header

Peran Ibu Pahlawan Super Dalam Perawatan Bayi Berat Badan Lahir Rendah

Konten [Tampil]

"Ibu besok datang penerbangan jam 9 pagi. Tolong bilang Mbak (kakak saya no 2) untuk jemput ibu di bandara"

Seketika mata saya terbelalak mendapat SMS dari ibu hari itu. Ibu mau datang? Buru-buru saya langsung menelepon Ibu dan memastikan SMS yang saya baca.

"Betul! Ibu besok ke Batam, Ibu mau lihat cucu Ibu langsung. Ini Ibu lagi packing baju dan barang yang mau dibawa besok."

"Bapak Bagaimana Bu?" tanya saya pada saat itu.

"Ibu sudah minta izin sama Bapak, bahwa Ibu mau melihat anakmu sebentar saja. Paling lama 2 minggu di Batam. Alhamdulillah Bapak mengizinkan."

Ah, Ibu!
Antara shock tapi bahagia. Saya tak banyak berkata apa-apa. Selain ucapan terima kasih Ibu mau datang ke Batam.
Ibu kandung

Di usianya yang senja, 64 tahun Ibu masih saja gesit dan lincah. Jarak Palembang-Batam bagai perjalanan sehari-hari Ibu. Sejak muda yang saya ingat Ibu tak pernah ada rasa takut. Selalu berani kemana-mana sendiri.

Saya menutup telepon sambil berucap agar Ibu berhati-hati dan sampai bertemu esok hari. Alhamdulillah, rupanya Allah mendengar kegalauan hati ini. Rintihan kesedihan yang saya alami setiap malam.

Melahirkan Anak Pertama dengan Berat Bayi Lahir Rendah


29 Januari 2017, adalah hari bersejarah dalam perjalanan hidup saya sebagai seorang istri dan Ibu. Saya melahirkan anak pertama melalui persalinan normal. Datang ke klinik bersalin pukul 01.30 WIB, dan 01.52 WIB bayi perempuan pertama kami lahir secara normal.

Bayi mungil dengan panjang 44 cm dan berat 2.000 Gram kami beri nama Queensha. Oh ya beratnya benar, hanya 2 kilo saja! Kecil sekali kan? Iya! Anak pertama saya mungil sekali. Tapi untungnya semua kondisinya baik, hanya berat badan saja yang kurang. 

Karena beratnya dibawah 2500 gram. Bayi kami termasuk bayi BBLR (Berat Badan Lahir Rendah). 

Penyebab Berat Bayi Lahir Rendah

Dikutip dari laman alodokter.com banyak faktor penyebab terjadinya kasus bayi BBLR antara lain karena
  • Melahirkan di usia kehamilan dibawah 37 minggu (premature)
  • Terjadinya gangguan kesehatan Ibu
  • Adanya gangguan plasenta
  • Adanya masalah kesehatan pada bayi
  • Mengalamai malnutrisi
  • Stress berat atau kecemasan 
  • Kehamilan kembar, dan masih banyak lagi

Saya memang didiagnosa 'bayi kecil' oleh dokter saat usia kandungan 7 bulan. Saat usia kandungan 28 minggu berat bayi saya hanya 742 gram. Jauh di angka normal yang seharusnya 2x lebih besar. Makanya saya disarankan minum suplemen penambah berat bayi.

Alhamdulillah menjelang kelahiran beratnya sudah 2 kg. Dokter mengatakan sudah cukup baik, meski harusnya lebih besar lagi. Tapi mengingat saya mengalami morning sickness yang parah, jadi sangat wajar bila pertambahan berat bayi sangat kecil.

Pengalaman Merawat Bayi Berat Badan Bayi Lahir Rendah (BBLR) 


Pengalaman berharga melahirkan anak pertama, minim pengalaman dan pengetahuan, qadarullah kondisinya BBLR. Rasanya komplit. Oh ya, jangan tanya berapa jahitan ya hehe. 

Saya bahkan nyaris pingsan saat melahirkan, karena banyaknya darah yang keluar. Sakitnya kontraksi lebih sakit daripada sakitnya jahitan. Untungnya saya bisa melewati masa-masa kritis itu.

Merawat Bayi dengan Segala Keterbatasan Ilmu


Drama kontraksi dan melahirkan sudah lewat. Drama kedua muncul. Pengalaman merawat bayi untuk pertama kalinya di rumah. Anak pertama kami adalah cucu pertama di keluarga suami saya. Otomatis mertua saya harus mengulang lagi momen merawat bayi.

New Mom

Ditambah lagi 'kengerian' ibu mertua saya dengan kondisi anak saya yang sangat mungil dan ringkih, makin menambah ketakutannya. Alhasil untuk proses memandikan dan merawat bayi harus saya jalani sendiri. Seminggu pertama, saya masih dibantu kakak yang kedua. 

