header

Cara Daftar Affiliate Shopee, Pengalaman Mom Queen Sehari Langsung Approved!

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Tulisan ini dibuat karena Mom Queen ingin berbagi pengalaman cara daftar affiliate Shopee. Program Shopee affiliate bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi Ibu Rumah Tangga yang ingin menambah penghasilan ((lagi)) hehe.

Beberapa waktu yang lalu Mom Queen sering sekali melihat snapgram saudara berisi link Shopee. Saya pikir, kenapa ya nih anak jadi demen banget ngeshare link Shopee? Soalnya Mom Queen tahu banget dia paling malas bikin snapgram, kecuali kalau di-mention, baru deh mention balik haha.

Demi menepis rasa penasaran, Mom Queen akhirnya bertanya padanya. Rupanya dia telah bergabung di program Shopee affiliate. Dia pun bercerita tentang komisi yang didapatnya, saat itu baru sekitar puluhan ribu. Tapi lumayanlah sudah bisa buat nongki di Setarbak hehehe. Tertarik nggak nih ceria lanjutannya? Siapin kopi dulu yuk biar segar matanya. Ahay!

Apa sih Shopee Affiliate Program?


Berbekal informasi dari saudara tersebut, Mom Queen akhirnya mencari tahu cara daftar Shopee affiliate program. Bagi Moms yang belum tahu apa itu Shopee affiliate program? Melalui tulisan curhat Mom Queen ini kamu akan mendapat setitik pencerahan (semoga saja) hehe.

Shopee affiliate adalah

Shopee affiliate program adalah program yang dibuat oleh marketplace Shopee. Menjadi shopee afilator artinya kamu sebagai partner kerja Shopee yang bertugas mempromosikan barang-barang yang ada di Shopee menggunakan custom link kamu.

Sang affiliate akan mendapatkan komisi dari setiap klik link yang terkonversi menjadi pesanan. Dalam hal ini tentu saja ada kriteria khusus yang diberikan Shopee serta toko mana yang berpotensi mendapatkan penghasilan.

Keuntungan Menjadi Shopee Affiliate?


"Ngapain sih sqbn hati ku bagiin link belanjaan mulu?!" Komen teman Mom Queen suatu hari.

Moms, bagi yang belum paham mungkin akan berkomentar seperti ini. Tetapi bagi yang sudah terbiasa dengan dunia afiliasi tentu saja akan biasa-biasa saja. Kenapa sih affiliate itu suka membagi-bagi link kepada orang-orang terdekatnya? Karena secara psikologis orang terdekat lebih mudah percaya terhadap informasi baru yang diberikan.

Kembali lagi ke Shopee affiliate, apa saja keuntungan mengikuti program shopee affiliate? Mari kita lihat penjelasannya berikut ini:

1. Mendapatkan penghasilan per minggu


Siapa yang tidak ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Mom Queen juga mau, awalnya iseng-iseng sih, tetapi setelah melihat potensi penghasilan tambahan per minggu, tak ada salahnya mencoba. Apalagi Shopee memberi banyak promo-promo menarik setiap bulannya bagi affiliate.

Kita bahas dulu perhitungan komisinya ya. Persentase komisi shopee affiliate adalah 5% untuk toko yang dipromosikan dan 1% untuk toko yang tidak dipromosikan. Secara umum perhitungan komisi shopee affiliate adalah sebagai berikut:

Komisi= % komisi x harga (harga yang dibayar pembeli saat checkout)

Moms bisa punya kesempatan mendapatkan komisi lebih besar dengan menjadi shopee partner. Syarat menjadi Shopee partner adalah:
  • Khusus bagi pengguna shopee dengan ketentuan memiliki minimal 2000 follower di youtube, instagram, Tiktok, maupun twitter.
  • Mencapai 50 order minimal satu kali dalam 3 bulan terakhir.

Keuntungan menjadi shopee partner adalah pada persentase komisi yakni sebesar 10% untuk toko yang dipromosikan dan 2% untuk toko yang tidak dipromosikan.

Karena Mom Queen followernya masih cimit, jadi masih menjadi bagian shopee affiliate dulu. Tak apa hehe.

2. Pembayaran komisi cepat dan laporan performa lengkap


Proses pembayaran komisi di Shopee affiliate cepat. Pembayaran komisi dibayarkan dalam 9 hari kerja setiap hari kamis. Jadi setiap pesanan yang telah selesai dan tervalidasi, maka komisinya akan langsung masuk ke shopeepay atau rekening yang terdaftar.

Untuk jumlah komisi dibawah 1 juta akan ditransfer ke rekening Shopeepay. Sedangkan komisi diatas 1 juta, akan ditransfer ke rekening pribadi yang didaftarkan.

Moms juga bisa melihat laporan performa di fitur Shopee affiliate program. Jangan lupa bahwa laporan mingguan menunjukkan jumlah komisi yang didapat sebelum dipotong pajak ya. Jadi jangan bingung jika nanti jumlahnya berbeda dengan yang nominal yang tertera di dashboard dan laporan komisi.

3. Terdapat penawaran mingguan


Di Shopee affiliate program, Moms akan mendapatkan informasi mengenai berbagai campaign mingguan hingga bulanan. Tentu saja hadiahnya mulai dari uang tunai hingga voucher belanja.

4. Ada Shopee Affiliate Class


Shopee affiliate program juga mengadakan Shopee affiliate class. Dimana peserta akan mendapatkan pelatihan khusus mengenai shopee affiliate, keuntungan menjadi shopee affiliate, Cara meraih komisi maksimal, dan masih banyak lagi.

Shopee affiliate class akan diadakan melalui zoom yang jadwalnya bisa dipilih sendiri. Disini juga Moms akan diajarkan bagaimana caranya bisa mendapatkan penghasilan yang terus meningkat setiap minggunya.

Itulah beberapa keuntungan mengikuti Shopee affiliate program. Sudah tahu kan keuntungan menjadi Shopee affiliate? Apakah Moms sudah tertarik untuk ambil bagian dalam program ini? kalau kamu tertarik untuk bergabung di program shopee affiliate, lanjut baca syarat dan cara daftarnya berikut ini.

Syarat Menjadi Shopee Affiliate


Untuk menjadi affiliate Shopee, kamu hanya perlu mempersiapkan syarat berikut ini.
  • Memiliki akun shopee perorangan, bukan akun toko atau akun jualan ya.
  • Mempunyai eKTP, 
  • Buku tabungan, dan 
  • NPWP
  • Aku sosmed setelah public

Jika sudah memiliki syarat tersebut lanjut deh daftar Shopee affiliate.

Pengalaman Mom Queen Daftar Affiliate Shopee


Moms untuk mendaftar dalam program Shopee affiliate ada 3 informasi yang harus dilengkapi, yaitu:
  • Informasi afiliasi
  • Informasi bank, dan
  • Informasi pajak

Nah Mom Queen akan membahas cara daftar Shopee affiliate pada informasi afiliasi dulu ya. Kamu bisa mengikuti step by step di bawah ini.

Langkah Mudah Daftar Shopee Affiliate


1. Mengisi informasi afiliasi


Pada bagian ini yang perlu disiapkan hanya data awal seperti nama, medsos dan kode tim shopee.
  • Buka aplikasi Shopee, pilih menu 'saya' di bagian kanan bawah
  • Pilih menu Shopee Affiliate Program
  • Isi data yang diminta ( Masukkan kode Tim Mom Queen, huruf besar semua: PDQ3PLV)
  • Tautkan dengan media sosial ( bisa Instagram/youte/twitter/Facebook)
  • Pilih rentang follower dan isi data selanjutnya

2. Mengisi informasi bank


Pada bagian ini kamu hanya perlu mengupload data pribadi yang berhubungan dengan data bank. Data ini digunakan untuk pembayaran komisi ya. Data yang dibutuhkan adalah
  • Nama bank
  • Nama pemilik rekening
  • Nomor rekening, serta
  • Foto buku rekening bagian depan sebagai bukti kepemilikan rekening.

Pada bagian ini juga|~¢ dijelaskan bahwa komisi di atas 1 juta akan dibayarkan melalui rekening bank. Sedangkan nominal di bawah 1 juta akan dibayarkan ke shopee pay. Selanjutnya mengisi informasi pajak.

3. Mengisi informasi pajak


Peserta program shopee affiliate hanya perlu mengupload
  • Foto e-KTP tampak depan
  • Foto NPWP lengkap dengan nomornya

Jika memiliki NPWP akan dikenakan pajak sebesar 2% saja, sedangkan jika tidak memiliki NPWP maka pajak yang dikenakan sebesar 20% lho, makanya sebaiknya mengisi data NPWP dengan lengkap ya

Pembayaran Shopee affiliate

Selesai! Setelah ini biasanya kamu akan mendapat email bahwa pendaftaran sebagai affiliate shopee sudah masuk (namun belum diterima ya, ini data affiliatenya saja yang diterima).

Tim Shopee akan memverifikasi data yang kamu kirim. Waktunya antara 1-3 hari kerja ya. Pengalaman Mom Queen kemarin daftarnya di hari kerja dan besoknya langsung di approved.

Kemudian untuk data pembayaran baru di a setelah satu minggu pasca pendaftaran. Entah mengapa proses ini tidak bersamaan. Mungkin ada perbedaan verifikasi datanya. Semua pemberitahuan akan dikirim by email ya. Setelah itu mulailah menjadi bagian dari shopee affiliate.

Informasi pembayaran shopee

Cara Kerja Shopee Affiliate


Bagaimana cara kerja shopee affiliate? Moms, cara kerja di program Shopee affiliate cukup mudah kok. Kamu tinggal membagikan link shopee dari toko berlabel star, star+, atau shopee mall ke media sosial yang kamu miliki. Seperti instagram, facebook, twitter, atau whatsapp pribadi.

Kalau Mom Queen lebih banyak membagikan link shopee affiliate di media sosial instagram dan whatsapp. Jika ada yang berbelanja dari link yang dibagikan, maka akan mendapat komisi sesuai besaran persentasenya. Mudah kan?

Berapa p@otensi penghasilan jadi Shopee affiliate?


Dari sebuah video Youtube yang dibagikan oleh seorang konten kreator asal Palembang, Devi Ananda, besaran penghasilan yang diterimanya berkisar Rp 600 ribu hingga Rp 800 ribu per minggu. Itu per minggu ya, bukan per bulan. Ini lumayan banget kan?! 

Kalau Mom Queen sendiri karena baru beberapa hari join, komisinya baru beberapa puluh ribu saja haha. Kalau Adik Mom Queen yang sudah lebih dulu join di Shopee affiliate, sudah mendapatkan penghasilan hampir seratus ribuan.

Alhamdulillah ya dari program shopee affiliate ini semacam ada harapan baru untuk menambah penghasilan hehe. Soon kalau penghasilan sudah lumayan besar Mom Queen akan update lagi tulisannya ya. Insya Allah.

Ayo Gabung Program Shopee Affiliate dan Dapatkan Komisinya!


Moms, kamu sudah melihat kan bagaimana besarnya potensi penghasilan yang bisa didapat dari program shopee affiliate ini. Kamu bisa kok mulai bergabung jadi Shopee affiliate dengan gabung di tim Mom Queen.

Yuk! daftar program Shopee affiliate dan dapatkan komisinya setiap minggunya! Yang mau gabung Shopee affiliate silakan login ke Shopee Affiliate dan masukkan kode PDQ3PLV untuk jadi tim Mom Queen. Kamu sudah gabung Shopee affiliate belum?

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment