header

Cerita Liburan Ke Pantai Elyora Batam, Pantai di Ujung Barelang

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Liburan sekolah semester ganjil tahun 2023 kemana nih? Saya dan keluarga mengawali liburan sekolah tahun ini dengan mengunjungi pantai. Namanya tinggal di kepulauan, pasti liburannya nggak jauh-jauh dari laut ya hehe.

Kali ini, saya dan keluarga mengunjungi pantai Elyora Batam. Ada yang sudah pernah berkunjung ke pantai Elyora? Jika kamu hendak mengunjungi wisata Batam ini, ada baiknya kamu membaca tulisan Mom Queen hingga selesai ya, supaya kamu mendapat gambaran seperti apa situasi disana. Here We Go!

Elyora Beach Batam, Mutiara di Ujung Barelang


Pantai Elyora Mom Queen

Elyora beach terletak di Galang Baru. Jembatan 6 Barelang. Artinya kami harus melewati 6 jembatan Barelang hingga akhir jembatan. Jauh sekali hehe. Tak apa demi cerita liburan bersama keluarga ke pantai yang seru haha.

Biaya Masuk Pantai Elyora


Biaya tiket masuk ke pantai Elyora adalah Rp 10.000,- per orang. Untuk biaya lainnya yaitu sewa gazebo adalah Rp 150.000,- untuk ukuran 2x2 meter. Tak ada deposit untuk penyewaan gazebo. Harga sewa ini untuk kunjungan harian ya, jika menginap atau camping maka biayanya sebesar Rp 200.000,- per malam. Sedangkan sewa tenda 3x3 meter seharga Rp 50.000,-.

Fasilitas Pantai Elyora


Pantai elyora

Pantai Elyora juga sangat cocok dijadikan tempat liburan keluarga terutama bagi yang suka wisata alam dan camping. Terdapat beberapa aula besar yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan dengan rombongan. Di dalam gazebo juga terdapat aliran listrik yang bisa digunakan. So it's such good service for customers.

Bagaimana dengan musholanya? Ah kalau untuk mushola, sekelas pantai yang masih baru, musholah Elyora beach cukup memadai. Tempat sholat disini cukup luas. Tampak seperti bangunan serbaguna yang baru selesai didirikan. Lantainya semen aci halus, dan tidak ada pembatas antara laki-laki dan perempuan. Namun cukup dingin dan besar untuk ukuran mushola pantai.

Ups There's Doggy, It's Scary!


Namun sayangnya saat kami mengunjungi pantai ini, ada beberapa doggy berkeliatan disini yang membuat kami takut. Bahkan kami juga melihat si doggy berenang di laut. Aduh. Jujur saja, kehadiran doggy membuat saya dan keluarga was-was sekali.

Memang sedari awal kami sudah diberitahu oleh pengelola kawasan bahwa ada doggy. Katanya kehadiran hewan dengan najis berat bagi muslim ini hanya ada di hari sabtu minggu saja. Hal ini karena pengunjung yang membawanya.

Kami pikir, si anjing ini hanya bermain seperti biasa atau menjaga pantai saja. Namun rupanya hewan berkaki empat ini juga berenang dan bermain air pantai seperti pengunjung lainnya. Oh No!

Jika tanpa doggy, sejujurnya saya sangat menyukai pantai Elyora dan ingin menjadikannya referensi tempat wisata terbaru yang indah di Batam. Saya melihat banyak juga pengunjung muslim yang berkunjung kesana. Artinya mereka pun pasti sama khawatirnya dengan kami.

Semoga kedepannya pengelola membatasi pengunjung membawa doggy ke lokasi ini.

Titik Nol Batam, Wisata Lain Dekat Pantai Elyora Batam


Titik Nol batam

Sepulang dari pantai Elyora, tak sah rasanya jika tidak mengunjungi titik nol pulau Batam. Ya, karena letak pantai Elyora memang berada hampir di ujung jalan jembatan Barelang. Maka, ketika kendaraan kami keluar dari pantai di jembatan 6 ini, langsung saja kami menuju titik nol Batam.

Hanya sekitar 10-15 menit saja dari pintu masuk pantai Elyora, kami sudah tiba di titik nol. Saya pun tak menyangka jika ternyata letaknya sangat berdekatan. Seperti lagu pacarku lima langkah hehe.

Tak menyia-nyiakan kesempatan, kami pun bergegas turun mobil dan berswafoto disana. Rupanya disana sudah ada rombongan yang juga mengunjungi tugu ini. Ah, mengunjungi tempat ini setelah sekian puluh tahun, seperti mengobati kenangan saat pertama kali ke Batam hehe. Meskipun, saat itu belum ada monumen titik l nol ini.

Ini lah cerita liburan bersama keluarga ke pantai Elyora yang kami lakukan. Semoga ada hikmah yang bisa dipetik, sampai jumpa dalam cerita liburan seru bersama keluarga berikutnya ya. Semoga bermanfaat.
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment