header

Rekomendasi Oli Motor Matic Full Synthetic Terbaik dari Planet Ban

Konten [Tampil]

Halo Moms,
Sudah berapa hari ini tarikan mesin motor matic Mom Queen agak berat. Biasanya Mom Queen selalu ganti dengan oli motor matic full synthetic terbaik sih. Ya karena motor ini punya nilai sejarah, makanya dikasih perawatan terbaik juga hehe.

Setelah mikir agak lama rupanya Mom Queen memang belum mengganti oli nya. Duh! Maklum akhir-akhir ini sedang sibuk mengawal usaha rumahan jadi perkara ganti pelumas motor sedikit terabaikan.

By the way, tahukah Moms berdasarkan materialnya, oli motor matic itu memiliki berbagai jenis lho. Mom Queen juga baru tahu sih, selama ini selalu menyerahkan secara pasrah saja ke tempat service motor.

Nah kemarin setelah ngobrol-ngobrol sama pak suami, Mom Queen sedikit tercerahkan. Makanya Mom Queen sharing melalui tulisan ini ya. Namun sebelumnya kita bahas dulu fungsi oli pada kendaraan yuk.

Fungsi Oli Pada Kendaraan


Oli atau pelumas berfungsi sebagai cairan untuk melumasi setiap komponen mesin kendaraan. Tujuannya agar menghindari gesekan antar komponen logam yang dapat menyebabkan mesin menjadi cepat aus.

service motor di Planet Ban

Jadi simpelnya, pelumas kendaraan inilah yang berfungsi menjaga kualitas mesin kendaraan agar tetap awet, anti bising, dan tarikannya menjadi enteng.

Beberapa manfaat lain dari oli bagi mesin kendaraan adalah membantu mengurangi sisa emisi pada mesin kendaraan. Seperti menghilangkan kerak-kerak yang ada mesin, serta dapat menghemat bahan bakar dan biaya perawatan mesin kendaraan. 

Macam-Macam Oli Motor Berdasarkan Bahan Dasarnya


Seperti halnya AC mobil, mesin kendaraan juga butuh di rawat. Kalau Mom Queen untuk perawatan motor biasanya langsung ke bengkel terdekat. Kemudian tinggal bilang saja mau service motor.

Oleh pihak bengkel, 'Bestie' nya Mom Queen ini langsung dipreteli dan diopeni satu persatu. Termasuk juga mengganti pelumas dengan oli motor matic full synthetic kualitas terbaik.

"Ini Kami ganti dengan oli motor matic terbaik ya Mbak. Yang full synthetic. harganya sekian." begitu kata mekaniknya

Hanya bermodal kata full synthetic dan terbaik saja, Mom Queen langsung setuju. Padahal Mom Queen sangat minim pengetahuan tentang ini. Cuma Mom Queen pernah diberi tahu sama Suami bahwa oli synthetic itu adalah oli terbaik yang mampu menjaga mesin kendaraan tetap prima.

Moms, ternyata oli  full synthetic pun terdapat beberapa golongan lho. Yuk kita lihat macam-macam oli berdasarkan bahan dasarnya (base oil). Kandungan base oil inilah yang akan menentukan kualitas oli. Base oil mempunyai beberapa tingkatan dari yang terendah hingga tertinggi. Inilah yang membagi oli menjadi beberapa jenis berikut ini.

1. Oli Mineral


Oli mineral adalah oli golongan 1 yang mempunyai kandungan 25% base oil. Oli mineral juga disebut sebagai oli dari hasil pengolahan bahan baku minyak bumi. Oli jenis ini terlihat lebih kental dan mengalir lebih lambat. Biasanya cocok digunakan untuk kendaraan dengan teknologi lawas.

2. Oli Semi Sintetik


Oli semi sintetik adalah oli dengan kandungan 38% base oil. Dalam komposisinya terdapat campuran antara bahan mineral dan bahan sintetik. Warnanya kecoklatan dan agak bening.

3. Oli Full Sintetik


Oli full sintetik adalah oli golongan 3 yang mempunyai kandungan 45% base oil. Oli full sintetik lebih encer daripada oli mineral. Oli jenis ini cocok digunakan untuk kendaraan dengan teknologi baru, karena memiliki formula lebih baik dan jangka pemakaian juga lebih lama.

4. PAOs


PAOs ( Poly Alpha Olefins) adalah oli golongan 4 yang mempunyai kandungan 65% base oil. Menurut gridoto.com oli jenis PAO ini merupakan bahan dasar oli full synthetic. Kekentalan oli PAO lebih rendah seperti oli dengan SAE 5W-40.

Bagi Moms yang masih bingung maksud dari angka SAE oli seperti 5W-40 ini, Mom Queen akan coba jelaskan. Misal pada angka Society of Automotive Engineers (SAE) tertulis SAE 5W-40.

Huruf W mengacu pada kata 'Winter' yang berarti dingin. Angka sebelum huruf W menunjukkan angka kekentalan oli (viskositas) pada suhu paling rendah. Sedangkan angka setelah huruf W (winter) menunjukkan kekentalan oli pada suhu yang lebih tinggi.

5. Oli Full Sintetik Ester


Oli full synthetic ester adalah pelumas golongan tertinggi dan memiliki kualitas terbaik. Oli golongan 5 ini mempunyai kandungan 80% oli full sintetik ester.

Jadi kandungan oli motor matic full sintetik ester berada pada golongan 5 dengan kandungan base oil tertinggi. Tingginya kandungan base oil pada oli ester bisa membuat tingkat keausan mesin lebih minimal hingga 0%.

Moms, tahu nggak kalau jenis oli full synthetic ester lebih banyak digunakan untuk kebutuhan racing. Karena fungsi oli synthetic ester ini dapat membuat suhu mesin kendaraan tetap stabil serta mampu menjaga mesin tetap awet.

Bagaimana memilih oli yang cocok mesin motor matic kita Moms? Menurut berbagai sumber yang Mom Queen baca, karena motor matic telah menggunakan teknologi terbaru, sebaiknya memilih oli dengan kualitas full synthetic. Hal ini akan memberi efek jangka panjang untuk menjamin kualitas mesin. Selain itu juga bisa mengurangi biaya perawatan motor.

Rekomendasi Oli Motor Matic Full Synthetic Terbaik


Kalau Moms mau mencari oli motor matic full synthetic terbaik, Moms bisa menggunakan oli X-Ten. Oli X-Ten merupakan oli ester yang mengandung 80% base oil. 

harga oli planet ban

Oli X-Ten ini khusus dibuat dan didistribusikan oleh Planet Ban saja. Dengan menganut sistem penjualan langsung, oli X-Ten memangkas semua rantai distribusi yang memakan banyak biaya.

Jadi harga oli X-Ten yang full sintetik ester ini dapat diperoleh dengan harga sangat terjangkau. Hal ini terjadi karena sistem penjualannya dari pabrik langsung dijual ke konsumen melalui Planet Ban.

Panjangnya jalur distribusi yang memakan biaya telah dipangkas. Wajar kan jika harga oli motor matic X-Ten dengan kualitas tertinggi ini dapat dinikmati dengan harga mulai dari Rp 40 ribuan hingga Rp 90 ribu saja.

Sebagai informasi nih Moms, X-Ten berasal dari kata 'extend' dalam bahasa inggris yang berarti memperpanjang. Karena memang sifat utamanya adalah memperpanjang penggunaan oli dengan bahan ester. Memangnya apa sih yang membuat oli X-Ten berbeda dengan oli lainnya. Coba kita bahas yuk.

Keunggulan Menggunakan oli X-Ten


Dan youtube Planet Ban menyebutkan bahwa oli X-Ten merupakan oli hasil research selama bertahun-tahun lho Moms. Wajar apabila oli X-Ten memiliki kualitas terbaik untuk menjaga mesin motor matic kita, karena memang mereka melakukan riset sejak lama. Ini keunggulan oli X-Ten dibanding oli lainnya.

Kandungan Base Oil Tertinggi


Olinya Planet Ban ini mempunyai base oil mencapai 80% dari komposisi oli. Jika dilihat dari golongan oli berdasarkan bahan material pembuatnya, oli ester merupakan golongan tertinggi. Hal ini tentu saja sangat baik untuk menjaga performa mesin motor.

Oli X-Ten Terdapat Kandungan Ester


Fungsi kandungan ester ini mampu melindungi mesin motor pada putaran tinggi, sehingga suhu mesin motor menjadi lebih stabil. Jika digunakan lebih lama, oli ester dapat menjaga kualitas mesin kendaraan kita.

Masa Pakai Lebih Lama


Oli X-Ten memiliki masa pemakaian lebih lama dari oli biasa. Jika oli biasa menggunakan jarak tempuh 1000 km - 2000 km, oli X-Ten memiliki jarak tempuh hingga 5000 km. Jika dihitung dengan pemakaian normal, pengguna hanya mengganti oli motor 2-3 bulan lho Moms. Dengan demikian kita bisa save cost untuk biaya jajan motor.

Menjaga Kualitas Mesin Kendaraan


Kandungan ester pada oli X-Ten berfungsi memberi lapisan tambahan untuk melindungi friksi motor.
Jadi jika kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi suhu mesin tetap stabil. Karena teknologi ester pada oli ini dapat melumasi mesin dengan sempurna, sehingga dapat meminimalisir gesekan antar logam bahkan hingga 0%.

oli X-Ten

Menurut salah satu customer oli X-Ten, bapak Wawan seorang driver ojek online, mengatakan sejak menggunakan oli X-Ten, tarikan motor jadi lebih enteng. Oli X-Ten juga mampu membersihkan mesin dari sisa pembakaran dengan sempurna.

Harganya Terjangkau


Harga oli X-Ten ini pun terjangkau karena telah memangkas panjangnya biaya rantai distribusi. Dijual mulai dari harga 40 ribuan hingga Rp 90 ribu. Oli X-Ten hanya bisa di dapat melalui Planet Ban.

Melihat segala keunggulan yang dimilikinya oleh oli X-Ten, rasanya tidak berlebihan jika oli ini Mom Queen sebut sebagai oli motor matic full synthetic terbaik ya. Sepakat?!

Penutup


Moms, pemilihan oli motor dengan kualitas dan teknologi terbaik penting diberikan untuk kendaraan kita. Hal ini untuk menjaga kualitas mesin tetap halus, tidak bising, dan tarikannya makin enteng.

Meski sebagai ibu rumah tangga juga kita mesti paham tentang pelumas kendaraan ini ya Moms. Agar 'kaki' kita ini dapat berfungsi dengan baik. Ingat ya Moms, kalau cari oli motor matic full synthetic ester terbaik, Moms bisa cek di website Planet Ban di link ini https://planetban.com/

Mari kita jaga mesin motor matic kita dengan menggunakan oli motor matic full synthetic terbaik dari Planet Ban. Semoga bermanfaat.

Salam,
Mom Queen

Referensi:
https://xten.id/
https://youtu.be/VDWg2V4dlcI
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

8 comments

  1. Kemarin waktu ganti oli motor vespa, aku juga pilih X-ten. Alhasil, mesin motor jadi santun... HArganya juga terjangkau kok...

    ReplyDelete
  2. Iya, bener. Ganti oli mending yang bagusan dan mahalan dikit. Biar awet dan tahan lama. Jadi nggak bolak-balik ke bengkel gara-gara kepengin cari yang irit

    ReplyDelete
  3. Wah mom queen yang paham oli motor ya cuma ini, keren mom 😁, jadi dapat referensi oli motor lagi ini, bisa dicoba, cuss bulan depan cari Planet Ban buat ganti oli

    ReplyDelete
  4. Membaca tulisan ii membawaku kembali terbang ke masa SMK. Belajar tentang oli sebagai bagian penting bagi mesin kendaraan

    ReplyDelete
  5. Reaksiku pas baca ini "Ooh... Emm... Ohh gitu... Hmm baru tahu." Wkwkwk. Aku tuh juga awak banget soal beginian mbak. Dulu jaman kuliah kalo gak diingetin temen2 cowok buat ganti oli, paling aku gak ganti tuh. Hahaha. Ya karena gak sampe kesana pikiranku. Tau pake aja sama servis bulanan. Wkwkwk.. Padahal di servis bulanan belum tentu diganti olinya..

    Ini pengetahuan baru buat aku. Dan makasih juga rekomendasinya. Ntar aku sampein ke suamik ya, soalnya sekarang aku udah gak pegang motor haha. Makasih mbaak 😁

    ReplyDelete
  6. Aku juga gag begitu tahu tentang perolian. Pokoknya kalo pas service sekalian ganti oli khusus matic. Service nya di bengkel resminya jd ya percaya ajalah. Aku baru denger merek oli ini lho mba. Dari penjelasannya sepertinya bagus ya. Apalagi untuk jarak tempuhnya lumayan jauh.

    ReplyDelete
  7. Pengetahuan saya tentang oli motor matic minim banget karena terbiasa mengandalkan adik dan suami untuk handle masalah motor...perempuan harus tau

    ReplyDelete
  8. Wah baca ini jadi menambah khasanahku merawat motor. So far akutu serahkan pada yang berwajib (paksu sih wkwk). But anyway planet ban ini sekarang pelayanannya prima ya, ganti oli dll, dah menyebar juga ada dimana2.

    ReplyDelete

Post a Comment