header

5 Ide Liburan Keluarga Bersama Paket Internet Cepat, Boleh dicoba!

Konten [Tampil]

Banyak yang bilang jika Batam biaya hidupnya mahal, apalagi biaya liburan. Apakah ini benar? Menurut Mom Queen, ada banyak ide liburan keluarga terjangkau di Batam kok. Apalagi kalau kamu berlangganan paket internet cepat. Dijamin liburan bersama keluarga nggak bikin kantong bolong hehe.

Liburannya ngapain ya biar kantong tetap aman? Nanti kita akan kupas tuntas ya. Sebelumnya kita bahas dulu, apa sih manfaat liburan keluarga? Mom Queen coba menggali manfaatnya dari semua sisi anggota keluarga ya. Check this out.

5 Manfaat Liburan Keluarga


Liburan bersama keluarga nyatanya tidak harus menghabiskan banyak biaya. Banyak ide kegiatan bersama keluarga yang bisa dilakukan. Di keluarga kami, menjelang libur akhir pekan, anak-anak mulai merancang apa yang akan dilakukan saat liburan. Ketika akhir pekan tiba, kami sudah tahu apa akan dilakukan.

Manfaat liburan

Menurut kami, liburan berarti istirahat sejenak dari berbagai rutinitas harian untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan di luar kebiasaan. Liburan sangat penting untuk dilakukan. Apa manfaat liburan keluarga ya? Ini 5 manfaatnya.

1. Memperkuat Bonding Keluarga


Melakukan aktivitas di luar kebiasaan, apalagi dilakukan secara bersama-sama mampu mempererat ikatan antar anggota keluarga. Misalnya anak-anak yang jarang berinteraksi dengan orangtuanya, saat liburan bisa beraktivitas bersama orangtua, tentu saja dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak.

2. Memberi Pengalaman Baru


Beach

Dalam artikel di The Telegraph yang berjudul The Science Behind How Holidays Make Your Child Happier and Smarter oleh Dr Margot Sunderland, seorang Psikoterapis anak, menyebutkan bahwa liburan keluarga dapat memberi pengalaman baru kepada anak. Mereka akan memiliki new experience mengenai lingkungan, aktivitas sosial, fisik, maupun aktivitas sensorinya.

3. Menambah Pengetahuan


Selain menambah pengalaman, melakukan sesuatu yang baru atau bahkan mengunjungi tempat baru tentu saja dapat menambah pengetahuan. Apalagi anak-anak yang memiliki rasa penasaran tinggi. Hal-hal berbeda yang dilakukan selama liburan akan memenuhi rasa penasaran mereka. Tentunya hal ini dapat menambah insight dalam diri mereka.

4. Mengurangi Stres dan Kecemasan


Melepas stress

Liburan dapat juga bermakna mengistirahatkan tubuh dari beragam rutinitas. Hal ini dapat memberi kebahagiaan bagi pelakunya. Mengutip artikel Inc.com menyebutkan bahwa sebuah studi yang dirilis tahun 2015 oleh American Psychological Association menyimpulkan bahwa liburan bisa mengurangi stress dan kecemasan.

5. Meningkatkan Produktivitas


Mengambil waktu sejenak untuk beristirahat ternyata bisa juga berdampak pada produktivitas dalam bekerja.
Studi dari Boston Consulting Group menyebutkan bahwa profesional yang mengambil hak cutinya secara keseluruhan jauh lebih produktif dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

Itulah sebagian manfaat liburan yang bisa dirasakan oleh seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak. Apa saja ide liburan yang bisa kamu lakukan? Nah ini beberapa ide liburan keluarga yang bisa dicoba.

Ide Liburan Keluarga Mudah dan Terjangkau yang Wajib Kamu Coba


Kamu setuju nggak sih, jika liburan itu artinya melakukan sesuatu yang baru dan bisa membuat kita bahagia. Dan menurut Mom Queen liburan itu nggak mesti harus pergi ke suatu tempat yang jauh atau membeli sesuatu. Nyatanya, menjelajah di dalam kota atau malah liburan di rumah saja bisa tetap merasakan vibes liburan kok. Setuju nggak?

Seperti yang sering kami terapkan dalam keluarga, kami merancang kegiatan untuk mengisi liburan. Apa saja yang kami lakukan? Nah ini ide liburan keluarga yang bisa kamu lakukan.

1. Mengunjungi Kebun Binatang


Mengunjungi kebun binatang bisa menjadi ide liburan menyenangkan dan terjangkau. Di Batam ada banyak tempat wisata keluarga dengan harga terjangkau. Ada Taman Rusa Sekupang, Kebun Raya Batam, serta Panbil Nature Reserve (PNR) Eco Edu Park Batam.

Panbil eco edu park batam

Tiket masuk PNR Eco Edu Park Batam gratis lho, jadi kamu bisa mengunjungi tempat ini kapan saja. Sedangkan Taman Rusa Sekupang biaya tiket masuknya mulai dari Rp 5 ribu saja. Liburan ke sini sangat cocok untuk seluruh anggota keluarga, karena akan memberi pengalaman serta pengetahuan baru terutama dunia satwa.

2. Wisata Pantai


Setuju nggak jika pantai selalu memiliki daya tarik wisata di manapun berada. Pantai sepertinya punya magnet untuk menarik penikmatnya. Menempatkan pantai sebagai salah satu ide liburan keluarga sepertinya sangat tepat. Setuju nggak Moms?

Pantai

Layaknya kepulauan, Batam memiliki cukup banyak wisata pantai yang bagus. Beberapa pantai yang bagus dan bisa dinikmati dengan biaya masuk mulai dari Rp 5 ribu untuk dewasa, untuk anak-anak tidak dikenakan biaya. Bahkan ada beberapa pantai yang hanya membayar parkir saja.

Rekomendasi pantai yang bagus di Batam yang bisa menjadi ide liburan bersama keluarga seperti Pantai Reviola, Pantai Vio-Vio, Pantai Tanjung pinggir, Pantai Melayu, hingga Pantai Mubut.

3. Mencoba Menu Baru


Mencoba menu baru adalah salah satu ide liburan keluarga yang kami lakukan. Kebetulan saat sedang scrolling media sosial, Mom Queen menemukan resep baru yaitu olahan pangsit. Ketika menunjukkan pada anak-anak, mereka tertarik untuk mencobanya. Kami pun merancang untuk re-cook di akhir pekan.

Mencoba menu baru berbekal video tutorial yang kami tonton dari media sosial, membuat anak-anak semangat sekali. Ya, mereka mendapat dua kegiatan favorit yaitu memasak dan menonton haha. Dua hal ini paling disukai anak-anak kan?

Setelah menonton video, kami pun mulai eksekusi. Beberapa menit perkenalan menu dan bahan, kemudian dilanjutkan dengan praktik memasak di dapur. Waktu akhir pekan itu kami habiskan dengan mencoba menu baru. Dan taraaa...... Ini dia hasilnya.

Resep pangsit

4. Nonton Film Favorit


Siapa yang tidak suka nonton? Hmm sepertinya hampir semua suka ya. Menonton film favorit juga menjadi bagian dari ide liburan keluarga kami. Sebelum memiliki anak, Mom Queen dan suami sering pergi ke bioskop untuk menonton film favorit.

Tetapi ketika memiliki buah hati, menonton film favorit lebih banyak kami lakukan di rumah. Mom Queen hanya perlu menyeting ruangan agar nyaman saja. Anak-anak bisa memilih film favorit mereka. Mom Queen dan Suami membebaskan anak-anak menonton film apa saja, yang penting tetap sesuai dengan value keluarga kami.

5. Melakukan Aktivitas Edukasi


Anak pertama Mom Queen lagi gemar mewarnai dan mempelajari bahasa inggris. Dia menyukai bahasa inggris dikarenakan film favoritnya menggunakan bahasa inggris. Mom Queen mengatakan jika ingin tahu apa yang diceritakan dalam film, maka dia harus mempelajari bahasanya. Jadilah si Kakak semangat belajar bahasa asing.

Kegiatan anak di rumah

Mom Queen pun mendaftarkannya pada kelas virtual bahasa inggris. Dan karena dia juga gemar mewarnai, Mom Queen turut mendaftarkannya pada kelas mewarnai. Kelas diadakan setiap hari melalui materi online dan di akhir pekan diisi dengan meeting virtual. Kelas berlangsung sekitar 1 jam lebih. Selama kelas berlangsung anak-anak disuguhi materi sesuai levelnya.

Si Kakak masih di level kids alias TK, jadi materi yang diberikan bisa juga dipelajari oleh dua adiknya. Salah satu keuntungan kelas online adalah bayar satu bisa dapat gratis banyak hehe. So far, selama kegiatan berlangsung tidak ada kendala yang berarti, karena kami menggunakan jaringan internet cepat.

Itulah beberapa ide liburan keluarga yang kami lakukan. Menurut prinsip yang kami pahami, liburan bukan hanya tentang pergi kemana dan membeli apa, tetapi liburan harus bisa memberi cerita yang bermakna.

Sejalan dengan prinsip itu, liburan keluarga terasa semakin mudah ketika kami berlangganan paket internet cepat. Ketika kami memutuskan untuk mengisi liburan keluarga di rumah saja, kami bisa mengisinya dengan beragam aktivitas edukasi atau ide liburan keluarga yang kreatif.

Di lain waktu, ketika kami memutuskan untuk pergi liburan ke suatu tempat baru, kami bisa mencari referensi liburan dari internet dengan mudah. Tentu saja dikarenakan kualitas internet cepat dari IndiHome yang stabil dan tahan terhadap cuaca.

IndiHome, Teman Liburan yang Menyenangkan


Indonesia Digital Home atau lebih akrab dengan nama IndiHome adalah salah satu unit usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. IndiHome adalah penyedia layanan fixed broadband seperti layanan internet rumah, telepon dan TV interaktif.

IndiHome

Kini dengan berlangganan IndiHome kamu bisa mendapatkan layanan internet unlimited. Paket internet cepat ini sudah bisa kamu nikmati bersama keluarga. Apalagi sekarang ada promo gratis langganan 1 bulan lho. Hemat banget kan??

Oh ya buat kamu yang ingin pasang IndiHome, biaya bulanannya juga terjangkau kok. Dengan kecepatan 30 Mbps, biaya berlangganan hanya Rp 200 ribuan saja per bulan. Kualitas internet dari Telkom Group ini juga stabil dan ngebut. Jadi cocok banget bagi kamu yang menginginkan kualitas internet yang wuss wuss.

So, tunggu apalagi, mumpung masih ada kesempatan promo dan gratis biaya langganan 1 bulan nih. Buruan langganan paket internet cepat dari IndiHome ya. Ditunggu ide liburan keluarga lainnya bersama IndiHome versi kamu!

Salam,
Mom Queen

Referensi
https://www.parentcircle.com/family-vacations-importance-benefits-for-children/article
https://www.inc.com/lolly-daskal/4-scientific-reasons-why-vacation-is-awesome-for-you.html
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

40 comments

  1. Membaca tulisan ini membuatku tersadar, aku ternyata butuh liburan wkkwk

    ReplyDelete
  2. Edukasi kreatif sama nonton film favorit, andalan banget kalau lagi pengen quality time sama anak-anak, hihihi. Selain dapat suasana seru-seruannya, bisa sekalian belajar sama anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama banget ya mbak..dapat belajarnya dapat mainnya.

      Delete
  3. Aduh jadi pengen liburan ke Batam sehabis baca tulisannya Mbak Yuni. Mudah-mudahan next bisa ke Batam bareng keluarga untuk mengisi masa liburan bersama, sementara ceki-ceki dulu tempatnya pake paket internet cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo Pak Yo..ajak keluarga ke Batam ya, jangan lupa kabarin kalau kemari.

      Delete
  4. Aku jarang liburan bersama keluarga, sekalinya liburan pun biasanya waktu lebaran. Tapi melihat artikel ini, jadi pengin liburan bareng keluarga biar bisa makin akrab. Cuma emang harus cari-cari waktu dan tempat yang tepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih anak gadis pasti liburannya bareng temen-temen genk ya? sekali-kali liburan bareng keluarga kak..seru lho

      Delete
  5. Anak2ku juga suka bgt nih kalau mulai bebikinan menu baru, apalagi cemilan. Anak2 senang, tanpa harus jauh2 keluar rumah. Btw, seru bgt ya kalau anak punya keinginan sendiri buat belajar tuh. Orangtuanya memfasilitasi, anaknya belajar tanpa paksaan. Pasti lebih happy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iiya mbak, bisa ngisi liburan tanpa rempong kemana-mana plus ada edukasi life skillnya ya bebikinan menu di dapur. Asal jangan kapok beberesnya aja ya haha

      Delete
  6. waw dengan internet sekarang dunia jadi mudah dijelajahi ya :) apalagi kalau pemilihan jaringan internetnya mendukung tanpa gangguan, wah makin menikmati liburan deh sama keluarga jadi seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak..paket internet cepat sangat mendukung untuk liburan seru bersama keluarga.

