header maminca sharing

Menu Harian bocah : soup sayur kaldu patin

Konten [Tampil]


Bicara menu harian para anak-anak piyik, hmm ga jauh-jauh dari menu soup dan soup lagi. Kalau ga soup ayam ya soup ikan. Maklum lah  aku tergabung dalam ikatan emak-emak anti ribet :-) Siapa yang sama juga hahaha. Oh ya Aku pernah bahas tentang menu dan kandungan gizi ikan patin kan? Yang belum baca boleh cek di resep pepes ikan patin disitu Aku sudah bahas mengenai kandungan gizi yang tinggi dari ikan air tawar ini,untuk orangtua ataupun juga anak-anak. 


Aku kutip sedikit ya mengenai kandungan gizinya. Kandungan protein pada seekor ikan patin adalah 159 per 100 gram, yang mana kita tahu bahwa protein sangat berguna untuk pertumbuhan sel-sel didalam tubuh. Selain itu juga kolesterol didalam ikan ini terbilang sangat rendah yaitu 20-30mg per 100 gram nya. Mengandung Asam lemak esensial DHA 4.74%, EPA 0.31% dan Omega 3 seperti yang terdapat pada ikan salmon maupun tuna. Hmm mulai mikir beralih ke ikan patin? 


Nah Kali ini aku mau sharing menu untuk para bocah-bocah dirumah. Menu simpel dan anti ribet. Durasi memasak juga cuma 10 menitan kok. Yuk coba. 

Dokpri : soup sayur kaldu patin

🐟resep soup ikan patin🐟

Bahan :

🍭 1/2 kepala ikan patin

🍭 1 buah wortel potong besar

🍭 1 buah kentang potong besar

🍭 100 gram sawi manis, ambil daunnya

🍭 2 batang daun seledri

🍭 1 batang daun bawang

🍭 2 buah Bawang merah

🍭 4 buah bawang putih

🍭 Sedikit Lada halus (boleh skip)

🍭 Minyak/margarin utk menumis

🍭 300ml Air

🍭 1/2 sdt garam 

🍭 1/4 sdt gula


Cara membuat :

🍭 Haluskan duo bawang dan tumis dengan minyak atau margarin.

🍭Setelah harum masukkan daun bawang, seledri, lada, dan kepala ikan patin

🍭 Masukkan air, masak dengan api kecil hingga keluar kaldu ikannya

🍭 Setelah mendidih masukkan potongan wortel dan kentang 

🍭 Masak sekitar 10 menit, masukkan potongan daun sawi manis aduk sekitar 1 menit

🍭 Angkat,beri sedikit garam, gula dan taburi daun bawang dan bawang goreng

🍭 Sajikan dengan cinta😍


Baca juga :

Cek poin anak GTM


Reaksi anak-anak alhamdulillah, mereka pintar mengapresiasi kinerja ibunya. Si teteh yang berusia 3 tahunan ini makan sampai habis. Sedangkan yang kecil, bayi 15 bulan ini makan sayur wortel dan kentangnya dengan lahap sambil menghisap kuah kaldunya, alhamdulillah. 


Selamat mencoba


Salam Sayang, 

Mom Queen 


#mamincasharing #mamincamasak #menuhariananak #resepsimpel #resepmpasi #reseprumahan

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

14 comments

  1. Wah trims resepnya Kakak. Anak saya perlu nih makanan bergizi seperti ini.

    ReplyDelete
  2. Enaknya ini. Memang jadi juara kalau sup. Menu andalan juga. Apalagi untuk anak-anak kan. Paling cocok.

    ReplyDelete
  3. Wah, Patin yaa.. anakku juga suka banget tuh mbak, durinya juga nggak banyakkan, seriusan enak nih duo menunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang ga banyak durinya, makanya pas buat anak-anak

      Delete
  4. MasyaAllah enak nih kayaknya. Aku gapernah pakai kaldu Latin sih sblmnyaaa hihi kalau sop biasanya daging atau udang atau ayam. Nyoba aahh

    ReplyDelete
  5. Ekh aku belum penah bikin kaldu patin. Ikan patin sama aku suka di fillet doang trus digoreng crispy. Kepalanya dibuang deh aduh gak paham akunya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dibuang kak, wah sayang banget.. Nanti bisa dicoba bikin kaldunya ya kak

      Delete
  6. Aku juga dulu andalan bgt bikin sop2, karena teksturnya yg lembut kali ya mbak. terus kita jg gmpng dan cepat bikinnya tinggal plung2 aja, hihi

    ReplyDelete
  7. anakku juga suka sop ikan patin tapi lengkap dengan badannya dan gak pake sayur. aku coba resep yang kakak ya, biar seimbang ada sayurnya

    ReplyDelete

Post a Comment