header maminca sharing

SEO Moms Community, Ruang Belajar SEO Gratis Para Mommies

Konten [Tampil]

" Semakin banyak manusia belajar,semakin banyak ia menyadari ketidaktahuannya"
( Dan Brown)

Sudah lama saya memiliki keinginan untuk belajar SEO online. Setelah belajar SEO dari Blogspedia, saya semakin keranjingan belajar SEO. Alhamdulillah sekarang bisa kesampaian juga belajar SEO gratis lewat SEO Moms Community.

Sudah lama saya mendengar gaung SEO Moms Community ini, namun belum pernah mendapat informasi untuk bisa masuk di kelasnya dan turut belajar.

Akhirnya seorang teman di grup WA datang memberikan informasi adanya pembukaan kelas SEO Moms Community ini. Singkat cerita, akhirnya saya mendaftar dan sekarang sedang menimba ilmu di sini.

  
SEO Mom Community, Ruang Belajar SEO Gratis Para Mommies

Tentang SEO Moms Community (SEO MOC)


Tergabung dalam kelas SEO Moms Basic 4 pada Oktober 2021 ini adalah hal yang paling saya syukuri. Siapa yang menolak untuk mendapatkan pendampingan belajar gratis seputar SEO / Search Engine Optimization.

Bahkan ketika berbincang dengan suami pun, beliau kaget kok bisa belajar SEO secara gratis? hehe sepertinya suami saya belum berkenalan dengan Bang Q. Dialah sang founder SEO Moms Community (SEOMOC). 

Awal Berdiri SEO Moms Community


SEO Moms Community /SEOMOC adalah sebuah komunitas blogger, khusus blogger perempuan Indonesia yang fokus pembelajarannya pada SEO dasar atau SEO basic.

Berdiri pada tanggal 25 Januari 2020, SEO Moms Community didirikan oleh seorang praktisi SEO yang dikenal dengan nama beken Bang Q atau Qbenk. 

Awal berdiri, SEO Moms Community digawangi juga oleh seorang beauty blogger asal Surabaya. Namun ditengah jalan karena sesuatu dan lain hal sang co-founder off, sehingga komunitas SEO Moms ini hanya dipegang oleh Bang Q.

Didedikasikan Untuk Almarhum Ibunda Tercinta


" Kita disini akan belajar SEO dan seluk beluknya dengan bahasa yang mudah dimengerti dan insya Allah mudah dipraktekkan. Group ini saya dedikasikan untuk almarhum kedua orang tua saya. Terkhusus buat Emak saya yang sangat saya sayangi, yang wafat akhir November 2019 yang lalu."

Mengutip dari pernyataan Bang Q seperti yang dituliskan oleh admin SEO Moms Community, Kak Wiwin Pratiwanggini. Begitulah, jadi SEO Moms ini dibuat sebagai bentuk rasa sayang Bang Q kepada almarhumah ibunda tercinta.

Pembagian Wilayah SEO


Menurut Kak Wiwin, yang mengawali pertemuan pertama kami di kelas SEO Moms ini. Sejak awal 2021 pada ulang tahun pertamanya SEO Moms Community dibagi per wilayah. Setiap wilayah akan dipegang oleh seorang koordinator.
 
   
SEO Mom Community, Ruang Belajar SEO Gratis Para Mommies


Pembagian wilayah tersebut adalah sebagai berikut :

1. Wilayah daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah (DIY & Jateng)
Koordiunatornya adalah Wiwin Pratiwanggini.

2. Wilayah Jawa Timur
Koordinatornya Dewi Adikara dan Rahmah Chemist.

3. Wilayah Sulawesi-Bali-Nusa Tenggara atau biasa disingkat Sul-Bali-Nusra
Koordinatornya yaitu Mugniar Marakarma dan Rizky Masdila.

4. Wilayah Sumatera
Arda Sitepu sebagai koordinatornya

5. Beberapa kota lain yang tidak termasuk dalam wilayah 1,2,3,4 tergabung dalam SEO Moms 4 , akan dikomando oleh Lidya Fitriah. 

Program SEO Moms Community


Selain mengambil fokus pada pembelajaran tentang SEO basic, kelas yang diketuai oleh lelaki bernama asli M Sahlan ini juga membuka kerjasama dengan pihak-pihak lain.

Bentuknya apa dan bagaimana mekanisme kerjasamanya, silahkan menghubungi sang founder ataupun koordinator dari masing-masing wilayah.

Bentuk kerjasama yang sudah terjalin hingga saat ini adalah dengan Qwords, SHer Stories, Niagahoster, Ruang pulih dan masih banyak lagi.

SEO Moms ini juga mengadakan kopdar online melalui Gmeet setiap bulannya. Sejak mengikuti kelas ini di bulan Oktober, sudah beberapa kali bang Q mengadakan pertemuan lewat Gmeet.

Kesan saya saat Gmeet pertama itu ternyata sang founder ramah sekali, menyebutkan nama peserta satu persatu. Beliau juga dengan santuy menjawab pertanyaan-pertanyaan setiap peserta.

Rekam Jejak Kelas SEO Moms


Sejak awal berdiri hingga saat ini, SEO Moms Basic telah melaksanakan kelas belajar SEO gratis sebanyak 4 kali, yaitu :

1. SEO Moms Basic 1
2. SEO Moms Basic 2
3. SEO Moms Basic 3
4. SEO Moms Wilayah, semua pembelajaran diselenggarakan dalam beberapa grup WA. Group wilayah Jogja-Jateng, Sulawesi-Bali- Nusa Tenggara dan Jawa Timur- Madura.

Sayangnya menurut Kak Mugniar, sang koordinator SEO Moms wilayah Sulawesi, hanya sekitar 50% saja peserta yang bertahan dari jumlah yang terdaftar. Berbagai macam alasan yang membuat peserta pada akhirnya memilih keluar.

Sistem Pembelajaran SEO Moms


Dalam komunitas SEO Moms ini, cara pembelajarannya adalah melalui WA group yang diberikan materi langsung oleh bang Q. Materi biasanya akan dibagikan di siang hari sekitar pukul 12 siang. Oh ya, sebelumnya jadwal belajar ini dipilih langsung oleh peserta dengan cara voting.

Pemberian materi dilakukan satu arah, barulah kemudian kelas dibuka dan diizinkan untuk bertanya bagi peserta yang kurang paham dengan materi yang disampaikan.

Karena judul kelasnya adalah SEO basic, jadi sistem pembelajarannya juga lebih banyak praktek di blog masing-masing. Makanya diharapkan, setiap peserta yang tergabung dalam SEO Moms Basic 4 ini untuk aktif selama pembelajaran berlangsung.

Aturan dan Adab Belajar di Kelas Belajar SEO Moms


Mengenai aturan dan adab blogger selama kelas berlangsung disampaikan oleh kak Rahmah Chemist. Selama kelas berlangsung, bang Q akan menyampaikan materi yang waktunya disesuaikan dengan aktivitas sang founder. Meski demikian, waktu penyampaian materi tetap di siang hari.

Selama materi berlangsung, group akan di kunci untuk memudahkan peserta yang belum sempat menyimak untuk membaca materi secara berurutan. Ini menarik, meski saya memilih untuk kelas dibuat siang hari, terkadang banyak hal tak terduga yang menjadikan saya gagal mengikuti kelas ini tepat waktu. 

Kami juga diingatkan untuk mengurangi intensitas menghubungi admin via jalur pribadi (japri) kecuali untuk hal-hal yang mendesak. Selama kelas ini, saya baru sekali menjapri admin perihal penggantian media dari hape ke laptop saat kopdar.

Kami juga diingatkan jika ada yang kurang berkenan untuk segera diselesaikan, agar tetap bisa mengikuti kelas dengan lancar hingga akhir.

____  


Bismillah, harapan saya bisa mengikuti kelas ini dengan lancar dan bisa terus membagikan ilmu yang saya dapatkan di kelas SEO Moms Community lewat artikel di blog ini. 

Apa saja yang saya dapatkan selama mengikuti kelas belajar SEO gratis di SEO Moms Community ini? tunggu cerita saya berikutnya ya.

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

8 comments

  1. SEO Mom Community ini sangat bermanfaat bagi para ibu-ibu yang ingin belajar SEO apalagi pembelajarannya online jadi semakin memudahkan

    ReplyDelete
  2. Wah keren nih fokusnya ke SEO.. kebayang postingannya makin berkualitas ya...
    Omong-omong, kalau buka kelas lagi boleh gak ya aku ikutan heheheh

    ReplyDelete
  3. SEO itu memang sangat penting, tidak hanya di blog, di you tube juga harus mempelajari SEO untuk pengembangan channel. Mugkin di bidang lain yang berhubungan dengan teknologi digital juga memerlukan SEO yaa

    ReplyDelete
  4. wah keren-keren koordinatornya

    pingin banget gabung untuk belajar CEO

    tapi kok gak ada wilayah jawa barat ya?

    oh termasuk kelompok yang dipimpin Mbak Lidya Fitriah. ya

    ReplyDelete
  5. SEO Moms ini memang tempat belajar paling nyaman dan Mamak Friendly 🤭 Saya saksinya wkwn. Bang Q juga sabar sekali

    ReplyDelete
  6. Sesuatu yang didedikasikan kepada orang terkasih dengan ikhlas dan tulus akan membuahkan kebaikan-kebaikan yaaa. Alfatihah untuk kedua orangtuanya Bang Q. Aaamin

    ReplyDelete
  7. Akhirnya bisa gabung juga ya mom queen.. semoga betah dan bisa mengikuti materi dengan baik.

    ReplyDelete
  8. Waaa keren emang ini sep kom, berayukur bgt ya bisa gabung disana ;)

    ReplyDelete

Post a Comment