      Delete
  7. Ternyata tempat liburan di Batam tidak semua mahal ya. Saya juga berpikirnya semuanya mahal di sana. Tetapi, ternyata masih ada yang gratis HTM. Memang liburan tidak harus mahal, mengisi liburan bisa dengan kegiatan yang bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak kok yang gratiss mbaak.. yang mahal juga banyak hahaha. Tapi yang gratis aja udah cukup kok. Ayo ke Batam mbak

      Delete
  8. Anakku sama bapaknya banget iniii liburan streaming film yang lucu2 wkwkwk dan dia suka banget sampe diulang2 aja tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha seru dong kalau nonton film sama anak mbak..emaknya bisa lanjut ngedraft wkwk

      Delete
  9. Paket Internet Cepat bisa untuk mencari referensi tempat yang bisa dikunjungi berikut akses ke lokasi dan juga fasilitas di tempat rekreasinya ya, Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hu um makin memudahkan gerak dan langkah. Pokoknya anti mati gaya kalau ada paket internet cepat.

      Delete
  10. Terima kasih atas rekomendasinya ka. Boleh juga nih ditiru

    ReplyDelete
  11. Wahhh murah juga yaaa paket internet cepatnya. Liburan keluarga jadi makin lancar aja dengan internet cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Kak..ayo pasang Kak. udah langganan IndiHome belum?

      Delete
  12. Refreshing perlu banget dilakukan tanpa ada alasan spesial. Ini sebuah family bonding activity yang wajin banget dikerjakan. Perlu untuk disusun rencananya dg matang terutama yg punya duo bocil macam saya. Tulisan mbak jd inspirasi nih :) yuk bisa yuuuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa yuk bisa Mbak..punya bocil emang tantangan banget ya kalau liburan. Bismillah..yuk kita liburan Kak hihi

      Delete
  13. Saat ini, menonton film favorit adalah caraku untuk merefresh-kan otakku agar lebih rileks. Untung pakai internet terbaik jadi lancar selalu nonton film apapun.

    ReplyDelete
  14. Menonton film favorit pilihan pas untuk menggunakan akses paket internet cepat, karena buffer nya pastinya lebih cepat, dan tidak menguji kesabaran kita

    ReplyDelete
  15. Beruntungnya kita hidup saat ini dengan adanya internet, jadi ga bakalan mandeg dengan ide-ide liburan buat keluarga. Tak hanya destinasi wisata dalam negeri, tempat-tempat di luar negeri pun dapat kita gali informasinya dengan paket internet cepat dan stabil

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerrr banget..sebelum liburan cek dulu di internet tempat yang bakal dikunjungi. Semuanya mudah berkat internet ya.

      Delete
  16. Jaman now kalau mau liburan kita bisa memilih lebih dulu tempat yang akan dikunjungi dan melihat review2 nya lewat internet supaya lebih pas saat memilih akomodasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..sama banget sih. itulah enaknya kita hidup di zaman dengan fasilitas internet yang lancar.

      Delete
  17. Mama satu ini emang selalu punya ide quality time bersama buah hati. Boleh di coba tuh resepnya

    ReplyDelete
  18. Keren, nih, dedeknya, banyak ikut kegiatan bermanfaat. Untung ada paket internet cepat dari IndiHome Yaa, berselancar jadi lancar.

    ReplyDelete
  19. Wisata pantai dan staycation di resort yang bernuansa alam, menjadi favorit keluargaku... Mau cari akomodasi murah, atau penunjuk jalan... gak usah kuatir... Asal ada internet sekelas Indihome, liburan akan lancar jaya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih percaya kalau yang ngomong Pak Dokter..liburan mulu nih!! Seru banget pastinya ya kalau bisa staycation bareng keluarga ya Dok.

      Delete
  20. Mom queen, tunggu kedatanganku di Batam yaaa :)
    Pengen banget liburan ke sana, berkat ada paket internet cepat selama ini aku cuma liburan via virtual aja, tapi tetap syukur dong. Bisa kepoin kota Batam hehehe

    ReplyDelete
  21. Apa kabar ku yg gak tau batam hehe, mudah2an bisa silaturrahmi deh kesana next time hehe.

    ReplyDelete

Post a Comment