header maminca sharing

Kulit Kusam dan Melasma? Coba Scarlett Face Care Series Ini!

Konten [Tampil]

Kulit Kusam dan Melasma? Adakah moms di sini yang mengalami kulit kusam dan melasma di wajah? Sama! saya juga mengalami kondisi kulit wajah seperti ini. Apa itu melasma? Kita bahas yuk :) 





Kulit Kusam dan Melasma, Oh No!


Jika melihat kulit wajah kusam mungkin yang terpikir dalam benak adalah karena wajahnya kurang di touch up. Tapi kalau melasma bagaimana? Ada yang tahu Melasma?

Melasma adalah munculnya warna kecoklatan bahkan hitam di kulit, biasanya karena pengaruh hormon kehamilan ataupun penggunaan pil KB. Bagaimana dengan melasma yang saya alami? inilah awal mula tragedi menyesatkan yang pernah saya lakukan.

Saya memiliki tipe kulit normal sensitif, setelah menikah dan hamil anak pertama nyaris tidak ada masalah pada kulit wajah saya. Aman. Jangankan melasma atau flek hitam, jerawat saja tidak mau tumbuh hehe. Hingga di usia kehamilan menginjak 7 bulan, kulit sensitif saya mulai menunjukkan 'aksinya'.

Nah, pada saat usia kehamilan 7 bulan, saya mengalami kondisi kulit kering hingga menimbulkan ruam dan gatal. Di akhir kesembuhan ruam, kulit akan terlihat bersisik dan mengelupas.

Karena 'ke-kreativ-an' saya, entah dapat ide dari mana, ruam yang terjadi di wajah, saya gosok dengan bawang putih! Berharap ruam merah ini segera pergi.

Hasilnya? Saya merasa kulit muka saya sedikit panas. Setelah beberapa hari ruam merah berubah menjadi coklat hingga saat ini. Saya baru tahu kalau ruam kulit itu bisa menjadi petaka yang disebut Melasma di kulit wajah saya. Oh No!

Penyebab Melasma dan Kulit Kusam di Wajah


Dari hasil konsultasi dokter, saya baru tahu sebenarnya melasma ini bisa hilang dengan sendirinya. Dengan catatan jangan diberi treatment apapun selain menjaga kebersihan kulit saja. Karena kondisi ini normal dialami oleh ibu hamil.

Terbukti memang, di kehamilan ke dua dan tiga, saya juga mengalami ruam kulit, dan hilang dengan sendirinya. Ah andai saja waktu bisa di ulang ya! Sayangnya menyesal tua tiada berguna.



1. Melasma (Chloasma/Mask Of Pregnancy)


Apa penyebab melasma di wajah? Melasma atau yang biasa disebut chloasma adalah kondisi kulit seseorang yang mengalami hiperpigmentasi, biasanya ditandai dengan bercak berwarna coklat atau kebiruan. Pada saya, melasma berwarna coklat muda.

Melasma ini kebanyakan terjadi pada ibu hamil, sehingga sering juga disebut sebagai "mask of pregnancy" Dan benar, memang inilah yang terjadi dengan saya, terjadi saat kehamilan anak pertama, dua, dan tiga.

Melasma disebabkan karena pigmen kulit memproduksi warna secara berlebihan akibat pengaruh hormon. Tanda berwarna coklat ini biasanya juga timbul pada daerah yang terkena paparan sinar matahari langsung.

Meski warnanya kian hari kian memudar, tapi masih saja meninggalkan bekas yang cukup mengganggu penampilan.

2. Kulit Kusam


Masalah kulit kusam di wajah adalah masalah kedua bagi saya setelah Melasma. Kulit kusam adalah kondisi kulit yang kurang mendapat sentuhan skincare hehe.

Saya menyadari betul hal ini, jangankan bisa merawat wajah, bisa ke toilet dengan tenang saja sudah alhamdulillah. Makanya, karena kurangnya rasa perhatian pada kulit wajah inilah yang menjadikan kulit saya menjadi kusam.

Beberapa penyebab kulit kusam dan melasma di wajah antara lain

  • Paparan sinar matahari langsung
  • Hiperpigmentasi, produksi melanin yang tinggi juga bisa menyebabkan melasma
  • Kehamilan
  • Pengaruh Hormon seperti penggunaan pil KB dan sebagainya

Sejak itu saya takut untuk mengutak atik wajah lagi. Tapi saya melupakan satu hal bahwa kulit, membutuhkan perhatian. Meski terbilang lambat, namun tidak mengapa. Saya mulai berpikir untuk merawat aset berharga ini.



5 Cara Mengatasi Kulit Kusam dan Melasma di Wajah

  1. Minum air putih, air putih sangat berperan dalam menjaga kelembaban kulit. Kulit kering mudah terlihat kusam dan keriput.
  2. Makan makanan yang sehat, menjaga asupan nutrisi juga sangat penting. Konsumsi buah dan sayuran dengan porsi yang seimbang ya.
  3. Gunakan sunscreen, jika terpaksa harus beraktivitas di bawah paparan sinar matahari, pastika. Kamu menggunakan sunscreen dengan spf 30.
  4. Rajin Merawat Wajah, seperti mencuci muka 2 kali sehari setelah bangun dan menjelang tidur.
  5. Gunakan Face Care yang sesuai kondisi kulit
Untuk produk perawatan wajah yang saya gunakan adalah face care dari Scarlett Whitening. Mengapa saya memilih skincare dari artis Felicya Angelista ini?

Sebelumnya saya sudah membahas 5 Langkah Atasi Kulit Kusam Dengan Scarlett Brightening Series.

Alasan utama itu karena Scarlett, 
  • Aman untuk ibu hamil dan menyusui
  • No tested animals
  • Sudah tersertifikasi halal, dan
  • Terdaftar di BPOM RI

Ini merupakan kelanjutannya dari serangkaian perawatan wajah yang saya gunakan.

Intinya harus pandai-pandai memilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit kita. Dan kabar baiknya Scarlett itu bisa memenuhi tantangan apapun jenis dan kondisi kulit wajah kamu, Moms.

1. Scarlett Cream Brightly Ever After Cream Day



Untuk krim day Scarlett Whitening meluncurkan 2 jenis varian yaitu Acne Cream day & night, serta Brightly Ever After Cream Day & night.

Kalau kondisi kulit kamu berjerawat kamu bisa menggunakan Acne cream, tapi kalau tidak, bisa menggunakan Brightly Ever After Cream untuk efek shining dan glowing.

Saya memilih produk yang mana? Tentu saja saya ambil produk yang Brightly Ever After Cream.

Kandungan Utama dan Tekstur Scarlett Brightly Ever After Cream Day


Ingredients utama dari Scarlett Brightly Ever After Cream Day ini adalah Rainbow Algae, Green Caviar, Rosehip Oil, Niacinamide, Hexapeptide-8, Glutathione, Triceramide, Poreaway, Aqua Peptide Glow.

Manfaat dari kombinasi bahan utama ini adalah

  • Mengatasi Hiperpigmentasi,
  • Meningkatkan kecerahan kulit,
  • Anti oksidan,
  • Mengencangkan pori-pori,
  • Anti aging, dan
  • Melawan dehidrasi di kulit

Poin manfaat no 1 adalah yang paling membuat saya happy. Artinya ada secercah harapan untuk mengatasi melasma di wajah akibat hiperpigmentasi ini.

Brightly Ever After Cream Day dikemas dalam jar bulat dengan netto 20 gram. Dengan sekat anti tumpah di dalamnya, moms tidak perlu khawatir jika harus membawanya bepergian.

Cara Menggunakan Brightly Ever After Cream Day


Saya menggunakan cream day ini sehabis cuci muka di pagi hari. Setelah penggunaan produk Scarlett Face care sebelumnya.

Cara menggunakannya juga cukup simpel. Ambil krim secukupnya, dan oleskan di wajah. Biasanya saya lebih maksimalkan di 'T area'. Sambil memberikan pijatan lembut, cream day ini sangat mudah meresap ke kulit. Tunggu agak 2-3 menit agar krim meresap sempurna. Kemudian boleh menggunakan bedak, blush on dan sebagainya.

Oh ya, dengan penggunaan Scarlett cream day ini, menurut pengalaman, daya tahan bedak yang saya pakai jadi lebih tahan lama dan strong nempel di wajah. Cobain deh!

2. Scarlett Cream Brightly Ever After Cream Night




Nah untuk perawatan di malam hari, setelah mencuci muka dengan mengikuti langkah mengatasi kulit kering dan kusam

Jadi urutannya setelah mencuci muka dengan facial wash-toner-glowtening Serum-Brightly serum, kemudian cream night. Dan masya Allah hasilnya, sangat membuat hati senang lalalala hehe (kayak nyanyi deh).

Kandungan Utama dan Tekstur Scarlett Brightly Ever After Cream Night


Kandungan utama dari Scarlett Brightly Ever After Cream Night hampir sama dengan kandungan cream day. Begitupun juga teksturnya, yang membedakan hanya dari segi aromanya, cream night lebih strong wanginya bila dibandingkan dengan cream day.

Pokoknya, kombinasi kedua cream siang dan malam ini, sangat efektif bekerja pada kulit saya. Coba lihat hasilnya ini, siapa yang nolak sih kalau efeknya bisa secerah ini di kulit.



Dan untuk pemakaian bedak, jadi auto tahan lama dan wajah jadi lebih merona. Duh suka deh Scarlett !

Penutup


So, sekali lagi setiap produk kecantikan tentu memiliki plus dan minus masing-masing. Tinggal kita sendiri yang mencari mana yang banyak poin plusnya. Buat saya Scarlett sangat menjawab kebutuhan kulit yang kusam dan kering. Ditambah lagi dengan melasma, saya betul-betul mencari produk yang punya daya kerja maksimal namun tetap aman.

"Ngapain bayar mahal jika bisa dapat hasil maksimal dengan membayar minimal?"


Dan dengan harga per item Rp 75,000,- saya sangat puas dengan hasil yang didapat. Buat moms yang mau membuktikan khasiat produk Scarlett ini silakan menghubungi linktree Scarlett Whitening atau DM Instagram Scarlett Whitening.

Ditunggu loh cerita moms dalam mengatasi kulit wajah kusam dengan melasma menggunakan Scarlett Whitening. Yang sudah mencoba boleh berbagi di komentar!

Salam,
Mom Queen

https://instagram.com/scarlett_whitening
https://scarlett-whitening.com/
https://hellosehat.com/penyakit-kulit/kulit-lainnya/melasma/
https://m.merdeka.com/sumut/7-penyebab-wajah-kusam-yang-perlu-diketahui-salah-satunya-penuaan-kln.html
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

16 comments

  1. wah, aku baru tahu mb yang dimaksud melasma. makasih ya penjelasannya yang detail banget. keren banget emang scarlett mah, ga diragukan lagi!

    ReplyDelete
  2. wah, kelihatan hasilnya ya mbak. akupun sepakat, wajah kusam itu datang karena kurang belaian skincare. hhhhha. sekarng wis nggak wory ya mbak, dengan kehadiran si scarlet pengusir melasma

    ReplyDelete
  3. Aku pakainya yang series acne nih mba..
    Ternyata brightly bisa menghilangkan melasma juga ya.. Manfaatnya jadi komplit ya agar wajah jadi lebih cerah juga.. Btw, itu fleknya jadi lebih memudar ya mba..

    ReplyDelete
  4. Ulasannya lengkap banget mbak..
    Jadi penasaran sama scarlet..hehe
    Dalam 21 hari sudah terlihat bedanya ya mbaak..
    Aku tim males skincare-an jadi tertarik ini..🤩

    ReplyDelete
  5. komplit banget nih mom rangkaian facecare dari scarlett, aman buat bumil dan busui juga ya? baru nyoba serum dan facial washnya aja dah suka. next mau cobain day night creamnya jga aah...

    ReplyDelete
  6. Kupikir produknya cuma bisa buat ngilangin bekas jerawat, ternyata melasma juga bisa :D Wow, nampol ya Mom hasilnya :D ramah di kantong, cocok di wajah :D Auto beli yang series whitening scarlet lainnya karena cuma pakai serum aja, nggak pakai sabun muka atau moisturaizer wkw..

    ReplyDelete
  7. Skin care kekinian ter the best ya ini... Makasih ya mbak review nya

    ReplyDelete
  8. Baru tahu istilah melasma ini. Wah scarlet memperhatikan sampai hal kecil seperti ini ya.

    ReplyDelete
  9. Belum pernah nyoba Scarlett, Kakak. Hasilnya keliatan menyamarkan banget ya Mbak. Mantap banget harganya segitu pula😍

    ReplyDelete
  10. Wah, melasma ini problem mamaku banget sih. Kayaknya aku mau coba yang rangkaian krim brightning siang-malam itu deh buat beliau. Semoga cocok yah

    ReplyDelete
  11. Saya juga pake facecare Scarlett varian Whitening ini dan suka deh sama hasilnya. Bikin kulit terlihat lebih cerah dan gak kusam lagi. Ternyata skincarenya ini juga bisa mengatasi melasma ya

    ReplyDelete
  12. wah signifikan ya hanya dengan pemakaian satu pekan y momqueen. itu tampak lebih glowing pula. aku penggunan paket acne series dari scarlett dan alhamdulillah cocok hal yang mmebuat aku tenanga dalah klaim aman untukbusui selains udah BPOM hehe

    ReplyDelete
  13. semakin meyakinkan ya produk scarlett nih bikin mamak-mamak makin kepincuut, coba cari ah siapa tahu bisa ikutan shine bright like a diamond kek momqueen hehehe

    ReplyDelete
  14. Baru tau aku mengenai melasma secara detail. Makasih atas review dan rekomendasinya ya mba. Scarlett memang sudah ngga diragukan lagi

    ReplyDelete
  15. it's work ya mbak...masyaa Allah keliatan banget hasilnya bisa hilang gitu... kalo buat bekas jerawat gitu gimana mba? berharap bisa ngilangin bopeng juga hahaha

    ReplyDelete
  16. Scarlett acne seriesku dah abis nih mbak. Ak lanjutin acne apa ke brightening ya hihi. Pingin ngilangin dark spot juga. Galau mau yg mana wkwkwk

    ReplyDelete

Post a Comment