header

Penjelasan Apa Itu Quality Traffic, Pengunjung yang Diharapkan Oleh Website

Konten [Tampil]
Hi Moms!
Terlepas dari konten yang berkualitas, sebuah website tentu membutuhkan pengunjung, atau lebih dikenal dengan istilah “traffic”. Traffic bisa jadi salah satu tolok ukuran keberhasilan serta kepopuleran sebuah website atau brand. Secara otomatis, semakin banyak traffic dari sebuah website, maka potensi penjualan atau promosi dari brand akan semakin meningkat.

Namun, perlu Moms pahami tidak semua jenis traffic sama. Salah satu traffic yang memiliki peranan penting adalah pengunjung dengan jenis "Quality Traffic". Melalui halaman ini, Moms bisa menyimak pembahasan mengenai quality traffic yang penting untuk website kamu. Check this out!

Apa Itu Quality Traffic?


Apa itu quality traffic

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, traffic adalah komponen atau bagian penting dari sebuah website. Salah satu jenis traffic yaitu quality traffic adalah jenis pengunjung yang menguntungkan bagi website.

Quality traffic merupakan istilah yang disematkan pada pengunjung yang benar-benar tertarik dengan konten atau produk yang ditawarkan di website yang dikunjungi. Bisa dikatakan, quality traffic adalah pengunjung yang memiliki potensi lebih tinggi untuk melakukan interaksi atau engagement atau bahkan menjadi pelanggan dari suatu brand. Dengan kata lain, istilah quality traffic berarti pengunjung yang relevan, yang mencari informasi atau produk yang sesuai dengan apa yang sudah disediakan oleh website.

Jika quality traffic menguntungkan website, ada juga yang malah tidak bermanfaat untuk website, yaitu junk traffic. Jelas jika quality traffic adalah sebaliknya dari "Junk Traffic" atau pengunjung yang tidak relevan.

Yang dimaksud dari junk traffic adalah pengunjung yang datang ke situs kamu namun tidak memberikan dampak untuk website, dan bisa terjadi karena klik acak atau software otomatis yang menghasilkan traffic palsu. Junk traffic cenderung meninggalkan situs kamu dengan cepat atau bounce, tidak melakukan tindakan apapun, dan tidak berkontribusi pada website kamu.

Bagaimana Quality Traffic Terbentuk


Bagaimana quality Traffic Terbentuk

Berikut ini pembahasan mengenai bagaimana quality traffic terbentuk.

1. Relevansi

Pengunjung jenis quality traffic datang ke situs kamu karena mereka mencari informasi atau produk yang sesuai dengan apa yang kamu tawarkan. Dengan begitu, mereka merasa website kamu memberikan informasi atau produk yang relevan dengan keinginan mereka.

2. Sumber yang Terpercaya

Quality traffic umumnya berasal dari sumber yang terpercaya, seperti mesin pencari, website yang sudah dikenal luas, atau link yang direkomendasikan dari website lainnya.

3. Target Market

Quality traffic adalah target market usaha kamu. Dalam marketing campaign, penargetan adalah strategi yang sangat penting untuk menarik pengunjung yang relevan sehingga jelas bukan sekadar menambah jumlah pengunjung atau traffic semata. Quality traffic akan berada di website kamu dalam waktu yang lama, bahkan melakukan engagement seperti melakukan transaksi.

Mengapa Quality Traffic Penting?


Dengan penjelasan tersebut, jelas jika quality traffic sangat penting untuk sebuah brand. Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

1. Engagement yang Sesuai

Quality traffic punya kemungkinan besar untuk melakukan tindakan yang diinginkan, seperti melakukan pembelian produk, berlangganan, atau sekedar mengisi formulir. Pengunjung jenis quality traffic juga lebih cenderung terlibat dalam meninggalkan komentar atau review hingga membagikan konten ke media sosial.

2. Efisiensi Biaya

Mengejar angka traffic mungkin akan memakan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, merancang agar website lebih fokus kepada quality traffic bisa jadi langkah untuk menekan biaya jadi lebih efisien. Menggunakan keyword dan membuat konten yang sesuai bisa jadi cara yang efektif.

3. Optimasi SEO

Quality traffic juga berkontribusi pada peningkatan peringkat SEO kamu, karena mesin pencari seperti Google mengukur kualitas pengalaman pengguna.

Langkah Mendapatkan Quality Traffic


Langkah mendapatkan quality traffic

Mendapatkan quality traffic memerlukan strategi yang tepat. Beberapa cara untuk mencapai ini termasuk:

1. Meningkatkan Fokus SEO

Fokus pada optimasi SEO bisa menjadi langkah untuk meningkatkan ranking website kamu di mesin pencari dan menarik pengunjung yang memang mencari informasi relevan.

2. Marketing Campaign yang Tepat Sasaran

Racik campaign atau program yang memang ditargetkan untuk menjaring audiens yang tepat dan relevan dengan website kamu.

3. Konten Berkualitas

Jangan lupakan untuk membuat konten dengan kualitas tinggi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan audiens kamu, agar audiens bisa bertahan lama di website dan juga melakukan engagement yang sesuai.

4. Melakukan Interaksi dengan Pengunjung

Membangun interaksi yang aktif dengan pengunjung juga efektif untuk mendapatkan quality traffic. Terlibat dalam interaksi aktif dengan pengunjung Moms melalui komentar, forum, dan media sosial.

5. Menganalisa Data

Gunakan data analitik untuk mengetahui lebih pasti siapa pengunjung website kamu dan bagaimana traffic tersebut melakukan interaksi dengan situs Moms.

Kesimpulannya, memiliki quality traffic tentu sangat penting untuk sebuah website, terutama jika kamu mengharapkan terjadinya engagement seperti transaksi atau aksi lainnya pada website. Agar lebih mengetahui perkembangan website, Moms bisa cek DA PA web di seedbacklink dengan mudah dan cepat, sehingga Moms bisa mengetahui performa website kamu sepenuhnya.

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

16 comments

  1. Wah ilmu baru nih. Aku save ya buat dibaca lagi nanti. Kalau blogwalking termasuk quality traffic ga ya? Soalnya cenderung kayak tugas harus baca dan komentar hehe. Walaupun ternyata bisa menjaring pembaca setia buat postingan lainnya

    ReplyDelete
  2. Rasanya saya tidak terlalu memperhatikan quality traffic..sering nya menulis masih sesuka hati..saya malah baru tahu istilah ini

    ReplyDelete
  3. Harus sering-sering update info bab traffic ya mbak. Masih sering dan cukup bingung kaau membahas traffic. tapi, yang bikin alhamdullillah itu ketika ada komentar yag real life bgt dengan apa yang ditulis. Berasa traffic datang karena pembacanya sesuai target. Ada interaksi. Yang lain, masih peer. Hehe

    ReplyDelete
  4. Duh, apakah ada ya orang yang melakukan itu semua seperti membagikan tulisan dan meninggalkan jejak dari apa yang mereka cari di blogku? haha. Senangnya punya quality traffic kaya gini, jadi penasaran perlu dianalisis lagi nih ada nggak ya, wkwk.

    ReplyDelete
  5. wah perlu dicoba nih cara mendapatkan quality traficnya

    ReplyDelete
  6. Bener nih PR banget untuk mendapatkan traffic, masih belajar untuk membuat artikel yang SEO friendly
    jadi blogger ga segampang kelihatannya ya, printilannya banyak beud

    ReplyDelete
  7. Setuju banget dengan harus membuat konten yang berkualitas sebagai salah satu indikator kalau kita ingin mempunyai quality traffic. Jadi pelecut banget untuk belajar lagi membuat konten-konten yang mudah-mudahan berkualitas yang relate dengan penerapan SEO

    ReplyDelete
  8. Barusan cek DA PA di seedbacklink, ah masih belum memuaskan. Kenapa, ya, Mbak, poin DA PA bisa jauh banget? Apa terpengaruh dari junk traffic itu? Atau kualitas blog nya aja yang masih di bawah rata-rata? 🤭

    ReplyDelete
  9. Kalau quality traffic itu bisa jadi pembaca yang sampai kontak ke kita lewat medsos gitu juga gak ya mba? Kadang tuh seneng aja kalau tau tulisan kita bermanfaat dan mereka juga kontak buat nanya-nanya lebih lanjut hehe

    ReplyDelete
  10. Senangnya kalau kita dapat quality traffic yang baik dan sehat untuk rumah online kita, PR banget bagiku yang masih naik turun, apalagi begitu nulis udah aja ga diapa-apain lagi 🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  11. Ilmu baru jadi lebih paham lagi memang banyak di cari pembaca notabene trafik yang kualitas PR banyak lagi ini untuk bisa bikin artikel yang berkualitas lagi

    ReplyDelete
  12. Wah, ini ilmu baru nih. Aku ijin save ya momqueen buat dibaca2 lagi nanti. Trafik aja nggak cukup ya, kalo mau punya blog yang performanya oke. Trafiknya kudu berkualitas hehe. Jujurly menerapkan SEO ini gampang2 susah. Sebetulnya kalo diniatkan ya bisa, tapi seringnya aku masih nulis tanpa SEO apalagi kalo isinya curhat huhuhu...

    ReplyDelete
  13. Jujur saja, saya sudah lama tidak memperhatikan ilmu seperti ini karena hanya menulis untuk diri sendiri saja

    ReplyDelete
  14. Informasi yang sangat bermanfaat ini buat aku yang masih gak terlalu peduli dengan quality traffic. Penjelasannya juga mudah dimengerti. Aplikatif pula. Makasih banyak mbak, atas informasinya...

    ReplyDelete
  15. Wah reminder banget nih, lagi-lagi sepenting itu belajar SEO. Biar ngga hanya click bait tapi betul-betul jadi artikel yang bermanfaat dan berkualitas. Jadi dapat pengunjung juga berkualitas dan terjawab apa yang mereka cari dengan gamblangnya sehingga jadi quality traffic.

    ReplyDelete
  16. content pilar berpengaruh juga ya kak untuk mendapatkan quality traffic. Junk traffic ini bikin PR banget, apalagi kalau sampai merusak website kita

    ReplyDelete

Post a Comment