header

Harga Franchise Pizza Hut Indonesia, Mulai dari 2,5 Miliar!

Konten [Tampil]

Hi Moms,

Siapa yang sering nongki syantik di Pizza Hut? Pernah bertanya nggak sih berapa harga franchise Pizza Hut Indonesia? Ya, Mom Queen kalau makan di sana suka takjub dengan resto ala Western itu. Mereka selalu ramai dikunjungi pembeli. Apa sih yang membuat resto pizza dan pasta ini selalu menarik?

Padahal rasa makanannya kan rada beda sama lidah kita (lidah Mom Queen maksudnya hehe) tapi kenapa bisa selalu ramai begitu. Apa mungkin selera orang Indonesia sudah mulai berubah ya? Ah sudahlah, itu nggak terlalu penting sih hehe.

Hal penting yang akan kita bahas adalah berapa modal yang harus keluar untuk membuka franchise Pizza Hut. Setelah kemarin membahas franchise McDonald ice cream dan restaurant, kini giliran harga franchise Pizza Hut yang akan kita bahas dan kupas tuntas! Setuju?

Harga Franchise Pizza Hut


Harga franchise Pizza Hut terbagi menjadi 2 yaitu Pizza Hut Restaurant (PHR) dan Pizza Hut Delivery (PHD). Harga franchise Pizza Hut Restaurant (PHR) dipatok dengan harga yang tidak main-main. Nilai investasi untuk bisnis makanan khas Italia ini dibanderol dengan harga sebesar Rp 7-8 Milyar.

Harga Franchise Pizza Hut Indonesia
Pizza Hut Restaurant, source: www.sriboga.com

Bagaimana untuk harga franchise Pizza Hut Delivery (PHD)? Ada yang ingin tahu juga berapa harga franchise Pizza Hut Delivery (PHD)? Jika harga franchise Pizza Hut adalah Rp 7 - 8 miliar, untuk harga franchise Pizza Hut Delivery (PHD) nilai investasinya sebesar Rp 2,5-3 Milyar.

Apa beda antara Pizza Hut Restaurant (PHR) dan PHD? Sebenarnya kedua sama-sama memproduksi makanan Pizza Hut. Tetapi yang membedakan adalah harganya saja.

Jika Pizza Hut lebih menyasar pada pasar menengah atas dengan harga hampir 100 ribu per porsinya, PHD lebih kepada pasar menengah ke bawah. Harga PHD yang lebih murah mulai dari 19 ribuan, tentu bisa menjadi solusi bagi yang gemar makan Pizza dengan harga ekonomis.

Tapi, untuk rasa dan kualitas pizza yang lebih yahud, pilihlah Pizza Hut Restaurant yang memiliki rasa dan ketebalan pizza yang menggoda. Namun meski berbeda secara nama dan harga namun keduanya sama-sama asli brand Pizza Hut.

Sekilas Tentang Franchise Pizza Hut


Menurut Wikipedia, Pizza Hut adalah rantai restoran Amerika dan waralaba internasional yang didirikan sejak tahun 1958 di Wichita, Kansas. Pendiri Pizza Hut adalah dua bersaudara Carney, yaitu Dan Carney serta Frank Carney.

Konsep masakan Italia-Amerika yang diusung oleh Pizza Hut sukses menyihir para penikmat kuliner pizza dan pasta keju di seluruh dunia.

Tahukah Moms, jika Pizza Hut berada dibawah naungan Yum! brand. Brand yang juga membawahi merk terkenal seperti KFC dan Taco Bell (makanan khas Meksiko).

Pada laporan keuangan 2020 yang dilansir dari CNBC Indonesia, Pizza Hut memiliki gerai sebanyak 17.639 gerai yang 100% adalah waralaba. Pizza Hut juga telah diperdagangkan dalam pasar saham di Bursa Efek New York (NYSE) dengan kode YUM.

Masih mengutip dari CNBC Indonesia merk Yum! sukses menorehkan pendapatan sebesar USD 5,65 Miliar atau setara dengan Rp 81,92 triliun yang berasal dari 2/3 dari pengelolaan waralaba. Keren ya!

Tentang Pizza Hut Indonesia


Jika Pizza Hut International berada dibawah naungan Yum! brand, bagaimana dengan Pizza Hut Indonesia? Siapa pemegang lisensi Pizza Hut untuk wilayah Indonesia?

Ternyata pemegang Master lisensi brand Pizza Hut untuk wilayah Indonesia adalah PT Sarimelati Kencana (SMK).

Pizza Hut Indonesia lahir pertama kali pada tahun 1984. Cabang Indonesia pertama ini adanya di gedung Djakarta Theater. Berada dibawah naungan PT Sarimelati Kencana Tbk. sebagai pemilik hak waralaba tunggal untuk Pizza Hut Indonesia, namun PT Sarimelati Kencana kemudian diakuisisi oleh PT Sriboga Raturaya.

Hak waralabanya pun berpindah ke tangan PT Sriboga Raturaya. Kini, tak hanya mengembangkan Pizza Hut Restaurant, PT Sari Melati Kencana Tbk dibawah PT. Sriboga juga memegang lisensi Pizza Hut Delivery (PHD) pada makanan siap saji ini.

Dari laman website sriboga.com didapatkan bahwa PT Sarimelati Kencana merupakan pemegang master franchise Pizza Hut Restaurant dan Pizza Hut Delivery di Indonesia. PT SMK Telah mengoperasikan 516 outlet di 28 provinsi dan 76 kota termasuk Papua.

Total outlet yang telah dioperasikan oleh PT Sarimelati Kencana adalah 255 Pizza Hut restaurant (PHR), 243 Pizza Hut Delivery (PHD), 15 Pizza Hut Express, dan 3 Pizza Hut The Kitchen.

Per Februari 2020 sudah ada 243 outlet Pizza Hut delivery (PHD) yang ada di indonesia. PHD pertama kali membuka outletnya pada tahun 2007 dengan memperkenalkan konsep pesan antar untuk makanan siap saji khas Italia ini.

Pada pendiriannya PHD memilih membuka di lokasi dekat dengan 20.000+ area perumahan. Menurut penelitian Euoromotor, 64.6% pangsa pasar PHD berada pada pengiriman atau takeaway saja. Sebagai mitra lokal dari Yum! brand, Sriboga telah menjadikan Pizza Hut Indonesia sebagai rantai 'casual dining restaurant' terbesar dan brand waralaba terbesar kedua di Indonesia.

Alwin Arifin sebagai founder dan President Director dari Sriboga mengatakan bahwa

Kami telah melewati banyak badai dan tidak hanya untuk bertahan, tetapi juga berkembang. Kami belajar dari masa lalu, beradaptasi, berubah dan tumbuh.

Dengan semangat bertahan, berubah, dan bertumbuh ini menjadikan Sriboga menjadi perusahaan yang besar hingga saat ini. Perusahaan ini telah mempekerjakan lebih dari 15.500 karyawan dan telah mendirikan 516 restaurant dengan pertumbuhan sales 8.7% yoy.

Syarat Menjadi Franchisee Pizza Hut Indonesia


Mengutip dari laman sasamecoffee.com untuk menjadi mitra franchise Pizza Hut, setidaknya harus memiliki aset likuid senilai USD 350 ribu. Selain itu nilai catatan kredit dan hutang serta net worth sebesar USD 700 ribu termasuk aset likuid.

Seleksi yang ketat dari Pizza Hut Internasional terhadap calon mitranya juga terlihat dari permintaan manajemen Pizza Hut yang meminta rancangan pengembangan usaha dan proyeksi finansial di masa depan. Hal ini bertujuan untuk mencari mitra yang benar-benar potensial.

Jika memiliki pengalaman sebagai pelaku usaha dibidang Food and Beverages tentu saja menjadi nilai plus di mata manajemen Pizza Hut.

Wah ternyata untuk menjadi mitra Pizza Hut tidak main-main ya. Selain membutuhkan dana yang yang tidak murah, juga membutuhkan pengalaman dan pengetahuan yang mumpuni. Katanya hal ini bertujuan untuk mencari mitra yang potensial untuk perkembangan bisnis yang lebih besar.

Cara Daftar Franchise Pizza Hut Indonesia


Setelah mengetahui harga franchise Pizza Hut Indonesia dan dirasa memenuhi syarat untuk membeli franchise Pizza Hut, Kamu bisa mengajukan diri menjadi mitra mereka.

Cara daftar franchise Pizza Hut Indonesia adalah dengan mengisis formulir pendaftaran, dan mengirimkan submission pada formulir yang ada di website mereka www.sriboga.com atau bisa juga kontak langsung di PT Sriboga Raturaya di Plaza Dani Prisma lantai 3, Jl. Sultan Hasanudin no. 47-48 kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Penutup


Bisnis franchise makanan siap saji masih menjadi ladang bisnis yang menjanjikan sebagai bisnis yang mendulang cuan besar. Namun jangan lupa bahwa modal usaha bisnis fast food bertaraf internasional ini memang tidak main-main.

Harga franchise Pizza Hut Indonesia yang bernilai fantastis memang berjalan seirama dengan nama besar dan revenue yang ditilangnya]. Well, semoga Kamu sukses menjadi mitra Pizza Hut berikutnya ya! Semoga bermanfaat.

Salam,
Mom Queen

References:
https://www.sriboga.com/sarimelati-kencana
https://www.cnbcindonesia.com/market/20210415141431-17-238131/punya-kfc-pizza-hut-taco-bell-siapa-sebenarnya-yum-brands
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment