header

Biaya Sumur Bor 30 Meter Bandung, Mulai dari 150 Ribu Per meter

Konten [Tampil]

Hi Moms,

Ada yang tinggal di kota kembang Bandung nggak? Atau yang saat ini baru bermukim di Bandung yang ingin mengetahui berapa biaya sumur bor 30 meter Bandung? Bukan kebetulan jika akhirnya kamu menemukan tulisan ini hehe. Disini kamu akan mendapatkan informasi mengenai besaran biaya sumur bor 30 meter di Bandung.

Sumur bor bagi sebagian orang menjadi solusi untuk pasokan air bersih bebas polusi. Konsep sumur bor adalah penggalian sumur dengan menggunakan saluran pipa yang ditanamkan ke dalam tanah hingga menemui sumber mata air tanah dalam.

Air yang dihasilkan tentu lebih bersih, jernih dan bebas polusi. Namun yang menjadi pertanyaan besar bagi yang tinggal di daerah topografi yang tidak rata seperti Bandung, berapa biaya sumur bor 30 meter Bandung? Mari kita jabarkan berikut ini yuk.

Biaya Sumur Bor 30 Meter Bandung


Sumur bor bandung

Biaya sumur bor 30 meter Bandung yang kompetitif masih menjadi alasan utama penggunaan sumur bor. Untuk daerah-daerah yang sulit terjangkau Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), curah hujan sedikit, dan mengalami tingkat polusi yang tinggi, pemakaian sumur bor bisa menjadi solusi.

Berapa kedalaman sumur bor agar dapat memperoleh air bersih yang layak dikonsumsi? Menurut beberapa referensi yang Mom Queen baca, kedalaman sumur bor sangat dipengaruhi oleh lokasi daerah target.

Jika dataran rendah, kedalaman 10-15 meter terkadang sudah bisa mendapatkan air yang layak dikonsumsi. Biasanya penyedia jasa sumur bor akan melakukan survei lokasi terlebih dahulu, barulah kemudian bisa menentukan berapa kedalaman sumber mata airnya.

Untuk daerah dengan kondisi berbukit atau tidak rata, kedalaman sumur bor 30 meter adalah yang paling direkomendasikan. Tentu saja bukan hanya bersih namun juga melimpah. Beberapa faktor berikut ini yang mempengaruhi besaran biaya sumur bor 30 meter Bandung

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Sumur Bor 30 Meter Bandung


Berikut ini adalah faktor yang mempengaruhi biaya sumur bor dengan kedalaman 30 meter untuk wilayah Bandung

1. Kondisi Kontur Tanah


Kondisi Kontur tanah daerah yang akan dibuat sumur bor turut mempengaruhi besaran biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen. Tentu saja harga daerah dengan kondisi tanah gembur, gambut, versus daerah bebatuan memiliki harga yang berbeda.

Untuk daerah Bandung yang memiliki kontur tanah dan geologi yang berbeda-beda kedalaman sumur bor juga harus diperhatikan. Kamu bisa menonton video ini

 

2. Kedalaman Sumur Bor


kedalaman sumur bor yang ingin dibuat juga turut mempengaruhi besaran harga yang akan dikeluarkan. Hmm kira-kira berapa ya biaya sumur bor 30 meter di Bandung? Berikut ini jenis sumur bor berdasarkan kedalaman yang diinginkan.

2.1. Sumur Bor Dangkal


Sumur bor dangkal memiliki kedalaman 7-20 meter. Dengan Instalasi pipa max 4 inchi. Biasanya digunakan untuk kebutuhan industri rumah tangga, pertokoan atau kantor dengan ukuran kecil. Memiliki biaya paling rendah dibanding jenis lainnya.

Berapa biaya pembuatan sumur bor dangkal?


Biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan sumur bor dangkal atau dengan kedalaman sampai dengan 20 meter. Harga sumur bor per meter senilai Rp 150.000,- per meter belum termasuk Instalasi atau Rp 300.000,- sudah termasuk Instalasi.

2.2. Sumur Bor Jet Pump


Sumur bor jet pump memiliki kedalaman 21-60 meter. Biasanya digunakan untuk industri yang memerlukan debit air yang lebih besar, pertokoan, villa maupun rumah tangga sedang seperti kost-kostan. Instalasi yang digunakan adalah pipa 5 inchi.

Berapa biaya pembuatan sumur bor jet pump?


Biaya lebih besar dari sumur bor dangkal karena ada penambahan instalasi mesin jet pump. Menurut beberapa Referensi yang Mom Queen baca biaya sumur bor 30 meter Bandung ini masuk ke dalam penggunaan mesin jet pump. Harga pembuatan dan Instalasi berkisar Rp 8.450.000,-

2.3. Sumur Bor Submersible (Semi Artesis)


Sumur bor submersible berada pada kedalaman 50-100 meter. Lokasi di Bandung seperti Gedebage yang berada di daerah cekungan Bandung, menurut video youtube Abah Outdoor di atas sebaiknya tidak menggunakan sumur submersible ini.

Sumur bor ini digunakan untuk industri yang membutuhkan debit air yang lebih besar seperti pertokoan besar, vila, apartment, dan sebagainya. Sumur semi Artesis ini menggunakan instalasi pipa 6 inchi.

Berapa biaya pembuatan sumur bor Submersible (Semi Artesis)?


Biaya lebih besar dari jet pump, karena menggunakan pompa submersible yang mempunyai kekuatan pompa yang mampu mendorong air lebih besar. Harga kedalaman Rp 50 meter mulai dari Rp 13 jutaan sudah termasuk jasa dan material.

2.4. Sumur Bor Artesis (Deep Well)


Sumur bor Artesis (deep well) berada pada kedalaman lebih dari 100 meter. Biasanya digunakan untuk industri besar, pabrik, rumah sakit, dan hotel. Sumur bor Artesis ini menggunakan instalasi pipa 8 inchi.

Berapa biaya pembuatan sumur bor Artesis?


Biaya Sumur Bor Artesis memiliki biaya paling tinggi karena penggunaan mesin deep well. Menurut perusahaan yang bergerak dibidang jasa pembuatan sumur bor, pemesanan jasa sumur bor ini memakan waktu lebih lama, serta penggunaan tenaga profesional lebih banyak. Sayangnya Mom Queen belum mendapat referensi berapa biaya pembuatan sumur bor jenis ini.

Kelebihan dan Kelemahan Penggunaan Sumur Bor


Penggunaan sumur bor yang sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini memiliki banyak Keuntungan. Terutama seperti daerah-daerah yang kesulitan sumber air bersih.

Daerah yang belum terjangkau PDAM, memiliki curah hujan rendah dan tinggal di daerah perbukitan, sumur bor menjadi salah satu solusi mengatasi krisis air bersih. Berikut ini bisa dilihat kelebihan penggunaan sumur bor serta biaya sumur bor 30 meter.

Kelebihan Penggunaan Sumur Bor 30 Meter


1. Penggunaan Air Bebas Polusi


Penggunaan sumur bor dengan melakukan pengeboran ke dalam lapisan tanah dalam dan mengambil air dari tanah dalam, membuat air yang dihasilkan memiliki cita rasa yang khas air tanah yang jernih. Selain jernih air ini meminimalisir polusi udara.

Jika dibandingkan dengan sumur gali dengan kondisi terbuka, tentu saja rawan akan terjadinya pencemaran udara. Penggunaan sumur bor dengan biaya biaya sumur bor 30 meter Bandung bisa menjadi solusi

2.Solusi untuk Daerah yang Kesulitan Air Bersih


Beberapa daerah juga mengalami kesulitan mendapatkan akses air bersih yang terus menerus. Sedangkan air adalah sumber kehidupan. Maka kehadiran sumur bor menjadi solusi bagi yang menginginkan air bersih secara berkesinambungan.

Memang disadari bahwa tidak semua daerah terjangkau oleh PDAM. Untuk daerah tertentu meskipun letak geografisnya layak, terkadang belum terjangkau layanan PDAM. Selain sumur gali, sumur bor menjadi solusi yang banyak digunakan.

3.Tidak Tergantung dengan Sumber Mata Air


Kondisi geologi batuan keras turut menyumbang banyak orang beralih ke penggunaan sumur bor. Kondisi geologi untuk daerah tertentu yang sulit menemukan mata air. Misalnya untuk daerah perbukitan yang tidak bisa menggunakan sumur terbuka atau PAM, sumur bor menjadi solusi jitu.

Resiko Penggunaan Sumur Bor


Namun, bukan berarti penggunaan sumur bor bukan tanpa resiko atau kekurangan. Meski menggunakan sumber mata air tanah yang selalu mempunyai stok pasokan air. Sumur bor dengan biaya sumur bor 30 meter Bandung juga memiliki kekurangan.

Berikut ini resiko penggunaan sumur bor

1.Habisnya Cadangan Air tanah


Adanya eksploitasi secara masif dalam kapasitas besar membuat berkurangnya cadangan air tanah. Memang air tanah ini akan kembali terisi tetapi juga membutuhkan waktu. Jika penggunaan sumur bor dilakukan oleh sebagian besar masyarakat akan mengakibatkan cadangan air tanah menjadi berkurang bahkan habis.

2.Turunnya Permukaan Tanah


Penggunaan air tanah dalam jumlah besar menjadikan kondisi perut bumi menjadi berongga. Hal ini mengakibatkan terjadinya kekosongan lapisan perut bumi yang seharusnya berisi air. Kekosongan lapisan perut bumi ini dapat mengakibatkan turunnya permukaan tanah.

Sebuah penelitian menyebutkan daerah yang mayoritas penduduknya menggunakan sumber mata air tanah dalam menyebabkan lapisan permukaan tanah di daerah tersebut akan menurun.

Sebut saja kota Jakarta yang mengalami penurunan permukaan tanah setiap tahunnya sebanyak 11 cm akibat eksploitasi air tanah yang berlebihan (Liputan6.com Desember 2018). Jadi Pemerintah mengatur secara ketat penggunaan sumur bor ini .

3. Terganggunya Proses Hidrologi


Air tanah yang diambil oleh sumur bor ini berasal dari air pegunungan, air hujan yang mengalir ke resapan tanah, maupun sumber air lainnya. Air tanah ini biasanya dimanfaatkan oleh tumbuh-tumbuhan untuk menyerap air ketika hujan tidak turun. Jika air tanah dalam sudah habis karena pemakaian yang besar,dapat menyebabkan proses hidrologi makhluk hidup akan terganggu.

Melihat akibat yang ditimbulkan oleh penggunaan sumur bor ini, maka sekali lagi kita harus bijak menggunakan sumur bor sebagai solusi kebutuhan air bersih. Namun jika tidak adanya pilihan PDAM serta sumber mata air lain, maka boleh-boleh saja menggunakan sumur bor tapi tetap sesuai aturan yang berlaku.

Daftar Jasa Sumur Bor 30 Meter Bandung


Nah Moms, sekarang sudah tahukan apa kelebihan dan dampak dari penggunaan sumur bor bagi kehidupan kita. Seperti yang telah Mom Queen katakan, jika sumur bor adalah solusi satu-satunya untuk menghasilkan air bersih, maka sebaiknya bijaklah dalam menggunakan air bersih. Jangan melakukan eksploitasi secara berlebihan terhadap air tanah.

Berikut ini daftar penyedia jasa beserta biaya sumur bor 30 meter Bandung

1. CV. Geo Santara


CV Geo Nusantara merupakan jasa pengeboran tanah professional. Jasa yang ditawarkan dan besaran biaya sumur bor bor 30 meter Bandung termasuk jasa pengeboran tanah professional serta survey topografi.

CV Geo Santara telah terbukti melayani pembuatan sumur bor sejak tahun 1996. Dilihat dari website pengeboranindonesia.com perusahaan ini telah melayani jasa pengeboran pada perusahaan besar di berbagai lokasi di Indonesia. Beberapa diantaranya PT Soechi Group, PT Anam Koto dan masih banyak lagi.

Berapa biaya pembuatan sumur bor per meter di CV Geo Santara?


Untuk pembuatan dan biaya sumur bor 30 meter Bandung melalui CV Geo Santara ini cukup beragam. Dari website www.pengeboranindonesia.net disebutkan bahwa biaya pembuatan sumur bor tergantung dari kondisi permukaan tanah daerah tujuan.

Meski tidak menyebutkan secara pasti besaran biayanya. Secara umum biaya sumur bor 30 meter Bandung senilai Rp 150-300 ribu per meter. Harga ini belum termasuk biaya material dan instalasi. Semakin dalam harganya akan semakin menyesuaikan. Jadi secara kasar hitungan biaya sumur bor 30 meter Bandung sebesar Rp Rp 4.500.000,-

Sedangkan untuk biaya sumur bor 30 meter di Bandung dengan sistem paket atau bundling sebesar Rp 300 ribu per meter, sehingga biaya sebesar Rp 9.000.000,-

CV Geo Santara melayani pengeboran sumur bor di berbagai wilayah di Indonesia dan untuk biaya sumur bor 30 meter di Bandung dengan jasa CV Geo Santara bisa di kontak melalui alamat berikut ini

CV Geo Santara
Kp Cibunar Rt 02 RW 06 Kel Pangguh kec Ibun kabupaten Bandung, Jawa Barat 40384
Telepon 0812-2584-0100
Website pengeboranindonesia.net
Surel santanageo@gmail.com

2. CV Blora Mustika Air

CV Blora Mustika Air adalah salah satu jasa pembuatan sumur bor dengan harga cukup bersaing. Pembuatan sumur bor dan besaran biaya sumur bor 30 meter Bandung melalui perusahaan ini bisa jadi referensi Moms menggunakan jasa mereka. Yang paling membuat bahagia jika menggunakan CV Blora Mustika Air ini adalah adanya garansi selama 1 tahun.

Jadi jika kemudian memiliki keluhan setelah pembuatan dan instalasi sumur bor terdapat keluhan warna air dan sebagainya, Moms masih bisa tetap meminta perbaikan ke jasa sumur bor di kota Bandung ini.

Berapa biaya sumur bor per meter menggunakan CV Blora Mustika Air?


Dari website www.borsumurbandung.com Mom Queen mendapat informasi bahwa biaya sumur bor 30 meter Bandung dengan menggunakan CV Blora Mustika Air sangat tergantung dari hasil survei yang dilakukan di lapangan. Harga tergantung dari kondisi geologi daerah target.

Memiliki tagline “Pelopor Sumur dan Tanah Bandung” perusahaan ini bisa dijadikan referensi untuk pembuatan sumur bor di Bandung. Tertarik menggunakan jasa CV Blora Mustika Air untuk pembuatan sumur bor Moms? Silakan mengunjungi perusahaan ini di alamat dibawah ini

CV Blora Mustika Air 
Alamat Cicalengka Cengkeh Indah blok D1, Bandung Jawa Barat
Telepon 0821-5719-5925
Surel suratminnm699@gmail.com

Itulah beberapa referensi jasa dan biaya sumur bor 30 meter Bandung yang bisa Moms jadikan acuan untuk mendapatkan sumber air tanah yang murni dan bebas polusi. Sekali lagi perlu diingat bahwa pembuatan sumur bor diatur ketat oleh Pemerintah, jadi pastikan memilih perusahaan yang telah berizin resmi dan berpengalaman dalam pembuatan sumur bor. Semoga bermanfaat ya.


Referensi
https://youtu.be/f8u3fxBQWoM
https://www.eposdigi.com/2019/08/23/lingkungan-hidup/bahaya-besar-menanti-di-balik-sumur-bor/
https://borsumurbandung.com/informasi/
https://arthome.co.id/harga-sumur-bor-permeter/
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment