header

Syarat Buka Rekening Muamalat, Mudah Kok!

Konten [Tampil]

Hi Moms,

Ada yang penasaran apa syarat buka rekening Muamalat ? Setelah membahas tentang dunia bisnis dengan modal minimal, hingga tools yang dipakai untuk software payroll, kini kita kembali membahas dunia perbankan sebagai lembaga yang mempermudah transaksi keuangan dan investasi. 

Sama sih, setelah memikirkan biaya sekolah TK anak, Mom Queen mulai berpikir mau berinvestasi dana pendidikan anak. Ya kan anak-anak masih kecil-kecil perjalanan hidup masih panjang dan tentunya membutuhkan biaya yang lumayan untuk pendidikan dan masa depan mereka.

Setelah berpikir panjang Mom Queen dan suami sepakat untuk membuka tabungan di bank syariah. Bank syariah yang kami pilih adalah bank Muamalat. Dengan prinsip kehati-hatian dalam berinvestasi, apalagi investasi untuk anak. Harus yang sesuai syariat yang kami anut.

Syarat buka rekening Muamalat

Apakah bank Muamalat bebas riba? Apa syarat buka rekening Muamalat? Bagaimana caranya? Dan sebagainya akan Mom Queen Bahas di postingan ini ya.

PT Bank Muamalat Tbk


PT Bank Muamalat Tbk berdiri sejak tahun 1992 dengan mengusung konsep syariah. Bank Muamalat berdiri sebagai pelopor lahirnya bank dengan konsep syariah di Indonesia.

Menurut bisnis.com berdsarkan rilis resmi yang dikeluarkan oleh situs BPKH tertanggal 16/11/2021, Bank Muamalat Tbk, dipegang oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sebagai pemegang saham pengendali baru. Jumlah saham yang dipegang oleh Badan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) adalah 78.45%

Pengelolaan dana di Bank Muamalat diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah , sehingga benar-benar didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah.

Apakah Bank Muamalat Bebas Riba?


Moms, dilansir dari web bankmuamalat.co.id PT Bank Muamalat adalah bank bebas riba. Sejak berdirinya bank Muamalat tidak menginduk kepada bank lain. Dengan konsep syariah yang diusungnya, bank Muamalat tetap berkomitmen menjaga kemurnian syariahnya.

Apa Produk Unggulan Bank Muamalat?


Sebagai salah satu bank yang mengusung konsep bank syariah, bank Muamalat memiliki banyak produk unggulan. Tentu saja layanan produk unggulan Bank Muamalat bisa dinikmati dengan fasilitas penunjang perbankan. 

Fasilitas seperti mobile banking, internet banking serta memiliki jaringan ATM dan kantor cabang yang telah tersebar di Indonesia hingga keluar negeri. Apa saja produk unggulan Bank Muamalat? mari kita lihat

1. Tabungan


Jenis produk tabungan di Bank Muamalat memiliki beberapa jenis produk seperti Tabunganku, Tabungan IB Hijrah, Tabungan IB Hijrah memiliki banyak lagi jenis tabungan seperti Tabungan IB Hijrah Rencana, IB Hijrah Valas, IB Hijrah payroll dan lainnya

Tabungan IB Hijrah tetap bisa dinikmati menggunakan transaksi mobile banking maupun internet banking.

Tabungan IB Hijrah adalah tabungan yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi harian maupun berbelanja dengan kartu Shar-E Debit dan berlogo Visa Plus. Dengan menggunakan tabungan IB Hijrah Moms bisa menikmati berbagai macam program subsidi belanja baik di merchant lokal hingga keluar negeri.

Keuntungan menggunakan tabungan IB Hijrah adalah biaya administrasi kartu bulanan hanya 2.500 saja. Untuk jangkauan kartu mulai dari Shar-E Debit Classic dan Shar-E Debit Gold & IHRAM bisa digunakan hingga luar negeri. Selengkapnya MOms bisa membaca di website bank Muamalat ya :)

2. Muamalat Prioritas


Muamalat Prioritas adalah tabungan khusus nasabah bank Muamalat dengan saldo rata-rata 500 juta pada satu bulan sebelum transaksi. Keuntungan menjadi nasabah Muamalat Prioritas adalah bebas biaya transfer dan pengelolaan dana lebih optimal. Ada skema pengembalian biaya transaksi dilakukan di bulan berikutnya.

Ada lagi kenikmatan lainnya menjadi nasabah Muamalat Prioritas adalah bebas biaya setor dan tarik US Dollar hingga 10.000 US Dollar per hari. Ada layanan email dan SMS notifikasi atas transaksi debit dan kredit diatas 1 juta, hingga adanya layanan laporan konsolidasi rekening.

Nyaman banget ya menjadi nasabah Muamalat Prioritas. Jadi pengen deh jadi nasabah Muamalat Prioritas. Ruang tunggu nasabah Muamalat Prioritas juga sangat nyaman. Duh, yuk lah segera cari tahu syarat buka rekening Muamalat.

Ada 6 kantor Bank Muamalat Prioritas di Indonesia, diantaranya Moms bisa mengunjungi kantor cabang Muamalat Prioritas Jakarta dibawah ini

Cabang Utama Muamalat Tower
Muamalat Tower Lantai 2, Jl.Prof.Dr.Satrio Kav.18, Jakarta Selatan.
Telp. 021-80666000

Cabang Utama Melawai
Jl.Melawai Raya No.72, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12130. Telp.021-7200489

3. Giro


Giro IB Hijrah adalah tabungan syariah yang penarikannya dengan menggunakan Cek, Bilyet Giro, Letter of Authorization (LoA) dan atau Letter of Indemnity (LoI) maupun dengan pemindahbukuan.

Layanan Giro IB Hijrah memiliki beberapa jenis layanan lainnya seperti Giro IB Hijrah Ultima, Giro IB Hijrah, dan Rekening Khusus Giro DHE & SDA.

Apa keuntungan menggunakan tabungan Giro di Bank Muamalat?


Keuntungan menggunakan tabungan Giro di Bank Muamalat adalah bisa menggunakan 3 jenis mata uang seperti IDR, SGD, dan USD. Dengan akad wadiah Moms bisa menikmati fasilitas dan fleksibilitas bertransaksi dengan ATM, Cek BG, Internet Banking, Mobile Banking, MADINA hingga Letter of Indemnity (LoI)

4. Deposito


Tetap mengedepankan konsep syariah, deposito di bank Muamalat mengusung prinsip deposito syariah dengan sistem bagi hasil yang optimal. Deposito Muamalat bisa menggunakan mata uang rupiah maupun US Dollar.

Keuntungan memilih produk deposito di bank Muamalat ini adalah dana investasi dikelola secara syariah. Ini adalah poin penting untuk menjaga ketenangan hati. Jangka waktu yang bisa dipilih mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 4 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan. Dengan memilih produk Deposito IB Hijrah, bisa juga digunakan sebagai jaminan pembiayaan jika dibutuhkan.

Berapa saldo minimal untuk pembukaan Deposito di Bank Muamalat?


Untuk saldo mata uang Rupiah saldonya adalah Rp 5.000.000,- . dan sebesar USD 1.000 Untuk mata uang US Dolar.

4. Pembiayaan


Bank Muamalat juga melayani pembiayaan kepada nasabah yang membutuhkan dana tambahan untuk berbagai keperluannya. Sebut saja misalnya Kredit Pemilikan Rumah. Moms bisa memanfaatkan layanan yang ada pada bank syariah ini.

Apa keuntungan menggunakan pembiayaan dari bank Muamalat?


Keuntungan apabila Moms menggunakan bank Muamalat sebagai sumber dana pembiayaan KPR, Moms akan mendapatkan

  • Transaksi KPR sesuai prinsip syariah
  • Tidak ada biaya provisi
  • kepastian cicilan dari awal hingga akhir
  • Kersedia promo diskon biaya yang menarik
  • Syarat mudah dan praktis

Mom bisa cek langsung di website bank Muamalat untuk melihat simulasi angsuran untuk jumlah plafon pembiayaan tertentu. Mom Queen iseng melihat berapa angsuran untuk plafon pembiayaan sebesar 200 juta dengan tenor 60 bulan. Angsurannya hanya sebesar 4.4 juta saja Moms.

