms tidak perlu worry lagi untuk memenuhi kebutuhan kesehatan maupun kebutuhan rumah tangga lainnya. Karena lewat aplikasi SehatQ, Moms bisa memenuhi kebutuhan produk kesehatan, beli obat, janji ketemu Dokter, belanja kebutuhan Ibu dan Bayi, semua bisa dilakukan hanya lewat aplikasi.

Bahkan bukan cuma produk kesehatan saja lho, produk kebutuhan ibu dan bayi, termasuk skincare buat Moms juga tersedia lengkap disana. Keren !

Untuk perkara tebus resep pun bisa dilakukan melalui fitur yang ada pada aplikasi SehatQ ini. Wow! ini sebuah inovasi baru yang sangat bermanfaat kan!! Caranya, Moms tinggal mengupload resep obat, dan submit di aplikasi SehatQ. Ada juga paduan kirim resepnya kok. Tinggal buka akun di SehatQ.com Moms. Buruan download aplikasinya ya!
   
toko sehatq

Oh ya, dan lagi di SehatQ ini, bagi Moms yang pelupa seperti Saya, terutama riwayat obat apa saja yang pernah di minum baik untuk anak maupun Diri sendiri dan Suami. Di aplikasi kesehatan SehatQ, ada juga fitur yang merinci obat apa saja yang pernah kita tebus. Nah ini semakin memudahkan, apalagi yang sedang terapi obat ya.

3. Rumah Sakit


Ada juga fitur Rumah Sakit yang berada di dekat lokasi sesuai domisili Moms. Moms bisa memilih fasilitas kesehatan mana untuk melakukan kunjungan ke lokasi untuk melakukan treatment kesehatan. Fitur ini memungkinkan kita menghemat waktu untuk melakukan booking online. Untuk beberapa kota besar seperti Jabodetabek dan Pekanbaru sudah bisa menggunakan fitur filter sesuai kebutuhan.

4. Banyak Promo Bagi Pengguna Aplikasi SehatQ!


Aplikasi SehatQ aktif memberikan promo kepada para penggunanya. Untuk kebutuhan yang paling banyak dibutuhkan saat ini seperti SWAB PCR maupun antigen bisa juga melakukan pembelian lewat aplikasi ini. Harganya beragam mulai dari 55 ribu rupiah lho! Murah khan??

5. Terdapat Artikel Kesehatan yang Bisa Menambah Wawasan


Di aplikasi SehatQ, Moms juga bisa mengupdate beragam informasi seputar masalah kesehatan. Moms bisa mendapatkan informasi yang akurat dari ahlinya. Setiap artikel yang dipublish di aplikasi SehatQ ditinjau oleh Dokter yang ahli di bidangnya. Jadi tidak perlu khawatir mendapatkan informasi yang hoax jika mengambil referensi dari laman website sehatq.com.

Nah itulah segala kemudahan yang bisa Moms dapatkan saat menggunakan dan menyelami aplikasi SehatQ. Sekarang tidak perlu worry lagi jika mengalami kondisi medis tertentu. Karena sekarang, dengan Aplikasi SehatQ kemudahan dalam genggaman!

Penutup


Pandemi memang telah merubah semua kebiasaan kita, akankah kita terus berdiam diri tanpa melakukan apa-apa. Inovasi tanpa henti yang telah dilakukan oleh aplikasi kesehatan SehatQ telah memberi banyak kemudahan. Tinggal kita yang memanfaatkan! 

Sudah banyak yang memanfaatkan fitur di SehatQ untuk transaksi kesehatan. Moms tinggal menggunakannya saja. Menggunakan SehatQ, adalah cara untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang serba praktis dan ekonomis.

Dengan SehatQ, hanya bermodal aplikasi, semua transaksi kesehatan menjadi serba easy! Yuk download aplikasi SehatQ di Playstore. Stay Safe and Stay Healthy Moms! Semoga bermanfaat.

Salam,
Mom Queen

References
https://www.sehatq.com/penyakit/asma
Aplikasi SehatQ
http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-paru-kronik/page/41/upaya-upaya-pencegahan-asma-bagian-1
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/07/04/96-juta-orang-indonesia-jadi-perokok-pasif


Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

14 comments

  1. Aplikasi ini cocok banget buat yang lagi isoman, ngga perlu repot-repot ke luar rumah karena bisa beli obat lewat sehatQ. Apalagi ada fitur chat sama dokter enak banget deh.

    ReplyDelete
  2. Pernah pakai dan review aplikasi sehatQ ini juga aku. Memang membantu sekali untuk layanan kesehatan. Praktis dan dapat penjelasan langsung dari ahlinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah banyak yang terbantu dengan aplikasi SehatQ ini.

      Delete
  3. Saya baru tau kalau ada aplikasi ini, busa nambah pengetahun sekaligus konsul sama dokter jg, keren sih

    ReplyDelete
  4. Ini baru aplikasi keren. Bermanfaat dan sangat amat membantu di era pendmei sekarang ini

    ReplyDelete
  5. Wah, jadi makin mudah nih cek kesehatan lewat aplikasi daring

    ReplyDelete
  6. Praktis ya aplikasinya ada fitur konsul dengan dokter pula. Bisa lebih tenang ya moms tentang kesehatan anak..

    ReplyDelete
  7. praktis juga aplikasi ini, saya baru dengar, kayaknya cocok dan mudah digunakan untuk yang masih kesulitan menerima informasi kesehatan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Kak, ada fitur chat dokter untuk memudahkan kosultasi. Donlot yuk Kak.

      Delete
  8. Aplikasinya sangat membantu sekali. Fitur Toko Sehatq itu yang paling OP menurut saya. Thanks sehatq

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget Kak, pengguna aplikasi SehatQ juga ya Kak?

      Delete
  9. Aplikasi sehatQ sudah mulai banyak dikenal dan memberikan manfaat untuk masyarakat, mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Kak, suah banyak yang pakai aplikasi sehatQ sekarang. Pakai juga yuk, donlot yuk :)

      Delete

Post a Comment