header

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City di Nuvasa Bay, One Stop City in Batam

Konten [Tampil]

Saya yakin kalian pasti sudah banyak mendengar bahwa Sinar Mas Land kembangkan konsep livable city. Ya, pada proyek-proyeknya, Sinar Mas Land telah menerapkan konsep livable city atau kota kota modern.

Disini saya ingin bercerita tentang livable city di Nuvasa Bay Batam. Sebuah kota modern yang berkonsep staycation layaknya one stop city. Kawasan ini mirip dengan harapan masa kecil saya tentang kota impian.

Impian Masa Kecil


Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City di Nuvasa Bay

Masa kecil saya tinggal di wilayah Sumatra Bagian Selatan. Meski tinggal di dalam kota, namun perkembangan kota kami tidak seperti kota besar lainnya di Indonesia. Minim fasilitas umum.

Misalnya saja transportasi, untuk menggunakan angkot saya harus berjalan kaki sekitar 2-3 km baru bertemu jalan raya. Jika ingin ke pasar induk, harus siap berjalan kaki dulu. Apa tidak ada angkot tradisional? Ada! becak, tetapi jarang.

Belum lagi masalah keamanan, saya pernah melihat seorang penumpang angkot ditodong dengan pisau di depan saya. Makanya, kami nyaris tidak pernah berjalan-jalan di malam hari. Ibu melarang demi keamanan. Padahal bisa menikmati keindahan kota di malam hari, seperti di film-film sangat menyenangkan.

Belum lagi sarana pendidikan, perjalanan ke sekolah saya cukup jauh. Untuk pertama kalinya, semasa SMA saya menggunakan angkot. Ibu mewanti-wanti untuk berhati-hati. Untungnya selama sekolah tidak ada kejadian yang membuat Ibu khawatir. Cuma saya sering mengeluh karena sekolahnya jauh.

Setamat sekolah, saya memilih untuk mencari kerja dulu sebelum melanjutkan kuliah. Sialnya, mencari pekerjaan bagi anak yang baru tamat sekolah tak begitu mudah.

Saya melamar menjadi SPG toko. Saya kira yang melamar cuma beberapa, ternyata antrian mengular bak antri barang murah. Dan, seleksinya nyaris seperti ajang pencarian bakat. Akhirnya saya skip. Saya ke Batam saja menyusul saudara.

Batam, Kota Industri yang Ramah Pada Warga


Ketika tiba di Batam, saya baru menemukan suasana baru. Kota industri yang berbeda dibandingkan kampung saya.

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City di Nuvasa Bay


Aksesibilitas Transportasi

Akses transportasinya lebih baik. Saya tinggal jalan lima langkah, sudah bertemu transportasi umum yang ber AC hehe.

Keamanan

Dari segi keamanan, Batam cukup aman. Saya bisa pulang selepas magrib dengan rasa aman di transportasi umum. Pernah suatu ketika suami ketinggalan dompet di sebuah tempat makan, alhamdulilah ditemukan utuh.

Pendidikan

Untuk fasilitas pendidikan, setiap lokasi memiliki fasilitas sekolah dan universitas yang mudah dijangkau. Ada sekolah pemerintah maupun swasta, yang berstandar nasional maupun internasional. Anak-anak setingkat SD pun sudah mahir berbahasa inggris. Wuih keren!

Pekerjaan

Untuk peluang pekerjaan, Batam masih memberikan harapan. Apalagi setiap tahunnya selalu ada investor baru yang datang ke Batam. Saya semakin yakin untuk menetap di kota industri, livable city yang saya impikan.

Memangnya apa sih livable city? Bagaimana pula penerapannya pada proyek yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land? Yuk bahas!

Satukan Pemikiran Tentang Livable City


Moms, konsep livable city sering disebut juga sebagai kota modern. Saya pun lebih setuju mengartikan livable city sebagai kota modern. Memang secara bahasa artinya adalah kota layak huni.

Menurut Ikatan Ahli Perencanaan (2009) livable city adalah sebuah kota yang memiliki gambaran dan suasana yang nyaman sebagai tempat tinggal dan melakukan berbagai aktivitas baik aspek fisik maupun non fisik.

Berbagai aspek fisik yang dimiliki kota modern mencakup infrastruktur, utilitas, aksesibilitas, transportasi, serta ruang publik. Selain faktor fisik, tak kalah penting adalah faktor non fisik seperti lingkungan, kesehatan mental, dan social.

Jadi, kota modern itu bukan hanya memberikan kenyamanan dengan fasilitasnya, tetapi juga memberi ketenangan mental dan sosial bagi penghuninya. Sepakat?

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City


Moms, dalam membangun kawasan hunian Sinar Mas Land mengembangkan konsep livable city. Visi besarnya agar warganya mendapatkan quality of life yang lebih baik.

Dalam mengembangkan kota modern Sinar Mas Land selalu membawa konsep 4 pilar utama

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City

Beberapa waktu lalu saya mengunjungi hunian dengan konsep livable city. Sebuah kota modern pertama dan terbesar di Batam yaitu Nuvasa Bay. Nuvasa Bay berada di kecamatan Nongsa, sekitar 15 menit dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Wilayah Nongsa paling dekat dengan Singapura dan Malaysia. Warga Batam atau yang pernah ke Batam pasti familiar dengan tempat ini.

Sebagai warga Batam saya takjub dengan Nuvasa Bay. Kota modern seluas 230 hektar ini dikelilingi oleh laut, pantai, hutan mangrove dan padang golf. Benar-benar hunian dengan vibes staycation terus. Disinilah saya memupuk mimpi untuk memiliki unit di Nuvasa Bay.

Nuvasa Bay, Kota Modern Pertama dan Terbesar di Batam


Ketika awal memasuki kawasan kota modern Nuvasa Bay, saya langsung disuguhkan pemandangan hijau dengan panorama hutan mangrove dan lapangan golf.

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City

Siapa pengembang kota modern ini? Adalah Sinar Mas Land, perusahaan developer raksasa yang telah berpengalaman lebih dari 40 tahun. Sinar Mas Land selalu mendapatkan penghargaan di tingkat nasional maupun internasional. Tahun 2017 proyek Nuvasa Bay mendapat penghargaan sebagai The Best Future Mega Project in Asia.

Saya sering mendengar bahwa Sinar Mas Land menerapkan konsep green building dan green living dalam setiap proyeknya. Menurut Raichan Bohari, Head Of Sales and Promotion Nuvasa Bay, dalam wawancara di channel youtube rumah123 mengatakan Nuvasa Bay dibangun dengan mengedepankan konsep hijau.
"Dari total 230 hektar lahan Nuvasa Bay, 60% nya adalah green space".

Saya pun optimis bahwa pembangunan Nuvasa Bay sejalan dengan konsep green living. Karena kota modern yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land memang mengedepankan keseimbangan alam.

Jika kelak impian saya dan suami terwujud untuk memiliki hunian impian, pilihan itu jatuh pada Nuvasa Bay. Mengapa? Saya akan jelaskan alasannya berikut ini.

Mengapa Memilih Nuvasa Bay?


1. Panorama Alam


Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City

Kawasan hunian yang saya kunjungi di Nuvasa Bay adalah kluster The Nove. Memasuki kawasan The Nove kita akan disuguhkan hamparan hijau lapangan lapangan golf, mangrove, pantai, dan laut. Sepanjang mata memandang adalah garis pantai sepanjang 1,2 km.

Semilir angin pantai berhembus menyapa setiap jiwa. Ya, cluster The Nove dibangun di atas bukit di lahan seluas 5 hektar. Ketinggiannya 20-30 meter diatas permukaan laut. Jadi view semua unit adalah laut dan lapangan golf. Indah banget kan?

2. Lokasi strategis

Nuvasa Bay terletak di lokasi yang strategis di Batam. Kalau kamu datang ke Batam dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam, hanya 15 menit saja ke Nuvasa Bay. Ke Batam, tidak sah rasanya kalau tidak ke negeri tetangga.

Di kawasan Nuvasa Bay terdapat terminal ferry international Nongsa Pura, jaraknya 3 km saja. Lima menit sudah tiba. Dari Nongsa Pura hanya 30 menit saja ke Singapore. Nah kalau gabut, bisa tuh langsung ke Singapura hehe.

3. Banyak pilihan tipe hunian

  • Apartemen
Di dalam cluster The Nove terdapat 3 tower apartemen, yaitu tower Kaina, Kalani, dan Kahua. Di semua unit apartemen memiliki tipe studio, tipe 1 bedroom loft, dan 3 bedroom loft. Selain itu ada juga tipe 3 bedroom penthouse yang lebih besar.

  • Landed House

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City

Nuvasa Bay juga menyediakan hunian tipe residential atau landed house. Landed house di cluster The Nove memiliki 2 tipe. Ada tipe semi detached, yaitu rumah 2 lantai dan tipe 3 lantai yang disebut Terrace House.

  • Senior Living
Yang menarik di Nuvasa Bay terdapat senior living. Senior living adalah hunian yang dijadikan sebagai tempat tinggal para orang tua yang sudah memasuki masa pensiun. Jadi bagi kamu yang ingin memiliki masa pensiun dengan suasana tenang, damai, tinggal di Nuvasa Bay bisa jadi pilihan.

4. Terintegrasi dengan Kawasan Digital Terbesar di Batam

Nuvasa Bay juga terintegrasi dengan kawasan Nongsa D-Town. D-Town adalah kawasan digital terbesar di Batam. Kawasan ini nantinya akan terintegrasi satu sama lain.

Selain itu, kedepannya pemerintah Batam akan membangun auto ring road yang menghubungkan Batam Centre dengan Nongsa. Dengan adanya jembatan ini semakin mempercepat akses. Dari Batam Centre ke Nongsa dapat ditempuh hanya 10-15 menit saja.

5. Kawasan Premium dengan Nilai Investasi Tinggi

Kawasan Nuvasa Bay merupakan kawasan premium yang dibangun dengan beragam fasilitas pendukung. Berbagai fasilitas umum ada di Nuvasa.
  • Fasilitas publik
Di kawasan ini ada fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, akan ada sekolah berstandar internasional, commercial area, mall, tempat nongkrong sekelas kafe-kafe ala Bali, fasilitas olahraga, playground, dan masih banyak lagi fasilitas yang akan dibangun disana. Dapat dipastikan nilai investasinya akan meningkat.
  • Fasilitas olahraga
Bagi pecinta golf, di Nuvasa Bay sudah tersedia Palm Spring Golf yang merupakan lapangan terbaik dan terluas di Batam dengan 27 hole. Cukup jalan kaki, bisa main golf disini.

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City

Untuk fasilitas olahraga seperti pool dan gym, semua apartemen di cluster The Nove memilikinya. Khusus di Kalani Tower terdapat infinity pool yang serupa dengan Marina Bay Sands Singapore.

Untuk landed house juga terdapat clubhouse yang menyatu dengan residence. Jadi untuk fasilitas olah raga nggak perlu khawatir deh. Lengkap!
  • Hiburan dan Wisata
Untuk fasilitas hiburan di Nuvasa Bay nantinya juga akan dibangun hotel. Sedangkan sarana wisata terdapat wisata air Sea Forest Water Adventure Park. Ada 20 wahana air yang bisa dinikmati oleh semua warga Batam.
  • Lingkungan
Dari segi kesehatan udara, warga Batam yang setiap hari berjibaku dengan dunia industri, pasti merindukan untuk menghirup udara segar. Di Nuvasa Bay, pemilik unit bisa menikmati udara segar setiap hari.

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City

Inilah pertimbangan saya dan suami dalam memilih hunian yang nyaman. Kalau boleh saya katakan, Nuvasa Bay adalah one stop city in Batam. Pemilik unit akan dimanjakan berbagai fasilitas, sekaligus mendapatkan kehidupan berkualitas.
Apakah kamu berminat untuk tinggal dan menetap di kota modern yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land dengan konsep livable city? Segera cek website www.sinarmasland.com ya!

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

42 comments

  1. saya numpang lewat di batam kira-kira 12 tahun yang lalu, saat itu kotanya masih sepi, sepertinya sekarang sudah lebih ramai dan maju ya. apalagi Batam ini letaknya sangat strategis untuk kawasan bisnis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perkembanganya pesat banget mas..ayo ajak istri ke Batam lah mas, biar minum air Batam dulu hahaha

      Delete
  2. Sinar Mas Land memang selalu inovatif dalam segala hal apalagi properti. Konsep livable city untuk hunian dengan fasilitas super lengkap seperti ini tentu menjadi idaman keluarga bahagia. Luas sekali ya dan bikin betah penghuninya. Keren nih Nuvasa Bay! Segala ada di sini udah ga repot ke mana2 ya. TFS :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. luas banget mbaak. Makanya jadi kota modern terbesar di Batam.

      Delete
  3. Pilihan terbaik bagi mereka yang tinggal di batam dan ingin hunian terbaik, semua ada dan berdekatan. Kamu harus baca artikel ini agar tidak salah pilih

    ReplyDelete
  4. Sinarmas land dalam mengelola lingkungan perumahan selalu membuat konsep yang unik dan bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, dan sesuai impiaan banyak orang sebagai kota modern yang sesungguhnya :)

      Delete
  5. Wah hunian Sinar Mas Land ada juga ya di Batam, baru tau Saya ternyata ada juga diluar Jawa , Bagus emang ini produk hunian Sinar Mas Land

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mbak, alhamdulillah akhirnya di Batam sudah adalah properti karya Sinar Mas Land juga :)

      Delete
  6. Wah ngeliat fasilitas di Nusava Bay jadi pengen tinggal disana apalagi kotanya emang kota yang cocok buat cari nafkah ya mbak

    ReplyDelete
  7. Wah Mbak, sebagai orang Indonesia yg lahir dan menua di Jawa, aku gak nyangka klo dirimu pernah sesulit itu mengakses transportasi, padahal di kota provinsi. Sementara aku tinggal di pedesaan pantai utara Jawa, aku bahkan lbh tua darimu, tapi rasanya kok aku lebih mudah nemu angkutan umum tatkala itu. Yg sulit justru sekarang sebab semua orang dianggap punya kendaraan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. woiyaaa...dulu pembangunan kan nggak merata ya mbak. Sekarang udah mendingan banget, apalagi banyak transportasi online. Satset deh hehe

      Delete
  8. Saya belum pernah ke Batam. Pengen deh suau hari main ke sana.
    Baca postingan ini, terlihat banget kalau kotanya tertata rapi dan ramah untuk hunian. Apalagi kalau tinggalmya di kawasan yang dikembangan oleh Sinar Mas Land

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga suatu hari bisa ke Batam ya mbak. Bisa lihat deh hunian kota modern terbesar di Batam karya Sinar Mas Land ini.

      Delete
  9. Punya impian buat tinggal di kluster green living yang suasananya benar-benar adem. Di mana sekeliling kita itu dimanjakan dengan warna hijau pohon-pohon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata kita punya impian yang sama mbak. Bismillah semoga terwujud ya mbak :)

      Delete
  10. Hidup di Batam pernah saya impikan saat kerja di Singapura.
    Eh apalagi kalau daerahnya termasuk livable city pastinya bakal betah. Siapa sih yang gak kenal pengembang senior seperti sinar mas land ini? Siapapun tinggal di sana bakalan betah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pernah kerja Di Singapore ya mbak? Ayoo mbak.. Main ke Batam yuk, lihat livable CITY Sinar Mas Land di Batam

      Delete
  11. Batam salah satu kota impian di Indonesia yang banyak disukai masyarakat, apalagi didukung dengan konsep livable city dari Sinar Mas Land dalam mengembangkan property-nya, makin mantap pastinya Batam

    ReplyDelete
  12. Thanks mba sharingnya. Emang kalau pembangunan sekarang yang harus diutamakan itu adalah kelestarian lahan hijaunya. Setidaknya untuk udara bersih aja, lalu untuk air dan kesuburan tanah. Smoga makin banyak pengembang yg mikir jangka panjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, pengembang harus mikir efek jangka panjang ya, demi kemaslahatan bersama.

      Delete
  13. Mbak Yunniww, kukira Batam tu panas dan berdebu, kan kawasan industri. Ga nyangka ada yang seperti Nuvasa Bay ini. View perbukitan, pantai, mangrove, tau nggak jadi ngebayangin cerita2 Enid Blyton yang 5 sekawan tu, mereka petualangannya di hill and beach keren banget. Semoga terwujud mbak impiannya menempati hunian di sana.pasti seneng lihat anak2 main lari-larian bebas di alam😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbaak...amiiin masya Allah, makasih doanya ya mbak. Emang udah lama banget naksir hunian di Nuvasa. Semoga dimudahkan jalannya.

      Delete
  14. Saya ingin sekali ke Batam, belum pernah soalnya 🤭. Kalau saya disuruh milih, pasti landed land. Tidak terlalu suka dengan konsep apartenen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk lah ke Batam, landed house juga banyaaak mbak.

      Delete
  15. Livable city, sinar mas land kwren nih menawarkan konsep yang terintegrasi dan memenuhi kebutuhan setiap konsumen dengan berbagai fasilitas yang disediakan

    ReplyDelete
  16. Memastikan tempat yang aman itu memang butuh riset dulu sebelum menentukan tempat tinggal. Review begini sangat membantu orang yang mencari tempat tinggal yang baik utk keluarga

    ReplyDelete
  17. Wah proyek Sinar Mas Land juga ada di Batam ya. Bagus donk ya bisa memudahkan kalau tinggal dekat dengan Singapura, eh tapi utk perumahan yang dikembangkan Sinar Mas Land sendiri ternyata juga selengkap itu ya fasilitasnya. Tak hanya rumah vertikal tetapi juga ada rumah tapak dengan lingkungan yang nyaman cocok buat keluarga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul ini hunian terlengkap, ada vertical house dan landed house Kak.

      Delete
  18. 2 kali ke Batam mendampingi kegiatan mahasiswa saya, emang bikin kerasan banget... apalagi kalau ada hunian dengan konsep Livable city, konsep yang keren sekali...

    ReplyDelete
  19. Tinggal di hunian yang deket dengan apapun yang kita butuhkan itu menyenangkan ya mbak. Konsep livable city memang cocok untuk rakyat kekinian.

    ReplyDelete
  20. Hidup paling menyenangkan memang di hunian yang apa-apa deket dengan tempat/ fasilitas yang dibutuhkan. Konsep livable city ini, cocok buat generasi masa kini

    ReplyDelete
  21. Sinar Mas emang selalu bikin yang bagus-bagus ya, kalo hunian yang lengkap, akses gampang, semua terjamin dan semua ada, ya siapa sih yang nggak pengen punya.. Apalagi generasi milenial kayak aku begini, auto ngiler kalo liat-liat bikinan Sinar Mas. Bismillah disemogakan sambil disholawatin aja lah ya, semoga suatu saat bisa kebeli satu unit di Sinar Mas hehehe...

    ReplyDelete
  22. konsep hunian yang bagus dari Sinar Mas bisa menjadi contoh untuk developer lain agar tidak haya membangun saja tetapi perlu dipikirkan juga keberlangsungannya untuk masa depan

    ReplyDelete
  23. Aku juga berminat tinggal di kota modern seperti NuvasaBay, nyaman sepertinya, fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit mudah dijangkau ya, bebas macet nih penting juga

    ReplyDelete
  24. Konsep hunian yang bikin pengen cepet-cepet pulang kalau lelah bekerja, apalagi didukung fasilitas dan akses mudah lainnya

    ReplyDelete
  25. Konsep modern yang diusung dengan konsep terintegrasi sangat sesuai dengan kebutuhan pengguna yang menginginkan kemudahan akses terhada berbagai fasiitas

    ReplyDelete

Post a Comment