Setelah itu saya yang merawat bayi saya sendiri. Mulai dari memandikan, belajar membedong, menyusui dan sebagainya. Semua saya lalui dengan segala keterbatasan ilmu dan peluh bercucuran hehe.

Ada satu masa saya merasa lelah sekali merawat bayi ini hingga saya menangis dan mengadu pada suami. Untunglah dia mengerti dan memberi dukungan penuh pada saya.

Tak Lagi Idealis Harus ASI 


Di awal kehidupannya di dunia, tidurnya bayi itu belum teratur. Siang tidur lelap, malamnya terjaga. Saya masih harus berjuang dengan kondisi jahitan yang belum beres. Jangankan berjalan, untuk bergerak saja sakitnya minta ampun.

Bottle feeding

Belum lagi saya tidak tahu cara menyusui bayi yang benar. Alhasil perlekatan sempurna tidak berhasil saya lakukan. Saya selalu kesakitan saat menyusui. Suami akhirnya memutuskan untuk memberi susu formula sebagai bantuan. Jujur, ini keputusan yang sangat membantu saya. Saya tak lagi idealis harus memberi ASI pada anak kami. 

Mengalami Bendung ASI


Tidak menyusui membuat saya mengalami bendung ASI. ASI yang tidak bisa keluar, karena tersumbatnya saluran susu. Salah satu penyebabnya karena bayi tidak menyusu dengan sempurna. Bagaimana bisa menyusu sempurna. Saya tidak tahu caranya menyusui.

Ini adalah kesakitan berikutnya yang saya alami. Saya merasakan dada hingga tangan seperti ada besi yang terpasang. Kaku. Tidak bisa digerakkan. Belum lagi rasa senut-senut di dada makin menambah kesakitan saya.

Ibu mertua mengajarkan untuk dikompres air hangat. Lumayan mengurangi rasa sakitnya. Tapi tetap rasa sakit itu belum hilang. Terakhir baru saya tahu cara mengatasi bendung ASI dengan kompres tanaman kol ingin.

Begadang Setiap Malam


Hari-hari saya terasa kelam. Malam-malam makin terasa suram. Saya nyaris selalu terbangun 5 menit sekali setiap malam. Saya selalu menantikan kapan jam 4 tiba. Karena jam 4 adalah jam mertua saya bangun.

Baby cry

Suami bagaimana? Suami pun tak jauh berbeda dengan saya. Dia juga begadang. Dia yang bertugas membuat susu formula untuk anak kami. Maka tidurnya pun tidak lebih baik daripada saya.

Itulah yang saya alami di minggu pertama kelahiran anak kami. Karena minimnya ilmu dan nihilnya pengalaman makin menambah suramnya hari-hari saya.

Saya tidak pernah bercerita pada siapa pun tentang kondisi ini. Karena takut menambah kekhawatiran mereka. Tapi jauh dilubuk hati saya, saya sangat membutuhkan bantuan. Bantuan fisik dan bantuan psikis.

Perawatan Bayi Berat Badan Lahir Rendah


Sebenarnya untuk bayi berat badan lahir rendah penanganannya sangat mudah, hanya butuh pengetahuan dan pengalaman saja. Sayangnya keduanya tidak saya miliki hehe. Bahkan saya baru mengetahui istilah BBLR sesaat setelah melahirkan.

Baby Kanguru

Sebenarnya perawatan bayi berat badan lahir rendah agar bayi tidak menangis terus-terusan sepanjang malam bisa melakukan tindakan seperti berikut ini :
  • Pastikan bayi menyusu dengan cukup, meski ASI lebih baik tak mengapa memberinya susu formula. 
  • Berikan dekapan ala baby Kanguru, jika memungkinkan lakukan skin to skin
  • Lebih sering tidur bersama bayi
  • Menggunakan pakaian yang nyaman selama tidur
  • Konsultasi rutin dengan tenaga kesehatan untuk memantau tumbuh kembangnya
  • Berikan imunisasi lengkap guna mencegah adanya penyakit lain
Bayi baru lahir butuh kehangatan dan makan cukup untuk membuatnya tidur nyenyak. Sedangkan bayi BBLR tidak memiliki cukup lemak untuk menambah kehangatannya. Di dalam rahim, bayi merasa hangat, cukup makan, dan nyaman. Karena rahim tempat ternyaman di dunia.

Mengapa bayi BBLR perlu skin to skin


Ketika dilahirkan suasana berbeda, manusia kecil ini merasakan dunia baru. Kalau di rahim dia sudah tercukupi makan dari plasenta. Di dunia, bayi harus teriak untuk sekadar minum. Belum lagi kondisi dingin dan tidak nyaman.

Inilah bentuk kekhawatiran bayi. Makanya bayi semakin menangis. Untuk memberinya rasa nyaman, makanya bayi BBLR perlu didekap skin to skin ala bayi Kanguru. 

Tapi saya dulu tidak tahu. Bayi menangis, ibu pun menangis. Itulah saya dulu. Ah.. suram sekali hari-hari pertama saya merawat bayi BBLR. Saya hanya berdoa semoga dikuatkan menjaga amanah besar ini.

Malaikat Penolong itu Bernama Ibu!


Mungkin Allah mengabulkan doa saya dengan menggerakkan hati ibu untuk memberi dukungan pada anaknya. Tak terkiranya bahagia saya. Kakak saya sempat berseloroh,

"Tak pernah Mbak lihat wajahmu sebahagia ini sebelum Ibu datang!"

Kakakku, andai kau tahu malam-malam yang kulalui begitu berat. Lebih berat daripada dunia dan berat badanku hehe. Allah mengabulkan doaku. DIA mengirimkan malaikat penolongnya, malaikat yang disebut Ibu. Ibu yg paling mengerti kondisi anaknya!

Meski saya tahu saat itu keuangan ibu dalam kondisi yang pas-pasan. Tapi beliau tidak ingin menunjukkan pada saya. Ibu datang tanpa diminta. Entah uang darimana. 

Ibuku Pahlawanku

Tidak ada hadiah yang lebih membahagiakan setelah melahirkan, selain kehadiran ibu saya! Ya ibu kandung!

Bukan bermaksud membandingkan antara ibu kandung atau ibu mertua. Keduanya memiliki tempat yang berbeda di hati anak perempuan. Meski porsinya sama-sama pahlawan. Tapi keduanya memberi perannya masing-masing.

Kehadiran ibu kandung, tentu menjadi sebuah support tersendiri bagi saya. Karena anak perempuan sejatinya terlahir atas didikan dan binaaan ibunya. Maka, didikan ibu kandung nyaris tanpa persilangan dengan anak perempuan.

Kedatangan Ibu membuat hari-hari saya menjadi lebih sumringah, lebih cerah! Mentari yang biasanya redup dalam dunia saya mendadak menjadi cetar membahana.

"Alhamdulillah, Ibu akan datang! Eyang putri akan datang Nak, sabarlah. Mami tidak perlu khawatir lagi akan perkembanganmu.."

Malam hari waktu terasa begitu cepat berlalu. Jika sebelumnya malam-malam terasa sangat lama. Kini waktu terasa begitu cepat. Ah sudah jam 4. Meski tidak tidur semalaman. Tapi mata ini seperti enggan terpejam.

Jam 4 biasanya jadwal rolling shift dengan mertua untuk menjaga bayi kami. Tapi entah kenapa hari itu, tubuh ini begitu bersemangat. Mungkin karena tingginya hormon endorphin dipikiran saya. Bayi mungil itu juga begitu anteng. Mungkin juga karena ibunya lagi bahagia

"Perasaan bayi itu tergantung perasaan Ibunya."

Itu yang saya alami. Benar! Bayi kami juga lebih anteng, lebih lelap tidurnya. Biasanya jam 4 subuh mertua sudah mengetuk kamar dan siap menggendong bayi. Kata-kata indah yang terdengar setiap hari dari Ibu mertua adalah

"Sudah istirahatlah, biar Mama yang jaga anakmu."

Setelah ini biasanya saya langsung tertidur bak orang pingsan. Tidak terdengar suara apapun. Terlelap hingga terdengar suara tangisan bayi di pagi hari.

Saya bangun sekitar jam 6 atau jam 7 pagi. Saat itu biasanya Ibu mertua sudah menyiapkan sarapan dan teh hangat untuk saya. Itu kebaikan yang sangat membekas dari mertua saya.

Masalah makan dan rumah tangga sangat diurus oleh mertua. Ditangannya kehidupan saya terjamin. Saya tidak pernah mengkhawatirkannya.

Tapi tetap ada kekhawatiran dalam diri ini. Anak Saya! Saya punya tanggung jawab 100% terhadap kehidupannya. Sedang saya minim pengalaman.

Makanya saya butuh pendampingan ibu untuk merawat bayi pertama kami. Maka kabar kedatangan Ibu membuat hari saya begitu bahagia.

Ibu kandung

Oh, Ibu!
Ibu memang paling mengerti anakmu! Kau tahu kekhawatiran anakmu meski tak pernah terucap.

Ibu tahu kegalauan hati ini meski saya tak pernah curhat. Ibu datang saat saya betul-betul membutuhkan kehadirannya.

Saya memang tak pernah meminta ibu datang, tapi ibu tahu kebutuhan anaknya tanpa diminta. Ibu adalah matahari dikala hidup ini bagai malam. Ibu adalah secercah asa ketika hidup berputus asa.

Ibu datang bagai pahlawan dihati ini. Jika ibarat artis ibu bintangnya para artis. Jika seorang pahlawan, ibu pahlawannya para pahlawan. Sujud saya pada ibu! Semoga ibu sehat selalu :)

Ibu Bintangnya Para Pahlawan Super


Kamu semua punya Ibu kan? Meski jauh di mata tetapi ibu selalu ada didekat kita. Ibu selalu memikirkan anak-anaknya setiap detik hidupnya. Bahkan melebihi jiwa dan raganya.

Ibu mendoakan tanpa diminta. Pernah suatu ketika saya menelepon ibu,

"Bu, doakan supaya tulisanku menang lomba menulis ya!"

Ibu membalas,

"Amiin, Ibu selalu mendoakan setiap sujud Ibu agar doamu dikabulkan Allah Nak!"

Nyes!
Ya Allah mulianya hati Ibu. Ibu mendoakan kebaikan anak-anaknya, bahkan untuk setiap doa anaknya 

Benar quote yang mengatakan bahwa Ibu mencintai anaknya meski dia belum tahu bagaimana rupa anaknya. Ibu menyayangi anaknya bahkan sebelum dia dapat memeluknya. Ibu mendoakan anaknya meski belum pernah berjumpa dengannya.

Ibu menyayangi anaknya tanpa pernah menuntut balas. Oh Ibu! Maafkan anakmu yang belum mampu menyayangimu seperti Uwais Al Qarni. Meski dia menggendong ibunya dari Yaman ke Mekkah untuk beribadah haji, menempuh jarak 1.119 Km. Tetap tak dapat membuatnya masuk surga. Uwais Al Qarni tetap mengharap doa ibunya agar Allah mengampuni dosanya. 
"Cukuplah dengan doa Ibu yang akan mengantarkanku masuk surga." 
(Uwais Al Qarni, Sahabat Rasulullah SAW) 

Oh, Ibu!
Anakmu bukan Uwais Al Qarni. Anakmu tak mampu menggendongmu meski sebentar saja. Anakmu begitu banyak menyusahkanmu. Bahkan lebih sering meminta daripada memberi. Lebih sering mengungkit kebaikan diri sendiri daripada mengingat kebaikanmu.

Oh Ibu, hatimu terbuat dari apa? Mengapa hatimu begitu mulia. Anakmu yang baru menjadi Ibu ini perlu banyak belajar padamu. Pada kesabaranmu. Pada keuletanmu. Pada keikhlasanmu merawat dan membesarkan anak-anakmu.

Semoga Allah selalu membahagiakanmu. Ibu adalah pahlawan! Bukan, bukan pahlawan saja, tapi Ibu adalah bintangnya para Pahlawan! Bintang Pahlawan Super!

Mengapa Ibu Layak disebut Bintangnya Pahlawan Super?


Kehadiran ibu adalah malaikat tanpa sayap yang dikirim Allah SWT untuk menjaga dan membesarkan anak-anaknya. Tanpa menafikkan peran ayah yang juga tiada tara. 

Ibu Pahlawan Super

Mengapa Ibu layak disebut Bintangnya para pahlawan Super? Mari kita kenang betapa banyak peran Ibu dalam kehidupan kita.

1. Islam Memberikan Kemuliaan Tinggi Pada Ibu


Bahkan Rasulullah SAW pernah bersabda dalam sebuah hadits yang diriwatkan imam Bukhari dan Muslim yang berbunyi :

"Dari Abu Hurairah, dia berkata, ada seorang laki-laki datang dan bertanya kepada Rasulullah SAW ‘Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak aku perlakukan dengan baik?' Rasulullah SAW pun menjawab:‘Ibumu’. Lalu siapa lagi ya Rasulullah?,’Ibumu’. Siapa lagi ya Rasulullah?‘Ibumu’. Siapa lagi ya Rasulullah?, ‘Ayahmu! "

Penyebutan sosok Ibu sebanyak 3 kali oleh Rasulullah SAW tidak lepas dari dari peran Ibu yang luar biasa. Ibu telah melewati masa-masa berat dalam hal mengandung, melahirkan dan merawat anak-anak. Inilah kemuliaan yang diberikan oleh Rasulullah SAW kepada seorang Ibu.

2. Surga di Telapak Kaki Ibu


Jasa ibu tak dapat dihitung makanya Rasulullah SAW menempatkan posisi Ibu lebih tinggi. Wajar bila surga berada dibawah telapak kaki ibu. Tanpa restunya, tanpa doanya kita tak akan bisa mencium bau nya surga. 

3. Ibu Pahlawan Siaga 24 Jam


Ingat kisah petugas Damkar yg viral menyelamatkan uang seorang bocah yang masuk ke dalam got? Petugas Damkar saved the money! Hashtag #GaPercumaLaporDamkar jadi trending kan?

Begitulah Ibu, Ibu bahkan jauh melampaui peran petugas Damkar yang selalu ready 24 jam. Bahkan Ibu selalu menjadi yang tercepat dalam akses menjaga anak-anak. Jangankan anak menangis, bahkan desahan napas anaknya saja ibu bisa menghitungnya. Saking Ibu selalu siap di samping anak-anak. 

4. Ibu Mampu 'Membaca' Pikiran Anaknya


Saat memasuki usia anak saya 2 bulan, saat itu masa cuti bekerja sudah habis. Drama episode kegalauan saya pun berlanjut. Perihal menjaga anak kami. Saya bingung apakah harus mundur dari pekerjaan atau menitipkannya pada seorang Nanny?

Sedangkan untuk mencari pengasuh di perantauan, tidak semudah seperti di kampung saya. Banyak yang bisa dimintakan tolong. Kalau di kota orang? hal ini bukan perkara mudah

Ibu Mertua

Dalam kegalauan yang bertambah-tambah datanglah sebuah pernyataan dari Ibu mertua yang mengatakan

'Biar Mama dulu yang jaga Queensha, nanti kalau usianya sudah agak besar barulah kalau mau dijaga oleh pengasuh"

Ya Allah, kok mertua tahu isi hati saya? Apa tertulis di dahi ini segala kegalauan pikiran saya ya? Alhamdulillah, sekali lagi Allah kirimkan seorang pahlawan dalam kehidupan kami. Dalam kondisi terjepit, Allah kirim malaikat penjaga dari langit. Dialah Ibu! Ibu mertua!

5. Ibu Solusi Setiap Masalah


Tidak ada masalah yang tidak selesai di tangan Ibu. Ibu seperti jawaban atas setiap permasalahan yang dihadapi anak-anaknya. 

Ibu memang layak disebut bintangnya para pahlawan! Saya mau meniru sosok ibu jadi bintang para pahlawan Super. Yuk, Jadi Pahlawan Super dengan Menjadi Super Agen di aplikasi Super!

Yuk, Jadi Bintang Pahlawan Super dengan menjadi Super Agen di Aplikasi Super!

 
Aplikasi Super adalah sebuah aplikasi jaringan sembako dari Nusantara Technology. Pembelian sembako di Aplikasi Super khusus bagi pengguna di daerah Jawa Timur dan Makassar, untuk daerah lain di seluruh Indonesia bisa memanfaatkan fitur transaksi digital yang bisa jadi sumber penghasilan.

Aplikasi super

Sedangkan Super Agen adalah mitra Super yang bertujuan membatu pelanggan atau pemilik toko maupun warung untuk berbelanja (kulakan) di aplikasi Super. Dengan menjadi Super Agen kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan lho.

Bagaimana Cara Menjadi Super Agen?

Untuk menjadi Super Agen cukup gampang kok, siapkan dulu KTP dan smartphone android kamu ya. Selanjutnya kamu bisa ikuti langkah dibawah ini.
  • Download aplikasi Super di playstore
  • Buat akun dengan menggunakan no hape
  • Lengkapi data diri
  • Kirim foto KTP, foto selfie dan foto dengan KTP
  • Submit
Tunggu tim Super melakukan verfikasi terhadap data diri kamu dalam waktu 2x24 jam dan kamu siap menjadi mitra Super.

Saya sudah mendownload aplikasi ini sejak Desember tahun lalu. Meski namanya aplikasi jaringan sembako, tapi menurut saya aplikasi Super lebih dari sekadar aplikasi beli kebutuhan bahan pokok saja. Ada banyak fitur layanan di dalamnya yang bisa kita manfaatkan.

Di Aplikasi Super, Ada Apa Saja Sih?


Sebagai pelopor lahirnya aplikasi yang berbasis jaringan distributor sembako, aplikasi Super bisa digunakan untuk berbagai transaksi dan sumber informasi penting lainnya, diantaranya adalah :

Layanan aplikasi super

1. Belanja Produk Rumah Tangga


Aplikasi Super utamanya untuk melakukan pembelian produk rumah tangga sesuai kebutuhan. Mulai dari kopi, makanan ringan, minuman instan, bahan dapur, makanan instan, mie dan bihun, obat dan suplemen, popok dan pembalut, susu, dan masih banyak lagi.

Semua kebutuhan pokok bahkan kosmetik bisa dicari di aplikasi Super. Aplikasi Super bahkan mempunyai konsep memenuhi rantai pasokan kebutuhan hingga ke pedesaan. Keren ya! 

2. Transaksi Digital, Bisa Buka Jasa Loket Pembayaran Lho!


Kemudahan transaksi digital yang bisa memberi jalan pintas kepada para penggunanya. Bagi kamu tim mager (malas gerak) penting sekali untuk menggunakan aplikasi Super ini.

Berbagai layanan transaksi digital yang bisa dilakukan di aplikasi Super seperti :
  1. Pembelian pulsa dan paket data
  2. Pembayaran listrik PLN maupun pembelian token
  3. Pembayaran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Hampir semua kota besar di Indonesia telah dilayani oleh aplikasi Super, termasuk Batam juga sudah ada lho! 
  4. Bayar tagihan BPJS Kesehatan
Transaksi pembelian dan pembayaran digital ini memiliki keunggulan biaya administrasi yang lebih murah dari layanan sejenis. Biaya administrasi yang dikenakan untuk pembayaran lebih rendah dari yang lain.

Sebagai contoh misalnya, untuk pembelian pulsa harga yang ditawarkan mulai dari harga 1000 rupiah lho. Cocok nih bagi yang pengen beli pulsa dengan sistem 'paket hemat' sesuai kebutuhan haha..

Beli pulsa mulai dari 1000 rupiah, hingga 200 ribu. Biaya adminnya lebih murah dari harga dipasaran. Mulai harga pulsa 60 ribu kamu bisa menikmati bebas biaya admin! Bisa banget kalau mau jadi Agen pulsa.

3. Flash Sale Produk, Diskon Lebih dari 95%!


Kamu pernah nggak lihat iklan diskon harga up to 90 %? Sering kan!! Bagaimana, apakah kamu jadi tertarik dan semakin 'gila' berbelanja saat ada diskon hingga 90% ini? Pasti dong!

Nah, saya yakin kalau kamu semua belanja di aplikasi Super, bakalan 'kalap' untuk belanja juga. Karena setiap hari Kamis sampai Sabtu mulai dari jam 7 pagi ada Flash sale lebih dari 90%!

Contohnya flash sale yang ada di tanggal 26-28 Mei 2022 adalah produk sari buah Apel Leci 120 ml. Harga normal 1 karton senilai Rp 23.800, - tetapi karena ada flash sale sebesar 96% pelanggan sedulur Super cukup membayar Rp 1000,- saja! Murah banget khan.

Belum lagi ada flash sale untuk penyedap makanan dan sabun mandi. Ada diskon harga 97 % dari harga normal. Jadi pelanggan Super hanya perlu membayar Rp 100,- saja! Enak banget ya Lur!

4. Super Seru, Banyak Artikel Edukatif dan Informatif lho!


Nah, di aplikasi Super kamu bukan cuma bisa mendapatkan informasi seputar harga sembako atau kebutuhan rumah tangga saja. Tetapi aplikasi Super susah menjelma menjadi one stop aplikasi yang memberikan layanan informasi lainnya.

Ada menu 'Super Seru' di aplikasi Sedulur Super ini. Di menu Super Seru ini kamu akan menemukan banyak artikel informatif dan edukatif seputar informasi bisnis dan karir.

Ragam informasi berupa tips tentang belanja murah dan kisah sukses para pejuang rupiah bisa kamu baca ceritanya di kategori 'Bisnis'. 

Sedangkan kategori 'Karir' kamu bisa mendapatkan seputar informasi berbagai posisi yang sedang hits yang menjadi incaran kawula muda. Posisi seperti Brand Ambassador, PIC, hingga Community Manager.

Semua posisi strategis ini dikupas tuntas mulai dari pengertian, tugas, skill hingga tanggung jawabnya. Penasaran seperti apa pembahasannya? Buruan baca di aplikasi Super ya!

5. Super Video, Konten Informatif Nan Menghibur


Kalau di Instagram saya sering melihat adanya video menghibur di Super Reels, melalui aplikasi Super, saya menemukan 'Super Video' yang berisi konten informatif dan menghibur.

Tema yang dibahas juga sesuai dengan tema yang sedang trending saat ini. Seperti kemarin sempat viral video wawancara pasangan anak SMP antara Tegar dan Nadia yang viral.

Nah di aplikasi Super, tim Super juga memparodikan adegan tersebut. Nyaris hampir sama dan sukses mengocok perut. Wah kocak nih Tim Super! Bukan cuma dapat jajanan murah di sini tetapi juga hiburan murah!! Kereen euy!

Rating Aplikasi Super


Dengan segala kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi Super kepada penggunanya. Saya jadi penasaran berapa sih rating yang diberikan oleh para pengguna aplikasi Super? Benar saja, rupanya rating aplikasi Super 4.9 dari 5! Tinggi sekali!

Rating Aplikasi Super

Angka ini sangat wajar diterima oleh aplikasi yang berbasis pengguna Jawa timur dan Makassar ini. Konsep social commerse untuk pedesaan Indonesia yang ditawarkan aplikasi Super benar-benar menjawab kebutuhan pasar. 

Aplikasi Super ini yang membantu penyaluran barang kebutuhan masyarakat pedesaan dengan membangun network disekitar pedesaan melalui Super Agen dan Super Centre. Jadi kebutuhan pasokan sehari-hari di pedesaan tetap aman. Luar biasa ya konsep yang diusung oleh aplikasi Super ini!

Gimana, kamu sudah donlot aplikasi Super belum? Buruan download aplikasi Super, biar bisa ikutan update informasi trending dan merasakan benefit lainnya juga!

Keuntungan Belanja di Aplikasi Super


Apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan kalau belanja menggunakan aplikasi Super? Ulasan berikut ini bisa jadi gambaran untuk kamu.

Keuntungan Belanja di Aplikasi Super

1. Cash Back Super Kas


Setiap transaksi yang kamu lakukan melalui aplikasi Super, kamu akan mendapatkan cashback berupa Super Kas.

Super kas adalah saldo e-money di aplikasi Super, tentu saja bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembelian produk rumah tangga maupun produk digital

2. Flash Sale Super 100


Dengan menggunakan aplikasi Super kamu bisa punya kesempatan berbelanja produk flash sale tiap kamis sampai Sabtu dari jam 7 pagi. Harga produk flash sale super 100 hanya seharga 100 rupiah! Murah apa murah banget?!

Masih mikir buat donlot aplikasi Super? Jangan sampai produk incaran mu diborong habis sama tetangga ya hehe.

3. Super Praktis dan Hemat Waktu


Karena kamu tinggal menggunakan smartphone untuk berbelanja tanpa perlu keluar rumah. Sudah dipastikan cara ini sangat cocok bagi para ibu yang terkendala keluar rumah.

Berbelanja di aplikasi Super, cukup praktis dan hemat biaya. Cukup menggunakan smartphone, pilih barang, pilih transfer atau COD dan tunggu barang datang.

Tidak perlu repot lagi memikirkan biaya kirim! Karena biaya ongkos kirim sudah ditanggung oleh pihak Super. Simpel kan?! Belanja di aplikasi Super memang mudah, murah, dan pastinya untung melimpah!

4. Super Murah


Jika kamu adalah ibu rumah tangga atau pemilik toko kelontong, tentunya beda harga 100, 200 rupiah sangat diperhitungkan. Nah kamu bisa bandingkan harga yang ditawarkan oleh aplikasi Super.

Harga yang tertera di aplikasi berada dibawah harga pasaran. Harga ini tentu saja belum termasuk harga bonus, voucher diskon, gratis ongkir dan cashback Super Kas!

Jaminan deh, kalau belanja menggunakan aplikasi Super, memang bikin untung melimpah! Yuk lah donlot aplikasi Super sekarang, gratis kok!

5. Super Aman


Sudah tidak zaman lagi jika belanja online dipenuhi rasa khawatir takut tertipu. Karena jaringan distributor sembako di aplikasi Super memberi jaminan keamanan bertransaksi.

Bisa dipastikan jika berbelanja melalui aplikasi Super bebas dari penipuan online. Karena aplikasi Super memberi garansi sistem keamanan ketat pada setiap transaksi.

Tertarik menggunakan aplikasi Super? Warga Jawa Timur dan Makassar, jangan lupa segera pasang aplikasi Super di hape kamu ya!

Kalau sering belanja mudah, murah dan untung melimpah maka kamu bisa menabung untuk memberi kado bagi Bintangnya pahlawan Super. Mau memberi apa untuk pahlawan Super kamu?

Kado untuk Bintangnya Pahlawan Super?


Saya pernah bertanya pada Ibu apa keinginan terdalam dalam dirinya?

"Anak-Cucu bahagia!

Itu saja. Saya bertanya lagi apa keinginan Ibu yang belum terwujud? Ibu bilang tidak ada!

"Asal Ibu sehat, kalian bahagia, dan Ibu bisa beribadah dengan tenang, itu sudah cukup bagi Ibu!"

Ah, Ibu kado yang Ibu harapkan benar-benar tidak berpusat pada materi. Di usia senja tidak ada keinginan duniawi  pada Ibu, hanya berharap anak-anak dan para cucu sehat dan bahagia

Kado untuk ibu

Tapi sebagai anak, saya ingin memberi hadiah kecil untuk ibu. Sebuah hadiah yang sudah lama saya inginkan wujudkan, yaitu agar Ibu bisa berkurban. Semoga tahun ini bisa terwujud ya. Doakan ya, aamiin :)

Penutup


Ibu adalah Pahlawan. Benar! Tapi lebih tepatnya Ibu adalah Pahlawan para pahlawan. Saya pernah memutuskan bahwa Guru adalah pahlawan Super di tengah pandemi, dan memilih Nanny sebagai Pahlawan Super Ibu Masa Kini.

Tapi, jauh di atas itu semua ada sosok Ibu! Sosok yang pantas melebihi predikat pahlawan Super. Pahlawannya para pahlawan Super. Bintangnya Para pahlawan Super.

Maka, saya memilih Ibu sebagai Pahlawan para pahlawan Super. Saya ingin mengapresiasi para pahlawan Super seluruh Indonesia. Dan mendedikasikan tulisan ini untuk para ibu, para pahlawan Super!

Para pahlawan yang mampu mengubah nestapa menjadi bahagia. Mengubah gelap menjadi terang. Yang mengubah duka menjadi suka. Mengubah musibah menjadi berkah. Terima kasih pahlawan Super, doa terdalam untukmu, bintang para pahlawan Super.

Salam,
Mom Queen, Anaknya 2 Ibu Super

Referensi
https://instagram.com/aplikasisuper
https://superapp.id/
https://www.alodokter.com/berat-badan-lahir-rendah
https://dailysocial.id/post/super-berambisi-jadi-social-commerce-untuk-pengguna-di-pedesaan
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

18 comments

  1. stres jadi ibu waktu ngelahirin anak pertama itu memang susah untuk dihindari.
    ya, gimana lagi pengalaman pertama dan deg-degannya pasti luar biasa hehe.
    selalu salut dengan semua ibu di luar sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya mbak, kalau sekarang bisa sambil ketawa ya.. Kalau dulu penuh air mata wkwk

      Delete
  2. Terima kasih mba sharingnya. Allhamdulilah si kecil tumbuh sehat. Terharu banget, emang ibu selalu peka sama kondisi anaknya. Btw aplikasi super banyak manfaatnya juga ya, baru kenal ada aplikasi seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bisa cobain donlot aplikasi Super yak. Banyak untungnya hehe

      Delete
  3. Bener banget, makanya biasanya kalo mau lahiran kebanyakan pada pulang ke rumah emaknya wkwkk. jadi meski kita udah berumah tangga juga, tetep anak yang butuh ibunya huhuu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya mbaak.. Ini pelajaran buat aku sih. Untuk anak-anak cew itu penting banget belajar dari ibu kandungnya.

      Delete
  4. wahh tulisannya sangat bermanfaat sekali bu, terutama untuk bekal parenting calon istri saya di masa yang akan datang :D

    ReplyDelete
  5. Juara deh artikelnya...
    Merawat bayi dengan berat lahir normal aja, rumitnya minta ampun, apalagi bayi 2000 gram. Untung ada bintangnya pahlawan super yang seakan tahu masalah dan solusinya... Beruntung sekali mbak Yuni punya ibu yang masih bugar, cekatan dan pengertian.... Salam hormat dari saya ya, dokter super

    ReplyDelete
  6. Ibu memang jadi sosok yang sangat bisa diandalkan dalam pengasuhan anak. Dulu juga adik saya termasuk bayi lahir berat rendah, tapi ya sekarang tumbuh kembangnya sangat bagus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya Kak. Ibunta pasti sabar banget ini.

      Delete
  7. Wah kereennn aku jadi inget masa2 awal lahiran jUh dr snaak saudara ibuku lahbpahlawan superku juga. Melow banget kalo dah ngmongin ibu

    ReplyDelete
  8. Istri saya pun termasuk yang mengalami morning sick yang hebat sampai dirawat karena mengalami HEG (hiperemesis gravidarium).
    Setuju sekali tentang support sistem di sekitar yang akan membuat seorang yang hamil tetap kuat dan bertahan dengan segala kondisinya, dan salah satunya adalah sosok ibu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah, untung suaminya siaga ya. Sehat2 ya buat istrinya pak.

      Delete
  9. Jadi istri dan ibu memang mesti sabra ya?! Banyak cobaannya, belajar sambil lakuin semuanya. Alhamdulillah kalau paksu bnyak mensupport

    ReplyDelete
  10. penasaran banget sama aplikasinya.. langsung kepoin Aplikasi SUPER ini mah hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment