header

7 Usaha Modal 1 Juta Untuk Mahasiswa, Ini Cara Dapat Modalnya!

Konten [Tampil]

Hi Moms,

Adakah Moms disini dulu yang saat masih jadi anak kampus sudah mulai melirik dunia usaha? Ternyata banyak lho peluang mendapatkan penghasilan bagi seorang mahasiswa kampus. Ini artikel yang akan membahas usaha modal 1 juta untuk mahasiswa.

Usaha Modal 1 Juta Untuk Mahasiswa


Bagi anak kampus zaman now usaha modal 1 juta untuk mahasiswa sepertinya bukan masalah ya (mungkin lho hehe). Betul nggak sih? Tapi mungkin ada juga mahasiswa agak berat jika disuruh mengumpulkan uang 1 juta sendiri.

Tapi disini Mom Queen akan memberi tahu bagaimana cara mendapatkan uang 1 juta untuk modal usaha. Kuncinya ya harus konsisten dan komitmen dengan tujuan awal jika telah mendapatkan modal usaha, maka adik-adik mahasiswa harus segera menjalankan usahanya. Janji ya?!

Cara Mendapatkan Dana Usaha Modal 1 Juta Untuk Mahasiswa


Percaya tidak jika sebuah kekuatan doa akan merubah segalanya. Bahkan kita bisa lho mengubah takdir dengan doa. Nah yang kamu harus lakukan untuk mendapatkan dana usaha modal 1 juta untuk mahasiswa utamanya adalah berdoa.

Usaha Modal 1 Juta Untuk Mahasiswa

Sebelum meminta kepada manusia, minta dulu kepada Sang Pemilik Alam, berdoalah dengan sepenuh hati. Nyatakan keinginan terdalam dan curhat kepada Allah SWT tentang keinginan teman-teman semua. Insya Allah, setelah itu tinggal melanjutkan langkah berikutnya.

1. Konsisten Menabung


Langkah nyata dalam membangun untuk usaha modal 1 juta untuk mahasiswa yang harus kamu lakukan adalah menabung. Saya tetap percaya kok dengan prinsip menabung bahwa hemat pangkal kaya. Jika digunakan secara tepat, maka prinsip hemat dalam menabung ini tentu akan mengantarkan kamu menjadi pebisnis sukses masa depan lho. Jadi jangan sepelekan menabung ya.

Menabunglah secara konsisten, agar hasilnya bisa kelihatan. Dari mana uang yang buat nabung? kan saya tidak punya penghasilan? Hmm begini ya, sebagai mahasiswa, baik yang biayai oleh orang tua atau biaya sendiri tentu mempunyai budget untuk jajan.

Untuk sementara budget itu yang harus diminimalisir. Kurangi dulu jajan dan nongkrong sama teman-teman. Sampai kapan? Sampai tabungannya sudah cukup untuk modal usaha 1 juta untuk mahasiswa. Setuju? Mari konsisten menabung!

2. Cari Investor


Moms atau Adik-adik mahasiswa bisa mencari investor yang kira-kira tertarik untuk bekerja sama dengan kamu. Tawarkan bisnis proposal bagi hasil yang saling menguntungkan. Bagi usaha modal 1 juta untuk mahasiswa, rasanya tidak sulit mencarinya kok.

Yang terpenting adalah jaga kepercayaan dan saling terbuka saja. Itu poin penting dalam dunia bisnis yang berpartner. Jangan ada pikiran hitung-hitungan tenaga. Baik Pelaku maupun pemilik modal sama-sama memiliki andil dalam usaha yang dijalankan.

3. Buat Proposal Bisnis


Nah kamu bisa membuat sebuah proposal bisnis untuk mencari investor. Dalam proposal bisnis jelaskan jenis usahanya apa, target market, peluang bisnis kedepannya, dan bagaimana kemungkinan kembali modal dan berapa prosentase resikonya.

Jika adik-adik mahasiswa bisa menjelaskan proposal bisnis ini secara rinci, jangankan 1 juta, puluhan bahkan ratusan juta pasti akan digelontorkan kok. Kuncinya adalah buat proposal bisnis dan mulai cari investor sekarang. Bisa? Yuk, mulai!

4. Pinjam Orang Tua


Orang tua mana yang tidak ingin anaknya memiliki usaha. Apalagi saat masih menimba ilmu, anaknya sudah memiliki pemikiran membuka usaha modal 1 juta untuk mahasiswa. Pasti bangga luar biasa.

Namun yang perlu ditekankan pada saat kamu ingin meminjam dana modal usaha 1 juta untuk mahasiswa, kamu harus bisa meyakinkan orang tua bahwa usaha yang akan kamu jalankan tidak akan mengganggu pendidikan yang sedang kamu tempuh.

Kegagalan pencairan dana dari orang tua pada umumnya bukan karena orang tua tidak memiliki uang. Tapi Karena orang tua kurang yakin bahwa usaha yang akan kamu jalani benar-benar tidak akan mengganggu pendidikanmu.

Tapi apabila kamu bisa meyakinkan orang tua dengan tetap menunjukkan prestasi belajar yang baik, insya Allah dana modal 1 juta untuk mahasiswa akan segera cair.

Silakan kamu menerapkan cara yang Mom Queen sebutkan diatas dan lihat cara men mana yang berhasil mencairkan uang modal usaha kamu.

Katakanlah kamu sudah memiliki modal usaha 1 juta untuk mahasiswa, pertanyaan besarnya adalah 'Saya harus usaha apa?' Tapi seharusnya bagi kamu yang mencari dana dengan membuat proposal bisnis, pertanyaan ini tentunya sudah tidak ada lagi.

Jenis usaha sudah terpikirkan di awal hehe. Namun bagi yang masih kabur dengan jenis usaha modal 1 juta yang bisa dilakukan, Mom Queen akan membahas selanjutnya.

Jenis Usaha Modal 1 Juta Untuk Mahasiswa


Saya pernah membaca kisah pebisnis besar Indonesia, Chairul Tanjung, beliau adalah pemilik jaringan bisnis CT Corp. CT Corp membawahi beberapa bisnis lainnya yaitu Trans Corp, CT Global Resource dan Mega Corp. Beliau juga sudah mulai berbisnis saat masih duduk dibangku kuliah lho. Jadi wajar ya, apabila bisnis Pak Chairul Tanjung menggurita hingga saat ini.

Jenis usaha modal 1 juta untuk mahasiswa

Apa saja usaha modal 1 juta yang bisa dilakukan, berikut ulasannya.

1. Jasa Fotocopy


Seperti yang sudah saya singgung di atas pada buku autobiografi Chairul Tanjung, si Anak Singkong, beliau juga pernah mencoba peruntungan memulai bisnis fotocopy saat jadi mahasiswa kampus. Fotocopy menjadi ladang bisnis yang cukup moncer bagi mahasiswa yang ingin memulai usaha.

Untungnya pun cukup menjanjikan lho. Kamu tidak perlu harus memiliki mesin fotocopynya kok. Tapi kamu cukup menjadi makelar alias orang yang menjembatani si pemilik usaha fotocopy dengan mahasiswa.

Dari situ kamu bisa mengambil keuntungan 200-300 rupiah per lembarnya. Keuntungan akan lebih besar kamu dapatkan apabila kamu bekerja sama dengan pemilik usaha fotocopy, dengan meminta diskon harga spesial. Lumayan, kamu bisa mendapat tambahan keuntungan hingga 500 rupiah per lembarnya.

Bagaimana apakah kamu mulai tertarik untuk membuka usaha modal 1 juta untuk mahasiswa?

2. Jasa Ketik Naskah


Punya komputer atau laptop? Rata-rata mahasiswa pasti memilikinya. Nah kamu bisa membuka usaha jasa ketik naskah. Jasa ketik naskah juga menjadi salah satu jenis usaha yang bisa dilakukan oleh mahasiswa.

Setiap mahasiswa tidak akan lepas dari tugas dan tugas. Setiap tugas meminta mahasiswanya untuk rajin mengetik. Kamu bisa membuka jasa ketik naskah yang pangsa pasarnya adalah teman-teman kampus yang membutuhkan. Penghasilannya juga lumayan, sekitar 10 ribu hingga 20 ribu per 100 kata lho.

3. Jasa Alih Bahasa


Jasa alih bahasa juga bisa dilakukan untuk memulai usaha modal 1 juta untuk mahasiswa. Kalau kamu mahir dan menguasai salah satu bahasa asing, kamu bisa mencoba usaha jasa alih bahasa. Jasa alih bahasa atau translator memiliki peluang besar. Banyak mahasiswa kampus yang mulai usaha ini.

4. Jualan Buku


Kamu juga bisa menjadi supplier buku-buku pelajaran yang dipakai di kampus. Biasanya mahasiswa membutuhkan buku sebagai bahan pengayaan dan referensi. Kamu bisa memulai dengan buku-buku yang paling dibutuhkan oleh mahasiswa.

Buku mata pelajaran atau kamus adalah jenis buku yang paling dibutuhkan oleh mahasiswa. Usaha jualan buku bisa kamu mulai dengan bekerja sama dengan agen buku di kotamu. Kamu boleh kok minta diskon harga tertentu untuk penjualan buku ini.

Keuntungan yang bisa kamu peroleh berkisar 10 ribu hingga 50 ribu per buku. Belum lagi jika kamu mendapat diskon harga dari agen buku. Biasanya agen buku akan memberikan gratis buku dengan pembelian sejumlah kuota tertentu. Lumayan kan?!

Ada yang berminat memulai usaha modal 1 juta untuk mahasiswa dengan berjualan buku?

5. Buka Bimbel


Bisnis bimbel atau bimbingan belajar menjadi salah satu bisnis yang banyak dilakukan oleh mahasiswa kampus. Tak heran! Karena bisnis bimbel memiliki peluang cuan yang besar. Bahkan bisnis ini bisa dilakukan tanpa modal. Kalaupun dengan modal, tak sampai satu juta kok.

Kamu bisa membuka bisnis bimbel dengan memasang iklan di media cetak tempat tinggalmu. Hal ini bertujuan untuk mendapat siswa didikan dari berbagai kalangan. Selain itu kamu juga bisa memasang umbul-umbul di tempat yang strategis sebagai bahan promosi.

Penghasilan jasa bimbingan belajar private berkisar antara 100 hingga 200 ribu per 2 jam lho. Bahkan saya punya teman dengan tarif bimbel 500 ribu per 2 jam. Mantap kan! Yuk coba buka usaha modal 1 juta untuk mahasiswa dengan bisnis bimbel!

6. Jualan Pulsa dan Kuota


Nah bisnis jual pulsa dan kuota menjadi bisnis paling moncer bagi usaha mahasiswa. Setiap mahasiswa membutuhkan pulsa dan kuota. Terutama mahasiswa yang merantau. Pulsa dan kuota ibarat kebutuhan utama bagi seorang penuntut ilmu.

Tak ada salahnya kamu memulai bisnis pulsa dan kuota sebagai langkah awal memulai perjalanan membangun usaha modal 1 juta untuk mahasiswa. Kalau kamu tekun, bisnis jualan pulsa dan kuota akan memberikan penghasilan yang lumayan lho.

7. Jasa Penulisan Konten


Saat ini banyak sekali mahasiswa kampus yang menjadi seorang penulis konten. Apalagi saat ini banyak penawaran yang sering mencari jasa penulis konten.

Bagi kamu yang hobi menulis, usaha modal 1 juta untuk mahasiswa dengan menjadi penulis konten bisa kamu coba lho. Penghasilannya juga lumayan. Jasa penulisan konten berkisar antara 100 -500 ribu lho. Berani coba?


Penutup


Untuk mencari peluang usaha modal 1 juta untuk mahasiswa sebenarnya tidak sulit. Asal mau berpikir cermat, kamu akan menemukan solusinya. Mari memanfaatkan waktu luang dengan menambah peluang. 

Sudah tahu kan usaha modal 1 juta untuk mahasiswa apa saja? Sudah dapat informasi bagaimana cara mendapatkan modalnya, bagaimana cara mencari investornya, dan sudah tahu usaha apa yang bisa dilakukan. Saatnya bergerak dan action saja! Selamat berusaha. Semoga bermanfaat.

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment