header

6 Cara Hidup Sehat dan Awet Muda, Murah Kok!

Konten [Tampil]

Hai Moms!
Tulisan kali ini mau membahas rahasia cara hidup sehat dan awet muda ala Mom Queen. Hihii sok-sok an pakai istilah ala Mom Queen wkwk (maksudnya biar kekinian gitu ya). Cara hidup sehat dan awet muda sesungguhnya tidaklah susah. Cuma butuh sedikit usaha dan pembiasaan saja. Kita mulai bahas ya :) 
   
Cara Hidup Sehat dan Awet Muda


Hidup Sehat dan Awet Muda Cara Murah? Siapa Nolak!


Hidup sehat dan awet muda? Siapa yang menolak sih! Masih adakah yang tidak mau? Saya yakin semua orang menginginkan hidup sehat dan awet muda, apalagi jika ditambah dengan 'kaya raya' hmm paket lengkap deh!

Banyak yang menyebutkan bahwa di dalam jiwa yang kuat terdapat tubuh yang sehat. Dan dibalik tubuh yang sehat terdapat penampilan yang memikat. Nah mantapkan??

Makanya mulai sekarang kita akan mulai menerapkan hidup sehat agar senantiasa jiwa kita terjaga, plus penampilan menjadi semakin mempesona. Ciyeee!!

Bagaimana caranya mulai hidup sehat? Santai, kita bahas ya, begini caranya hidup sehat dan awet muda. Saya membuat tips hidup sehat dan awet muda ini berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman orang-orang terdekat.

Hidup Sehat dan Awet Muda itu Gampang Kok, Ini Caranya!


A. Secara Fisik

  • Perbanyak Minum Air Putih

Menurut Water Science School menyebutkan hampir 60% tubuh kita terdiri atas cairan pada tubuh orang dewasa. Sedangkan pada otak dan jantung sebanyak 73% terdiri atas air, menurut Journal of Biological Chemistry.

Maka agar kedua organ penting di dalam tubuh manusia ini bisa berjalan sebagaimana mestinya, konsumsi air minum sesuai kebutuhan. Berapa jumlah air putih yang seharusnya kita minum? Rata-rata 2 liter atau 8 gelas sehari. Tapi lebih jelas bisa lihat cara menghitung kebutuhan air harian

  • Makan Makanan Sehat

  
Healthy foods
Pic by Canva

Makan makan sehat tentu saja menjadi faktor penting dalam menerapkan pola hidup sehat dan awet muda. Tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi yang bergizi untuk tumbuh dan berkembang. Dan makanan sehat adalah bahan bakar penggeraknya.

  • Olah Raga Teratur


Olah raga teratur?? Siapa yang sudah menerapkannya? Meski terasa berat, namun olahraga teratur memiliki efek yang sangat besar. Dikutip dari kompas.com menyebutkan olahraga teratur dapat meningkatkan sensitivitas otak terhadap hormon serotonin dan norepinefrin.

Selain itu juga olahraga teratur bisa meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh sebagai hormon bahagia dan anti depresan. Masih malas untuk olahraga?

  • Istirahat Cukup


Siapa yang suka begadang, ngaku! Ternyata tubuh kita memiliki jam biologis untuk melakukan regenerasi sel. Kapan jam biologis tubuh? Tentunya di waktu malam, saat kita beristirahat.

Makanya disarankan kita untuk istirahat cukup minimal 6 jam sehari. Kalau kurang bagaimana? Tentu saja efek perbaikan organ tubuh tidak maksimal. Dan siap-siap penyakit mulai datang. Mau hidup sehat dan awet muda, gampang tinggal penuhi salah satu hak tubuh, istirahat cukup!

B. Dari Segi Pikiran

  • Kurangi Worry, Bawa Happy

Buang segala negatif thinking dan segala pikiran buruk untuk mencegah stress berlebihan. Kekhawatiran terhadap sesuatu yang belum tentu terjadi dapat memicu hormon stress

Untuk menguranginya, coba bawa happy setiap persoalan yang ada. Santai tapi tetap waspada. Dengan begitu wajah jadi ceria bahagia.

  • Banyak Bersyukur


Banyak bersyukur bukti bahwa kita tetap happy dan berpikiran positif. Apapun yang terjadi, tetaplah bersyukur. Ingat konsep Qodlo dan Qodar, bahwa sesuatu terjadi atas seizin-NYA. Bahkan daun jatuh pun semua sudah tertulis di dalam kitab Lauhul Mahfudz. Jadi untuk apa khawatir, selalu bersyukur ya:) 

  • Sering Refreshing

  
Reading book
Pic by Canva


Sesekali lakukan refreshing tak masalah. Refreshing tak mesti ke tempat mahal. Bahkan dengan melakukan hobi di rumah juga bagian dari refreshing. Refreshing dipercaya mampu mengendurkan otot syaraf yang tegang. Yuk rutin merilekskan pikiran agar bisa menerapkan hidup sehat.

  • Lakukan Healing


Melakukan self healing untuk me-release segala permasalahan yang ada. Dan healing bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satu healing yang paling mudah adalah healing dengan Al Qur'an, cobalah!

Penutup


Berbagai hal bisa saja mempengaruhi pikiran kita untuk tidak bahagia. Meski demikian kita bisa memilih untuk tetap hidup bahagia atau tetap larut dalam masalah. Kuncinya adalah pilihan mana yang diambil.

Begitu pula halnya dengan hidup sehat. Hidup sehat adalah sebuah pilihan. Jadikan hidup sehat sebagai lifestyle, maka bonusnya adalah mendapatkan penampilan yang awet muda. Hayoo, masih mau mikir untuk menolak?

Ayo, mulai sekarang terapkan cara hidup sehat dan awet muda. Usia boleh bertambah, penampilan harus selalu muda! Semoga bermanfaat :)

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

1 comment

  1. Dari semua yang disebutkan di atas, saya kurang refresing dan kurang healing, apalagi traveling... haduh

    ReplyDelete

Post a Comment