header

5 Tujuan dan Manfaat Bisnis Melakukan Analisis Kompetitor

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Sebuah bisnis tidak akan terlepas dari namanya persaingan mau diterima ataupun tidak. Ketika berbisnis, perusahaan akan mempunyai pesaing yang mempunyai produk yang sama dan target pasar yang sama. Sehingga sebaiknya jangan terlalu tidak ambil pusing pada kompetitor, karena pesaing bisnis yang dipunyai juga akan mempengaruhi hasil bisnis yang kamu dapatkan.

Untuk membantu mendapatkan keuntungan bisnis, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan analisis kompetitor sehingga bisa membantu untuk menciptakan strategi yang tepat agar tidak kalah saing dengan kompetitor bisnis yang kamu miliki.

Pentingnya Analisis Kompetitor Dalam Bisnis


Tujuan analysis kompetitor

Analisis pesaing bisnis sendiri merupakan alat yang digunakan untuk dapat memberikan gambaran mengenai kekuatan dan juga kelemahan yang dipunyai pesaing bisnis kamu. Melakukan analisa kompetitor tersebut dilakukan dalam lingkungan eksternal bisnis atau organisasi dengan menilai mengenai kemampuan yang dipunyai oleh pesaing sehingga bisa menghasilkan hasil bisnis yang lebih efektif dan efisien untuk dilakukan apabila memantau tindakan yang dilakukan oleh pesaing bisnis.

Memantau kompetitor merupakan hal penting yang perlu dilakukan dalam analisis kompetitor yang tidak boleh dari perkiraan saja. Informasi yang didapatkan mengenai kompetitor tersebut perlu dilakukan tepat, sehingga hasilnya tidak berdasarkan intuisi atau insting yang tidak memberikan gambaran atau data yang pasti.

Hasil dari peninjauan mengenai kegiatan pesaing dari analisa kompetitor tersebut juga menjadi rujukan untuk memutuskan kegiatan bisnis yang akan dilakukan. Oleh karena itulah penting sekali untuk melakukan analisis yang dilakukan dengan strategi yang bisa tepat sasaran untuk memberikan gambaran yang menyeluruh dan detail mengenai kegiatan bisnis kompetitor.

Tujuan Analisis Kompetitor


Manfaat analysis kompetitor

Dengan analisa kompetitor yang dilakukan oleh bisnis tersebut akan membantu untuk mencapai tujuan seperti berikut ini:
  1. Tujuan yang pertama adalah dapat mengetahui mengenai kompetitor yang paling kuat dipunyai. Ketika berbisnis kamu bisa menemui banyak sekali kompetitor di waktu yang bersamaan. Akan tetapi perlu membagi kompetitor tersebut di dalam golongan yang tepat karena ada jenis kompetitor langsung dan tidak langsung. Dari pembagian tersebut akan diketahui mengenai kompetitor terkuat yang dipunyai, sehingga perlu untuk yang paling diperhatikan karena akan sangat mempengaruhi bisnis yang kamu punyai.
  2. Tujuan selanjutnya dari melakukan analisis pesaing bisnis adalah dapat mengetahui strategi yang dilakukan oleh kompetitor. Dari hasil tersebut maka bisa menjadi pertimbangan strategi yang juga akan dilakukan oleh bisnis kamu.
  3. Tujuan lainnya yaitu dapat melakukan antisipasi tindakan yang akan diambil oleh kompetitor yang dapat untuk membuat bisnis kamu mengalami kerugian.
  4. Bisnis yang dipunyai juga dapat untuk membuat keputusan atau tindakan yang tepat sehingga turut berpengaruh pada kompetitor dengan melihat tindakan yang dilakukan oleh kompetitor. 
  5. Melakukan analisa kompetitor dapat untuk mempengaruhi keputusan bisnis yang dipunyai oleh pesaing yang bisa memberikan dampak positif pada bisnis yang kamu miliki.

Manfaat Analisis Kompetitor


Pentingnya melakukan analisa kompetitor sendiri sangat akan memberikan manfaat untuk bisnis. Sehingga jangan lewatkan langkah ini untuk bisa memberikan manfaat yang dapat membantu untuk menciptakan strategi pemasaran yang tepat dan juga dapat untuk memunculkan peluang yang dipunyai bisnis yang tidak diambil sebelumnya.

Dengan manfaat tersebut akan membantu untuk membuat strategi pemasaran yang bisa lebih efektif dan efisien didapatkan. Selain itu, manfaat lengkap lainnya dari melakukan analisa kompetitor untuk bisnis yang kamu miliki adalah dapat untuk:
  1. Bisa membantu untuk menginspirasi produk yang dipunyai lebih baik melihat dari kelemahan yang dipunyai oleh produk kompetitor. Sehingga bisa memanfaatkan kelemahan produk kompetitor untuk bisa menjadi kelebihan produk atau jasa yang ditawarkan bisnis kamu.
  2. Bisa membantu untuk membuat keputusan bisnis lebih matang dan melakukan investasi lebih strategis.
  3. Bisa membantu untuk mempunyai peta pasar yang lebih baik dengan mengenali kompetitor bisnis.
  4. Bisa dijadikan landasan untuk membantu menghambat perkembangan kompetitor dan bisa mencegah pesaing baru.
Analisis Kompetitor sangat penting untuk dilakukan, sehingga akan dapat membantu bisnis yang dipunyai bisa berkembang dengan melihat kelemahan kompetitor dan mengeksploitasinya untuk keuntungan bisnis yang kamu punyai.

Pelajari mengenai cara yang tepat untuk mengamati pesaing bisnis untuk membantu mendapatkan keuntungan bisnis dengan mengikuti pelatihan dari Prasmul-ELI. Ikuti pelatihan program manajemen bisnis dari Prasmul-ELI dengan mendaftar sekarang juga di nomor +62 811 1991 1168.
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

11 comments

  1. Terima kasih ilmunya. Analisis kompetitor diperlukan sejauh mana perkembangan dan kelemahan kompetitor walau mereka tidak akan bisa menganalisis rahasia dan value perusahaan. Bisa jadi terjun langsung sebagai konsumennya

    ReplyDelete
  2. Informasi yang baik, mengingatkan pentingnya untuk mempelajari analisis kompetitor dalam dunia bisnis supaya bisa maksimal dan sehat dalam persaingan bisnis. Betul, jangan hanya menggunakan intuisi atau "aku pikir" "aku rasa" tapi harus mengunakan data, menggunakan analisa. well done, thumbs up!

    ReplyDelete
  3. Nah ini menjadi salah satu tips untuk mengembangkan bisnis ya, karena ada banyak hal yang bisa dipelajari dari kompetitor, dimodifikasi dan dikembangkan sesuai style bisnis yang dibangun.

    ReplyDelete
  4. Wah, dapat informasi yang membantu. Makasih, ya, kak. Sebab bacaan saya biasanya jenis traveling dan lifestyle lainnya. Btw saya pernah ikutan kursus singkat di prasmul bersama teman2 kantor..

    ReplyDelete
  5. Makasih sudah berbagi ilmu, nambah wawasan karena biasanya bacaan saya yang jenis lifstyle. Btw saya pernah loh ikutan kursus singkat di prasmul, ditugasi kantor, hehe.

    ReplyDelete
  6. Poin pertama dari manfaat analisis kompetitor, benar sekali. Bahkan kita bisa aja manfaatin segmen pemasaran lemah di kompetitor, untuk kemudian kita "curi" dan sukses di segmen tersebut. Yes, Flanking marketing.

    ReplyDelete
  7. Memahami kompetitor, akan sangat membantu kita dalam membaca peta persaingan niche bisnis. Kita bisa menentukan strategi terbaik untuk menjalaninya

    ReplyDelete
  8. Setiap bisnis memang penting untuk melakukan analisis kompetitor ya mbk. Sehingga tau posisi produknya dimana. Semua informasi terkait dengan kompetitor bisa digunakan untuk bahan berbenah dan melakukan perbaikan serta pengembangan bisnisnya. Pegiat bisnis kudu paham nih...

    ReplyDelete
  9. Sepakat kita wajib melakukan analisis kompetitor untuk mengetahui banyak hal, sehingga kita bisa menyusun strategi untuk memenangkan bisnis dan bisnis kita trus berkembang

    ReplyDelete
  10. Analisis kompetitor ini mungkin termasuk kepo yang positif :') Malah dampaknya kurang baik kalau kita sama sekali tidak peduli pada pesaing bisnis.

    ReplyDelete
  11. Aku menyaksikan sendiri gimana kompetitor ini benar-benar berpengaruh ke bisnis. Walaupun bukan juragan pasar, tapi ibu mertua dulu sebelum pensiun punya usaha dagangan di rumah. Kok ya kompetitornya tuh tetangga depan rumah persis. Apapun yang dijual ibu mertua, si tetangga langsung niru, langsung ikut-ikutan. Karena ini bisnis skala rumah tangga ya, jadi sering banget makan ati gitu, sampe gemes sendiri sama kelakuan tetangga. Di situlah ibu mertua belajar, gimana caranya biar bisa tetep bersaing, pelanggan nggak lari ke depan, tapi pakai strategi yang elegan. Daebakkk!! Bener-bener kerja keras menguras tenaga, emosi dan pikiran...

    ReplyDelete

Post a Comment