header

5 Kelemahan Usaha Jus Buah, Lakukan Ini Agar Cepat Kembali Modal

Konten [Tampil]

Hi Moms,

Selain usaha makanan dan minuman kekinian yang sedang hype, ada juga usaha yang patut diperhitungkan yaitu usaha jus buah. Sekarang dimana-mana terlihat tulisan 'jual jus buah'. Benar nggak sih? Mungkin juga karena dinilai menyehatkan, harga yang ditawarkan minuman segar ini juga sangat terjangkau.

Mulai dari harga 5 ribuan hingga 20 ribu saja per porsinya. Namun dibalik larisnya penjualan minuman ini, penjualan jus buah memiliki kekurangan lho. Apa saja kelemahan usaha jus buah? Mari kita bahas dalam artikel berikut ini. 

Kelemahan Usaha Jus Buah


Kelemahan Usaha Jus Buah

Kelemahan usaha jus buah
terdapat pada beberapa faktor seperti bahan baku, persaingan usaha, hingga promosi yang minim. Selain tentu saja keuntungan yang berlipat, tak dinyana kekurangan usaha jus buah juga banyak. Mari kita lihat, apa saja kekurangan usaha minuman buah ini.

1. Banyak Usaha Sejenis


Memiliki persaingan usaha yang sejenis membuat usaha jus buah juga mengalami pasang surut dalam perkembangannya. salah satu kelemahan usaha jus buah adalah banyaknya usaha sejenis.

Selain itu jarak antara satu penjual dengan penjual yang lain juga sangat berdekatan. Hal ini menjadikan pesaingan usaha jus buah kian panas.

2. Bahan Baku Cepat Rusak


Kelemahan usaha jus buah lainnya adalah kondisi bahan baku yang cepat rusak. Buah-bahan tertentu yang tidak tahan suhu ruang membuat daya tahannya cukup singkat.

Hal ini menjadikan penjual jus buah harus pintar memutar otak agar buahnya tetap awet dan bisa dipakai esok hari. Jika tak mampu mengelola stok dengan baik, maka modal akan susah kembali.

3. Harga Bahan Baku Naik Turun


Harga bahan baku yang naik turun juga menjadi kelemahan usaha jus buah. Apalagi beberapa jenis tanaman berbuah secara musiman. Hal ini turut menjadi titik lemah usaha minuman buah olahan ini. Buah yang sedang tidak musim tentu saja harganya bisa selangit, Ini menjadi kelemahan usaha jus buah juga. 

4. Tidak Memiliki Ciri Khas


Usaha jus buah yang sama seperti pada umumnya juga menjadi salah satu titik kelemahan usaha jus buah. Karena semua orang menjual dengan tampilan dan varian yang sama membuat usaha ini tidak memiliki pembeda antara penjual satu dengan penjual lainnya. 

5. Kurang Promosi


Jika kamu berjualan jus buah dan tidak melakukan promosi di media Sosial, artinya kamu melewatkan satu pangsa pasar yang besar. Sebagian besar pangsa pasar saat ini adalah pangsa pasar online. Gunakan promosi yang tersistem untuk meraih omset penjualan yang tertarget.

Itulah beberapa kelemahan usaha jus buah. Lantas, bagaimana cara agar usaha jus buah cepat kembali modal? Mari kita bahas selanjutnya ya. 

6 Tips Agar Usaha Jus Buah Agar Cepat Kembali Modal 


Setelah mengetahui kelemahan usaha jus buah, ada baiknya Moms melihat tips membuka usaha jus buah agar bisa kembali modal dengan cepat. Berikut tipsnya. 

1. Pilih Lokasi Strategis


Pilih lokasi yang dekat dengan sekolah, kampus atau pun tempatnya para pekerja. Pilihan lokasi yang dekat dengan lokasi ini menjadi kunci suksesnya memulai usaha jus buah. 

2. Harga yang Bersaing


Meskipun Harga Pokok Penjualan (HPP) sedikit besar untuk buah jenis tertentu, tapi dengan sistem subsidi silang hal ini masih bisa diatasi. Tetap berikan harga jus buah di kisaran harga 5000 hingga 20 ribu saja. Tergantung pangsa pasar apa yang ingin dibidik. Harga tentu saja sangat menyesuaikan dengan kualitas ya. 

3. Lakukan Penjualan Online


Salah satu bentuk kelemahan usaha jus buah yang sering dilakukan pebisnis minuman kekinian ini adalah tidak melakukan penjualan online. Padahal penjualan online ibarat menjual kepada pasar yang lebih luas. Mulai sekarang lebaran saya untuk merambah penjualan online. 

4. Minta Pelanggan Memberi Review


Satu hal kunci keberhasilan usaha di bidang food and beverages (F&B) adalah pemberian review pelanggan. Jangan lupa, minta pelanggan untuk memberi penilaian dan sertakan foto jus buah. Hal ini bertujuan untuk menambah kepercayaan pelanggan kepada usaha jus buah kita

5. Buat Medsos Khusus Item Jualan


Kalau kamu berjualan franchise makanan siap saji atau franchise minuman kekinian tapi melupakan media sosialnya? Hmm bagaimana bisa meraup perhatian pasar dengan cepat. Salah satu kelemahan usaha jus buah yang sering dilakukan para pengusahanha adalah tidak memiliki media sosial.

Media sosial terbukti membuat usaha apapun berkembang dengan cepat. Tujuannya selain untuk memperkenalkan usaha yang kita kerjakan, juga sebagai wadah promosi yang berkelanjutan secara gratis melalui media sosial. Mulai sekarang yuk buat media sosial khusus untuk usaha kita.

6. Ciptakan Kemasan dan Tampilan yang Menarik


Cara berikutnya untuk menutupi kelemahan usaha jus buah adalah dengan memberikan pembeda dari penjual yang lain. Kamu bisa memberikan kemasan yang menarik misal dengan pemilihan warna yang eye catching pada kemasan.

Bisa juga dengan memberikan sentuhan topping tertentu pada jus buah. Tentu saja hal ini bisa jadi yang menarik minat pembeli. Pernah coba? 

Berapa Modal Usaha Jus Buah


Setelah pembahasan kelemahan usaha jus buah yang cukup panjang lebar, sekarang Mom Queen mau membahas sedikit berapa modal usaha jus buah.

Usaha jus buah merupakan salah satu usaha yang bisa dilakukan dengan modal terjangkau. Modal usaha jus buah bisa dimulai dengan modal awal Rp 500 ribu hingga 1 juta saja lho. Perincian modal ini bisa di lihat pada peluang usaha jus buah 5000 ya. 

Penutup


Memiliki usaha jus buah tidak melulu membutuhkan modal yang besar. Bahkan usaha minuman sehat ini bisa dilakukan dengan modal minimal tapi dengan hasil maksimal.

Penjualan minuman buah segar dengan menambahkan sedikit kreasi pada tampilan dan kemasan juga bisa dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan. Hal ini untuk menarik minat  pembeli dan tentu saja menjadi salah satu faktor pendongkrak omset. 

Jika kamu salah satu penjual jus buah dan ingin menyiasati Kelemahan usaha jus buah, tips diatas bisa dilakukan. Yuk, tetap semangat berusaha! Kembangkan sisi inovasi kamu sebagai pengusaha ya. Selamat mencoba.

Salam, 
Mom Queen 
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment