header

11 Merk Clodi yang bagus, Harga Mulai dari Rp 20 Ribuan

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Setelah beberapa bulan lalu, anak ketiga Mom Queen lolos toilet training (TT) dengan kloset jongkok, sepertinya cocok kalau kini ngomongin merk clodi yang bagus. Kenapa? Karena clodi penting bagi persiapan toilet training juga. 

Sebenarnya agak telat ya jika baru membicarakan clodi saat anak sudah lulus TT wkwk. Tapi daripada tidak sama sekali? Paling tidak semoga tulisan ini bisa menggugah hati para Moms yang masih menggunakan popok sekali pakai.

Alasan Pakai Clodi, Demi Jaga Bumi


Jaga bumi

Bagi Mom Queen, clodi (cloth diapers) adalah bagian dari pemantapan hati mengurangi dampak negatif penggunaan popok sekali  pakai (pospak) bagi lingkungan. Penelitian Ghaisani dan Yusuf tahun 2015, menyebutkan lebih dari 50% ibu-ibu memiliki hasrat membuang sampah ke sungai.

Padahal seperti diketahui popok1 sekali pakai mengandung bahan berbahaya seperti dioksin serta kandungan bahan plastik lainnya. Popok sekali pakai tidak termasuk sampah organik maupun anorganik, namun popok sekali pakai termasuk kedalam sampah spesifik karena sampahnya mengandung B3 (Purningsih, 2019). 
Sudah tahu kan kalau anak Mom Queen saat toilet training berusia tepat 2 tahun 4 bulan. Selengkapnya Moms bisa baca di tulisan Toilet training dengan kloset jongkok. Toilet training memakan waktu sekitar 1 bulan untuk bisa dibilang mahir Moms.

Sekarang usia putra terakhir Mom Queen berusia 2 tahun 8 bulan, jadi sudah sekitar 4 bulan sudah berhasil mengurangi biaya pospak yang lumayan itu. Tapi, tidur malam belum bisa lepas dari diapers, hiks. Alhasil tiap malam masih menggunakan diapers. 

So, demi menghilangkan ketergantungan pada popok sekali pakai dan dampak nya bagi bumi, mari kita beralih ke clodi. 

Moms yang terbiasa pakai pospak pasti tahu berapa biaya bulanan yang dikeluarkan untuk diapers. Cukuplah untuk membeli skincare selama 3 bulan hehe.
Bagi 71% ibu-ibu Indonesia popok bayi merupakan kebutuhan primer bagi perawatan bayi 0-3 tahun (Diniah, 2020).

To be honest, saya baru memberikan diri pakai clodi ketika anak ketiga. Why?? karena anak pertama dan kedua saya belum siap mental menggunakan clodi, takut mood swing Moms wkwk.

Apalagi biaya pospak yang makin meningkat, semakin kuat niat saya beralih ke clodi. Meskipun agak telat ya hehe. Nggak papa deh, daripada tidak sama sekali.

So sekarang Mom Queen mau memberi rekomendasi merk clodi yang bagus di postingan ini.

Merk Clodi yang Bagus


Cloth diaper atau biasa disingkat clodi adalah popok anti bocor yang terbuat dari bahan kain yang bisa digunakan berulang-ulang. Awalnya Mom Queen menganggap bahwa clodi adalah sebuah merek popok kain lho hehe. Rupanya itu adalah akronim dari cloth diapers.

Pada umumnya clodi ini dibuat dari bahan waterproof yang anti bocor dari plastik maupun fiber sintetis. Penggunaan clodi sendiri sudah digunakan sejak akhir tahun 1800 an di Eropa dan Amerika Utara (sumber Wikipedia).

Clodi banyak dipilih oleh para orang tua yang sangat peduli dengan lingkungan dan keberlangsungan bumi yang hijau. Penggunaan popok sekali pakai terbukti dapat mencemari lingkungan karena penguraiannya lama.

Nanti kapan-kapan Mom Queen cerita tentang sejarahnya clodi ya, sekarang kita bahas dulu 11 merk clodi yang bagus rekomendasi Mom Queen berikut ini.

1. Baby Leon

Clodi Baby leon

Clodi Baby Leon adalah merk popok kain anak yang tergolong ramah di kantong. Outer yang lembut berbahan PUL (polyurethane Laminate) dengan insert yang terdiri dari 3 lapisan. Bahan ini adem dan nggak bikin iritasi di kulit anak. Bahan insertnya dari microfiber ya Moms. Daya serapnya cukup cepat dan tetap kering untuk 2-3 pipis.

Kekurangan clodi Baby Leon menurut Mom Queen bahan outer agak tipis dan karet bagian lingkar paha mudah melar. Mungkin karena salah mencuci juga kali ya. Kamu bisa mencucinya lebih hati-hati agar tidak mudah melar.

Berapa harga clodi Die Baby Leon? 

Harga clodi Baby Leon Rp 30.000,- per piece belum termasuk insert. Harga insertnya Rp 12. 000,- per piecenya yang dijual terpisah.

2. Babyland Bamboo

Clodi Babyland Bamboo ini juga clodi yang cocok digunakan sejak newborn ya. Terdapat snap di bagian depan dan lebih mudah di setting sesuai ukuran tubuh anak. Bagian inner, outer, serta waterproof Babyland Bamboo ini lebih tebal dibanding Baby Leon dan lebih lembut.

Di bagian belakang clodi Babyland Bamboo ini terdapat penutup yang bertujuan untuk menghindari insert bergeser atau keluar.

Untuk daya serap juga cukup cepat. Sebaiknya jangan membiarkan insert terlalu basah, karena akan berdampak pada kemampuan stay dry clodi.

Berapa harga clodi Babyland Bamboo? 

Harga clodi Babyland Bamboo seharga Rp 56.000,- per piece dengan 2 insert dari Babyland Bamboo. Jika hanya membeli insertnya saja seharga Rp 18.000,- per potongnya. 

3. Clodi Little Hippo

Clodi Little Hippo bisa digunakan sejak newborn hingga 15 kg. Dari segi bahan outernya little hippo terbuat dari katun yang lembut dan nggak bikin iritasi di kulit. Sistem kancing (snap) yang digunakan sangat kuat.

Bagian dalam (inner) juga terbuat dari katun yang lembut. Untuk size bisa di adjust sesuai berat anak, mulai dari newborn, S, M, hingga ukuran L.

Namun karena snap terlalu kencang justru disini letak kekurangannya. Untuk melepas clodi Little Hippo ini harus dibuka dengan menekan bagian pinggang, baru kemudian ditarik untuk melepas kancingnya.

Kekurangan lainnya insert Little Hippo yang terlalu tipis sehingga daya serapnya sedikit, sekali pipis langsung ganti insert. Solusinya harus sering cek insert dan ganti ya Moms. 

Berapa harga clodi Little Hippo? 

Meski demikian, harga clodi Little Hippo sangat ramah dikantong Moms. Sebagai affiliate Shopee Mom Queen cek di aplikasi itu harganya Rp 20.000,- per piece nya tidak termasuk insert. Harga insert 2 layer adalah Rp 8.000,- per lembarnya. 

Terjangkau kan! Tertarik menggunakan clodi Little Hippo? Buruan beli ya!

4. Ningrat Front Snap

Clodi Ningrat Front Snap merupakan clodi dari brand lokal. Kelebihannya snapnya mudah dibuka, nggak terlalu kencang. Meskipun mudah dibuka kamu nggak perlu khawatir ketika dipakai anak. Bagian snap button nya tetap merekat paripurna.

Bahan outernya sedikit berserat namun tetap lembut. Bagian dalamnya tidak memiliki leg gusset (garis tepi di inner itu ya Moms). Meski tidak memiliki leg gusset namun tidak tembus samping ya. Bagian kerutan di sekitar lipatan paha lebih besar, hal ini meminimalisir rasa tak nyaman saat pemakaian.

Kelebihan lainnya meskipun innernya sudah penuh, daya serapnya cepat dan tetap kering lho Moms. Oh ya terdapat 2 varian clodi Ningrat ini yaitu AIO regular (5-15 kg) dan AIO jumbo (14-25 kg)

Berapa harga clodi Ningrat Front Snap Regular? 

Harga outer clodi Ningrat ini dibanderol dengan harga Rp 71.000 per piece nya termasuk 2 insert. Hmm lumayan ya Moms, investasi angka panjang. 

5. Ningrat AIO (All in One)

Berbeda dengan tipe clodi yang telah Mom Queen bahas sebelumnya, tipe clodi Ningrat All in One ini adalah tipe celana. Keuntungannya di tipe celana kain bayi ini adalah insert yang telah dijahit menyatu dengan celananya.

Insert sudah dijahit paten, jadi nggak perlu khawatir jadi kemungkinan insert bergerak atau bergeser tidak ada. bahan outernya juga lembut serta daya serapnya sempurna seperti merk clodi ningrat front snap.

Kekurangan clodi Ningrat All in One Reguler ini adalah tidak bisa digunakan saat newborn, karena ukurannya yang tidak bisa di adjust sesuai ukuran tubuh anak. Selain itu karena insertnya menyatu dengan outer sehingga keringnya lebih lama.

Berapa harga clodi Ningrat AIO? 

Harga clodi Ningrat AIO ini baik yang polos maupun yang bermotif harganya Rp 71.000,- hingga Rp 78.000,-

6. Sobi Diapers

Merk clodi yang bagus rekomendasi Mom Queen berikutnya adalah Sobi Diapers. Bahan outernya yaitu sejenis bahan bludru yang halus. Untuk bagian inner terbuat dari bahan bamboo yang berwarna gelap. Keuntungannya bahan inner yang berwarna gelap, bisa menyamarkan noda hehe. Terdapat insert dengan tutup di bagian belakang.

Clodi Sobi memiliki snap button yang berwarna-warni yang bisa disetting sesuai ukuran bayi. Pada bagian pinggang serta perut juga terdapat snap yang bisa disesuaikan dengan berat bayi. Insert clodi Sobi memiliki empat layer ya Moms. Cocok banget dipakai anak laki-laki yang pipisnya banyak hehe.

Kekurangannya Sobi diapers ini karena insertnya memiliki 4 layer, jadi pengeringannya lumayan lama. Kalau pakai manual bisa 3-4 hari baru kering. Sebaiknya pengeringan menggunakan mesin cuci saja Moms.

Berapa harga clodi Sobi? 

Harga clodi Sobi dengan insert bamboo adalah Rp 72.250,- sudah termasuk 2 insert. Sedangkan harga Sobi dengan insert cotton adalah Rp 112.500 plus 2 insert.

7. Little Nata

Clodi Little nata

Clodi Little Nata memiliki bahan outer PUL sedangkan bahan innernya suede yang lembut. Memiliki snap yang bisa di adjust sehingga pemakaian bisa digunakan sejak newborn Moms. Tidak ada jahitan leg gusset di bagian inner, tapi tetap nggak tembus samping.

Ada snap button untuk mengunci insert biar nggak bergeser juga. Jadi terasabmakin nyaman ketika dipakai anak-anak. 

Berapa harga clodi Little Nata? 

Harga clodi Little Nata ini adalah Rp 85.000,- sudah termasuk satu insert microfiber. Silakan beli marketplace kesayangan ya Moms. 

8. Royale Bebe

Clodi Royale Bebe berbahan lembut sehingga nyaman dipakai anak. Karena outernya tidak terlalu tebal jadi sangat mudah kering meski nggak pakai pengering. Terdapat snap button di bagian pinggang dan perut yang juga bisa disesuaikan dengan ukuran anak ya Moms.

Innernya berbahan suede yang lembut dengan daya serap yang cepat. Jadi nggak perlu khawatir anak iritasi karena popoknya lembab. Royale Bebe nggak ada leg gusset tapi tetap nggak tembus samping kok.

Berapa harga clodi Royale Bebe?

Harga clodi Royale Bebe adalah Rp 68.000,- sudah termasuk 2 insert microfiber. Cukup terjangkau ya?! 

9. Baby Clo

Clodi Baby Clo memiliki bahan outer dan inner dari bamboo yang lembut. Snap button di bagian pinggang terdapat 2 kancing atas bawah. Snapnya juga mudah dibuka ya Moms. Saya lebih suka dengan snap button clodi yang mudah dibuka, karena bakalan sering buka tutup juga kan hehe.

Berbeda dengan kebanyakan clodi pada umumnya, cara membuka insert clodi Baby Clo dari depan Moms. Ini lebih praktis sih menurut Mom Queen, sepakat nggak?

Berapa harga clodi Baby Clo? 

Harga clodi Baby Clo sebesar Rp 73.000,- belum termasuk insert. Sedangkan harga insertnya Rp 49.000,- sudah dapat 2 insert. Lumayan ya! 

10. Klodiz

Clodi merk Klodiz berbahan PUL yang super lembut dengan inner berbahan microsuede. Jadi untuk masalah bahan Klodiz memang juaranya Moms. Kodiz ini memiliki insert yang tebal sehingga bayi tetap nyaman selama penggunaan clodi.

Kekurangannya karena insertnya extra, jadi membuat Klodiz lebih tebal dibanding clodi merk lainnya. 

Berapa harga clodi merk Klodiz? 

Harga Klodiz Rp 68.000,- sudah termasuk insert microfiber ya.

11. Pempem

Clodi Pempem berbahan velcro yang tebal dan lembut. Terdapat snap button di bagian perut dengan 2 kancing atas dan bawah. Snap dibagian perut ini juga dibuat berbahan karet sehingga bisa elastis saat dipakai anak.

Untuk jahitan di bagian leg gusset juga lebih kecil dan elastis. Daya serapnya cepat jadi clodi tetap stay dry. Meski tidak ada penutup insert di bagian belakang, clodi Pempem nggak mudah geser kok Moms.

Uniknya clodi Pempem ini dibagian insertnya dibuat melebar. Keuntungannya lebih mudah dalam mencuci serta pengeringannya lebih cepat. 

Berapa harga clodi Pempem? 

Harga clodi Pempem Rp 77.000,- sudah termasuk insert bamboo. 

Itulah beberapa merk clodi yang bagus menurut pengalaman Mom Queen dan teman dekat. Semoga bisa membantu Moms yang sedang mencari referensi popok kain yang ramah anak dan hemat di kantong ya. Sudah pernah coba clodi yang bagus merk apa Moms? Sharing dong!


Salam,
Mom Queen

Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator. 

Referensi:
https://shopee.co.id/
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

12 comments

  1. Dulu beli clodi lupa merk apa ya.., tapi memang kerasa banget manfaatnya, kita jadi mengurangi kuantitas sampah rumah tangga yang salah satunya dari popok bayi

    ReplyDelete
  2. wah saya juga lagi mempertimbangkan beli clodi tapi masih milih-milih..lihat harga dan keawetan barang hehe

    ReplyDelete
  3. Saat ini semakin mudah ya untuk menemukan clodi, kalau dulu memang jarang ada, dan saya lebih memilih menggunakan pospak, hiks
    pakai clodinya sebentar banget, secara kurang dukungan juga, sayanya juga ga sempat, clodi juga masih jarang waktu itu

    ReplyDelete
  4. Fix clodi cocoknya buat ibu tim cuci cepat. Memang ekonomis tapi perlu kesepakatan bersama pasangan untuk alokasi dana ke sana hehe. Soalnya pembelian pertama lumayan nguras dana, dan sekali lagi kebiasaan cuci di rumah perlu disesuaikan cocok nggaknya pakai clodi.

    Walau begitu, jujur, clodi menarik banget sih.

    ReplyDelete
  5. dari anak pertama aku udah pake clodi dan memang bisa seturun temurun itu wkwkwk sampe anak ke 6 ini, ya walo masih mix sama diaper sekali pakai tapi lumayan hemat dan ikut ngurangi sampah

    ReplyDelete
  6. Waktu itu mau coba beli clodi buat Atala cuma didaerahku hitungannya dingin, dimana punya resiko malah bikin ga kering banget kalau dijemur. Cuma nanti mau coba ah siapa tau cocok ke atala dan referensi ini jadi pilihan biar memilih sesuai budget 🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  7. wah ternyata merk clodi sebanyak itu ya, aku baru cari-cari referensi lagi buat adek. krna lungsuran kakak udah mulai ga muat lagi. pake clodi tuh emang andalan banget untuk melatih anak toilet training, sebagai makemak yang no diapers saat dirumah, bener-bener terbantukan sejak awal.

    ReplyDelete
  8. clodi ini solutif banget buat hemat budget dan mendukung gerakan ramah lingkungan. Sy ada clodi dirumah, awet masih bagus. Bisa dipake lagi kalau diberi momongan lagi, hhe

    ReplyDelete
  9. aku kira clodi ini sekali pakai mbak, ternyata salah
    dan banyak juga ya merk clodi yang beredar di pasaran, bisa aku rekomenin ke sodara aku nih

    ReplyDelete
  10. Banyak banget ya jenis clodi. Buat anak-anak di rumah cuma ada dua clodi. Cuma dipakai pas malam. Kalau siang segharian ga pakai clodi atau pampers. Dibiasakan pakai celana

    ReplyDelete
  11. aku suka sama desain Little Nata, cute banget :D

    ReplyDelete
  12. Ngintip dulu lah clodi yang rekomen ini, pengennya nanti kalau punya anak pake clodi jadi minim pake popok sekali pakainya.

    ReplyDelete

Post a Comment