Hmm mulai berpikir mau memindahkan ke bank Muamalat deh kayaknya hehe

Masih banyak lagi produk dan layanan unggulan dari bank Muamalat ini. Selengkapnya Moms bisa mengunjungi website Bank Muamalat atau langsung mengunjungi kantor cabang Bank Muamalat terdekat.

Bagaimana cara membuka rekening di bank Muamalat? Apa saja syarat buka rekening Muamalat ? Mari kita ulas lagi yuk!

Syarat Buka Rekening Muamalat


Moms, bagi yang ingin membuka rekening Muamalat syaratnya cukup mudah kok. Mari kita lihat syarat buka rekening Muamalat berikut ini. 

untuk WNI, 

Moms hanya perlu menyiapkan KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku serta NPWP atau apabila tidak memiliki NPWP cukup membuat surat pernyataan saja

sedangkan untuk WNA, 

Moms perlu menyiapkan Paspor/KITA/KIMS/Surat referensi tinggal sementara yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang.

Setelah memiliki data ini Moms bisa langsung mengisi formulir pembukaan rekening dan mengisi formulir tax registration bagi WNA.

Berapa Setoran Awal Buka Rekening di Bank Muamalat?


Pembukaan rekening di bank Muamalat memiliki setoran awal yang berbeda beda untuk setiap jenis produknya.

Setoran Awal Tabungan Shar-E


Untuk Tabungan Shar-E Moms dimaksudkan untuk membeli paket sebagai setoran awal pembukaan rekening sebesar Rp 125.000,- Setoran awal ini dialokasikan untuk setoran awal sebesar Rp 100.000,- dan Rp 25.000,- untuk biaya administrasi.

Untuk tabungan paket Shar-E, Moms akan mendapatkan satu buah kartu ATM, PIN, TIN (Telephone Identification Number) dan buku petunjuk penggunaan. Selanjutnya Moms bisa menggunakan rekening seperti biasa.

Setoran Awal Tabunganku


Mom Queen juga merekomendasikan tabungan jenis 'Tabunganku' yang bisa digunakan sebagai simpanan perorangan dengan syarat yang sangat mudah.

Tabunganku bisa digunakan sebagai tabungan simpanan untuk anak sekolah yang masih belum memiliki KTP. Bisa digunakan sebagai investasi biaya sekolah anak nantinya.

Jika digunakan untuk tabungan anak, Moms tinggal menambahkan kartu pelajar atau surat keterangan dari sekolah yang telah bekerja sama dengan bank Muamalat.

Selain syarat diatas, Moms hanya perlu menyiapkan setoran awal sebesar Rp 20.000,- saja. Konsep TabunganKu ini hanya mendapat buku tabungan saja tanpa kartu ATM ya Moms. Jika ingin melakukan penarikan silahkan langsung bertransaksi di teller. Minimal transaksi penarikan adalah Rp 100.000,-

Dengan TabunganKu Moms sudah bisa mempunyai tabungan yang bisa digunakan sebagai tabungan untuk persiapan biaya sekolah anak.

Bagaimana Moms sudah siap menjadi nasabah bank Muamalat? Silahkan mengunjungi kantor cabang terdekat di tempat tinggal Moms ya. Jangan lupa baca lagi syarat buka rekening Muamalat agar tenang dalam pembukaan rekening.

Penutup


Dalam memilih produk tabungan ataupun jenis investasi harus diperhatikan kemana arah investasi tersebut. Jangan sampai hanya karena tergiur konsep bagi hasil yang wow Moms jadi melupakan norma-norma yang ada.

Pilih yang sesuai dengan kenyamanan hati. Tidak ada salahnya untuk bertanya setiap detail layanan produk kepada customer service di bank yang hendak dituju tempat menitipkan tabungan. Jika dirasa kurang sreg, Moms bisa beralih ke bank Muamalat dan baca syarat buka rekening Muamalat ini. Semoga bermanfaat :)

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment